Cara Menjadi Tuan Rumah yang Baik

Gays ...mungkin diantara kamu pernah menjadi tuan rumah untuk sebuah acara. Misalnya acara pesta ulang tahunmu, atau acara kerluarga yang melibatkan banyak orang yang datang. Sudah menjadi kewajiban jika menjadi tuan rumah harus menyajikan suasana pesta yang menarik dan menyenangkan.

Jangan khawatir guys...menjadi tuan rumah dalam sebuah acara bukan suatu hal yang menyeramkan dan tidak bisa dipelajari.

Pixabay

Mungkin langkah-langkah di bawah ini dapat membantu kamu agar menjadi tuan rumah yang baik :


Langkah pertama

Sebuah acara yang diselenggarakan tentu akan mengundang tamu dengan jumlah banyak. Setiap tamu yang datang pasti dengan sikap dan sifat yang beragam. Sebagai tuan rumah yang baik, kamu perlu menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang memalukan sekaligus merugikan bagi tamu dan tuan rumah. Caranya adalah dengan menyingkirkan barang berharga yang berpotensi rusak ketika mendapat senggolan atau sentuhan yang keras.

Mengadakan acara tentu harus dengan penyambutan yang baik, namun menggunakan atau memajang barang berharga agar memberikan kesan mewah bukan pilihan yang tepat. Kamu bisa mengganti dengan barang yang lain yang lebih aman diletakan diantara orang banyak di pestamu. Jadilah tuan rumah yang bijak dengan memilih-milih barang yang akan dipajang. Alih-alih kamu ingin pesta yang mewah, malah kamu bisa rugi jika barang berharga yang kamu pajang rusak atau pecah karena ulah tamu.


Langkah kedua

Periksalah makanan yang ingin kamu sajikan dalam acara yang kamu selenggarakan. Jumlah tamu yang banyak serta beragam membuat kamu harus berhati-hati untuk menyajikan makanan. Tidak semua tamu cocok dengan makanan, ada sebagian dari mereka yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu. oleh karena itu, pilihlah makanan dengan potensi alergi yang rendah.

Berkonsultasilah dengan catring atau dokter bila perlu. Salah-salah menghidangkan makanan bisa jadi berakibat fatal bagi anda sebagai tuan rumah maupun para tamu. Bila terjadi keracunan kamu akan merasa sangat malu dan bersalah



Langkah ketiga

Acara pesta yang mewah biasanya menyediakan anggur atau minuman berakohol, dan tidak sedikit tamu yang meminumnya. Untuk menghindari acara mabuk-mabukan, sediakanlah minuman yang non alkohol lebih banyak. Bila perlu sediakan juga cemilan yang menarik dan enak. Sebagai tuan rumah yang baik, kamu perlu menjaga situasi dan kondisi acara pesta yang kamu buat. Jangan sampai acaramu berantakan hanya karna ada tamu yang mabuk dan membuat rusak suasana pestamu


Langkah keempat

Jika dalam acara pesta tersebut kamu punya mini bar lengkap dengan seorang bartender, maka tugas kamu sebagai tuan rumah adalah memberikan pesan kepada bartender untuk tidak melayani tamu yang hampir mabuk. Sebagai antisipasi jika ada tamu yang mabuk diacara pesta kamu, sediakanlah mobil di depan pintu rumah kamu dengan keadaan siap jalan.

Kamu bisa menggunakan mobil tersebut untuk mengantarkan tamu kamu yang mabuk saat acara pestamu pulang ke rumahnya. Dengan demikian kamu akan terbebas dari tamu yang mabuk dan membuat kejadian dalam pesta yang memalukan.



Langkah kelima

Sebagai tuan rumah yang baik, kamu perlu mengatur strategi penyajian minuman atau makanan dalam pestamu. Jangan buru-buru menyediakan teh atau kopi di awal pesta. Hal demikian akan membuat acara pestamu kurang menarik. Cobalah keluarkan makanan atau minuman yang dapat menggugah selera para tamu, agar mereka menikmati acara atau pesta yang kamu buat. Tidak ada salahnya kan memanjakan tamu dengan minuman atau makanan pembuka yang menarik, barulah di akhir acara keluarkan teh atau kopi sebagai tanda acara pestamu akan segera usai.


Langkah keenam

Jadilah tuan rumah yang jujur. Bila tamu ketinggalan barang bawaan mereka di rumah kamu, hal yang harus kamu lakukan adalah menyimpannya ditempat yang aman. Cara tersebut adalah untuk menghindari tamu lain yang memanfaatkan keadaan dengan mencuri barang bawaan tamu yang tertinggal dalam acara pestamu.

Ketika acara telah selesai, kamu bisa mencari tahu pemilik barang yang tertinggal di rumah kamu, dengan hal itu kamu telah menjadi tuan rumah yang jujur. Jagan mengambil keuntungan dengan mengambil barang bawaan tamu yang tertinggal, karena dapat merusak citramu. Bisa-bisa tidak akan ada tamu lagi yang datang saat kamu sedang mengadakan acara. Mereka menganggap rumahmu tidak aman, bhkan kamu bisa mendapat image buruk sebagai maling.




Langkah ketujuh

Untuk menjadi tuan rumah yang baik, kamu perlu bersikap supel dengan semua tamu. Mulailah dari dirimu sendiri dengan tersenyum, karena senyum mampu merubah suasana kaku menjadi ceria. Dalam acara yang kamu buat, mungkin tamu yang ada dalam acaramu berbeda latar belakang, tugas kamu adalah menyatukan mereka dalam perbincangan yang hangat,  jangan memberikan jarak, karena akan menjadikan suasana acara yang kamu buat menjadi kaku. Bila perlu buatlah tamu menjadi saling kenal dan akrab satu sama lain.


TIPS :

Jangan segan terhadap tamu yang berencana merusak acaramu. Di awal tegurlah dengan sopan, bila usaha ini tidak mempan, gunakan cara yang keras namun jangan sampai ketahuan tamu yang lain. hal ini menjaga suasana tetap kondusif dan menjaga agar tamu tetap berfikir positif selama acara berlangsung.

Berilah petunjuk untuk menuju ke arah kamar mandi. Hal ini mengantisipasi mungkin jika ada tamu yang malu bertanya saat mereka sebenarnya sedang “kebelet”. Jika petunjuk tersebut mengganggu keindahan dekorasi ruangan acara pesta, berilah informasi saat di tengah-tengah acara.

Penampilan menciptakan kesan image anda di awal pertemuan kamu dan tamu di acara yang kamu buat. Sebagai tuan rumah yang baik, maka berpakaianlah secara baik. Kamu memang harus terlihat berbeda dan mencolok di antara tamu yang lain, namun padu padankan pakaian kamu agar jangan malah terlihat norak. Hal tersebut akan membuat kesan buruk pada image mu. Kamu juga bisa menjadi “tranding topic” disepanjang acara yang kamu buat.

Sebagai seorang tuan rumah yang baik, saat menggelar sebuah acara kamu perlu memperhatikan tata letak pencahayaan. Letakkan lampu di spot-spot yang mungkin banyak dilalui tamu.  Buatlah tamu nyaman dengan ruangan yang terang.

Hal tersebut untuk menghindari tamu tersandung dang terjatuh. Namun demikian jangan membuat seluruh ruangan terang dengan kadar pencahayaan yang sama. Atur kadar pencahayaan di spot-spot tertentu, buatlah sedikit redup pada spot yang memungkinkan tamu ngobrol dengan tamu yang lain cahaya yang tidak terlalu terang akan memberikan kesan hangat dan akrab pada perbincangan antar tamu.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni