Cara Untuk Mulai Menjadi Diri Sendiri

Hal yang termasuk sulit adalah mengenali diri sendiri. Saat ini, tak jarang orang yang sedang hidup dibawah bayang-bayang orang lain atau sedang meniru orang lain. Yakinlah, kamu akan lelah jika hidup menjadi orang lain dan tidak menjadi diri kamu sendiri.

Sering kita mendengar himbauan kata-kata untuk menjadi diri sendiri. Himbauan menjadi diri sendiri bukanlah hisapan jempol belaka, sebab kamu butuh menjadi diri kamu sendiri dan berhenti memakai topeng orang lain. 

Lalu bagaimana menjadi diri sendiri? Berikut 8 cara untuk mulai menjadi diri sendiri :

Image Credit : Pixabay

1. Lebih sering bertanya ke diri sendiri

Apapun yang kamu lakukan setiap harinya, sempatkanlah waktumu untuk bertanya ke diri sendiri tentang kehidupan yang kamu jalani setiap waktunya. Tanyakan ke dirimu, apakah yang dilakukan bermanfaat dan saat melakukannya kamu melakukan dengan sungguh-sungguh. 

Pertanyaan demi pertanyaan ini berguna buatmu dalam proses mengenali diri sendiri. Setahap demi setahap, dengan membiasakan bertanya ke diri sendiri, akan membuatmu memahami apa yang dibutuhkan dan apa yang harus dilakukan.


2. Realistis bahwa hidup ini tidak otomatis

Hidup ini adalah proses belajar secara terus menerus. Hal ini akan mendorong kita untuk mencoba dan terus mencoba hal baru dalam hidup. Hal ini penting dan akan membuat kita lebih banyak belajar. 
Jangan mudah percaya terhadap sesuatu yang dianggap sulit oleh orang lain, sebelum kamu mencobanya sendiri. 
Realistis bahwa hidup ini tidak otomatis dan butuh usaha dan kerja keras akan membantumu agar tidak bermalas-malasan, dan akan memberikan motivasi untuk terus mencoba, dan tidak mudah menyerah terhadap sesuatu yang dianggap sulit. Dengan demikian, akan membawamu menemukan hal-hal yang disukai dan menemukan dirimu yang sebenarnya.


3. Kenali bakat diri

Setelah terus belajar dan mencoba hal baru, kemudian kamu akan mengenali bakatmu sendiri. Memang agak sulit jika berbicara soal bakat. Sebelum mengenali bakatmu, lakukanlah berbagai hal dan coba hal-hal baru. 

Sampai pada saatnya nanti kamu melakukan suatu hal dan orang memberikan tepuk tangan serta pujian, maka itulah bakatmu. Jika hal itu terjadi dan menghampirimu, maka kenalilah bakat tersebut karena tidak semua orang memiliki bakat yang kamu miliki. 


4. Kembangkan kemampuan yang dimiliki

Setelah mengenali bakat yang dimiliki, maka mulailah mengembangkan bakat tersebut. Pilihlah kegiatan-kegiatan yang akan membuat bakat yang kamu miliki semakin berkembang. Contohnya, kalau kamu memiliki bakat olahraga, maka bergabunglah bersama komunitas olahraga yang akan melakukan kegiatan latihan maupun lomba disetiap waktunya.

Mengetahui bakatmu tidaklah cukup, sebab yang utama adalah menjadi profesional dengan bakat yang kamu miliki. Dengan demikian, akan membuat kita menjadi diri sendiri. Bakatmu perlu dikembangkan agar mampu menjadi profesional nantinya dan latihan serta lingkungan sangat menunjang hal tersebut.


5. Gunakan diri sendiri sebagai barometer

Setiap hidup ini. kamulah yang menjalaninya dan menentukan arah ke depannya. Jadikan diri sendiri sebagai barometer kesuksesan, bukan orang lain. Sebab, dengan menjadikan diri sendiri barometer, maka kamu tidak akan cepat merasa puas dengan yang dimiliki, beda halnya jika menjadikan orang lain sebagai barometer. Kamu tidak pernah menjadi orang lain dan orang lain pun tidak akan pernah menjadi kamu, maka jangan membanding-bandingkan. 

Berusahalah mengalahkan ego sendiri, menggali potensi diri, dan senantiasa mencoba hal baru. Dengan demikian, barometer kesuksesanmu ada di tangan sendiri.


6. Ketahui proses, tidak hanya hasil

Pada tahap ini akan lebih memikirkan bagaimana kamu dalam meraih kesuksesan dengan menjadi diri sendiri. Sebelumnya, kamu telah mengetahui bakat yang dimiliki dan cara untuk mengembangkannya. Maka kemudian, kamu harus mulai memikirkan untuk menghargai setiap proses yang dilakukan selain berfokus pada hasil. Mulailah menghargai setiap proses yang dimiliki, sebab hasil hanyalah buah dari proses dan kerja keras yang kamu lakukan.

Jika kamu ingin profesional dengan bakat tersebut, maka mulailah menyusun tahap-tahap yang harus dilakukan. Mulai dari bergabung bersama komunitas hingga mendapatkan hasil yang cemerlang. Itu penting buatamu, dalam setiap tahapan proses tersebut.


7. Miliki sahabat

Miliki sahabat, mengapa hal ini menjadi penting? Ya, memilki sahabat adalah hal yang kamu butuhkan untuk menjadi diri sendiri. Kamu sebagai makhluk sosial tidak dapat melakukan hal dengan sendirinya, tanpa membutuhkan kehadiran orang lain.
Keberadaan sahabat membantumu menemukan diri sendiri. Sebab, sahabat adalah orang-orang yang akan berlaku jujur terhadap pribadimu, dan akan menunjukkan hal-hal yang harus dan tidak harus dilakukan. 
Maka milikilah sahabat, dengan itu kamu akan menemukan dirimu. Sahabat akan menjadi cermin bagi setiap tindakan dan akan mengontrol tindakan yang kamu lakukan. Bersahabatlah dan temukan mereka.


8. Percaya terhadap hidupmu

Hidup ini memang proses yang tidak mudah, tapi kamu perlu menyakini hidup kamu sendiri. Tak ada yang menentukan kesuksesan orang lain, selain dirinya sendiri. Bahwa dengan apa yang dimiliki dan dengan menjadi diri sendiri, maka kesuksesan dapat terjadi. Jangan pernah takut untuk menjalani hidupmu sendiri. Buat hidup yang dimiliki berguna dan saling terkoneksi untuk setiap kebaikan orang lain, dan tetaplah menjadi dirimu sendiri.

Memang tak mudah menjadi diri sendiri tanpa bayang-bayang orang lain, tapi bukan berarti itu adalah hal yang mustahil untuk dilakukan. Mulai saat ini pelajarilah 8 hal diatas, dan peraktekkan dalam keseharianmu. Dengan demikian, kamu akan menjadi diri sendiri tanpa harus menjadi orang lain lagi. 

Selamat mencoba dan selamat menjadi dirimu yang sesungguhnya.

Oleh : Andi Rosita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni