Cara Menulis Puisi yang Bagus

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan perasaan kepada orang yang dicintai, salah satu cara mengungkapkan perasaan adalah melalui puisi. Puisi merupakan rangkaian kata menjadi kalimat yang begitu indah. Kadang ini terdengar berlebihan, tapi bukan masalah.

Perasaan sayang harus kamu ungkapan, meski semua orang menertawai tingkahmu,  abaikan saja. Meski puisi terkadang terdiri dari beberapa bait saja, tapi menulis puisi bukan sesuatu yang mudah, apalagi jika kamu memang terlahir tidak berbakat dalam menulis puisi.

Akan tetapi, demi orang yang disayangi kamu bisa belajar dengan keras untuk melakukannya. Berikut ini sedikit rahasia bagi yang ingin menulis puisi yang indah untuk pasanganmu.


1. Buat garis besar tentang apa yang ingin kamu ungkapkan dalam puisi tersebut
pen: pixabay
Ini bisa saja seperti mencatat beberapa catatan, menulis momen spesial yang kamu ingin masukkan, atau frasa tertentu dan kalimat yang akan digunakan dalam menulis puisi. Garis besar ini akan membantumu menemukan inti dari puisimu.

Bila ingin mengingatkan tentang pertemuanmu, bisa menuliskan berupa kisah masa lalu. Ataupun kamu bisa menyampaikan betapa berartinya dia untukmu. Sebisa mungkin semuanya di ungkapkan melalui kata yang bagus.

Contoh "Aku mencintaimu karena kamu lucu, kamu membuat aku tertawa dan kamu tampak manis saat aku mengingat waktu pertama kali bertemu, aku mencuri ponselmu dan kamu mengejarku untuk itu"

Ingat, ini bukan produk jadi, sehingga tidak apa-apa jika pikiran sedikit orak-arik, pastikan kamu mendapatkan apa yang ingin dikatakan dalam tulisan tersebut. Untuk tahapan awal mungkin akan terlihat kurang baik, tapi tetaplah mencoba.


2. Pilih gaya puisi yang kamu inginkan

Ini bisa menjadi tipe puisi bebas di mana tidak harus sajak dan tidak ada batas untuk apa yang kamu tulis). Ini bisa menjadi tahapan awal atau bahkan salah satu puisi yang memiliki sajak menarik untuk itu.

Sampaikan tujuan komunikasimu dengan pacar melalui bait-bait puisi. Tidak perlu memaksakan untuk membuat terlalu puitis dengan pemilihan kata pengandaian, dan sebagainya. Meski sederhana, asalkan maknanya tersampaikan dengan jelas.
Pemilihan kata berpengaruh terhadap keindahan dan usahakan kata yang dipilih juga komunikatif.

3. Buat konsep kasar
concept: pixabay
Jika akhirnya memilih untuk menggunakan sajak bebas, kamu hanya dapat menulis dengan sepenuh hati dan tidak perlu kawatir tentang gaya penulisanmu. Yakinlah, setiap orang memiliki gaya menulis yang berbeda. Tetapi jika ingin membuat sebuah puisi yang memiliki sajak dan suara menarik, cobalah merencanakan dan mencari tahu apa kata yang akan kamu gunakan, kemudian temukan kata-kata yang memiliki keterkaitan sajak dengan itu.

Berikut adalah contohnya
"Aku ingat pada hari yang cerah, aku berjalan dan menemukan dirimu dengan caraku, aku duduk dan berbicara denganmy untuk sementara waktu, tapi itu layak untuk sebuah senyum itu. Dari sana kami tumbuh menjadi teman baik, dan meskipun persahabatan yang tidak pernah berakhir, segera berubah menjadi sesuatu yang lebih, cintamu sedang mengetuk pintu hatiku. Hampir sepuluh bulan dan kamu masih menjadi temanku, tidak ada persahabatan yang tidak pernah berakhir. Tapi sekarang kita sesuatu yang jauh lebih, dan cintamu semua yang minta".

Hal penting untuk di pahami, konsep dasar seperti ini dapat dibuat sebelumnya kemudian setelah itu kamu dapat menyusun menjadi bait. Tiap bait harus dipahami penempatan katanya. Setelah mendapatkan draft kasar puisi untuk dibuat, hias dengan sentuhan perasaan.

Gunakan tulisan tangan terbaik yang bisa kamu lakukan, atau jika tidak memiliki tulisan tangan yang sangat baik, ketik di beberapa font yang cukup pada komputer.  Taruh pada beberapa kertas konstruksi dan memiliki warna yang menarik, tambahkan beberapa gambar hati, atau bahkan bingkai untuk memperindahnya.


4. Cobalah untuk mulai menulis

Penting untuk dicoba memulai menuliskan puisi yang telah dikonsepkan. Susun konsep dasarmu menjadi susunan kalimat, kemudian jadikan susunan bait. Apabila menemukan beberapa kata yang perlu diganti, maka kamu bisa mencobanya.

Sering kamu telah selesai menulis tapi tidak puas, lakukan koreksi berulang-ulang. Seteah menulisnya dengan cukup baik, baca puisi tersebut. Bila ini hal pengalaman pertama bagimu, jangan merasa malu atau minder.

Menulis itu hanya persoalan pembiasaan. Demi orang yang disayangi lakukan hal tersebut dengan penuh kesungguhan. Percaya diri saja, apa yang kamu tulis dengan niat baik juga akan tergambar dengan baik.


5. Berikan kepadanya
gift: pixabay
Langkah terakhir adalah untuk memberikan puisi terbaikmu pada pacarmu. Lakukan sesuatu yang manis seperti bungkus dalam kotak hadiah, atau menyelinap ke dalam mobilnya. Bagi yang memiliki akses ke rumahnya, tinggalkan saja di meja samping tempat tidur yang memudahkan baginya untuk menemukan puisi tersebut. Atau kirimkan kepadanya.

Ada banyak cara untuk memberikannya, jadi hanya perlu menjadi kreatif. Semakin banyak usaha yang kamu dimasukkan ke dalam ini, semakin dia akan dapat memberitahu berapa banyak kamu peduli, bahkan tentang yang paling sederhana hal.

Atau bahkan bisa memberikannya secara langsung kepada pacarmu. Hargai tulisanmu sendiri dan jangan pernah malu dengan karyamu.

Rasanya menulis puisi untuk pasanganmu di era teknologi saat ini memang terdengar cukup klise. Tapi, cara ini bisa dicoba untuk membuat hubungan kalian semakin akrab. Jangan peduli kalau orang bilang caramu kuno. Selamat menulis puisi dengan baik. Yakin deh, pasanganmu akan seneng banget.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni