Cara Menjadi Wanita Dewasa

Menjadi wanita yang baik adalah keinginan semua wanita yang ada. Menjadi wanita yang baik sama halnya menjadi manusia yang baik. Memiliki moral dan perilaku yang baik adalah hal yang utama. 

Kamu ingin menjadi wanita yang baik dan dewasa? Ikuti 3 cara berikut ini :

Horwewoman : Pixabay


1. Kualitas moral dari seorang wanita yang baik

Moral merupakan cerminan perilaku dan tentunya wanita yang baik mempunyai moral yang berkualiatas, seperti :

 Bersikap jujur
Pernah mendengar pepatah “kejujuran adalah mata uang yang berlalu dimanapun”? Ya, benar. Kejujuran modal utama untuk menjadi baik. Wanita yang baik selalu jujur terhadap dirinya sendiri dan juga kepada orang lain. Ia akan senantiasa mencapaikan sesuatu dengan sebenar-benarnya. 

Belajarlah untuk senantiasa bersikap jujur meskipun itu hal kecil. Misalnya, jika kamu belum melaksanakan kewajiban ibadah, jangan bohongi dirimu dan segera laksanakan. Kejujuran terhadap hal yang kecil akan membawa pembiasan bagi diri sendiri.

 Tidak menghakimi
Semua orang tidak suka dihakimi apalagi sebelah pihak tidak terkecuali itu wanita maupun pria. Wanita yang baik tidak pernah menghakimi seseorang karena ia tahu menghakimi bukanlah solusi dalam menyelesaikan persoalan. Selalu terbuka dan mencoba mencari solusi tanpa harus menyakiti orang lain.

 Berusaha untuk peduli
Keberadaan manusia lain di sekitar membuat diri kita harus lebih peduli, baik terhadap hal yang membahagiakan mereka terlebih-lebih bagi hal-hal yang menyedihkan. Orang yang memiliki rasa empati yang tinggi dapat merasakan kesulitan yang dirasakan orang lain dan akan senantiasa diterima oleh masyarakat.

 Percaya pada batasan moral
Seseorang akan menjadi baik saat ia memilih untuk tidak melakukan hal-hal yang bersifat negatif. Memahami batasan moral sikap yang penting untuk diketahui dan dipatuhi. Segala sesuatu memiliki aturan demi kebaikan begitupun dengan batasan moral. 

Seorang wanita yang baik mampu menempatkan dirinya sebagai wanita dalam setiap pergaulannya. Memahami bahwa ada batasan yang harus dihargai dalam berteman ataupun bersosialisasi dengan lingkungan.

 Memperlihatkan kepedulian
Jika kamu peduli, perlihatkanlah. Sampaikan setiap kepedulian kepada mereka yang membutuhkanmu. Jadilah bagian dari kesulitan mereka dan membantunya menghadapinya.


2. Kualitas diri dari seorang wanita yang baik


 Percaya diri
Seorang wanita yang baik senantiasa memiliki rasa percaya diri dan tidak mudah minder. Bagaimana kamu akan membantu orang lain jika kamu tidak percaya diri? Ya, mulai dari dirimu sendiri. setelah kamu percaya akan kemampuanmu, barulah kamu bisa berbagi dengan orang lain.

 Hindari ucapan negatif
Wanita yang baik adalah wanita yang menjaga ucapannya. Ucapan negatif hanya akan merusak diri sendiri. hindari untuk mengucapkan kata-kata menghujat atau pun menghina yang tidak akan membawa manfaat.
Dalam menyempaikan kritik sekalipun tutur kata yang dipilih haruslah sopan dan tetap menghargai orang lain. Kalau ingin dihargai, hargailah terlebih dahulu.

 Bersabar
Orang yang bersabar akan menemukan hal baik, sebab ia mampu mengontrol dirinya sendiri. kamu harus mampu bersabar dalam menghadapi segala persoalan, setiap persoalan masti memiliki solusi.

 Tidak mudah menyerah
Meskipun kamu seorang wanita, namun kamu juga harus memiliki tekad yang kuat dan tidak mudah menyerah layaknya seorang pria. Jangan biarkan keadaan membuatmu lemah.

 Percaya bahwa tidak ada orang yang sempurna
Dengan memahami bahwa tidak ada manusia yang sempurna, kamu akan lebih bijak dalam menanggapi berbagai persoalan yang menimpamu. Sikapmu akan lebih dewasa dan tidak memaksakan orang lain untuk mampu melakukan semua hal yang kamu inginkan.

Tidak semua hal bisa kamu lakukan dan selesaikan, jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu diluar kemampuanmu. Yakinlah, tidak ada manusia yang sempurna.


3. Kemampuan berinteraksi sebagai seorang wanita yang baik

Mother Talk : Pixabay

Selain memiliki kualitas moral, seorang wanita yang baik pun harus mampu berinteraksi dengan lingkungannya. Ia menjadi wanita yang memberikan manfaat bagi orang-orang sekitar.

 Terbuka 
Terbuka. Seorang wanita baiknya memiliki sikap terbuka dan ramah kepada siapapun. Merespon dengan baik orang-orang yang berniat positif untuk mendekatinya. Walaupun ia tidak menyukainya, wanita yang baik tahu cara menolak dengan halus tanpa melukai perasaan orang lain.

Wanita yang baik akan membangun hubungan yang baik dengan perorangan secara personal, maupun dengan kelompok masyarakat secara keseluruhan.

 Mengerti cara menjadi ibu atau istri 
Sudah menjadi kondrat wanita untuk menjadi ibu dari anak-anaknya dan menjadi istri bagi pendampingnya. Wanita harus mampu menempatkan diri menjadi orang tua dan pasangan yang baik. Menghargai setiap proses dari pasangannya dan mendampingi tumbuh kembang keluarganya.

 Mendengarkan orang lain
Mampu mengesampingkan ego dan mencoba menjadi pendengar  salah satu ciri-ciri wanita yang baik. Kadang, kita tak selamanya menjadi pembicara yang selalu harus didengar. Cobalah untuk mendengarkan orang lain, walau hanya berupa curhatan atau keluh kesah.

Jadilah orang yang tak hanya memaksakan keinginan, akan tetapi mampu mendengarkan. Mengerti untuk saling mendengarkan dan memahami.

 Mengikuti sesuatu dengan alasan yang benar
Seorang wanita yang baik tidak memiliki alasan untuk mengikuti sesuatu yang tidak benar. Ia senantiasa berkeyakinan pada hal yang baik. Kamu harus berfokus melakukan berbagai hal yang membaikkannn bagi dirimu sendiri.

 Mencoba untuk membantu orang lain
Siapapun kita tidak terkecuali wanita, selalu memiliki kesempatan yang sama untuk membantu orang lain. Selagi kesempatan itu ada dan kita mampu membantu lakukan saja, karena itu sudah menjadi tanggungjawab bersama.

Itu tadi pemaparan tentang cara menjadi wanita yang baik. Ini bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Sederhana kok, tidak begitu sulit selama kamu mau mencoba. Ayo, menjadi wanita yang baik.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni