Cara Praktis Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris

Saat ini, hampir semua penggunaan kata asing mulai banyak kita jumpai dalam kehidupan keseharian-harian kita. Contoh, layanan jasa cuci pakaian disebut dalam bahasa asing (baca dalam penggunaan Inggris; Laundry), itu ada dimana-mana penggunaan kata “laundry”.

Oleh sebab itu, secara naluriah memaksa kita untuk setidaknya mampu mengerti dan memahami istilah serta perkataan bahasa asing tersebut khususnya Bahasa Inggris. Maka menjamurlah lembaga-lembaga bahasa asing dimana-mana. Tetapi bahasa Inggris-lah yang masih banyak diminati sebagian besar masyarakat kita karena selain merupakan bahasa internasional yang diakui dan diterima negara-negara luar negeri juga relatif mudah daripada bahasa asing lainnya. 

Belajar Bahasa Inggris pada dasarnya kita harus tahu kosakatanya terlebih dahulu daripada susunan kata dan lainnya. Ini penting, mengapa? Logikanya sederhana saja kalau kita tidak faham dan mengerti kata-kata tersebut buat apa? Percuma saja, otomatis maksud dan tujuan kata-kata tersebut akan tidak tersampaikan atau tersusun dengan baik dan jelas.


Image Credit : Flickr

Baiklah, berikut ini ada beberapa tips sederhana hafal kosakata Bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan agar tidak bosan serta kaku dalam mempraktekkannya. Yang tanpa kita sadari kita telah dapat mempraktikkan dalam keseharian kita.


a. Niat Kuat

Bab terpenting dalam proses ini adalah niat kuat. Hal ini jika diibaratkan dalam pembangunan rumah, ia adalah pondasi, nyawa utama dalam keberhasilan atau tidaknya proses itu berlangsung. Tanpa niat kuat, niscaya sia-sia hasil yang diinginkan bisa maksimal. Buatlah niat itu kuat dan yakinkanlah bahwa saya bisa, saya sanggup, dan saya mahir. Jika ini sudah mengakar dan membentuk pola kuat dalam diri kita, maka bersiaplah menjemput hasil jerih payah yang luarbiasa ini karena anda telah berhasil menguasai kosakata Bahasa Inggris. Jadi mari kita bangun niat kuat untuk belajar menghafal kosakata Bahasa Inggirs ini.


b. Semangat

Semangat, kakak. Hehehe, kata-kata itu sekarang sedang popular di kalangan anak muda.
Ya, semangat merupakan kunci keberhasilan utama kedua dalam menjalankan kegiatan menghafal ini. Niat kuat dikolaborasikan dengan semangat dapat menghasilkan sesuatu antusiasme yang bagus. Apapun pekerjaan atau aktivitasnya dilandasi dua hal itu maka pastilah menyenangkan dan lebih bisa menjiwainya. Bayangkan hasil kerja keras kamu jika sukses melakukan hal tersebut dan pikirkan manfaat apa yang akan kamu dapatkan ke depannya, maka dengan itu semangat akan segera tumbuh setelah kamu merenungi itu semua. Ayo, teman bangunkanlah semangatmu untuk belajar menghafal.


c. Media Hiburan

Cara asyik belajar menghafal kosakata Bahasa Inggris, contohnya; nonton pilm, mendengarkan musik, dan membaca novel, komik, Koran, artikel, atau majalah berbahasakan Inggris. Media hiburan tersebut secara tidak langsung dapat membantu kita. Coba kita jabarkan contoh-contoh manfaat media hiburan tersebut dalam proses pembelajaran ini, antara lain ;

Nonton film
Siapa sih yang tidak suka nonton pilm? Saya rasa hampir semua orang pastilah suka nonton pilm, terlepas mau genre horor, komedi, aksi, dan lain sebagainya. Dan suplier pilm rata-rata dominan dari negeri barat. Dari segi kualitas dan teknologi pilmnya diakui maksimal dan bagus, walaupun pilm negeri kita sendiri juga sudah mulai bagus. Percakapan dalam pilm negeri barat mayoritas menggunakan Bahasa Inggris dan biasanya disertakan substille (teks yang dibawah pilm atau terjemahan). 


Image Credit :Flickr
Ini sangat membantu kita dalam belajar menghafal terutama. Belajar sambil menonton pilm. JIka kalian semua maniak pilm dan ingin belajar menghafal, alangkah baiknya carilah atau download substille-nya menggunakan terjemahan asli Bahasa Inggris. Tujuannya sih agar kalian bisa tahu kosakatanya kalau dilafalkan seperti apa bunyi konsonan. Nah, kalian juga bisa catat apabila ada kosakata baru di pilm tersebut (kana da bahasa gaul ala mereka, teman).

Mendengarkan musik
Musik adalah teman yang mengiringi suasana hati kita dikala kita lagi sedih, senang, putus asa, galau, semangat, dan seterusnya. Begitu sih, menurut beberapa orang mengartikan “bahasa” musik dalam kehidupannya. Musik memang beragam genre-nya, beragam asalnya, beragam teknik bermainnya, beragam pesan yang ingin disampaikan, dan tentu saja beragam bahasa yang digunakan berdasarkan domisili. 

Musik berbahasa Inggris masuk membanjiri blantika dunia permusikkan kita, dengan kata lain kita pun pasti menikmati juga hal tersebut. Ini didukung dengan fakta bahwa setiap ada konser artis asing pasti tiket htm ludes. Nah, dengar musik asing ini tidak jauh beda dengan nonton pilm, karena kita bisa belajar menghafal lirik di dalam lagu tersebut dan sekaligus bisa kita terjemahan secara manual arti lirik lagu itu. Good idea, guys.

Membaca Novel, komik, dan lain-lainnya
Masih ingat novel Harry Potters Series? Salah satu novel dari luar negeri yang saat itu sangat terkenal dan booming terutama di kalangan negeri kita juga. Dengar-dengar, awal masuk di Indonesia bajakannya ada di internet dengan teks asli Bahasa Inggris. Pun demikian yang mendonlot juga banyak walaupun masih teks asli Bahasa Inggris dan mereka tidak peduli tentang itu. 

Yang ingin saya sampaikan adalah bacalah apapun itu terutama yang berkaitan dengan teks asing, Bahasa Inggris. Cobalah catat dan hafalkan kosakata yang baru atau unik menurutmu, dengan begitu itu sama saja kalian telah belajar menghafal secara tidak langsung.


d. Cari Teman

Belajar sendiri itu terkadang membosankan dan juga bisa membuat mengantuk, hehehe. Kurang seru saja kalau sendiri, jadi carilah teman. Teman yang dia juga lagi ingin belajar sepertimu dan berhasrat bisa fasih lancar menguasai kosakata Bahasa Inggris. Cukup dua orang saja dan lakukan seperti ini :
  • Kamu atau temanmu membuka kamus selama 5-10 menit kemudian setelah batas waktu habis, silakan tuliskan kosakata tersebut dan dilafalkan beserta artinya, begitu seterusnya dan bergantian.
  • Setelah bisa menguasai 30 kosakata susunlah menjadi sebuah kalimat sederhana, begitu seterusnya dan bergantian.
  • Ulangi terus tiap kali kalian bertemu dan belajar bersama dengan begitu bisa menambah bank kosakata kalian untuk Bahasa Inggris ini.
Jadi fungsi cari teman disini selain sebagai partner juga sebagai pengingat agar selalu berlatih dan belajar. Konsisten itu perlu untuk kelangsungan proses ini supaya tidak cepat putus tengah jalan, teman disini juga mengambil peran itu secara langsung. 

Pada prinsipnya, jika dikerjakan bersama maka tidak terasa capek, membosankan, dan terasa lebih ringan. Karena kita tidak sendirian dalam menggapai tujuan ini, demi bisa hafal kosakata Bahasa Inggris. Selamat mencoba, teman.

Oleh : Radenmas Thoro

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni