Cara Menjaga Percakapan di Telepon Tetap Lancar

Percakapan adalah salah satu kegiatan kita sehari-hari, dengan bercakap dapat membuat setiap orang bertukar informasi. Tapi ngerasa gak sih, kadang percakapan terasa membosankan dan menjenuhkan. Belum lagi, saat yang diajak bicara adalah orang baru yang sering kali tidak sejalan dan sepemikiran. 

Saya sering merasa bingung sendiri bagaimana melanjutkan percakapan dengan orang lain bahkan orang yang baru kenal. Perasaan canggung dan sungkan sering saya rasakan. Tapi berlahan saya mampu mengatasinya dengan menjalankan cara-cara berikut ini yang ternyata sangat membantu dalam menjaga percakapan tetap berjalan. Oiya, cara ini juga bisa membantu kamu yang lagi ngedeketin seseorang :

Phone : Pixabay

1. Tetaplah pada pembahasan utama

 Fokus pada lawan bicara

Tetaplah fokus pada apa yang dikatakan oleh lawan bicaramu dan jadilah pendengar yang baik. Percakapan menjadi sebuah wadah untuk menyampaikan berbagai macam pemikiran jadi jangan malu untuk menyampaikan pendapatmu. Dengan menyimak apa yang dikatakan lawan bicaramu akan membuatmu benar-benar paham maksud dari pembicaraan.

Lawan bicaramu akan merasa dihargai jika kamu tetap memerhatikannya dalam proses menyampaikan pendapatnya ataupun sedang bertanya sesuatu kepadamu.


 Coba rasakan apa yang dikatakan orang padamu

Sebagian orang tidak suka berbelit-belit dan lebih suka membicarakan tentang hal-hal penting. Temukan hal-hal yang menarik untuk dibicarakan yang akan membuat pembicaraan menjadi lebih menarik dan berbobot.

Kamu bisa memulai dengan menanyakan tentang lawan bicaramu, seperti pekerjaannya, teman, hobi, ataupun asal usulnya. Gunakan bahan pembicaraan yang kamu ketahui tentang orang tersebut, contohnya kamu pernah berkunjung ke kota kelahirannya ataupun kamu mungkin memiliki hobi yang sama dengannya.


 Tanggapi pembicaraan

Dalam percakapan, tanggapan sangat diperlukan untuk menunjukkan orang tertarik dengan apa yang diceritakan. Tanggapi yang dikatakan lawan bicaramu atau bahkan kamu bisa memunculkan bahan pembicaraan yang baru.

 Yakinkah bahasa tubuhmu bahwa kamu mengatakan yang benar

Orang-orang mendengar setiap kata yang kamu ucapkan dan mereka pun memerhatikan gerakan tubuhmu ketika berbicara dengan mereka. Perlihatkan bahasa tubuh yang meyakinkan bahwa yang kamu katakan merupakan sesuatu yang benar.

Kontak mata sering menjadi fokus utama, tetaplah memperlihatkan kontak mata yang tertarik pada lawan bicaramu. Tetapkan pengelihatan disatu sudut saja dan jangan terlalu sering mengedip. Kamu juga bisa mencoba menganggukan kepala demi lebih menyakin setiap ucapanmu.


 Bersikap percaya diri

Bukan rahasia lagi bahwa kepercayaan diri sangat berpengaruh saat berbicara dengan orang lain. Tegakkan tubuh dan hindari untuk terus menerus tertunduk. Orang akan menilai kecerdasanmu dari kepercayaan diri yang kamu miliki, ini memang terkesan tidak adil tapi begitulah kenyataanya.

Dengan kepercayaan diri, orang yang berbicara denganmu pun akan lebih santai dan nyaman, bahkan bisa memotong membicarakanmu untuk memberikan masukan dan sebagainya.


 Bersiaplah jika pembicaraan keluar dari pembahasan

Hal ini sering terjadi jika bercakap dengan orang lain, beberapa pembahasan sering melenceng. Tapi jangan kwatir dan panik, kamu harus mampu mengatasinya dan tetap menjaga suasana senyaman mungkin untuk meneruskan percakapan.

Arahkan kembali pembicaraan pada fokus awal tapi jangan membuat lawan bicaramu menyadari hal tersebut. Tetap nikmati percakapan dan jangan menegurnya secara langsung.


2. Gunakan sebuah irama

Talking : Pixabay

 Tanyakan pertanyaan yang bagus

Orang-orang senang bercerita tentang diri mereka sendiri. jika kamu mampu menemukan apa yang membuat orang lain tertarik untuk bercerita, mulailah dengan menanyakan hal yang sepele terlebih dahulu. Tanyakan tentang kehidupannya dan bagian yang menarik dari perjalanannya selama ini. Itu akan cukup membantu membuat percakapan terus berjalan.


 Hindari bertanya yang mudah seperti “iya/tidak”

Pertanyaan dengan jawaban singkat seperi iya atau tidak dapat membunuhmu dalam percakapan karena hal ini mampu membuat lawan bicaramu menjawab dengan sangat minim. Apabila situasi seperti itu terjadi, kamu bisa mencoba menanggapi dengan bahasa yang lebih menarik dan terkesan ingin tahu alasan dari jawabanya.


 Bersikap antusias saat orang akan menjawab pertanyaanmu

Jadilah begitu berantusias saat menyampaikan pertanyaan kepada seseorang yang menjadi lawan bicaramu. Berikan kesan bahwa pertanyaanmu penting dan kamu sangat ingin tahu jawaban ataupun tanggapannya. 
Siapa pun senang jika ia diharga tidak terkecuali lawan bicaramu. Perlihatkan sikap antusias yang tinggi. Dengan demikian, lawan bicaramu akan menganggap jawabannya sangat dihargai olehmu.

Sikap seperti ini biasanya memberikan kesan yang sangat baik dan membuat orang lain menyukaimu. Tapi tetap tidak boleh berlebihan, lakukan sewajarnya saja.


 Kritis terhadap sesuatu yang tidak sesuai
Jangan sungkan untuk menanyakan kembali terhadap sesuatu dari lawan bicaramu yang menurutmu cukup janggal atau aneh. Lakukan dengan sopan seperti mengulang argumentasi tersebut dan tanyakan bagian yang mengganjal di benakmu. Ini juga akan mendekatkan kamu terhadap lawan bicaramu. la pun akan berpikir bahwa kamu memang memerhatikan apa yang diucapkan dengan teliti.

Hindari untuk menerima segala sesuatu tanpa sikap kritis dan hati-hati, meskipun itu hal yang disampaikan oleh lawan bicara yang sudah lama atau baru saja kamu kenal.


 Jangan takut untuk bertanya lebih dalam

Meskipun ini sesuatu yang cukup sulit dilakukan, jangan takut. Bertanya lebih dalam menandakan kamu ingin tahu banyak hal tentang orang yang sedang berbicara denganmu. Bahkan jika kamu mampu bertanya lebih dalam, yakin deh kamu akan cepat akrab dan dekat dengan orang tersebut.

Langkah-langkah di atas telah banyak membantu saya dalam bercakap dengan orang lain. Nah, cara ini juga bisa kamu gunakan apabila sedang ingin mendekati seseorang. Tidak ada salahnya memulai pendekatan dengan percakapan, sapa tahu saja ia menyukaimu dari percakapan yang menyenangkan. Bagaimana? Menarik untuk dicoba ya.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni