Cara Menulis Esai Untuk Beasiswa

Beasiswa menjadi dambaan semua orang. Dengan mendapatkan beasiswa kamu bisa membantu meringkan beban biaya sekolah atau kuliahmu. Lebih dari itu, beasiswa seakan buah dari kerja kerasmu belajar selama ini.

Banyak perusahaan instansi negara maupun swasta yang menyediakan program beasiswa, baik bantuan pendidikan secara penuh atau hanya bantuan kursus dan pelatihan. Kebanyakan orang gagal mendapatkan beasiswa karena persoalan yang satu ini, esai.

Semua orang bisa memiliki kemampuan akademik yang bagus, tapi tidak semua orang bisa menulis esai dengan baik. Jika kamu ingin mendaftarkan aplikasi beasiswa, tidak perlu khawatir, ini saya beritahu cara menulis esai yang baik untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan.

graduate: pixabay
1. Mendapatkan Dasar yang Tepat

Dalam merencanakan untuk menulis esai, kamu harus mendapatkan dasar yang tepat. Baca dan analisis pertanyaan esai. Pastikan kamu memahami dengan baik maksud dari judul esai yang akan kamu tulis.

Tapi bukan hanya sekedar memahami pertanyaan dan judul dari esai tersebut, kamu harus memahami mengapa mereka memintamu untuk menulis esai dengan judul itu. Apa yang mereka coba untuk mencari tahu tentangmu dengan meminta ini? Menganalisis pertanyaan dan mencoba untuk mencari tahu apa yang mereka cari sehingga kamu dapat merespons dengan tepat.


2. Lakukan penelitian dasar sebelum menulis esai

Yayasan, sekolah, dan organisasi lainnya pemberian beasiswa sering memiliki nilai-nilai inti yang mendorong perusahaan mereka. Jika kamu ingin mengesankan mereka lakukan penelitian dan temukan beberapa istilah kunci dari-dari nilai-nilai inti yang digunakan secara konsisten kemudian tulislah hal tersebut dalam esaimu.


3. Petakan esaimu sebelum menuliskannya

Buatlah pemetaan untuk menulis esai, jika tidak membuat pemetaan kamu akan kesulitan. Tuliskan masing-masing poin yang ingin dibuat dalam menjawab pertanyaan, dengan beberapa catatan tentang bagaimana memaparkan bukti-bukti yang akan digunakan.

Tuliskan juga hubungan yang jelas antara permasalahan dan solusi yang ada. Setiap paragraf yang ditulis harus berurutan dengan baik.


4. Jawab pertanyaan dengan benar

Pastikan ketika menulis esai, kamu benar-benar menjawab pertanyaan yang mereka tanyakan. Hal ini penting karena mereka dari tulisanmu mereka mengharapkan jawaban dari pertanyaan mereka.

Kadang-kadang, terutama ketika membaca cepat atau tanpa cukup mendalam, kita cenderung untuk mengambil pesan yang salah dari sesuatu. Pastikan bahwa apa yang kamu tulis adalah apa yang mereka ingin tahu.


5. Perhatikan jumlah kata
keyboard: pixabay
Tetap perhatikan jumlah kata yang kamu tulis tanpa harus menghilangkan bagian-bagian penting dalam esaimu.

Jumlah kata yang terlalu banyak biasanya membuat orang lain tidak tertarik untuk membaca. Terlalu pendek pun akan terkesan tidak kompeten. Cobalah tetap menggunakan jumlah kata yang sesuai.


6. Gunakan bahasa yang tegas dan nada penuh gairah

Ketika menjawab pertanyaan, jawablah dengan suara yang terdengar penuh keyakinan dan percaya diri. Hal ini akan membuat orang yang mendengarkan akan mempertimbangkan jawabanmu untuk memperoleh beasiswa.

Jangan gunakan kata-kata dan frase seperti mungkin, semacam, saya mencoba, atau saya harap. Gunakan kata-kata yang menyakinkan mereka dan kamu tampilah percaya diri dengan tulisanmu.


7. Tunjukan kekuatanmu

Gunakan esai untuk memberitahu orang apa yang kamu lakukan dengan baik. Tunjukkan pada mereka kekuatanmu dan untuk meyakinkan kekuatanmu kamu bisa menyisipkan contoh-contoh.

Jika ingin menyampaikan bahwa kamu adalah orang yang terorganisir, misalnya memberitahu mereka tentang bagaimana kamu bersikap dengan lingkunganmu untuk mengatasi permasalah sampah ataupun kebakaran hutan.
Ingat, jangan hanya mengatakan saja, tapi tunjukan.

8. Ceritakan kisahmu
graduate: pixabay

Jika kamu ingin esaimu menarik bagi pembaca, maka ceritakan tentang kisahmu. Masukan beberapa kisahmu kedalam tulisan. Hindari membuat esai yang menggunakan orang lain sebagai acuan.

Dengan menggunakan ceritamu sendiri, maka orang akan lebih tertarik untuk mencari tahu. Bahkan si pemberi beasiswa akan mempertimbangkanmu saat kamu mampu membuat tulisan yang mampu menunjukan dirimu sendiri.


9. Tunjukan bagaimana caramu menyikapi kekurangan

Akui bahwa kamu memiliki kekurangan dan bukan orang yang sempurna. Ini berguna untuk menunjukan bagaimana manusia sebenarnya tidak ada yang sempurna.

Perlihatkan caramu mengatasi kekuranganmu dan tidak membiarkan kekurangan yang dimiliki sebagai penghambat untuk meraih cita-citamu.

10. Jangan menulis esai diwaktu yang mepet

Jangan menunggu sampai menit terakhir untuk menulis esaimu. Ini akan membuatmu terburu-buru dan menurunkan kualitas pekerjaan. Jika waktu yang dimiliki mepet kamu tidak akan sempat untuk membaca ulang dan mengedit.
 Kamu membutuhkan waktu yang cukup untuk membuat esai yang baik.
Kenyataan mungkin lebih sulit daripada apa yang kamu pikirkan. Pertimbangkan kesibukan lain yang dilakukan selain menulis esai, mungkin kegiatanmu yang lain juga akan menyita waktu.


11. Hindari menggunakan bahasa yang membosankan 

Jangan terdengar klise dan menggunakan semuanya sehingga menjadi deskriptor yang berlebihan. Buat esai yang menonjol jadi gunakan bahasa yang aktif, menarik, dan padat.


12. Jangan mengoceh

Pastikan bahwa segala sesuatu yang akan kamu tulis adalah sesuatu yang menarik dan mampu menjawab setiap pertanyaan.

Terlalu menuliskan banyak cerita pribadimu hanya akan membuat orang lain yang membaca merasa bosan dan berpikir kenapa jawaban yang ditulis keluar dari topik.


13. Jangan merengek

Jangan memasukan kisah yang menyedihkan dalam esaimu. Sebaiknya jangan bercerita tentang seseorang yang memberikan uang kepadamu hanya karena kamu memiliki kesulitan.

Semua orang memiliki masa yang sulit pada suatu titik. Sebaiknya tulis kisahmu tentang bagaimana kamu menghadapi kesulitan tersebut.
Pikirkan dengan baik dan jangan terkesan merengek.

Nah, 13 cara ini sedang saya coba untuk mendapatkan beasiswa di salah satu instansi swasta. Kamu bisa mencobanya juga. Semoga berhasil.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni