Cara Menyelesaikan Banyak Pekerjaan dengan Cepat

Bagi kamu yang seorang mahasiswa sambil kerja atau aktif di organisasi pasti pekerjaan yang banyak akan menjadi teman kamu setiap harinya. Tugas kampus yang menumpuk, ujian, belum lagi harus menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Tetapi semua pengalaman itu pasti akan sangat berharga jika kamu menikmatinya.

Kesibukan seperti itu tidak hanya dialami oleh mahasiswa, banyak pegawai kantorpun juga merasakan demikian. Sebenarnya itu masalah waktu dan masalah prioritas pekerjaan. Kadang kita sering menunda-nunda pekerjaan, bosan atau kita malah sibuk dengan urusan-urusan yang tidak perlu.
    
Disini sangat penting untuk masalah prioritas dan mengerjakan pekerjaan secara efektif agar pekerjaan yang cepat selesai dan kita pun tidak stres dibuatnya, seperti kata orang bijak:
“Jika Kita Tidak Disibukkan Dengan Urusan Penting, maka Kita Akan Disibukkan dengan Urusan Yang Tidak Penting”.
Seperti ulasan yang saya ambil dari brighterlife.co.id, ada satu ulasan mengapa banyak orang sering berhenti menyelesaikan pekerjaan mereka entah kecil atau besar itu karena mereka merasa tugasnya sangat menumpuk dan sulit dikerjaan bukan sulit kalau kita mengerjakan dalam kondisi tidak tegang tetapi karena kita dikejar tenggat waktu dan pekerjaan masih banyak diakibatkan kita tidak bekerja tidak efisien, ini pasti akan menimbulkan stres yang menyebabkan beban terasa berat.
    
Kamu pasti pernah ngalami hal seperi itu bukan?
    
Saat kita frustasi dan stres, secara otomatis diri kita akan menciptakan pengahalang yang menghalangi diri untuk melanjutkan pekerjaan, karena sudah tidak ada motivasi untuk menyelesaikan. Dan kita mulai menyerah, kejadian ini pasti sangat merugikan kita semua.
Setelah begitu apa yang akan kamu lakukan?
Menulis keluh kesah kita di sosial media facebook atau apakah?
Curhat dengan teman
Menangis mengutuk diri
Atau malah berpikir hidup itu susah
Yang jelas kalau itu yang akan kamu lakukan itu bukanlah solusi dari masalah, ingat hidup menangisi diri dan berkeluh keah tidaklah mengubah apapun. Yang ada kamu akan semakin frustasi.
    

Via Pixabay
Jadi teman mulailah berpikir positif dan lakukan langkah pasti untuk setiap pekerjaan yang kamu hadapi. Daripada kamu jatuh pada keadaan yang lebih sulit lagi dan menambah frustasi kamu, dari sumber yang saya ambil dari akuinginsukses.com saya akan mencoba berbagi beberapa cara bagaimana kamu tetap produktif dan termotivasi untuk menyelesikan pekerjaan dan kamu juga antusias terhadap apa yang kamu kerjakan:


Kamu harus memecahkan pekerjaan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil
    
Jika kamu melihat pekerjaan yang segunung yanng ada kamu akan sesak napas, jadi kamu perlu membagi beberapa bagian yang lebih kecil agarlebih terkendali. Sebagai contoh apabila kamu seorang mahasiswa sambil kerja, dalam satu minggu kamu ada ujian, tugas akhir, dan masih harus bekerja 8 jam setiap harinya.

Jika kamu melihat aktifitas itu dalam satu minggu pasti kamu akan frustasi duluan. Langkah yanng harus kamu ambil adalah bagi ke dalam 6 hari, prioritaskan per hari. Hari senin apa, selasa apa, dan seterusnya pilah berdasarkan deadline.

Jika waktu masih merasa kurang pilah mana tugas yang mudah dan yang sulit tulis dalam buku agendamu agar kamu selalu tahu apa pekerjaan yang sudah selesai dan mana yang belum. Dengan cara ini semoga kamu akan terbantu dan tidak sesak napas lagi. Cara itu juga saya gunakan setiap harinya.

Setiap hari minggu usaka kamu tidak melakukan apapun, manjakan diri kamu dengan pergi ke pantai atau dimana tempat yang kamu suka agar kamu tidak bosan dengan aktifitas yang padat dan kamu juga akan semangat untuk menyambut hari esok.

Temukan hal yang paling menyenangkan dari tugas atau pekerjaan kamu    

Seuatu yang dimulai dengan rasa senang pasti akan membuat efek yang berbeda, kamu akan menjadi semangat dan dengan mudah dan cepat menyeleaikan pekerjaan kamu. Kamu saat ujian juga seringkan membaca keterangan soal terdiri dari beberapa poin dan mulailah dari soal yang paling kamu anggap mudah. Jika kamu hanya berkutat pada soal yang sulit kamu pasti akan stres dan kehabisan waktu untuk menyelesaikan ujian. Sementara yang belum kamu selesaikan masih banyak dan jawaban sudah ditarik oleh pengawas.

Cara ini juga sama untuk menyelesaikn pekerjaan-pekerjan kamu. Ketika kamu selesai mengerjakan bagian dari pekerjaan yang menyenangkan, secara tidak sadar kamu sudah selangkah lebih maju menuju penyelesaian tugas atau pekerjaan kamu.

Hal ini tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi kamu untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya yang lebih sulit. Ketika kamu kembali berhasil menyelesaikan pekerjaan, rasa percaya diri kamu semakin tinggi lagi. Dan seterusnya, jadi nikmati dan berdamailah dengan pekerjaan.


Hindari mengerjakan banyak tugas sekaligus
    
Salah satu dari kamu pasti suka menerapkan sistem kebut semalam atau bahasa trend-nya sering disebut sistem sks. Hindari cara ini karena selain menyiksa juga tidak baik untuk kesehatan. Sifat ini sebetulnya baik, namun yang kurang baik adalah jika hal itu dipraktekkan dengan melakukan banyak tugas secara serentak.

Saya pun dulu suka melakukan kebiasaan yang kurang baik seperti ini. Akhirnya tidak ada pekerjaan yang terselesaikan, justru memakan waktu yang lebih lama. Rasa-rasanya seorang yang hebat pun tidak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya dengan sekaligus. Bahkan komputerpun kalau diberi perintah yang banyak pun bisa nge-hang apalagi manusia?
    
Fokuslah pada apa yang sudah ada di depan mata. Selesaikan tugas kamu satu per satu. Saya jamin kamu akan lebih produktif, motivasi akan  terus meningkat (seperti telah saya sampaikan pada point 1 dan 2), serta kamupun akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.


Beristirahat dan bersenang-senang pada akhir pekan
    
Setelah beraktifitas padat selama sepekan pasti tubuh dan pikiran kamu juga akan lelah, selain lelah motivasi kamupun aka menurun dan tidak semangat lagi badanpun juga terasa loyo. Misalpun kamu masih semangat, saya saran kan tetap beristirahat karena kamu bukan robot berilah kesempatan organ-organ tubuh kamu untuk rilex dan siap untuk beraktifitas lagi.

Pergilah ke pantai, ke taman, atau pergi kemana kamu suka cara ini selain menyenangkan otot mata pun bisa rilex kembali. Tujuan lain disini adalah mengalihkan perhatian kamu dari pekerjaan-pekerjaan serta mengurangi stress/frustasi yang kamu rasakan.

Jadi ketika kamu melakukan hal-hal yang menyenangkan tersebut, jangan terpikirkan mengenai pekerjaan-pekerjaan yang belum terselesaikan. Betul-betul lupakan total! Ketika kamu kembali pada pekerjaan, saya yakin kamu akan lebih santai, segar dan termotivasi untuk melanjutkan pekerjan.


Beristirahatlah sejenak.
    

Beristirahat lagi? Ya, namun kali ini adalah istirahat sejenak. Setelah kamu bekerja selama 40-45 menit, berhentilah sejenak selama 3-5 menit. Disarankan kamu sedikit menjauh dari area kerja kamu. Penelitian mengatakan bahwa setelah kamu bekerja selama 40-45 menit, otak akan cenderung lelah atau melambat.

Mungkin kondisinya tidak memungkinkan kamu untuk menunda atau meninggalkan pekerjaan. Namun intinya adalah ketika kamu merasa sangat lelah atau kamu sudah tidak dapat fokus lagi, beristirahatlah sejenak. Lakukan peregangan, minum segelas air putih, atau berjalan-jalan mencari udara segar. Pasti kamu akan mendapatkan energi tambahan secara instan, sehingga kamu akan termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan kembali pekerjaan kamu.
    
Dan satu ini beberapa masalah sepele yang sering kita tidak sadar dan ini ternyata cukup menurunkan produktifitas kita.


Sarapan dan mandi di pagi hari
    
Sarapan dan mandilah sebelum beraktifitas, meskipun pekerjaan yang kamu lakukan dikerjakan dirumah. Apa jadinya kalau kita bekerja sambil memikirkan perut yang lapar dan gatal-gatal karena belum mandi, pasti kerjaan kamu juga ikut berantakan karena kamu memikir makanan dan sambil garuk-garuk karena belum mandi. Masalah ini juga sering diabaikan oleh orang-orang yang bekerja dirumah, mulai sekarang bangunlah pagi sembahyang, mandi terus sarapan pastilah cara ini akan sangat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.


Persiapan apa yang dibutuhkan
    
Persiapkan segala sesuatunya dulu sebelum bekerja, dan usahakan tempat kerja terpisah dengan tempat tidur masalah ini timbul untuk kamu yang bekerja dari rumah. Karena tempat tidur bisa jadi alasan kamu bila kamu sedang capek atau bosan pasti kamu akan tiduran dalih-dalih untuk me-rilex-kan tubuh karena itu tanpa sadar kamu pun bisa tertidur dan itu akan menjadi masalah besar karena waktu kamu akan habis.


Beritahu orang lain jika kamu sedang fokus bekerja
    
Jika kamu bekerja dirumah beritahu orang tua kamu, atau orang disekitar kamu bahwa kamu sedang fokus menyelesaikan pekerjaan atau tugas kuliah dan mohon untuk tidak diganggu sebelum pekerjaan atau tugas kamu selesai. Cara ini penting agar dalam menyelesaikan pekerjaan bisa cepet selesai karena bekerja dirumah sangat berbeda kalau kamu bekerja di kantor atau mengerjakan tugas  di kampus apalagi kalau dirumah ada anak kecil pasti akan lebih repot. Jadi pinter-pinter saja mengkondisikan tempat kerja kamu ya.


Fokuslah pada kerjaan kamu sendiri
    
Jangan mengambil terlalu banyak tanggung jawab, terutama jika kamu merasa stres dan kewalahan. Tetaplah fokus pada pekerjaan kamu sendiri, jangan takut untuk mengatakan tidak kepada bos atau rekan kerja jika memang dirasa kamu tidak bisa menyelesaikannya.

Maslah ini yang sering kita hadapi jangan alih-alih merasa kasihan atau tidak enak jadi malahan kerjaan kamu sendiri yang beratakan. Jika memungkinkan dan kamu merasa sanggup, kamu bisa mengalihkannya pada hari berikutnya.

Tidak usah memaksakan diri untuk mengambil semua pekerjaan padahal kamu tidak yakin bisa menyelesaikannya, karena jika kamu mulai kewalahan dan stress dengan tumpukan pekerjaan tersebut sangat mungkin jika nantinya kamu akan melakukan kesalahan. Jika sudah sampai begitu, bisa saja hasilnya tidak akan maksimal atau bahkan kamu gagal untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditanggungjawabkan kepada kamu.


Mengatur meja kerja
    
Seringkali kita saat mengerjakan pekerjaan bingung mencari pensil dimana, pulpen dimana dan ini sering membuat kita stres dan memakan waktu untuk mencarinya. Dan saat sudah ketemupun ide kita terkadang sering hilang karena sudah sebel duluan, kamupun pasti pernah mengalami bukan?
    
Nah, mengatur meja kerja itu sangat penting, letakkan lah alat-alat kerja pada tempatnya jadi saat dibutuhkan bisa langsung diambil,  yang lebih menyedihkan lagi jika meja kita berantakan, tentu saja akan sulit bagi kita untuk menemukan catatan-catatan penting. Alhasil, kita akan menghabiskan lebih banyak waktu berharga lagi untuk mencari-cari mereka dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan kita tepat waktu. Jadi mulai sekarang, rapikan meja kamu supaya bisa menghemat waktu dan bisa bekerja lebih efisien.


Bersihkan tempat kerja kamu
    
Suasana tempat kerja yang bersih memberikan kenyaman tersendiri, dan ini juga berpengaruh terhadap pekerjaan kamu. Gak lucu juga kalau setiap mata memandang banyak debu pasti kamu juga akan merasa risih. Jika kamu sudah nyaman dan tidak ada hal yang bisa mengganggu konsentrasimu pasti kau juga akan menyelesaikan pekerjaan kamu dengan cepat. Jangan lupa semprotkan juga sedikit minyak wangi biar kalau ada bau yang tidak sedap kamu tidaka akan mencari-cari sumber bau tersebut dan tentu akan menghabiskan waktu produktif kamu.



Pencahayan yang cukup
    
Pencahayaan juga menjadi faktor yang penting dalam pekerjaan, cahaya yang redup akanmenyebabkan mata kamu cepet lelah dan mengantuk. Pencahayaan juga penting agar konsentrasi kamu dalam menyelsaikan pekerjaan tidak akan terganggu, jadi kamu pastikan cukup pencahyaan di ruang kerjamu dan di daerah sekitar kamu.
Pajang gambar pemandangan
    
Loh apa hubungannya? Memajang sebuah gambar pemandangan menurut saya juga penting, dan bisa memunculkan ide kreatifitasmu. Jika kamu sedang tidak ide atau lagi tidak tahu harus melakukan apa pandanglah gambar pemandangan tersebut, tidak  semua tempat kerja atau rumah kamu mempunyai pemandangan yang indah jadi tidak ada salahnya donk kalau kamu memandang sebuah gambar untuk mengalihkan sekilas pikiran kamu dan kamu bisa lanjut untuk bekerja kembali.




Hindari gangguan
    
Jika kamu tahu saat ini internet dan jaringan sosial adalah gangguan terbesar di tempat kerja. Bagi kamu yang kecanduan berselancar di dunia maya ntah itu sosial edia atau berita-berita lain memang sulit untuk menghentikan aktivitas-aktivas tersebut meskipun sedang berada di tempat kerja. Tapi tahukah kamu, jika kamu tetap melakukannya maka kamu mungkin berakhir dengan membuang-buang banyak waktu di situs media sosial bukannya melakukan pekerjaan penting kamu.

Ingat, jika kamu sedang bekerja kamu dibayar untuk melakukan pekerjaan dengan baik, bukan untuk melihat media sosial. Satu lagi, cobalah untuk menghindari rekan kerja yang cerewet, karena ia akan terus mengganggu kamu dengan berbagai ceritanya walau ini sulit dihindari tetapi buatlah seminimal mungkin kalau perlu minta maaflah kalau kamu sedang fokus pada pekerjaan jadi kamu tidak bisa diganggu.



Berhentilah terus-menerus memeriksa inbox kamu
    
Untuk kamu yang lagi kasmaran pasti akan sulit untuk menghidari itu, atau yang lagi menunggu kabar dari seseorang. Saran saya selesaikan dulu masalah jika ada masalah agar kosentrasi menyelesaikan pekerjaan.

Dan untuk yang lagi kasmaran pinter-pinter sajalah mengatur waktu, saya tidak bisa memberi saran kalau sudah malah hati. ingatlah kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan puluhan pesan-pesan yang tidak terlalu penting itu bisa menunggu. Jika memang ada keperluan yang penting biarkan mereka melakukan panggilan kepada kamu jadi Anda kamu perlu sering-sering mengecek pesan.

Dengan bekerja lebih efisien tentu saja ini akan menjadi lebih baik lagi bagi kamu sendiri dan orang yang sedang menunggu hasil pekerjaan kamupun bisa puas. Bisa jadi ini juga akan berpengaruh terhadap pendapatan dan prestasi kamu. Jadi mulai sekarang, usahakan untuk bisa bekerja dengan lebih produktif  dan lebih efisien.
   
Beberapa ulasan di atas tentu hanya contoh sedikit dari apa yang terjadi di sekitar kamu, jika kamu merasan sulit untuk tetap termotivasi, kenapa tidak dicoba untuk memberikan hadiah pada diri sendiri setiap kamu bisa menyelesaikan pekerjaan walaupun ini sedikit konyol tapi cara ini juga bisa membuat kamu lebih termotivasi. Jika cara ini bisa membantu kamu untuk termotivasi dan pasti juga membantu kamu untuk menyelesaikan tugas kamu dengan cepat.
    
Dan pastikan untuk menyelesaikan semua pekerjaan tugas tepat waktu agar tidak menumpuk dikemudian hari. Cobalah membuat perencanan untuk membantu kamu mengingat sesuatu.
    
Jika kamu tidak dapat menemukan apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah kamu, maka kamu mungkin bisa mengatur ruang kamu dan meletakkan alat-alat yang kamu perlukan untuk pekerjaan di suatu tempat khusus.
    
Saat kamu sedang bekerja untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas, kamu tidak perlu mengingat pekerjaan yang sudah kamu selesaikan. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah fokus pada tugas atau pekerjaan yang berada di depan kamu. Tidak melakukannya perlahan-lahan, seperti kamu memiliki pekerjaan lain lagi yang harus dilakukan, tetaplah fokus dengan 1 pekerjaan setelah selesai baru pikirkan kerjaan mana lagi yang harus kamu lakukan. Jadikan tempat kerjamu menjadi sesuatu yang nyaman sehingga kamu tidak bergeser di kursi kamu atau menggaruk punggung yang gatal atau sekedar memutar pinggang itu akan membuat kamu kehilangan fokus.
    
Jangan berhenti sebelum selesai, jalan-jalan sebentar mungkin akan membuang-buang waktu 10 menit atau lebih dari waktu kamu. Fokus adalah keterampilan yang harus dipelajari.
    
Praktek, praktek, praktek! Jika bosan, mengambil 5 menit istirahat cepat, tapi ingat jangan terlalu banyak istirahat karena kamu perlu untuk menyelesaikan pekerjaan kamu sampai selesai.
    
Dan ingat teman jangan ketiduran, ini penyakit yang sering saya alami dan mungkin juga kamu. Ingat jangan tertidur! Untuk menjaga diri, jika perlu atur alarm yang berdering setiap 5-10 menit, untuk memperingatkan kamu menyelesaikan pekerjaan kamu, jika kamu tertidur.
   
    Demikian sedikit kesimpulan daris saya, semoga bermanfaat untuk menjadikan kita menjadi lebih baik lagi da lebih cepat enyelesaikan pekerjaan, salam sukses..

Oleh : Wiwit Waqiatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni