Cara Untuk Tetap Update Dengan Informasi Dari Temanmu Meskipun Kamu Tidak Aktif di Facebook

Saat masa-masa awal Facebook diciptakan, Facebook langsung menjadi serbuan masyarakat Indonesia,  khususnya remaja karena fiturnya yang menarik dan penggunaannya yang mudah. Dari upload foto, bermain game, mengikuti kuis, hingga curhat pun bisa dilakukan di situs tersebut dengan sangat mudah. 

Tinggal melakukan log in, kita sudah bisa melakukan semua hal tersebut. Dengan Facebook, kita dapat dengan mudah juga mengetahui kabar teman-teman kita tanpa harus menghubunginya terlebih dahulu. Namun seperti yang ditahui, beberapa orang mungkin melakukan update status terlalu sering sehingga mengganggu. Banyak orang memutuskan untuk tidak lagi aktif menjadi pengguna atau bahkan menghapus akunnya.
facebook: pixabay
Bagi kalian yang tidak lagi aktif atau telah menghapus akunnya di Facebook, kalian tidak perlu khawatir tidak dapat keep in touch dengan teman-temanmu yang ada di Facebook karena Nilni.com akan memberi kalian berbagai tips untuk tetap update dengan informasi dari mereka.

1. Simpan kontak mereka

Cara termudah untuk tetap dekat dengan teman kita adalah dengan mengetahui di mana mereka tinggal atau bekerja. Jika perlu, catat juga alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.

Jika temanmu masih sekolah atau kuliah, tidak ada salahnya menyimpan kontak orang tua mereka. Atau jika temanmu berkuliah, paling tidak ada kemungkinan dia kost di kota lain dan bukan tidak mungkin juga jika kost-annya berpindah-pindah.

Update kontak temanmu minimal setahun sekali. Tidak sedikit orang mengubah nomer telepon dan email mereka. Untuk mengecek apakah nomer dan email mereka berganti atau tidak, kamu bisa mencoba cara seperti mengirimi ucapan selamat ulang tahun, selamat liburan, dan selamat hari raya.


2. Pilih media yang paling kamu sukai untuk menghubungi temanmu

Mungkin kamu tipe orang yang lebih suka berhubungan melalui telepon, tetapi mungkin saja orang lain lebih suka mengobrol menggunakan media sosial dan email. Kemungkinan-kemungkinan ini lah yang perlu kamu perhatikan agar kamu dan temanmu sama-sama nyaman dalam berhubungan.

1. Telepon

Menghubungi teman dengan telepon mungkin memang cara termudah dan terpraktis yang bisa kamu pilih karena respon dari temanmu bisa didapatkan dengan cepat. Kamu juga bisa menelpon ketika di rumah, di cafe, bahkan di mobil. 

Jadi, pastikan bahwa nomor telepon yang kamu miliki masih aktif. Tetapi, kamu juga harus berhati-hati ketika menelepon karena mungkin saja temanmu sedang sibuk ketika kamu telepon.


2. Pesan teks 

Meskipun tidak lebih pribadi dari telepon, mengirim pesan teks berisi “halo” atau “selamat pagi” dapat membuat seseorang lebih ceria dan bersemangat, lho!



3. Email


Jika dua puluh tahun yang lalu orang senang mengirim surat, maka di zaman sekarang email adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang masih senang mengekspresikan pikirannya dalam “kertas” namun kerepotan oleh lokasi kantor pos yang jauh.


4. Mengobrol secara langsung


Bagi kamu yang tinggal berdekatan dengan temanmu, cara ini tentu saja dapat dilakukan. Bertemu secara langsung akan memudahkan untuk berbagi cerita dan bernostalgia dengannya. Selain itu, kalian juga dapat membuat momen-momen baru yang dapat dikenang sehingga persahabatan kalian semakin kuat.


3. Pastikan kamu berhubungan dengan mereka minimal sebulan sekali
phone: pixabay
Beberapa orang mungkin lupa alasan sebenarnya mengapa Facebook dan media sosial lain seperti Twitter diciptakan. Facebook diciptakan bukan hanya sebagai tempat curhat, melainkan sebagai wadah nostalgia bagi mereka yang sudah lama tidak bertemu. Jika memang sudah tidak aktif Facebook, kamu hanya perlu menggunakan sedikit usaha, kok, untuk tetap stay in touch.


1. Buat jadwal email dan telepon


Semua orang akan sibuk sendiri-sendiri dan akhirnya dapat melupakan hal-hal lain, seperti menghubungi teman lama. Kamu bisa membuat jadwal tersebut agar tidak lupa, misalnya menjadwalkan akan mengirimi mereka email atau menelpon mereka pada hari Sabtu sore. Buatlah jadwal tersebut bersama dengan temanmu agar jadwal kalian tidak bertabrakan.



2. Tulis kapan terakhir kali kamu dan temanmu berhubungan


Waktu terus berputar dengan cepat, khususnya bagi mereka yang memiliki kesibukan tujuh hari seminggu. Hal ini bisa membuatmu lupa kapan terakhir kali kalian mengobrol. Jadi, setelah kamu berbicara dengan temanmu baik secara langsung maupun tidak. 
Catat tanggal tersebut sehingga kamu dapat melihat sudah berapa lama tidak berbicara dengan temanmu itu.


3. Buat jadwal kegiatan

Buatlah rencana bepergian bersama dengan temanmu. Ajak teman-temanmu untuk menghadiri suatu acara atau sekedar makan bersama. Jika temanmu tinggal di tempat yang jauh (berbeda kota), kamu bisa mengajak dia untuk bermain game online atau sekedar bermain Xbox. Manfaatkan juga Skype sehingga kalian bisa mengobrol dan bermain.



4. Buat rencana mengunjungi teman lama
friends: pixabay
Memang jika dipikir-pikir, cara terbaik untuk tetap dekat dengan teman lama adalah dengan hang out bersama, entah ke mall, cafe, atau sekalian saja traveling bersama ke suatu pulau. Nah, yang harus dipikirkan sekarang adalah bagaimana cara bertemu dengan teman lama tersebut.



1. Pertemuan beberapa kelompok


Kamu bisa menggunakan cara ini dengan, misalnya, mengadakan sebuah pesta atau mengundang teman-temanmu ke suatu acara. Tetapi, jangan lupa perhatikan bagaimana mereka berinteraksi karena mungkin saja kamu ingin teman-teman kuliahmu saling mengenal dengan teman-teman kerjamu padahal mereka ingin kelompok-kelompok ini tetap terpisah.



2. Buatlah janji dengan teman lamamu


Tidak perlu pergi jauh-jauh, kamu cukup mengajaknya pergi ke bioskop, belanja bersama di mall, mengunjungi museum seni, atau sekedar berjalan-jalan sore di taman kota. Saat-saat seperti ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mengobrol sepuasnya dengan temanmu.



3. Tetap berhubungan dengan teman yang berada di luar kota


Ketika kamu sedang pergi ke suatu kota, baik untuk bekerja atau liburan, sempatkan dirimu untuk mengunjungi kerabat yang tinggal di sana. Atau jika tidak tahu tempat tinggalnya, kamu bisa meminta temanmu itu untuk membantumu mencari hotel murah atau mengajakmu keliling kota tersebut selama berada di sana.


5. Siapkan dirimu untuk berbagai hal ketika tidak menggunakan Facebook

Di zaman seperti ini, di mana media sosial sudah bisa dijangkau oleh semua orang di berbagai kalangan, mungkin tidak memiliki akun Facebook merupakan hal yang cukup aneh, terutama bagi orang yang gila update.


Ketika memilih untuk tidak lagi menggunakan Facebook, merupakan hal penting bagi kamu untuk menjelaskan mengapa kamu melakukannya. Kamu juga perlu mengingatkan mereka untuk menghubungimu secara personal jika ada perlu atau sekedar mengobrol santai.


Ketika tidah aktif lagi ada beberapa hal harus direlakan yaitu kamu bisa saja kelewatan momen-momen, foto-foto, berita, gosip, dan acara yang di-post di Facebook.
Ingatkan teman-teman bahwa kamu tidak memiliki akun Facebook lagi sehingga tidak dapat membaca post mereka di sana. Kebanyakan orang akan memahami alasanmu tidak menggunakan Facebook. Tetapi, mungkin mereka akan sedikit mengira-ngira apakah alasannya adalah karena kamu tidak menyukai situsnya atau bukan.

Oleh: Cindy

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni