Facebook Tips : Cara Menjadi Hacker dan Cara melindungi Diri dari Hacker

   
Hay..guys...pasti hampir dari kalian semua punya akun facebook kan? Nah..Facebook merupakan sebuah jejaring sosial yang sudah sangat umum digunakan. Facebook memberikan kemudahan untuk menghubungkan kamu dengan orang-orang disekitarmu.

Facebook juga teman untuk berbagi, baik itu berbagi peristiwa penting, berbagi pikiran sedih, gembira, berbagi foto juga video. Namun mungkin kamu terkadang lupa, jika akun Facebookmu dapat dilihat semua pasang mata.

Mereka yang melihat mungkin penggemar rahasiamu, keluargamu, mantan-mantan kamu bahkan orang yang belum pernah berkenalan denganmu, jangan salah... merekapun juga bisa menyalahgunakan semua unggahan yang ada di akun facebookmu. Pengamanan di facebook sendiri masih bisa di bobol looh... jika si penguntit jahat itu tahu jawaban pertanyaan pengamanan kamu, dengan sangat mudah si penguntit akan berbuat jahat pada kamu. Bahkan kamu tidak perlu menjadi hacker yang hebat untuk bisa menguntit dengan ahli.

Nah...untuk itu kamu perlu memikirkan tindakan pengamanan di facebookmu guys..., agar menyamankanmu saat bermain-main di Facebook. Berikut ini akan kami berikan cara meng “hack” facebook dengan mudah, tentunya kami juga akan memberikan pencegahannya. Nah..berikut ini cara meng hack facebook seseorang, simak namun jangan dilakukan kecuali dalam kondisi yang urgent  ya guys...

Pixabay


Cara 1 :
Cara termudah untuk “hack” Facebook seseorang adalah melalui passwordnya. Hal tersebut bisa lebih mudah ketika kamu sudah berteman dengan akun facebook yang akan kamu “hack”.

Langkah pertama, kamu harus mengetahui alamat email akun facebook yang akan kamu “hack”, jika belum tahu, cobalah mencari tahu di halaman Facebook akun tersebut di bagian kontak.

Selanjutnya klik pada bagian “Lupa kata sandi kamu?” dan ketik alamat email akun facebook yang ingin kamu “Hack”. Kemudian klik “This my account”.

Kemudian kamu akan mendapatkan pertanyaan dari facebook “kamu ingin me-reset pasword melalui email kamu?. Email yang dimaksud di sini adalah email facebook yang ingin kamu “hack”, silahkan klik “Tidak lagi memiliki akses in?"

Lalu pihak facebook akan bertanya “bagaimana kami dapat menghubungi kamu?”. ketik email yang kamu punya, yang tidak terhubung dengan akun facebook lainnya.

Jika kamu berteman dekat dengan pemilik facebook yang ingin kamu hack, hal tersebut bisa membantu kamu mengetahui jawaban pertanyaan pengaman yang akan diberikan facebook. Jika kamu tidak mengenal orang tersebut, kamu harus menebak jawaban yang kira-kira benar.

Kemudian jika kamu berhasil mengetahui jawaban pertanyaan pengaman, kamu akan dapat mengubah password facebook yang kamu hack tersebut. Setelah menunggu 24 jam, kamu bisa login ke akun facebook yang kamu hack tadi.

Jika kamu tidak mengetahui pertanyaan pengaman tersebut, kamu dapat mengklik “Recover akun Kamu dengan bantuan dari teman”.  Facebook akan meminta kamu memilih 3-5 teman kamu untuk diberi kiriman password.

Pilihlah teman yang mampu bekerja sama dengan baik, pastikan mereka mau mengirimkan password baru yang telah Facebook minta. Jika tidak, maka kamu bisa membuat 3-5 akun facebook palsu untuk memudahkan kamu meminta password yang baru.

Setelah kamu-kamu semua mengetahui bagaimana cara meg “hack” facebook orang lain, pastikan niat kamu untuk kebaikan ya guys...karena jika kamu merugikan orang lain, suatu hari pasti kamu mendapatkan hal serupa. Nah...sekarang giliran kami untuk ngasih tahu kamu semua tentang bagaimana cara melindungi diri dari “hacker” atau pembajak facebook.


Untuk mengatasi cara hack pertama adalah :
Gunakan email khusus dan jangan mencantumkan email tersebut pada profil kontak facebook kamu.
Buatlah jawaban dari pertanyaan pengaman yang sulit. Pastikan jawabanya tidak diketahui orang lain dan jawaban tersebut tidak terdapat pada identitas diri, buku tahunan, nomor rumah atau segala informasi yang dapat diperoleh secara bebas dan umum.

Berikutnya, pelajarilah tentang bagaimana memulihkan akun facebook dari teman. Kamu bisa bekerja sama dengan 3-5 temanmu untuk kamu pilih sebagai teman yang ingin kamu kirimi password Facebook kamu.

Cara Kedua :
Hack yang kedua adalah dengan menggunakan software keylogger. Keylogger ini dapat berupa software atau hardware yang dirancang untuk dapat merekam semua yang ditekan pada kyboard komputer pengguna.

Keylogger bekerja secara sembunyi-sembunyi. Keylogger berupa Software harus di download di komputer kamu. Semua rekam jejak penggunaan tombol kyboard kamu akan disalin dan dikirimkan ke email kamu. CNET memiliki Panduan keylogger yang dapat kamu download secara gratis.

Untuk keylogger hardware bentuknya menyerupai USB atau silinder memanjang mirip batu batrai. Keylogger ini ditancapkan diujung lubang kyboard pengguna. Dengan begitu semua aktifitas “pencet-memencet” pada kyboard pengguna akan diketahui.



Untuk melindungi diri dari cara hack keylogger software dan hardware adalah :
Gunakan firewall. Firewall merupakan sistem atau perangkat yang memonitor aktivitas komputer. Firewall mampu mengetahui suatu hal jika ada yang tidak beres pada perangkat komputer kamu. Cara menggunakan firewall ini adalah :

Instal password manager. Mengapa diinstal ?. karena keylogger tidak dapat mendeteksi password tanpa diketikan ke kyboard pengguna komputer. password manager akan mengisi data-data yang penting tanpa harus mengetikan sesuatu pada kyboard pengguna.

Jika Kamu masih tidak merasa dilindungi, Kamu dapat mengubah password secara berkala.


Cara Ketiga :
Cara hack yang ketiga yaitu menggunakan Phishing. Cara ini jauh lebih sulit dari kedua cara hack yang telah tertulis diatas. phishing merupakan cara meng hack facebook dengan menggunakan halaman login palsu. Pelaku hack mengirimkan sebuah hyperlink keemail  korban. Link tersebut akan terlihat persis seperti halaman login Facebook. Jika korban tertipu dan menyetujui untuk login, informasi akan dikirim kepada hacker, bukan ke Facebook. Proses ini sulit karena Kamu akan perlu untuk membuat web hosting account dan halaman login palsu.


Untuk melindungi facebook kamu dari phising adalah :
Jangan klik, apabila kamu menerima link di email kamu tentang pemberitahuan untuk login di facebook. Jika kamu ragu-ragu mengenai informasi tersebut, periksalah dengan cara login deperti yang kamu biasa lakukan.

Phishing tidak hanya dilakukan melalui email. Hal ini dapat terjadi disetiap link website/chat room/pesan teks, bahkan iklan yang muncul juga bisa berbahaya. Jangan klik link apapun yang tampak meragukan dengan dalih ingin meminta informasi Kamu.

Gunakan anti-virus & software keamanan web, seperti Norton atau McAfee.


Cara kekeempat :

Cara hack yang keempat adalah dengan mencuri cookis. Cookis merupakan data berupa tulisan tentang alamat website mana saja yang pernah dikunjungi oleh pengguna. Dalam hal ini adalah halaman facebook. Facebook  yang lupa di sing-out dapat dengan mudah di hack dengan cara dicuri cookisnya. Kamu dapat mencuri cookis dengan meng copy halaman facebook yang pernah dikunjungi pengguna dibrowser kamu, kamu akan dapat dengan mudah mengetahui akun maupun identitas lengkap pengguna facebook yang kamu hack. Namun meng hack dengan cara seperti ini sangat jarang dapat dilakukan.
    
    
Cara melindungi akun facebook dari hack cookis :

Bukalah Facebook, pilih Pengaturan Akun kamu dan periksa di bawah Keamanan. Pastikan Browsing Aman diaktifkan. Firesheep tidak bisa melacak cookie melalui koneksi terenkripsi seperti HTTPS, jadi cobalah untuk menggunakan HTTP.

Gunakan Firefox add-ons seperti HTTPS Everywhere- atau Force-TLS .
Log off situs web ketika Kamu sudah selesai. Firesheep tidak bisa tetap masuk ke akun kamu jika kamu log off.

Gunakan jaringan Wi-Fi yang aman dan terpercaya. Seorang hacker dapat duduk di sebelahmu dan melihat dan mencuri emailmu tanpa kamu menyadarinya.

Menggunakan VPN. Ini melindungi terhadap setiap hack melalui jaringan WiFi yang sama.
    
Oleh : Puri Candraditya    

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni