Cara Praktis Merawat Gadget

Menjadi bagian dari abad ke-21 ini tentu bukan hal baru lagi memiliki gadget. Bahkan saat ini gadget telah memasuki fase menjadi kebutuhan primer manusia. Keawetan gadgetmu pun perlu menjadi perhatian. Bahwa saat ini memiliki gadget tidak hanya menjadi fokus utama, namun merawat gadget yang dimiliki juga perlu dipikirkan. 

Smartphone : Pixabay

Berikut 16 tips agar gadget kesayanganmu tetap terawat dengan baik :

1. Gunakan Anti gores

Saat ini hampir seluruh gadget merupakan layar sentuh. Hal ini membuat dibutuhkannya perlindungan tersendiri terhadap layarnya. Upayakan untuk senang tiasa menggunakan anti gores untuk layar gadget Kamu. Dengan demikian layar dapat terlindung dari kerusakan dan Kamu pun nyaman menggunakan gadget tersebut.


2. Jauhkanlah dari benda yang mengandung medan magnet

Gadget merupakan barang yang sensitif dan mengandung medan magnet maka usahakan untuk menjauhkannya dari benda elektronik lainnya seperti radio, televisi, dan benda-benda lain yang mengandung magnet. Hal ini untuk mencegah efek radiasi yang semakin tinggi.

Gadget : Pixabay

3. Usahakan layar LCD tidak dalam keadaan kotor

Karena merupakan bagian terpenting, maka usahakan untuk senantiasa memerhatikan kebersihan dari layar gadget Kamu.


4. Gunakan casing yang sesuai untuk menjaga kebersihan

Pada gadget yang cukup sensitif maka pemilihan casing pun harus benar-benar sesuai dengan gadget Kamu agar mampu menghindari dari kerusakan akibat jatuh, dan lain sebagainya.


5. Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung

Masih mengenai persoalan LCD dari gadget Kamu. Usahakan untuk menghindarinya dari paparan sinar matahari langsung karena dengan terkena matahari langsung maka layar gadget Kamu bisa rusak serta perangkat yang lainnya yang sensitif terhadap terpaan cahaya matahari.

Smartphone : Pixabay

6. Charge baterai sebelum habis 

Bagi Kamu yang kurang memerhatikan persoalan daya baterai gadget Kamu maka kini saatnya untuk lebih peduli. Gadget tentu harus digunakan dengan bijak dan sebagai pengguna biasakanlah untuk mengisi daya gadget Kamu sebelum benar-benar habis demi menghindari kerusakan dari baterainya.


7. Jangan menekan layar terlalu kencang

Dalam pengunaannya gadget Kamu jangan terlalu ditekan pada bagian layarnya, gunakanlah sewajarnya saja. Karena dengan menekan dengan kencang akan membuat layarnya cepat rusak.


8. Hindarkan dari tempat yang sempit

Jika Kamu suka menyimpan gadget disaku celana, maka kebiasaan itu perlu dipikirkan kembali. Sebab menyimpan gadget di tempat sempit seperti saku celana akan membuat layar gadget Kamu dengan mudah mengalami kerusakan. Selain untuk kebaikan gadget Kamu ini juga berguna untuk menghindari radiasi dari gadget tersebut terhadap tubuh kita secara langsung.


9. Jangan terlalu sering melakukan update data di Settings Accounts

Meski kebutuhan akan gadget tinggi, namun usahakanlah untuk jangan terlalu sering melakukan update data di settings accounts gadget Kamu demi menghindari kerusakan terhadap softwarenya. Menahan diri penting demi menjaga agar barang yang dimiliki tetap awet dan terhindar dari kerusakan.


10. Sebaiknya gunakan wallpaper biasa, jangan live wallpaper

Live wallpaper membuat banyak orang tertarik karena keberadaanya yang lucu dan dapat bergerak. Namun perlu disadari bahwa penggunaan live wallpaper dapat menyerap penggunaan daya baterai gadget tersebut dan membuatnya rentan rusak. Maka gunakanlah wallpaper yang biasa saja, selain itu live wallpaper juga tidak begitu Kamu butuhkan.


11. Uninstall aplikasi yang jarang dipakai

Dengan ketersedian aplikasi yang beribu di play store ataupun tempat belanja aplikasi sering memuat ktia khilaf dan lupa akan fungsi utama dari gadget yang kita miliki. Maka perlu diperhatikan aplikasi yang tidak dibutuhkan dan jarang dipakai ada baiknya di unistall saja sebab hanya akan memberatkan kerja dari gadget Kamu sendiri.


12. Hindari mengisi daya baterai tablet sambil menggunakannya

Gadget memerlukan daya baterai agar dapat digunakan. Jadilah pengguna yang bijak dan tidak over dalam menggunakan gadget. Apabila gadget tersebut kekurangan daya maka isilah dayanya terlebih dahulu dan hindari untuk menggunakan gadget tersebut selama mengisi daya karena itu akan membuat proses pengisian daya tidak maksimal dan dapat merusak gadget Kamu.

Gadget : Pixabay

13. Hindari mengisi daya terlalu lama

Di pembahasan sebelumnya telah membahas tentang usahakan mengisi daya baterai gadget sebelum benar-benar habis. Maka bagian ini perlu juga di perhatikan, selain menghindari gadget kehabisan daya mengisi daya gadget pun tidak boleh berlebihan. Hindari mengisi daya terlalu lama karena akan merusak baterai.


14. Jangan mengunduh aplikasi dari web yang tidak resmi

Jadilah pengguna smartphone yang juga ikut smart. Jangan merusak gadget kesayangan Kamu dengan tindakan ilegal seperti mengunduh aplikasi dari web yang tidak resmi. Hal ini bisa jadi yang Kamu unduh adalah virus yang akan berbahaya dan merusak gadget Kamu. Lebih baik mengunduh di tempat yang resmi dan berbayar dari pada mempertaruhkan keselamatan gadget Kamu.


15. Jangan letakkan tablet di atas barang elektronik

Letakkan gadget Kamu pada tempatnya dan jangan pernah meletakkannya di atas barang elektronik seperti televisi, DVD Player, dan lain sebagainya. Hal ini di larang untuk menghindari gadget Kamu dari interfrensi medan magnet dan gelombang elektromagnetik lainnya yang dapat merusak gadget Kamu dengan cepat.


16. Jauhkan tablet dari suhu dan kelembaban tinggi

Suhu ekstrim sangat berpengaruh terhadap perangkat gadget Kamu. Maka sebisa mungkin jauhkan tablet Kamu dari suhu dan kelembaban yang tinggi demi menjaga perangkatnya terhindar dari kerusakan.

Itu tadi 16 pembahasan mengenai tips merawat gadget kesayangan yang Kamu miliki. Menjadi pemakai yang bijak merupakan tantangan sendiri di era moderinitas ini. namun sebelum terlambat mari mulai peduli untuk hal-hal yang dapat membuat gadget Kamu rentan terhadap kerusakan. Tetap rawat gadget Kamu yah.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni