Creative Hack : Cara Kreatif Meningkatkan Skill Bahasa Inggris

Menguasai kemampuan dalam berbahasa inggris merupakan suatu kebutuhan. Bagaimana tidak? Kemampuan bisa berbahasa inggris sangat dibutuhkan di Era Globalisasi ini. Pada tahun 2015 mendatang ASEAN Economic Community atau AEC akan berlangsung, dimana memiliki kemampuan berbahasa inggris adalah kunci memenangkan persaingan di AEC. 
AEC sendiri merupakan bentuk kerjama negara-negara ASEAN dalam melakukan perdagangan bebas. Tidak hanya perdagangan produk dalam negeri, melainkan dari segi SDM juga, dimana kita akan secara langsung bersaing dengan orang-orang dari seluruh anggota ASEAN. 
Oleh karena itu, salah satu kompetisi yang harus dimiliki adalah bisa berbahasa Inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan sekitar 75 negara menggunakan bahasa inggris. 

Lalu pertanyaannya sekarang adalah bagaimana caranya agar kita bisa berbahasa inggris dengan efektif dan efisien? Pada kesempatan ini nilni akan memberikan tips-tips buat kamu supaya jago berbahasa Inggris. Yuk simak :

Image Credit : Pixabay

1. Kasih label barang-barang kamu

Buatlah label kata inggris pada barang-barang disekitarmu. Gunakan strickynote yang bisa menempel pada barang-barang. Ketika kamu sudah mengetahui bahasa inggrisnya pada barang tersebut, tetaplah lakukan labeling. Hal ini akan membantumu mengingat secara lebih cepat word atau kata dalam bahasa inggris. 

Kemudian praktikan dengan melihat barang tersebut dan langsung pikirkan apa bahasa inggrisnya dalam otak kamu. Terus ulangi hal-hal tersebut, ketika kamu tidur hafalkan barang-barang apa saja yang sudah kamu beri label arti kata bahasa inggris. 

Jika ada barang yang tidak kamu ketahui, segeralah keluar dan periksa apa bahasa inggrisnya barang tersebut. Mulailah melabeli barang-barang disekitarmu seperti kursi dengan kata “chair” dan meja dengan kata “table”, dan barang-barang lain yang sulit kamu ingat. 


2. Bikin diary di Notebook kamu 

Diary ini berisi kosa kata bahasa inggris yang kamu temui ketika kamu keluar rumah. Misalnya ketika kamu pergi ke cafe, kamu menemukan kata-kata susah yang sulit kamu pahami. Catatlah dalam notebook kamu dan langsung search apa arti kata itu.  Jika memakai laptop atau Notebook menyusahkanmu, kamu bisa menggunakan smartphonemu dengan mengisi daftar kosa kata yang kamu temui dikeseharianmu. Dan, ketika kamu nggak ingat, kamu bisa langsung buka catatan di smartphonemu tadi. 

Simpel kan ! it will increase your english skills ! 


3. Bergaulah dengan orang-orang yang jago bahasa Inggris

Jika kamu memiliki beberapa teman yang jago dalam bahasa inggris atau native speaker (bule), bergaulah dengan mereka. Ajak mereka hang out atau makan malam di rumah. Lakukan pertukaran bahasa. Misalnya, kamu ngajarin si bule bahasa Indonesia dan sebaliknya. Nah, teman kamu yang jago bahasa inggris berfungsi jadi semacam tutor gitu... Sebagai media antara kamu dan si bule. 

Latih speaking skill kamu di sini. Berusahalah tetap percaya diri dan terus berlatih. Hal ini sangat membantumu meningkatkan kemampuan bahasa inggris, terutama aspek speaking
I dont know but may be you should star with “What?” 
Percaya deh, dengan bergaul sama orang-orang yang jago bahasa inggris, secara tidak langsung mereka akan menularkan energi positif dan ilmunya ke kamu. 

Oh ya, hindari menggunakan bahasa Indonesia sejenak ya dalam rumahmu. Sulap sejenak rumah kamu bernuansa inggris. Artinya, kamu bisa atur radio,televisi, musik apapun itu kedalam bahasa inggris. Usahakan itu semua. 


4. Baca majalah dan buku anak-anak 

Majalah dan buku anak-anak ini banyak juga dalam bahas Inggris, lho... Nah, sisi positifnya adalah, penggunaan buku bergambar ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu secara langsung. Kamu tidak diminta menghafalnya dengan sulit, cukup melihat gambar-gambar yang mengilustrasikan barang atau kejadian dalam buku tersebut, kamu akan langsung tahu maksud arti dari gambar tersebut, tanpa harus membuka kamus. 

Jika kamu udah mulai jago, coba baca novel fiksi dalam bahasa inggris. Ini akan meningkatkan level kamu dalam reading skill. Coba saja praktikan dialog yang kamu temukan di novel dalm kehidupan sehari-hari. 


5. Mengetahui cara belajar terbaik kamu

Semua orang mempunyai cara terbaiknya dalam belajar atau dengan kata lain si X dan Y pasti akan mempunyai gaya belajar yang berbeda. Beberapa orang belajar dengan tangan mereka (kinetik), beberapa dengan mata mereka (penglihatan), beberapa dengan telinga mereka (pendengaran), dan beberapa kombinasi dari ketiganya. 

Sahabat kamu mungkin dapat membaca puisi bahasa Inggris setelah mendengar sekali, ketika kamu harus melihatnya untuk memahami arti pusi tersebut. Setelah kamu mengetahui bagaimana gaya belajarmu, kamu dapat menggunakan kebiasaan belajar kamu untuk meningkatkan kemampuanmu.

Berhenti membuang-buang waktu pada metode yang tidak pas untukmu. Jika guru menerangkan sesuatu hal, akan tetapi kamu tidak paham, kamu bisa mulai mulai membuat catatan. Jika kamu membaca buku dan tidak ingat apa-apa, kamu dapat mulai membaca dengan bersuara keras. 

Semua akan bekerja secara efektif dan efisien jika kamu bisa menemukan gaya belajar tebaik kamu. 


6. Pelajari akar kata, awalan, dan akhiran. 

Mempelajari akar kata dapat membantu mengurangi waktumu dalam belajar meghafalkan kata. Ketika kamu melihatnya, jika kamu tahu akar kata, kamu bahkan mungkin tidak perlu mencarinya dalam kamus! 

Misalnya ada kalimat “It was an acephalous society”, Kamu cukup menghafalkan akar katanya saja untuk mengetahui keseluruhan arti dari kalimat tersebut. Kamu tahu bahwa "a-" berarti tanpa: amoral, aseksual, asimetris. Kamu tahu bahwa "cephal" berarti "kepala": ensefalitis, encephalogram. 

Dan kamu juga tahu bahwa "-ous" menkamui kata sifat: ambisious, delcious, glamorous. Dengan memahami itu semua kamu lansgung tahu bahwa arti dari kalimat tesrebut adalah masyrakat tanpa pemimpin. 


7. Baca koran bahasa Inggris

Beberapa surat kabar menggunakan bahasa yang lebih kompleks daripada yang lain, sehingga merupakan pilihan yang tepat untukmu. Ingat bahwa kamu dapat memulai dengan berita utama dan kemudian berkembang menjadi membaca artikel yang kamu sukai. 

Baca dengan kecepatan baca kamu sendiri. Perlahan tapi pasti naikkan level kecepatan bacamu dengan memilih bacaan yang menarik. Setidaknya, membaca komik juga cukup! Jika kamu memiliki teman-teman yang sedang belajar juga, jadikan itu diskusi bersama supaya lebih hidup suasananya. 

Ketika ada teman yang mempunya artikel menarik dan bisa menjadi bahan diskusi, itu akan sangat membangumu. Kamu dapat belajar dan berbicara tentang topik tersebut secara bersamaan.  


8. Biarkan dirimu membuat kesalahan

Membuat kesalahan sangat penting. Biarkan diri kamu membuat kesalahan. Jika tidak, maka kamu tidak akan belajar. Kamu tidak akan tahu mana yang benar dan yang salah. Kamu tidak akan pernah belajar untuk mengambil risiko, dan kamu tidak akan benar-benar memahami konsep-konsep yang sudah kamu pelajari. Ironis! 

Inilah sebabnya mengapa kebanyakan orang berhenti belajar, karena perasaan takut membuat kesalahan. Kesalahan membuat mereka takut untuk berbicara dengan native speaker (bule). Mereka takut untuk keluar dari zona nyaman, mereka takut untuk benar-benar berkembang dan tumbuh.

Coba bayangkan jika para pebisnis sekelas Bill Gates menyerah? Mimin gak bisa nulis di laptop deh :P 

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni