Cara Milih Diet yang Cocok Buatmu

Diet. Apa yang ada di benakmu ketika mendengar istilah tersebut? Berlebihan berat badan? Mengurangi konsumsi makan? Usaha untuk menjadi langsing? Sesungguhnya, ada beberapa macam diet di dunia ini. Untuk informasimu, berikut ini macam-macam diet berikut kekurangan dan kelebihannya:

Via Pixabay

1. Atkins Diet atau Diet Atkin Teori dari Dr. Robert C

Atkins tentang diet rendah karbohidrat, tinggi protein, dan tinggi lemak tanpa membatasi jumlah kalori yang masuk, menjadi sangat popular dan banyak digemari wanita-wanita Amerika dan di seluruh dunia.

Cara diet Atkin adalah memperbolehkan mengkonsumsi lemak dan protein sebanyak banyaknya seperti daging merah (sapi), ayam, bebek, telur, keju, hingga mentega. Tetapi nasi, jagung, roti, kentang, ubi, singkong, dan talas harus disingkirkan atau dibatasi konsumsinya.

Kelebihannya: Menurunkan berat badan dengan cepat, tanpa rasa lapar, tanpa obat-obatan, tetap berenergi walaupun menjalankan diet. Kekurangan: Diet Atkin dengan komposisi makanan tinggi protein, tinggi kadar lemak dan rendah karbohidrat menjadi diet yang tidak seimbang, bila dianut dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan hati, dengan menjalankan diet Atkin memaksakan tubuh menggunakan energi dari lemak sehingga terjadilah ketosis. Ketosis akan menghancurkan sel-sel otot dan dehidrasi, menimbulkan efek mual, sakit kepala dan sulit konsentrasi.

Diet ini menimbulkan defisiensi zat-zat nutrisi yang penting seperti vitamin, mineral dan serat. Dengan menjalankan diet ini meningkatkan risiko penyakit hipertensi, jantung koroner, stroke, dan kanker usus besar karena kurangnya asupan serat. Satu hal yang penting, bahwa diet tinggi protein meningkatkan pelepasan kalsium dari ginjal sehingga meningkatkan risiko osteoporosis.

Diet Atkin tidak boleh dilakukan oleh penderita gangguan fungsi ginjal dan hati, anak-anak dan remaja dalam masa pertumbuhan, penderita lupus, wanita hamil dan menyusui. Diet Atkin jangan digunakan dalam jangka waktu yang lama.


2. The South Beach Diet

Diet ini diciptakan oleh dr Arthur Agatston seorang kardiolog (ahli jantung), dengan menganut diet tinggi protein, rendah lemak hanya mengunakan lemak baik (omega-3 dan 6, serta MUFA atau monounsaturated fatty acid), tidak membatasi asupan karbohidrat kompleks (karbohidrat dengan indeks glikemik rendah).

Kelebihan: Melangsingkan tubuh tanpa menimbulkan rasa lapar Menurunkan kadar profil lipid (Kolesterol & LDL menurun) Mengontol kadar gula darah Mencegah penyakit jantung karena diet ini menganjurkan mengkonsumsi karbohidrat dengan indeks glikemik rendah dan lemak baik (essensial fatty acid seperti omega-3, omega-6).

Kekurangan: Diet ini tidak membatasi jumlah asupan makan. Makanan dengan indeks glikemik rendah yang berlebihan dapat membuat tubuh kurang berenergi. Diet ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui, anak -anak, remaja dalam masa pertumbuhan.

Penderita penyakit ginjal tidak dianjurkan, penderita penyakit jantung dan diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menjalankan diet ini.


3. Zona Diet

Diet dengan karbohidrat 40% dari total kalori, protein 30% dari total kalori dan lemak 30% dari total kalori. Kelebihan: Diet ini dapat membantu menurunkan berat badan. Kekurangan: Penderita penyakit ginjal tidak dianjurkan menjalankan diet ini karena kadar protein yang tinggi dapat menambah beban fungsi ginjal.

Penderita penyakit jantung dan kencing manis perlu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menjalankan diet ini. Anak-anak, remaja dalam masa pertumbuhan, wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan menjalankan diet ini sebelum berkonsultasi terlebih dahulu.


4. The Sugar Buster Diet

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks (karbohidrat dengan indeks glikemik rendah). Kelebihan: Menurunkan berat badan dengan cepat. Kekurangan: Diet ini sebenarnya diet rendah kalori tidak seimbang, perlu konsultasi terlebih dahulu bagi penderita penyakit jantung, ginjal dan kecing manis sebelum menjalankan diet ini.

Makanan karbohidrat komplek dengan indeks glikemik rendah dapat menyebabkan rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan makan dan menurunkan berat badan dengan cepat. Anak-anak, remaja dan wanita hamil dan menyusui perlu berkonsultasi terlebih dahulu.

Menjalankan diet ini dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan tubuh kekurangan asam-amino yang berperan untuk membentuk system pertahanan tubuh dan memelihara jaringan tubuh, selain itu tubuh menjadi kurang berenergi. Perlu suplementasi vitamin dan mineral selama menjalankan diet ini.


5. The Cabbage Soup Diet 

Menganut mengkonsumsi sup kol selama 7 hari berturut-turut. Pada diet ini jumlah karbohidrat kompleks rendah, kadar protein rendah, kadar lemak juga rendah. Kelebihan: sangat cepat menurunkan berat badan dibandingkan diet lainnya karena jumlah kalorinya sangat rendah. Kekurangan: secara tidak langsung diet ini membatasi asupan makan seseorang, termasuk diet rendah kalori yang tidak seimbang.

The cabbage soup diet kurang diminati karena masih menimbulkan rasa lapar bagi mereka yang menjalankan diet ini untuk tujuan melangsingkan tubuhnya. Kalorinya sangat rendah sehingga dapat terjadi defisiensi vitamin dan mineral. Perlu suplementasi multi vitamin & mineral bagi mereka yang menjalankan diet ini.

Diet ini tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak boleh diterapkan pada anak dalam masa pertumbuhan, wanita hamil & menyusui, atau dalam pengawasan medis karena penyakitnya. Diet macam ini dapat menimbulkan efek samping lemes,

sakit kepala, dan menurunnya konsentrasi. Selain itu, dapat menimbulkan perut kembung atau rasa penuh di lambung yang dapat menimbulkan sakit maag karena kol adalah sayuran yang dapat menimbulkan gas dalam saluran pencernaan.


6. Dairy Free Food Diet

Diet ini direkomendasikan oleh ahli nutrisi pada anak autisme, celiac disease, dan gluten atau dairy allergy intolerance. Pada diet ini memperbolehkan makanan karbohidrat yang tidak mengandung gluten dan protein bukan dairy product termasuk keju, mentega yang terbuat dari susu sapi.

Kelebihan: Diet ini membantu mengatasi alergi protein susu sapi pada anak, membantu terapi anak autisme dan celiac disease. Diet ini juga membantu program pelangsingan tubuh. Kekurangan: Perlu substitusi protein lain misalnya protein soy untuk menggantikan susu sapi, bila diterapkan pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Diet ini dapat menimbulkan defisiensi mineral dan vitamin tertentu sehingga perlu suplementasi multi vitamin dan mineral. Penderita penyakit ginjal harus berkonsultasi dahulu.


Selain jenis diet yang sudah di jelaskan di atas, kamu harus mempertimbangkan diet mana yang akan kamu pilih. Di bawah ini akan ada tips-tips untukmu agar kamu bisa menemukan berat badan idealmu:

1. Pertimbangkan pola makan yang akan kamu anut

Kamu juga harus memikirkan kondisi tubuhmu saat ini. Jangan pernah memaksakan untuk tidak makan seharian demi badan yang langsing. Kamu juga harus mempertimbangkan program diet yang kamu jalani. Tidak semua program diet cocok bagimu bukan?


2. Pertimbangkan golongan darahmu ketika hendak melakukan diet

Pernahkah kamu mendengar bahwa setiap golongan darah memiliki cara dietnya masing-masing? Di sini saya akan memberikan info macam-macam golongan darah beserta diet yang bisa dilakukan.

  • Golongan darah A. Orang yang memiliki golongan darah tipe A, cenderung mudah stress dan memiliki jenis pencernaan yang cukup sensitif, jadi menu diet yang sesuai untuk golongan darah tipe A adalah banyak mengkonsumsi makanan yang kadar karbohidratnya tinggi, rendah akan lemak. Kamu yang bergolongan darah A sangat dianjurkan untuk menjadi seorang vegetarian. Olahraga yang bisa Kamu ikuti adalah yoga, jalan kaki dan jenis olahraga yang dilakukan di luar ruangan.
  • Golongan darah B. Orang yang golongan darahnya B, memiliki tipe penceranaan sensitif dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat mudah untuk beradaptasi. Menu dietmu yang golongan darahnya B, yakni bisa mengkonsumsi segala jenis makanan apalagi yang kaya protein, kecuali makan daging. Jenis olahraga yang cocok untuk kamu adalah menari.
  • Golongan darah AB. Kamu harus lebih memperhatikan saluran pernafasan, telinga serta sinusmu, karena serangan penyakit lebih sering menyerang dibagian itu. Nampaknya kamu harus puas dengan mengkonsumsi makanan yang jauh dari daging merah dan batasi makan karbohidrat. Olahraga yang sesuai dan bisa dilakukan untuk golongan darah AB adalah jogging.
  • Golongan darah O. Untuk semua yang memiliki golongan darah O, kamu termasuk orang yang rentan terkena serangan alergi, memiliki gangguan pada lambung dan resiko nyeri pada sendi yang lebih besar. Menu diet yang bisa kamu siapkan setiap hari adalah sayuran hijau, makanan dengan kadar karbohidrat rendah dan kaya akan kandungan protein. Olahaga yang mungkin akan kamu sukai, yakni bersepeda, olahraga air dan jogging.


3. Berdiet bukan berarti tidak makan

Kamu tidak boleh melewatkan sarapanmu. Kamu harus memiliki tenaga sampai nanti siang bukan? Bila kamu memang benar-benar ingin berdiet, kamu bisa menjadi seorang vegetarian. Kamu juga bisa meminum air putih sebanyak mungkin, minimal 2 liter perhari. Jangan sampai tidak makan, karena bukan itu tujuan berdiet.


4. Jangan luapkan emosi ke makanan

Terkadang ketika kamu stress atau marah atau sedih, secara tidak sengaja kamu sudah menghabiskan sepuluh bungkus makanan ringan bukan? Coba kamu ubah kebiasaan burukmu itu. selain dapat membuatmu semakin gemuk, kandungan makanan ringan juga tidak baik untuk kesehatanmu.

Selain kamu harus menjaga pola makanmu, kamu juga harus rajin berolahraga. Percuma bukan bila kamu hanya tiduran saja? Bukan langsing sehat malah penyakitan. Imbangi pola makanmu dengan minimal lari keliling komplek. Semoga berhasil!

Oleh : Devita Putri Mardyanti

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni