Cara Untuk Fokus Menyelesaikan Pekerjaan di Rumah

Apakah itu pekerjaan, proyek, atau belajar, setiap orang harus fokus pada apa yang mereka lakukan untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Fokus dibutuhkan agar segala kerjaan kamu dapat terselesaikan.

Kendala susah fokus sering dialami oleh semua orang, baik itu pelajar ataupun para pekerja. Kesulitan untuk mendapatkan fokus tersendiri sering mendapatkan banyak tantangan. Berikut langkah-langkah ini dapat membantu kamu fokus pada pekerjaanmu di rumah, serta bekerja lebih cepat dan produktif.

Homework : Pixabay

1. Kumpulkan bahanmu

Jangan buang-buang waktu ketika kamu benar-benar bekerja untuk menemukan bahan-bahan yang kamu butuhkan. Dapatkan semua bahan yang dicari sebelumnya, sehingga ketika kamu mulai bekerja, bahannya sudah lengkap.

Entah itu pensil, penghapus, kalkulator, dll, apa pun yang kamu perlukan, cobalah menempatkan mereka di satu tempat untuk saat ini, dan mudah kamu jangakau saat bekerja.
Jika kamu mencari bahan melalui internet, maka gunakanlah waktu dengan efisien. Buka laman yang penting dan jangan pernah tergoda untuk membuka laman media sosial seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya.
Sebab, media sosial akan menyita waktumu dan menganggu fokus dalam mendapatkan bahan. Kamu tidak perlu untuk bergerak lagi setelah mendapatkan apa yang kamu butuhkan, atau membuka laman internet lagi untuk menemukan bahan kerjaan ataupun tugas. Bahkan jika perlu akses internetmu khusus untuk browsing informasi dan tidak dapat mengakses media sosial.


2. Lepaskan semua stres 

Sebelum kamu mulai bekerja, lakukan apa pun yang ingin kamu lakukan. Ketahuilah kalau kamu akan menghabiskan menit, jam, atau hari ke depan fokus pada pekerjaan, melepaskan stres dengan menghabiskan 10 menit melakukan sesuatu yang lain. Seperti mandi atau berolahraga adalah cara yang baik untuk melepaskan stres sebelum kamu mulai bekerja.

Biasakan diri untuk tidak bekerja sambil stres. Karena itu akan berpengaruh terhadap hasil dari pekerjaanmu. Jangan memulai bekerja dengan stres karena itu tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Selesaikan dulu masalah stresmu, baru kemudian bekerja. Mulai bekerjaanmu dengan perasaan damai tanpa terbebani masalah apapun.


3. Duduk di ruang sempit

Ketika fokus, kamu ingin berkonsentrasi pada satu hal, dan hanya satu hal. Jika kamu berada di ruang sempit, tidak ada banyak yang dapat kamu lakukan. Dengan demikian kamu tidak akan tergoda untuk berjalan-jalan untuk buang waktu sebanyak yang kamu bisa.

Juga, banyak orang tidak menikmati bekerja di ruang sempit. 
Jika kamu bekerja di ruang sempit, kamu akan ingin bekerja secepat yang kamu bisa untuk bisa keluar dari ruangan. Tempat terbaik untuk fokus adalah di kamar mandi.
Ruang sempit benar-benar membantu dirimu bekerja efisien. Pilih tempat yang sempit demi kenyamanan. Kadang, kamu perlu memaksa dirimu sendiri untuk menyelesaikan pekerjaanmu.


4. Tutup tirai jendela.

Jika kamu memutuskan untuk bekerja di kamarmu,  ada baiknya kamu menutup tirai jendea. Percaya atau tidak, gerakan sekecil apapun bahkan gerakan tirai jendela mampu membuyarkan fokusmu. Baiknya menghindari hal tersebut sebelumnya.

Bagi sebagian orang, itu sangat menggoda untuk melihat di luar jendela untuk melihat apakah teman berjalan oleh. kamu mungkin juga tergoda untuk melakukan sesuatu yang sama sekali sia-sia, seperti menghitung jumlah pohon di luar atau memandangi bintang jatuh. Kegiatan tersebut sangat jelas akan mengganggu.


5. Jauhi elektronik

Jika kamu memiliki komputer atau televisi di kamarmu, tutuplah dengan selembar kain sehingga kamu tidak akan melihatnya dan tergoda. Pastikan ponselmu ada pada kondisi getar saja, atau matikan saja. Cara ini, jika berdering, kamu tidak akan melihatnya. Menghindari barang elektronik akan membuat kamu menjadi konsentrasi dalam bekerja.


6. Blok kebisingan

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan meletakkan penyumbat di telinga. Satu-satunya suara yang terdengar adalah suaramu sendiri. Jangan mendengarkan musik ketika sedang bekerja, karena kamu mungkin mulai bernyanyi bersamaan. Abaikan setiap suara yang dihasilkan di luar ruangan juga. Berusahalah fokus pada apa yang kamu kerjakan.


7. Peringatkan keluarga kamu

Kunci pintu kamar rapat-rapat jika kamu memilih menyelesaikan kerjaan di kamar, pasang di penyumbat telinga, dan tidak membuat suara apapun. Tindakan ini memungkinkan dan membuat keluargmu berpikir bahwa kamu telah meninggal atau pingsan. 
Sebelum mulai pekerjaan, beritahu mereka bahwa kamu akan bekerja dan membutuhan suasana yang tenang, sehingga mereka akan mengerti kondisi yang kamu hadapi dan tidak akan mengganggumu.


8. Tetap terjaga

Ini adalah bagian penting dalam memfokuskan diri. Banyak tertidur karena kamu merasa bosan begitu mudah. Ini adalah alasan yang bagus untuk pergi di kamar mandi. Kamu bisa berjalan ke wastafel dan percikan air ke wajahmu. 

Jika kamu tidak melakukan hal lain di kamar mandi, saya menyarankanmu untuk menyimpan salah satu botol semprotan air dan kadang-kadang semprot diri untuk tetap terjaga. Sebuah alternatif menampar wajah kamu. Sehingga kamu tetap terjaga dan tidak merasa ngantuk.


9. Makan makanan

Selalu miliki makanan di sisimu. Alih-alih pergi bolak-balik dari kamar ke dapur, simpanlah makanan di sebelahmu. Minimal letakkan air apabila kamu kehausan.


10. Pusatkan pikiran pada bahan kerja

Langkah terakhir dan paling penting untuk fokus adalah menatap apa pun yang kamu kerjakan. Jika kamu mampu berfokus pada bahan kerjaanmu, kamu benar-benar mampu bekerja cepat dan efisien. Jika kamu mulai merasa tidak nyaman, memandang langit-langit, tetapi tidak di mana saja yang mungkin berisi gangguan. 

Lakukan kegiatan tersebut di sekitar tempat kerjamu saja, jadi tidak mengganggu kerjaanmu.

Sepuluh hal ini penting untuk kamu coba, demi menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tetap bisa fokus pada apa yang kamu kerjakan. Setelah kamu fokus terhadap apa yang kamu kerjakan maka nikmati kerjaanmu.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni