Cara Menulis Tujuan Hidup dan How To Make It Happen!

Membahas tentang tujuan hidup dan pekerjaan merupakan hal yang dipikirkaan semua orang tidak terkecuali saya. Tentu kita semua ingin menuliskan tujuan hidup dan pekerjaan kita dengan sangat jelas. Memiliki tujuan yang ingin diraih dalam hidup adalah hal yang sangat dibutuhkan. Ingin jadi apa kamu nantinya jika tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. 

Menulis, kadang kegiatan ini tidak begitu mudah dilakukan. Merangkai kata menjadi kalimat dan membuat kalimat menjadi satu pragraf terlihat mudah, tapi ternyata setelah di lakukan akan cukup memusingkan kepala.

Mengapa kali ini saya membahas tentang cara cerdas menulis tujuan hidup dan pekerjaan? Nah, menulis akan membantu kita untuk mengingat dan dengan menuliskan tujuan hidup dan pekerjaan akan membantu mengotrol tindakan yang dilakukan setiap harinya. So, ini terlihat cukup penting, bukan?

Apakah kamu siap untuk mencoba menuliskannya? Ya, saya akan memberitahukan 3 cara cerdas untuk itu, disimak ya.

Dream : Pixabay

1. Mulailah mencari

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari. Apa yang harus dicari? Tujuan hidup dan pekerjaanmu. Kamu harus memahami tentang ingin jadi apa nantinya dan hal-hal yang ingin kamu raih. Lakukan berbagai hal untuk mencari potensi dirimu.
Dalam mencari potensi diri bisa berawal dari hobi dan kesukaanmu. Jika kamu sudah tahu apa yang kamu sukai, lakukanlah terus menerus sampai kamu memahami bahwa ternyata kamu berbakat untuk hal tersebut.
Misalnya saja kamu memiliki suara yang bagus, dengan bakat suara yang bagus tersebut kamu bisa menjadi penyanyi yang hebat dan mulailah melakukan langkah-langkah untuk mewujudkannya. Atau mungkin kamu memiliki kemampuan memainkan bola di lapangan hijau, itu tandanya kamu bisa mengembangkan bakatmu menjadi pemain sepak bola. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita ingin mencoba, yakinlah.

Pencarian tentang talenta maupun bakat ini perlu dilakukan demi menemukan dirimu yang asli dan menuntunmu menuju tujuan hidup dan pekerjaanmu kelak. Sebab kesuksesan bisa kamu raih dengan rencana yang baik, kerja keras, dan tidak mudah putus asa. Maka, teruslah mencari apa yang kamu inginkan. Jangan biarkan orang lain yang menentukan dan mencari tujuanmu, kamulah yang berhak untuk tujuan hidupmu sendiri.


2. Temukan kata yang tepat

Kita tidak sedang bermain teka-teki silang ya, yang dimaksudkan dengan temukan kata yang tepat adalah menemukan dirimu dalam pencarian tujuan tersebut dan mendefinisikan secara nyata akan jadi seperti apa kamu nantinya.

Setelah pada langkah sebelumnya kamu menemukan potensimu, maka mulailah untuk mengembangkannya. Kemudian kamu bisa menggolong-golongkannya. Seperti contoh sebelumnya, jika kamu memiliki suata yang bagus maka kamu bisa terus mencoba latihan dalam olah vokal, bergabung dengan komunitas, atau bahkan membentuk band. 

Lalu, tentukan dalam bidang tarik suara kamu ingin menjadi apa. Pilihan profesi dalam bidang seni suara banyak, seperti penyanyi terkenal, pencipta lagu, guru vokal, atau produser. Pilihlah profesinya itu yang dimaksudnya dari temukan kata yang tepat.
Tidak ada tujuan hidup dan pekerjaan yang lebih menyenangkan dari melakukan apa yang kita sukai dan bahagia saat melakukan hal tersebut.
 Susun dan rancang dengan jelas ingin seperti apa pencapaianmu berikutnya.


3. Tuliskan tujuanmu

Write : Pixabay
Kamu sudah tahu bakatmu dan paham pekerjaan yang sesuai untuk bakat yang kamu miliki. Langkah berikutnya adalah menuliskannya. Menuliskan yang dimaksud yaitu mewujudkannya.

Tujuan hidup harus diperjuangkan, bukan? Ya, kalau kamu bukan pengecut maka perjuangkanlah tujuan hidupmu. Saat semuanya sudah jelas akan apa yang ingin kamu raih maka mendekatlah sedikit demi sedikit pada tujuan tersebut. Wujudkan dan jangan hanya berdiam diri.
Cara mewujudkannya dengan lakukan latihan dan asah bakatmu, kemudian bisa mengikuti kompetisi ataupun berbagai kegiatan yang memperlihatkan kemampuan terbaikmu. Genggam baik-baik tujuan hidupmu dan mulailah untuk memperjuangkannya.
Bersiaplah untuk menghadapi segala kendala yang akan dihadapi. Selesaikan segalanya dengan baik dan tunjukan bahwa kamu memang pantas untuk tujuanmu itu. Berikan yang terbaik semampumu. Tuliskan setiap impian tersebut dengan tindakan nyata. Yakin, kamu bisa.


4. Analisis peluangmu

Analityc : Pixabay
Dalam proses mewujudkan setiap tujuan atau impian tentunya akan menemui berbagai kendala yang tidak mudah untuk diselesaikan. Mulailah untuk menganalisis peluangmu dalam mewujudkan tujuan tersebut.
Kata analisis terdengar cukup berat ya, santai saja. 
Analisis peluang disini berbarti memikirkan seberapa besar kemampuan kamu bersaing dengan orang lain bermodalkan bakat yang kamu miliki.
Contohnya jika kamu ingin menjadi penyanyi dengan suara bagus yang kamu milikiki. Analisis peluangmu dapat berupa seberapa besar kemampuanmu bersaing dengan orang yang memiliki bakat yang sama. Jika pada kenyataanya kamu menemukan orang lain lebih baik lagi , maka kamu harus berusaha lebih keras dan memiliki keunikan tersendiri, seperti mampu memainkan alat musik piano, gitar, dan lain sebagainya.

Cara ini tepat untuk mengoreksi setiap langkahmu dalam proses menuju tujuan hidupmu. Dan dalam waktu menganalisis tetaplah menjadi dirimu sendiri, jangan pernah menjadi orang lain.


Nahhh...

Keempat cara diatasmu akan mengantar langkahmu mendekat kepada tujuan hidup dan pekerjaan. Kalau saja saat ini kamu belum menemukan tujuanmu, cobalah keempat cara ini. sebab bagaimana pun itu kamu harus tahu kemana kamu akan pergi dan kemana kamu akan sampai. Semua manusia akan mati, tapi tidak semua manusia akan mati sia-sia.

Sekarang giliranmu untuk menentukan, mulai menulis tujuanmu atau hanya sekedar menjadi penonton bagi tulisan-tulisan tujuan hidup orang lain, atau mungkin hanya sekedar menjadi pemberi tepuk tangan akan kesuksesan mereka. 

Ayo tentukan, tapi ku sarankan kamu ikut bersamaku untuk menulis tujuan hidup dan pekerjaan. Bagaimana? Apakah kamu akan segera memulai?

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni