Cara Tetap Tenang Disaat Perekonomian Keluarga Memburuk

Hidup dalam perekonomian yang sulit bukanlah hal yang mudah untuk di jalani, tetapi pada kenyataannya kemungkinan seperti itu dapat terjadi.

Sangat tidak realistis jika kamu tetap tenang dengan hidupmu yang tiba-tiba mengalami perubahan perekonomian. Apabila ini menjadi masalahmu saat ini, coba deh cara berikut, siapa tahu saja dapat membantumu menghadapi masalah tersebut.


1. Mendekatkan diri kepada Tuhan
pray: pixabay
Tak ada tempat berlari terbaik kecuali menuju kepada Sang Pencipta. Bahagia ataupun sedih selalu dekatkan dirimu padaNya. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa sendirian.
Semua orang akan meninggalkanmu suatu saat nanti, tapi Tuhan tidak pernah meninggalkanmu. 
Minta petunjuk akan masalah yang kamu hadapi. Sandarkan segalanya, akan ada yang terbaik untukmu dari setiap masalah yang kamu hadapi.


2. Jangan tinggalkan hidupmu

Saat kamu mengalami kesulitan perekonomian untuk sementara waktu, tetaplah jalani hidupmu. Jangan pernah tinggalkan hidupmu sendiri degan menghindari kenyataan yang terjadi, hadapi saja.

Setelah itu, berkumpullah bersama orang-orang yang dapat memberikanmu motivasi untuk bertahan. Hanya kamu yang tahu seberapa sulit hidupmu saat ini dan hanya dirimu yang bisa menyelesaikannya.
Orang lain bisa membantumu, tapi yang utama adalah bantulah dirimu sendiri. sekali lagi, jangan tinggalkan hidupmu.

3. Cobalah mengeksplor dirimu

Dalam menghadapi berbagai persoalan, bertahan dan hadapi. Cobalah untuk mengeksplor dirimu dengan segala bakat yang kamu miliki. Misalnya memotret, jika kamu senang memotret atau menulis bahkan menari. Masalah ekonomi tidak akan membuatmu menjadi terpuruk.


4. Temui teman-temanmu

Nikmati hidupmu di sisi orang-orang yang kamu sayangi dan juga menyayangimu. Temui teman-temanmu untuk sekedar mengobrol atau menghabiskan waktu bersama. Orang-orang sekitarmu akan membantumu meringankan beban pikiran yang kamu hadapi.
Tertawa dan bersenang-senanglah bersama mereka.

5. Mendengarkan musik

Dalam kondisi stress atau sedang sumpek, mengdengarkan musik adalah salah satu cara untuk menghibur dirimu sendiri. Atur musik kesukaanmu, putar, dengarkan, dan nikmatilah. Menikmati hidupmu dalam kesulitan bisa dengan sesederhana itu kok.


6. Pergi hiking
hiking: pixabay
Alam penuh perubahan dan energi, apalagi dapat dinikmati secara murah atau gratis. Ajak temanmu untuk melakukan perjalanan bersama. Seperti naik gunung, Pergi berenang, memancing, memanjat pohon, atau mengunjungi tempat wahana permainan kesukaanmu.

Berkemah juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini akan membuat dirimu memiliki kesenangan tersendiri. Mendirikan tenda, mengamati pemandangan, membuat api unggun dan membakar jagung. Dekat dengan alam akan membuatmu bersyukur dan membuat masalahmu menjadi masalah kecil, mungkin orang lain menghadapi yang lebih berat dari apa yang kamu hadapi.


7. Banyak kegiatan tidak memerlukan memiliki banyak uang

Uang bukanlah segala, tapi segalanya butuh uang. Pemikiran tentang uang memang sangat realistis. Tapi mulai benahi pemikiranmu, semua orang mencari cara untuk menikmati hidup mereka tidak hanya cara untuk mendapatkan uang.

Memiliki beberapa perspektif yang lebih besar lainnya tidak hanya menyangkut uang. Memiliki tujuan yang lebih besar dalam hidup sering membantumu untuk mendapatkan uang, jadi berfokuslah menghasilkan uang, tidak hanya mencari uang.


8. Membaca

Membaca, jadikan kegiatan yang satu ini menyenangkan untukmu. Selesaikan segala bacaan yang ingin kamu ketahui. Cari segala referensi yang diinginkan, baik melalui buku ataupun media online.
Tambah ilmumu, baik itu bacaan novel ataupun buku-buku tertentu. 

9. Berhemat

Ya, karena kamu sedang mengalami masalah keuangan yang cukup sulit maka berhematlah! Dengan demikian dapat mengurangi beban ekonomimu di masa yang akan datang. Atur pengeluaranmu untuk hal yang penting saja. Mulai buat skala prioritas dan perencanaan ekonomi yang baik.

Kamu bisa memulai dari kebutuhan sehari-harimu. Catat dengan baik apa yang dibutuhkan. Pikirkan kegunaan jangka panjang pada barang yang akan dibeli. Hentikan gaya hidup hedonisme jika selama ini kamu sering melakukannya. Sadari bahwa hidup hedon hanya akan membuatmu semakin boros.
Semakin boros, semakin lama pula kamu dalam permasalahan ekonomi tersebut.

10. Mulai kegiatan masyarakat

Mulai kegiatan masyarakat membantu untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungan. Negara-negara dengan ekonomi yang buruk sering tidak memanfaatkan ide-ide ramah lingkungan. Lakukan kegiatan untuk mendaur ulang sampah bersama masyarakat. Sehingga kamu juga bisa belajar mendapatkan uang dari kegiatan swadaya tersebut.


11. Menjelajah di dunia maya
social media: pixabay
Jika tidak memiliki waktu banyak untuk pergi keluar rumah, maka kamu bisa menghibur diri dengan menjelajahi dunia maya. Melakukan pencarian tentang tugas sekolah atau kuliah, mengecek media sosial, menulis di blog, dan berbagai kegiatan berguna lainnya yang akan membuatmu lupa dengan masalah utamamu.


12. Berpikirlah untuk berpindah tempat

Jika faktor utama yang mempengaruhi perekonomianmu adalah tempatmu berada saat ini, maka berpikirlah untuk mencari tempat yang lebih baik.

Mulai hidup baru di tempat yang memiliki potensi lebih baik terhadap keuanganmu. Tak ada salahnya pindah apabila di tempat yang baru kamu bisa memulihkan kondisi keuanganmu.


13. Cari peluang usaha

Apabila kamu merasa sudah berada di tempat yang ekonominya bagus. Berarti pindah bukan solusi yang tepat untukmu. Carilah peluang usaha. Cara terbaik menghadapi krisis ekonomi adalah dengan menciptakan kehidupan ekonomimu sendiri.

Lihat sekitarmu, lalu buatlah sebagai peluang usaha. Ciptakan usahamu sendiri, rancang apa yang kamu butuhkan untuk mendirikan usaha dan mulai untuk merintis usaha tersebut secara berlahan.
Memiliki usaha sendiri adalah pilihan yang lebih baik.

14. Jangan Menyerah

Kamu bisa menghadapi semuanya jika kamu tidak menyerah, purtus asa hanya akan membuatmu berada dalam masalah yang lebih rumit.
Jalani semampumu dan lakukan hal positif untuk keluar dari setiap masalah.
14 cara ini semoga saja dapat membantumu menghadapi permasalah perekonomian yang memburuk. Tetap semangat dan kreatif.

Oleh: Andi Rosita Dewi

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni