Cara Menjadi Pribadi yang Unik

Kamu tahu? Kamu berbeda. Setiap manusia di dunia ini pasti berbeda. Sekalipun kamu memiliki saudara kembar yang sangat sulit dibedakan, tapi pasti kamu dan saudara kembarmu memiliki perbedaan. Itulah keunikan manusia.

Tidak pernah bisa sama satu sama lain. Kamu ya kamu, dia ya dia. Kamu tidak bisa menyamakan dirimu dengan orang lain. Kamu itu unik. Tetapi, mungkin kamu sampai sekarang masih mencoba meniru orang lain untuk mendapatkan kepribadian yang kamu inginkan.

Tetapi, mengapa kamu tidak mencoba menjadi pribadi yang unik? Pribadi yang bisa menggambarkan apa adanya kamu. mungkin kamu sudah merasa unik, tetapi sesungguhnya kamu hanya mengikuti tren, dan kemudian kamu sadar bahwa kamu tidak unik ketika semuanya sama sepertimu.

Mengapa kamu tidak menjadi dirimu sendiri? Menjadi kamu yang tidak mencoba mengikuti tren, tetapi kamu yang mencoba mengikuti apa yang menjadi khasmu. Mungkin kamu harus mengubah caramu berpikir tentang pribadimu. ayo, rubahlah dirimu menjadi pribadi yang unik.


via Pixabay

Ketahuilah bahwa kamu adalah unik

Semua manusia di dunia ini sama. Mereka sama-sama memiliki pengalaman, sama-sama memiliki kehidupan, sama-sama diciptakan untuk menjaga bumi. Tetpi hal yang perlu kamu tahu adalah semua manusia memiliki kepribadiannya masing-masing. Ketika kamu berpikir bahwa kamu berbeda dari orang lain, maka kamu sudah mendapati bahwa dirimu adalah pribadi yang unik. Dan itu bagus! Kamu harus berpikir bahwa kamu berbeda. Bahwa kamu memiliki keunikan yang tidak semua orang memilikinya. Kamu harus mengetahui bahwa kamu adalah pribadi yang bukan meniru dari orang lain.


Jangan mengejar “normal” atau “trendi”

Ya, kamu jangan seperti mereka yang sering merubah-ubah gaya atau bahkan pribadi mereka demi menjadi trend an karena pengaruh perubahan jaman. Buatlah kamu berbeda dari yang lainnya. Saya memiliki pengalaman menarik tentang ini. Saya dianggap tidak normal karena mengecat sepatu sayang yang tadinya putih polos menjadi warna biru dan hitam.

Yang kiri saya warnai biru, dan yang kanan saya beri warna hitam. Saya pun mengecatnya tidak menggunakan cat kanvas, melainkan menggunakan spidol permanen. Dan menurut saya, saya suka dengan sepatu ini. Tetapi menurut orang lain, itu adalah hal di luar kenormalan. Karena sepatu adalah sepasang, maka mereka haruslah sama. Dari segi warna dan motif.

Tetapi bila kita ingin menjadi pribadi yang unik, mengapa harus menjadi normal? Mungkin kamu bisa mencobanya. Menjadi tidak sama dengan orang lain, atau menjadi tidak normal seperti apa yang dilakukan orang lain, akan membuatmu menjadi pribadi yang unik. pribadi yang membuatmu sangat berbeda.


Jangan terlalu mengejar “abnormal”

Untuk menjadi pribadi di luar kenormalan memang sangat dianjurkan untuk menjadi pribadi yang unik. tetapi, kamu juga tidak bisa menjadi pribadi yang sangat abnormal. Demi mengejar status bahwa kamu adalah pribadi yang unik, maka kamu mengikuti gaya yang sangat berbeda dengan orang normal yang lainnya. Kamu harus tahu batasan-batasan dalam beradab.

Abnormal itu bagus, tetapi jangan berlebihan. Jangan menjadi pribadi yang sangat buruk karena ketidak normalan yang kamu buat. Pikirkan baik-baik apakah yang kamu lakukan itu merusak citramu. Kamu tidak ingin kan diusir dari lingkunganmu karena caramu yang mengganggu.

Abnormal bukan berarti kamu menjadi bukan manusia, tetapi kamu hanya merubah sedikit pola pikirmu dalam menjalani kehidupan. Ketika orang lain berpikir bahwa segala sesuatu haruslah teratur dan urut agar menjadi sukses, kamu bisa menjadi sukses dengan segala kelebihanmu. Kamu bisa menunjukkan bahwa meskipun kamu di luar kenormalan, tetapi kamu masih bisa menjadi manusia yang normal.

Jangan terlalu anti-mainstream, salah-salah kamu malah akan diusir. Jangan menjadi yang dibenci, tetapi jadilah pribadi yang unik.


Yakinlah

Artikel ini sesungguhnya mencoba menjadikan kamu menjadi dirimu sendiri. Kamu harus yakin bahwa kamu adalah manusia dengan kepribadian yang hanya kamu yang memilikinya. Kamu harus yakin bahwa kamu tidaklah manusia dengan mencoba meniru apa yang diinginkan dunia.

Artikel ini sekuruhnya adalah mengenai kamu, dan mengenai kamu yang mengambil keputusanmu sendiri. Untuk itu, jadilah diri sendiri, dan percayalah pada kemampuanmu. Kamu bisa menjadi apa yang kamu inginkan tanpa bayangan dari orang lain. Bila kamu masih mencoba meniru atau bahkan setidaknya mencoba gaya hidup orang lain, maka itu bukan kamu.

Kamu adalah kamu yang memiliki cara tersendiri untuk menjalani kehidupanmu sendiri. Ini hidupmu, bukan hidup orang lain yang kamu harus mengikutinya. Yakinlah bahwa kamu adalah pribadi yang unik. hanya keyakinanlah yang membawamu kepada tujuanmu.

Tidak bergantung pada apapun. Tuhan menciptakan manusia untuk menjadi mahluk individu dan mahluk sosial bukan? Kamu juga tidak hidup sendiri bukan? Kamu hidup di tengah-tengah masyarakat yang memiliki adat dan kebiasaan dalam kesehariannya.

Dan mereka pasti sangat berpengaruh terhadap kehidupanmu. Jangan sampai! Jangan sampai mereka mempengaruhimu dengan apapun gaya mereka. Kamu harus bisa melepaskan pengaruh mereka terhadapmu. Kamu bisa membuang semua buku-buku fashion, kamu bisa juga membuang majalah-majalah yang membuatmu untuk mencoba menjadi apa yang ada di majalah tersebut.

Buang jauh-jauh pada apa yang dapat mempengaruhimu menjadi apa yang bukan kamu. Kamu harus menjadi apa yang menjadi kamu. Bukan kamu yang seperti di majalah atau di buku-buku fashion. Jadi, jangan bergantung pada apapun. Bergantunglah pada diri kamu sendiri. Ini hidupmu bukan? Buatlah hidupmu sendiri.


Refleksikan apa arti “menjadi unik” bagimu

Kamu bisa membayangkan unik itu seperti apa. kamu juga bisa membayangkan bahwa kamu adalah unik. kamu bisa secara bebas dan liar berlari di pikiranmu untuk mendapatkan apa itu unik bagimu. Setiap orang memiliki makna yang berbeda mengenai menjadi unik. dan pastiya kamu memiliki jawaban tersendiri bukan untuk menjadi unik itu seperti apa?

keunikan itu bisa jadi kamu unik karena caramu berpakaian berbeda dari orang lain, atau gaya bicaramu yang berbeda dari orng lain, atau apapun yang ingin kamu buat beda sehingga kamu memiliki bayangan untuk menjadi unik. kamu hanya perlu waktu 10 menit unruk duduk dan merenungkan apa yang menjadi unik bagimu. Apa arti keunikan bagimu.

Dan jangan lupa pula tanyakan pada dirimu sendiri mengapa kamu bisa menjadi unik. atau mengapa kamu tidak unik. akan sangat banyak jawaban yang muncul di kepalamu ketika kamu menanyakan sendiri mengapa kamu tidak atau sudah menjadi unik.


Cari nilai-nilai yang ada pada dirimu

Artikel ini akan menguras habis semua hal mengenai kamu. Karena ini memang kamu. Kamu harus tahu nilai apa saja yang kamu miliki. Entah itu keadilah, kebaikan, atau apapun. Kamu bisa juga mencatatnya. Apakah kamu sudah baik untuk menjadi manusia, atau kamu juga bisa merenungkan kamu adalah pribadi yang sepserti apa.

Saya tahu kamu tidak sempurna, tetapi kamu memiliki beberapa nilai yang kamu tahu bahwa tidak semua orang memilikinya bukan? Hanya kamu yang tahu nilai apa yang ada pada diri kamu.


Melawan ketidakamananmu

Ketika kamu masih kecil, mungkin kamu sering diolok-olok karena perbedaanmu bukan? Jangan berkecil hati atau malah menghilangkan perbedaanmu dan menjadi satu dengan yang lainnya. Tetapi inilah kamu, kamu yang berbeda dan tidak sama.

Lawan ketidakamananmu dan percayalah bahwa kamu adalah pribadi yang unik, sehingga orang lain tidak tahu apa yang mereka lakukan, tetapi ketika orang lain menghambatmu, kamu harus tanyakan kepada dirimu sendiri mengapa mereja melakukan itu. mengapa mereka tidak bisa menerimma perbedaanmu.

Mungkin kamu terlalu aneh? Atau mungkin kamu terlalu berlebihan ketika mencoba meniru orang lain? Pasti ada alasannya mengapa mereka menghambatmu. Usir rasa ketidakamananmu dengan sesuatu yang membuatmu nyaman. Mungkin dengan mendengarkan music? Atau mungkin hanya dengan mengabaikannya sudah cukup.


Tentukan tujuanmu

Ketika kamu sudah menemukan nilai yang ada pada dirimu, saatnya untuk sampai ke tujuanmu. Apakah yang kamu inginkan? Apakah yang kamu ingin lakukan? Apa yang ingin kamu rasakan setiap hari? Semua orang tidak ada yang sama sepertimu bukan?

Mereka memiliki tujuannya masing-masing. Maka kamu juga harus memilikinya. Kamu harus tahu apa tujuanmu yang sesungguhnya untuk menjadi berbeda. Dan bila kamu masih dibayang-bayangi dengan orang lain, kamu juga harus menanyakan mengapa kamu masih saja meniru orang lain.


Menyadari emosimu sendiri

Kamu harus tahu bahwa ini adalah diri kamu sendiri. Kata kunci di sini adalah “kamu sendiri”. Kamu harus tahu apa yang kamu rasakan. Jangan sampai yang namanya kamu tersulut oleh emosi orang lain. Kamu harus bisa mengontrol emosimu. Dan yang pasti, jangan sampai terbawa arus emosi hanya karena mereka adalah temanmu. Bila kamu tidak bisa mengetahui emosimu, kamu hanya menjadi pengikut. Ini bukan kamu. Jadi, kamu harus sadar bahwa ini adalah emosimu atau bukan.


Tahu apa pendapatmu, tetapi terbuka juga dengan saran orang lain

Ketika kamu mendengarkan saran orang lain. Entah apapun itu, kamu harus mendengarkan saran mereka. Tetapi kamu juga harus mengetahui apa pendapatmu sendiri. Jangan terlalu mengikuti apa kata orang. Karena ini dapat mengubahmu. Kamu tidak akan menjadi dirimu sendiri karena kamu terlalu mengikuti arus. Kamu harus mengetahui apa yang kamu pikirkan, tetapi jangan pula terlalu egois dengan pendapatmu sendiri. Semua orang memiliki hak untuk berbicara bukan? Jadi ketika ada orang lain yang mencoba memberimu saran, dengarkan. Kamu bisa mengkombinasikan dengan pendapatmu sendiri.


Memiliki kekuatan untuk berpikir secara mandiri

Jangan pernah yang namanya menyerah pada tekanan. Setiap manusia memang memiliki masalahnya masing-masing. Dan memiliki tekanannya masing-masing. Kamu harus kuat berdiri untuk menghadapi apapun masalahmu. Jangan pernah menyerah dengan keadaan.

Kamu harus bisa berpikir untuk menjadi kuat dan menghadapi segala permasalahanmu. Buatlah ide-ide gila yang bisa membuatmu merasa nyaman. Membuatmu melupakan sejenak masalah yang kamu miliki, tetapi juga bisa menyelesaikan masalhmu. Mungkin ini sangat membingungkan bagimu. Tetapi kamu memang harus berpikir secara mandiri untuk hidupmu sendiri.


Berhenti bermain-main

Hidup ini singkat. Jangan dibuatnya menjadi runyam karena kamu hanya bermain-main dengan hidupmu. Bila kamu merasa ada yang salah dengan hidupmu, segera perbaiki, bukan hanya membiarkannya. Bermain-main dengan hidup itu memang perlu, tetapi kamu juga harus mengetahui bahwa hidupmu bukan untuk main-main. Kamu harus tahu apa yang kamu lakukan. Jadilah dirimu yang unik karena kamu memang berbeda dengan orang lain, bukan karena kamu mencoba menjadi bukan manusia.


Pakaian untukmu sendiri

Kamu mungkin ingin mencoba memakai baju ini, baju itu, ingin mencoba perhiasan ini, perhiasan itu. dan semua tentang fashion di dunia ini ingin kamu pakai bukan? Kamu harus tahu apakah kamu nyaman dengan pakaian yang kamu pakai. Bukan hanya pakaian, tetapi caramu untuk hidup. Kamu harus tahu apakah akan emmbuatmu nyaman atau tersiksa.

Buat apa memakai pakaian yang menyiksamu demi menjadikanmu seperti mereka yang sedang ngetren? Kenapa kamu menyiksa dirimu sendiri demi mengikuti tren? Tidak bisakah kamu menjadi apa yang membuatmu nyaman? Tidak perliu meniru orang lain untuk menjadi dikenal. Kamu bisa memakai pakaian yang membuatmu nyaman dan menggambarkan dirimu sendiri.

Pakaian memang menggambarkan kepribadian seseorang, tetapi kepribadian dirimulah yang menggambarkan pakaian apa yang kamu kenakan. Dan yang pasti, kenyamanan. Tinggalkan pakaian-pakaian atau kebiasaan yang mampu menyiksamu. Jadilah kamu yang bukan orang lain, dan yang pasti yang membuatmu nyaman melewati hidupmu.


Berdiri sendiri

Untuk menjadi unik, kamu hanya perlu menjadi dirimu sendiri. Kamu harus berdiri di kakimu sendiri. Di tanahmu sendiri. Bukan karena ada orang lain di balik namamu. Tetapi memang karena kamu sendiri. Kamu harus tahu kemampuanmu itu berbeda dengan orang lain. Jadi, jangan terbawa arus karena kamu hanya ikut-ikutan saja. Berdirilah sendiri, karena ini adalah hidup kamu.


Biarkan pembenci membenci

Setiap orang di dunia ini pasti memiliki musuh bukan? Mungkin bukan musuh, tetapi orang yang membenci kita. Dan mungkin di luar sana kamu memiliki pembenci. Biarkan saja mereka membencimu. Biarkan saja mereka benci kepadamu karena kamu lebih baik dari mereka. Biarkan saja mereka berkata sesuka hati mereka. Mereka membencimu karena kamu berbeda, karena kamu istimewa.

Jangan dengarkan cerita-cerita buruk mereka tentangmu. Jangan mudah terbawa pengaruh mereka karena mereka ingin membuatmu terpuruk. Biarkan apa kata mereka, mereka hanya iri saja. Kamu hanya perlu tutup telinga dan jadilah dirimu sendiri, uruslah hidupmu yang sudah runyam. Jadikan hidupmu istimewa tanpa pikiranmu tentang pembencimu.


Cobalah hal-hal baru

Untuk menjadi unik tidak hanya apa yang menjadi kamu sendiri. Dan hanya berkutat dengan apa yang kamu tahu. Kamu bisa mencoba hal-hal lain. Mungkin ketika kamu hanya di rumah menonton TV, kamu bisa keluar dan berkaraoke dengan teman-temanmu.

Atau apapun yang belum pernah kamu coba. Mungkin kamu bisa mengetahui potensimu dan menjadikannya sebuah kelebihan bagimu. Tidak ada salahnya kan mencoba hal yang baru kamu ketahui?


Mendidik diri sendiri

Ketika kamu mencoba sesuatu yang baru, pasti saat itulah kamu baru pertama belajar. Kamu bisa membuatmu menjadi lebih pintar dengan mencoba hal baru tersebut. Kamu harus bisa mendidik dirimu sendiri agar tidak mudah terjebak dengan hal baru yang buruk. Kamu bisa mengingat-ingat pengalaman apa yang buruk bagimu, dan kamu bisa mengambil pelajaran dari pengalaman buruk tersebut.

Atau kamu juga bisa membacanya di internet, mencari tahu sesuatu yang baru apa yang baik. Kamu harus tahu bahwa hal baru tersebut baik bagimu atau tidak. Didik dirimu menjadi manusia yang unik dan manusia yang baik. Bukan manusia unik yang dibenci dunia.


Membuat target sendiri

Kamu harus memiliki target dalam hidupmu, bila tidak, kamu bisa kebablasan. Misalkan, kamu ingin menjadi seorang seniman. Bila akmu tidak menentukan target kapan kamu akan menjadi seniman, bisa jadi ketika kamu sudah tidak sanggup hidup kamu belum tercapai menjadi seniman.

Kamu harus memiliki pula target untuk menjadikan dirimu menjadi pribadi yang unik. pastikan kamu memiliki tujuan hidupmu dan memiliki target kapan kamu akan mendapatkan tujuan tersebut.


Lakukan hal-hal yang membuatmu nyaman

Seperti yang sudah di atas, kamu harus melakukan hal yang nyaman untukmu. Jangan meniru orang lain dan kamu sendiri tersiksa karenanya. Kamu bisa mendengarkan music atau menonton film sesuai dengan seleramu.

Tidak perlu harus sama dengan orang lain, kamu sendiri memiliki selera music sendiri bukan? Apapun yang kamu lakukan, kamu harus merasa nyaman dibuatnya. Jangan memaksakan diri, ini adalah hidupmu. Kamu yang menjalani, jadi kamu yang merasakan apakah kamu merasa nyaman dengan semua tindakanmu.
Kamu juga bisa mencari hobi yang unik. hobi yang mungkin orang lain pun tak habis pikir dengan hobimu tersebut.

Misalkan, kamu menyukai buaya atau hewan melata lainnya. Kamu bisa memeliharanya, dan menjadikannya sebuah hobi. Tidak semua orang menyukainya bukan? Tetapi tidak semua orang membencinya juga. Kamu bisa mencari hobi yang lainnya untuk dirimu sendiri.

Dan yang pasti untuk menjadikanmu manusia yang unik dengan kegiatanmu sendiri. Ingat, ini adalah hidupmu, kamu yang menentukan akan jadi apa kamu. Dan yang pasti, yang menjalani hidup ini adalah kamu, jadi, jadilah dirimu untuk menjalani hidupmu yang unik ini.

Oleh: Devita Putri Mardyanti

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni