Cara Merencanakan Pernikahanmu Dalam 6 Bulan

Merencanakan pernikahan tidak mudah. Apalagi merencanakan pernikahan dalam 6 bulan atau kurang bahkan lebih keras. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantumu merencanakan pernikahan yang fantastis dalam waktu singkat.

Siapkan mental


Masuk ke dalam kerangka berpikir yang benar. Bersiaplah untuk berkompromi. Masukkan ke dalam perencanaan pernikahamu dengan pikiran terbuka dan fleksibilitas. Kamu mungkin memiliki semuanya direncanakan dalam pikiran, tetapi sesuaikan rencana itu dengan realitas waktu yang dimiliki.
Bersiaplah untuk mengubah ide-ide tentang bagaimana pernikahan impianmu.

Tentukan anggaran

Ini adalah langkah pertama dalam perencanaan pernikahan apapun tetapi bahkan lebih penting ketika merencanakan pada waktu yang singkat. Karena waktu singkat akan memerlukan uang yang bisa saja lebih dari perkiraan.
Kamu perlu melihat jumlah dana yang harus dihabiskan serta disesuaikan dengan kondisi ekonomimu.

Buat daftar tamu

Tentukan berapa banyak orang yang dapat terhibur dengan anggaran dan ruang yang telah tersedia. Ketika melanjutkan proses perencanaan, buat daftar tamu yang akan kamu undang untuk menghadiri pestamu.


Beli buku wedding planner atau membuat sendiri

Pastikan kamu memiliki kalender dan kantong untuk menyimpan brosur dan kliping. Ini akan membantumu mengatur ide-ide dan membantu menyimpan informasi kontak ke dalam satu tempat.
Mulailah perencanaan dengan segera setelah kamu memutuskan tanggalnya. Jika mulai mengurus semuanya di awal, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada hal kecil yang lebih detail.

Membuat batasan waktu dengan daftar kegiatan

Setiap daerah memiliki zona waktu yang berbeda. Batasan waktu bisa berubah drastis. Ketika merencanakan sesuatu yang cepat sebagian besar keputusan dibuat dalam satu bulan.


Pertimbangkan tujuan pernikahan

Ini biasanya yang paling mudah untuk dilakukan dalam waktu singkat. Yang perlu lakukan adalah menikah dan memilih waktu yang tepat. Ini pertimbangkan untuk pilihanmu.

Kebanyakan resort memiliki segalanya di tempat itu dan dapat menjadwalkan beberapa acara tanpa masalah dalam waktu singkat. Mereka sering menggabungkan pernikahan, resepsi dan bulan madu ke dalam satu untuk lebih menghemat kantong.


Pertimbangkan tema pernikahan yang kasual


Memiliki pesta besar bukan urusan formal. Jadilah kreatif dan mencoba untuk merencanakan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya menikah di pantai di pagi hari dan memiliki penerimaan di restoran lokal untuk makan siang yang besar dan sebuah kamar pribadi.


Tentukan tanggalnya

Jadilah realistis, penggunaan gedung di waktu-waktu tertentu akan sangat penuh dengan pemesanan. Siapkan tanggalnya dan jika tidak menemukan tempat, kamu bisa menggunakan tanggal lain sebagai alternatif.


Survei lokasi secara langsung

Cek langsung tempat resepsi pernikahanmu, seimbangkan dengan ruangan yang tersedia sesuai banyaknya tamu yang akan datang. Kebun binatang juga bisa menjadi tempat yang unik untuk resepsi yang mungkin lebih terjangkau. Ini bisa menjadi referensi tempat yang mengesankan dan lain dari yang lainnya.


Hubungi pihak terkait untuk melakukan prosesi pernikahan

Sebelumnya, hubungi semua pihak terkait yang akan mengurus prosesi pernikahanmu, seperti pihak KUA atau pihak gereja.

Pergi mencari gaun


Gaun pengantin adalah salah satu ha penting yang kamu butuhkan. Kamu bisa menggunakan jasa desainer jika waktunya mencukupi. Tapi, kamu juga bisa menggunakan gaun jadi, sepertinya tak masalah bagimu. Karena saat memesan gaun membutuhkan waktu yang lumayan lama.


Daftar untuk hadiah pernikahan

Kebanyakan department store nasional dan toko diskon memiliki hadiah registri pengantin yang tersedia. Tentukan seperti apa hadiah pernikahan yang kamu butuhkan, tentu sesuaikan dengan anggaran dana yang miliki.


Pilih desain undangan

Pergi ke percetakan lokal dan lihat cotoh undangan. Pilih undangan yang sederhana tapi cukup
menarik. Jangan memilih undangan yang membutuhkan waktu lama untuk pencetakan.


Persiakan makanan

Hubungi jasa catering untuk mengurusi segela urusan yang terkait dengan makanan. Sediakan makanan yang enak dan disukai orang. Porsinya bisa sedikit dilebihkan dari jumlah undangan, hal ini untuk berjaga-jaga agar tidak kehabisan makanan.
Bahkan kalau bisa, tempat pemesanan makanan itu juga dapat mengurusi kue pernikahanmu

Cari band untuk pengisi acara

Jika kamu memesan sebuah band atau DJ kamu harus mulai memeriksa sekitar dan melihat siapa yang baik untuk acaramu. Bertanya-tanyalah dan lihat siapa yang direkomendasikan. Seperti biasa, jika sudah menemukan yang terbaik. Adakan pertemuan dan membahas daftar lagu.


Mulai membuat rencana untuk bulan madu kalian


Pemesanan penerbangan dan hotel lebih awal dapat membantu menghemat uang, dan mungkin diperlukan waktu beberapa bulan untuk mendapatkan paspor atau visa, jika mereka dibutuhkan.


Dapatkan surat nikah

Cari tahu apa yang dibutuhkan oleh negara untuk mengajukan permohonan lisensi pernikahan. Apakah kamu atau pasangan memerlukan salinan akte kelahiran? Apakah kamu memiliki salinan disetujui?

Cari tahu secara spesifik apa yang mereka butuhkan sehingga dapat memesan salinan sesuai atau asli yang ditanda tangani jika diperlukan.


Menindak lanjuti sepanjang proses perencanaan

Lanjutkan untuk menindaklanjuti dan memeriksa status semua hal yang berhubungan dengan pernikahanmu.

Jadwal make up

Jadwal make up dan rambut untuk diri sendiri, ibu-ibu dan para pengiring pengantin untuk hari pernikahan. Itu baik bagi mereka untuk bertanggung jawab atas biaya sendiri. Jangan merasa berkewajiban untuk membayar.


Jika perlu gunakan jasa wedding organizer

Saat waktu yang kamu butuhkan terbilang sempit, menggunakan jasa WO bisa menjadi pilihanmu. Dengan menyerahkan segala urusan kepada mereka, maka tidak begitu di repotkan lagi.

Kamu juga bisa mengkonsultasikan keinginanmu kepada mereka. Sesuaikan konsep pernikahan dan anggaran dana yang kalian miliki. Kalau memang perlu, WO juga bisa menyiapkan konsep pernikahan unik untukmu.

Itu tadi 20 cara yang akan membantumu merencanakan pernikahan dalam waktu singkat. Jadikan pernikahanmu momen yang berharga.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni