Cara Merealisasikan Mimpimu

Sebenarnya, apa, sih, mimpi itu? Tentu saja yang dimaksud di sini bukan mimpi bunga tidur. Mimpi itu segala sesuatu yang sudah kita cita-citakan  dan kita impikan, meskipun hal tersebut telah terkubur di fantasi dunia kanak-kanak kita. 

Di usia kita yang sudah tidak lagi kecil ini, mungkin sudah saatnya bagi kita untuk mulai mengenali mimpi kita dan kemudian mengejarnya. Mimpimu mungkin sederhana, namun kami berani jamin bahwa jika mimpi itu tercapai, akan muncul kebahagiaan dan kepuasan tersendiri untuk diri kamu.


1. Tetap dekat dengan mimpi kamu!
dream: pixabay
Di waktu senggang, secara tidak sadar kita sering melamun dan membayangkan hal-hal yang bisa saja terjadi di masa depan, seperti menjadi seorang publik figur, menjadi pemain sepak bola, dan banyak lagi. Kita membayangkan kira-kira bagaimana kehidupan kita setelahnya. 

Atau mungkin saja kita masih memikirkan bagaimana jika mimpi masa kecil terwujud. Melamun memang mungkin bukan hal yang baik jika dilakukan terlalu sering, namun jelas melamun tidak bisa dihindari. 
Jadi, setelah kamu selesai berfantasi dengan lamunanmu itu, ada baiknya kamu mulai memikirkannya secara serius dan mencatatnya di kertas.

2. Baca buku dan situs yang berhubungan dengan mimpi kamu tersebut

Ketika masih berada di bangku sekolah menengah bahkan hingga kuliah kamu pasti sering diharuskan membaca buku dan situs-situs tertentu. Hal ini tentu ditujukan agar kamu mengerti pelajaran yang ada. Sama seperti hal ini, membaca buku dan membuka situs tertentu tentu saja dapat membantumu memahami mimpi tersebut. Dari bagaimana cara menggapainya hingga bagaimana menjalani mimpi kamu tersebut.

Sebagai contoh, apakah kamu pernah mendengar seorang anak berumur 16 tahun bernama Abby Sunderland? Ia adalah orang yang menulis buku Unsinkable setelah menggapai mimpinya untuk berkeliling dunia dengan cara berlayar seorang diri. 

Kisah Abby Sunderland ini dapat kamu jadikan motivasi sehingga kamu lebih yakin pada dirimu sendiri bahwa tidak ada mimpi yang sulit digapai jika kita berusaha. Perhatikan bagaimana cara orang-orang seperti Abby ini meraih mimpinya dan cobalah hal yang sama.


3. Buat sebuah komunitas

Pastikan kamu memiliki teman yang akan mendukung mimpimu ini. Salah satu cara terbaik menemukan orang yang dapat kamu ajak bicara mengenai mimpimu ini selain di keluarga dan sahabat adalah mencari atau membuat komunitas khusus. 

Jika kesulitan untuk membuatnya, kamu bisa mencoba membuat grup online di situs tertentu sehingga jangkauan komunitas dapat lebih luas lagi. Tapi tentu saja, sebanyak apapun anggota di komunitas itu. 
Orang terbaik yang harus dimiliki adalah orang yang akan selalu mendengar dan peduli akan kisah mimpimu, seremeh apapun itu.

4. Kenali kendala-kendala yang dapat menghambatmu dalam meraih mimpi
road: pixabay
Seorang ahli pernah mengatakan bahwa rasa sulit yang didapatkan dalam mengejar mimpi adalah hal yang membuat hidup menjadi menarik. Jika tidak percaya, kamu bisa membuktikannya sendiri karena jika kita bisa mendapatkan sesuatu dengan mudah dan tanpa hambatan, maka hidup akan terasa sangat datar. 

Jadi, what is the point of living then? Tetapi tentu saja sebisa mungkin kita akan mencoba untuk menghindari kendala-kendala yang ada. Sebagai contoh, seseorang yang bercita-cita untuk menjadi pelukis umumnya khawatir akan pendapat orang mengenai hasil lukisannya. Tidak jarang juga ada pelukis yang tidak didukung oleh orang tuanya karena takut sulit menghasilkan uang. Dalam kasus seperti ini, kendala yang kamu hadapi berhubungan dengan rasa ego dan masalah finansial.

Tanya dirimu sendiri, manakah yang lebih penting: rasa hormat dari orang lain, merasa aman dari segi finansial, atau menggapai mimpi terdalam? Jika kamu diharuskan memilih antara mimpi dan urusan orang lain, mana yang akan kamu pilih?


5. Buat perubahan hidup

Jika saat ini kamu tidak sedang mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan mimpimu, mungkin sekarang sedang terjebak di siklus yang membuatmu jauh dari mimpimu itu. Kamu harus keluar dari siklus itu. 
Jangan biarkan dirimu terlalu nyaman di zona nyaman karena berada di zona nyaman bisa membuatmu terlalu terlena dan lupa akan tujuan kamu yang sebenarnya.
Keluar dari zona nyaman dan siklus sehari-hari bisa menjadi sangat sulit bagi banyak orang karena mengubah perubahan bisa berarti mengubah karir.


6. Tetapkan sasaran yang jelas

Semangat itu seperti fondasi yang membuat mimpimu tetap berdiri tegak. Dan untuk memiliki semangat, kamu harus memiliki tujuan dan sasaran yang jelas. 

Kamu juga dapat membekali diri sendiri dengan berbagai motivasi entah dari orang lain atau diri sendiri yang dapat membuatmu yakin dengan apa yang kamu impikan. 
When you think about quitting, remember why you start it.

7. Jika merasa kesulitan, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:
girls: pixabay

  • Percaya pada dirimu sendiri

  • Jangan pernah biarkan orang lain membuat dirimu meragui kemampuan yang kamu miliki

  • Jangan terjebak pada masa lalu. Untuk meraih mimpi, kita harus terus maju ke depan dan menjalani hidup di masa sekarang semaksimal mungkin. Jika memiliki kesulitan dalam melepaskan masa lalu, seperti rasa bersalah atau menyesal akan sesuatu.

    Kamu dapat menuliskan hal-hal itu di secarik kertas kemudian bakar, robek, atau buang kertas tersebut. Setelah itu kamu dapat maju ke depan untuk kembali mengejar mimpimu.

  • Pahami bahwa bentuk realisasi mimpimu sedang dalam sebuah proses. Tidak jarang ketika kita sedang mencoba meraih mimpimu, kita juga mulai belajar mengenai apa yang dimau. Sebagai contoh, kamu bercita-cita menjadi seorang pelatih sepak bola. Tetapi, ketika sedang menekuni mimpi itu, sadar bahwa mungkin kamu lebih ingin menjadikan olahraga sebagai hobi, bukan tujuan utama. 

    Saran dari kami adalah jangan takut untuk menyesuaikan apa yang sudah kamu bina demi belajar lebih jauh mengenai apa yang dimau dan yang terpenting adalah belajar mengenal diri sendiri.

  • Tutup matamu dan bayangkan apa yang benar-benar kamu inginkan. Cobalah untuk memvisualisasikan tujuanmu.

  • Franklin D. Roosevelt pernah mengatakan, “When you get to the end of your rope, tie a knot and hang on”. Jadikanlah kata-kata tersebut sebagai pegangan kamu ketika kamu sedang mencoba meraih mimpimu itu.

8. Setelah kamu mencoba beberapa tips yang sudah kamu berikan sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat:
  • Kebanyakan orang menyerah ketika secara tidak sadar mereka sudah sangat dekat dengan mimpinya. Misalnya, ketika bermimpi menjadi pemain sepak bola, tiba-tiba menyerah ketika kamu telah menjadi bagian dari suatu klub lokal karena alasan-alasan tertentu. 

    Padahal, cita-citamu menjadi seorang pemain sepak bola profesional sudah tinggal selangkah lagi. Berhati-hatilah karena bisa jadi itu adalah kamu.

  • Jangan pernah kehilangan fokus meskipun sesuatu yang tampaknya menyenangkan datang menghampirimu.

Sekian tips-tips dari Nilni.com mengenai bagaimana cara meraih mimpi. Semoga sukses!

Oleh: Cindy

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni