Hal-hal yang Dipelajari Jika Keliling Dunia

 Kali ini Nilni.com akan sharing tentang apa aja yang kita dapatkan kalau bisa keliling dunia :

Kamu belajar banyak tentang kehidupan.

Ketika kamu keluar dari zona nyaman kamu, maka kamu akan benar benar menyadari bahwa kamu seperti seorang pemula dalam menjalani hidup ini, tidak peduli seberapa pun usia kamu. karna terlalu sering berada pada zona nyaman, akan membuat pemikiranmu tidak berkembang. Karena kamu terlalu dimanjakan oleh rasa nyaman. Yang membuat kamu enggan untuk mencoba hal hal baru. Ada begitu banyak hal di sekitar kamu yang dapat dipelajari.

Seperti saat pertama kalinya kamu mencoba untuk pergi ke italia dan bermaksud untuk mencoba makanan makanan yang ada di sana, namun kamu tidak bisa berbahasa italia secara tidak langsung kamu akan berusaha mendapatkan makanan dengan mencoba memahami bahasa italia, dan terkadang mereka akan berusaha untuk berinteraksi menggunakan istilah istilah yang unik. Dengan kamu mencoba untuk memahami apa yang mereka ucapkan, kamu telah mencoba hal baru dalam hidupmu dan saat itu pula kamu telah mendapatkan banyak pelajaran tentang kehidupan dari berpergian.

Pixabay


Kamu tidak pernah sendiri

Pelajaran tak terlupakan lainnya dengan kamu berpergian keliling dunia adalah kamu tidak akan pernah merasa sendiri. Kebiasaan untuk bebergian keluar negeri akan membuka wawasan kamu. kamu akan selalu mencoba untuk mendapatkan teman dimanapun kamu berada.

Kamu akan selalu tergelitik untuk mendekati suatu kerumunan orang dan kamu akan berusaha untuk berkomunikasi dengan mereka. Entah hal apa yang akan kamu bahas dengan mereka, ataui sekedar menanyakan tentang kehidupan mereka, pengalaman mereka, bahkan makanan kesukaan mereka. Dengan bersikap supel dan mudah bergaul, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran berharga.


Kamu akan  bertemu orang-orang yang tak terlupakan.

Kamu akan menemui orang orang yang unik dan menarik ketika kamu bepergian. Kamu tidak akan pernah menemui orang seperti mereka di Negara asalmu.

Kamu akan mendapatkan pengalaman pengalaman yang tidak akan henti hentinya kamu ceritakan. Setelah kamu pulang kamu akan bercerita bahwa Beberapa tahun yang lalu, saya membeli makanan kecil di Italia selatan. Sangat menakjubkan bagiku saat saat itu adalah merupakan persahabatan yang paling berharga yang pernah saya dapatkan dari wanita seorang pemilik toko kelontong kecil di Santa Domenica Talao.

Namanya adalah Nunzia dan kami saling mencintai dari saat kami bertemu.Kami masih berusaha untuk mengatasi kesulitan perbedaan bahasa  tapi itu tidak menjadi masalah. Setiap kali saya tiba, saya dihujani dengan kecupan, pelukan secara tiba tiba, entah bagaimana semua itu dapat terjadi kepada saya.

Saya benar benar merasa sangat dihargai. Di pagi hari aku pergi ke tokonya untuk minum kopi. Saya suka menonton sama seperti penduduk desa yang datang untuk (membeli atau menjual) dan berbagi cerita tentang apa yang terjadi di desa atau daerah sekitarnya. Dan setiap hari Nunzia menyiapkan telur segar untuk saya di belakang meja nya.Dia adalah wanita yang luar biasa yang saya suka. Saya tidak akan pernah bisa untuk melupakannya.


Kamu akan belajar untuk menikmati hubungan transien

Hubungan transien adalah hubungan yang biasanya tidak bertahan lama, atau hubungan yang sudah memiliki suatu potensi untuk tidak bertahan lama. Dapat dicontohkan ketika kamu bepergian kamu akan bertemu degnan seorang yang berinteraksi degnan kamu di sepanjang perjalananmu.

Kamu membicarakan banyak hal dengan orang ini, dan tidak dapat dipungkiri lagi terkadang kamu lupa menanyakan tentang namanya hingga kalian terpisah karena tujuan yang berbeda. Pada perjalanan baru, mungkin saja kamu mendapatkan kereta yang lambat. Kamu bisa menghabiskan 13 jam di kereta api yang berhenti di setiap stasiun.

Beruntung sekali jika kamu dapat berbagi kesepian dan kepenatanmu dengan sekelompok orang diperjalan kamu. jika kamu belum pernah bertemu dengan orang orang tersebut. Atau kamu belum telalu memahami tentang karakteristik mereka, cobalah untuk memulai pemb icaraan. Agar kamu tidak merasakan kesunyian. Tanyakan   dari  mana kalian  berasal dan hendak kemana tujuan kalian? dengan memulai pembicaraan, kamu akan menikmati pejalanan kamu. dan waktu akan terasa lebih singkat.


Kamu akan mencoba hal-hal baru.


Apakah kamu pernah bepergian ke suatu Negara dan ketika kamu mencoba untuk makan di sebuah rumah makan. lalu kamu tidak memahami satupun makanan yang ada di dalam menu? Yang perlu kamu lakukan pada saat itu adalah cukup degnan  beranikan diri kamu untuk mencoba salah satu dari menu tersebut. Atau cobalah untuk berbicara dengan pelayan di rumah makan tersebut tentang menu menu tersebut.

Karena kamu tidak akan pernah dapat memahami rasa dari makan asing tersebut jika kamu tidak mencobanya. Jangan terlalu terpaku pada suatu yang sudah menjadi stkamur bagimu. Buanglah semua aturan aturan itu. Dan cobalah untuk memulai sesuatu dari nol. Karena kamu akan mendapatkan pengalaman tak tern ilia dari semua itu. Karena perjalananmu akan sia sia jika kamu belum mendapatkan pengalaman yang baru dan menakjubkan.


Jangan sampai melakukan "kesalahan"


Baiklah mungkin kamu adalah orang yang suka melakukan banyak kecerobohan dalam hidupmu sebelumnya. namun jika kamu sedang berada pada perjalanan jauh antar Negara, cobalah untuk tidak melakukan kesalahan sedikitpun. Karena degnan adanya kesalahan, dapat membuat kacau perjalananmu. Jangan pernah menelan ssuatu secara mentah mentah.

Artinya bukan berarti kamu harus memasaknya dulu namun istilah tersebut bermaksud untuk mengingatkan kamu untuk berfikirlah secara jauh sebelum melakukan hal hal yang belum pernah kamu lakukan. Seperti makanan makanan baru yang belum pernah kamu lihat dan mengetahui komposisinya. Karna bisa saja kamu memakan sesuatu yang berbahan dasar makanan yang dapa tmembuat alergimu kambuh.

Cobalah amati dahulu tentang kebudayaan yang berkembang di daerah tersebut sebelum kamu masuk kedalammnya. Jika kamu sudah terbiasa dalam bepergian jauh antar Negara, kamu akan lebih waspada terhadap sesuatu. Kamu akan lebih baik dalam hal memilah milah mana yang baik dan mana yang tidak. Terlebih lagi kamu akan lebih terminimslisir untuk melakukan suatu kesalahan.


Kamu akan mendapatkan pelajaran dalam kondisi tersesat

Keluarlah dari rencana awalmu dan cobalah untuk tersesat . mungkin akan terdengar sangat konyol dimana kamu harus keluar dari rencanamu dan teersesat. Akan tetapi Ketika kamu berada dalam kondisi tersesat di sebuah kota, maka berjalanlah kamu dan nikmati saja perjalanan dalam ketersesatan tersebut.

Karena akan banyak melihat hal hal hebat dan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan yang tidak kamu temukan di buku buku panduanmu. Ketika kamu tersesat di Roma italia, nikmati saja pemkamungannya. Karena di setiap sudut sudutnya terdapat banyak patung patung yang memiliki nilai nilai keindahan yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya. jangan terlalu tergesa gesa untuk mencari letak hotelmu.


Kamu akan keluar dari  kebiasaanmu

Setiap kali kamu melakukan perjalanan, kamu akan menyadari bahwa hidup yang kamu jalani selama ini akan berbeda setelah kamu berada di suatu tempat yang berbeda pula. Kamu akan mencoba menemukan solusi solusi dalam menyelesaikan sesuatu. Kamu akan melihat suatu perubahan yang menakjubkan dari dirimu dan  belum pernah kamu lihat sebelumnya. ketika kamu sering melakukan perjalanan lintas Negara, kamu akan selalu tampak seperti memiliki solusi dari semua masalah yang kamu temui.

Kamu akan menyelesaikan masalah tersebut dan menjadi pribadi yang berbeda dari kebiasaan. Hal ini terjadi karena kamu pernah berada dalam satu masalah yang sulit untuk mencari solusinya. Dengan pengalamanmu sebelumnya, kamu akan lebih mudah dan berpengalaman ketika kamu berada pada masalah baru.


Kamu akan belajar untuk melupakan rencanamu.

Ketika kamu sedang melakukan perjalanan, kamu akan membuat secara garis besar mengenai agenda kegiatanmu saat dalam perjalanan akan tetapi bukan rencana yang terlalu kaku. Selalu ada hal hal yang ingin dilihat dan dilakukan, tetapi kamu tidak akan bisa menikmati perjalanan mu jika kamu terlalu  menjadi budak jadwal. Cobalah untuk Membuat perjalanan kamu lebih flexible.

Jika kondisi yang kamu temui tidak memungkinkan untuk menjalankan apa yang telah kamu rencanakan diawal dan kamu masih ingin untuk berlama lama disuatu tempat sekedar untuk menikmamti pemkamungannya, lakukan saja apa yang ingin kamu lakukan dan lupakan rencanany. Lihat apa yang ingin kamu lihat tetapi jangan membuang watumu terlalu banyak.

Kunjungi tempat tempat yang menurutmu menarik untuk kamu kungjungi, atau keluar dari penginapanmu untuk menikmati matahari tenggelam di sebuah pantai hingga waktu makan malam. Biasanya jika kamu sudah pernah bepergian, kamu akan lebih santai dalam menjalani perjalananmu. Tidak telalu terpaku pada rencana namun kamu akan  tetap melakukan semuanya tepat waktu.


Kamu akan belajar bagaimana caranya untuk berkomunikasi dengan orang

Ketika kamu berada dalam sebuath perjalanan jauh lintas Negara , kamu akan mengalami perbedaan bahasa dengan orang orang yang kamu temui di perjalananmu. Namun kamu tidak perlu merasa frustasi terhadap perbedaan bahasa semacam ini. Kamu akan menikmati adanya perbedaan bahasa yang mungkin akan kamu jadikan semacam lelucon.

Jangan kamu ragu untuk berkomunikasi dengan seseorang. Lakukan saja pembicaraan yang menyenangkan dan abaikan tentang bahasa. Ini adalah kesempatan kamu untuk bisa mengenal seseorang lebih dekat. Kesalahan tata bahasa adalah suatu hal yang Lucu kamu hanya perlu hanyalah tertawa bersama.. Itulah salah satu hiburan favoritnya ketika kamu dalam perjalanan lintas Negara.


Kamu akan menyerap dan memahami tentang sejarah.

Sejarah merupakan suatu nilai nilai yang terkandung dalam masa lalu yang terkadang membuat suatu hal menjadi lebih idah di amati saat sekarang ini. Bukan mengenai nilai secara material, melainkan nilai nilai sejarah. Ketika kamu berada pada suatu daerah yang belum pernah kamu kunjungi. Kamu akan terkesima dengan nilai nilai sejarah yang terkandung dalam suatu daerah atau suatu situs situs yang kamu kungjungi.

Kamu akan terus menerus untuk menanyai sejarah tentang suatu tempat kepada tour guide mu. Dan kamu akan merindukan tempat tersebut suatu saat nanti karena niai nilai sejarahnya .

Dengan memahami sejarah sejarah mengenai music, makanan, cerita rakyat yang berkembang  dari temat yang pernah kamu kunjungi, maka kamu akan lebih memiliki wawasan dari pada kawan kwan mu yang hanya menghabiskan waktu liburnya untuk sekedar tidur di rumanya. Kamu akan menjadi seperti ahli sejarah di depan mereka

Kamu mempelajari masakan baru


Berbeda Negara akan membuat perbedaan budaya, terutama dalam hal kuliner. Setiap Negara akan memiliki banyak resep resep yang unik dari setiap hidangan yang mereka suguhkan di sebuah rumah makan. Kamu jika kamu adalah seorang yang suka mencari resep resep makanan, maka  saat kamu merasa terkejut dengan rasa dari suatu masakan, kamu tidak perlu menghabiskan waktumu untuk mencicipi makanan dan menebak nebak tentang bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan tersebut.

Beranikan dirimu dan cobalah unntuk menanyakan tentang apa saja bahan yang dibutuhkan dengan seorang pelayannya, atau bahkan menemui juru masaknya dan berbincang bincang. Banyak sekali pelayan yang akan memberi tahumu tentang resep mereka. Bahkan kamu tidak hanya akan mendapatkan resep dari makanan tersebut, kamu juga akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana cara mengolah bahan bahan tersebut secara lengkap.


Kamu memahami cara hidup yang berbeda.

Kamu akan menemukan seseorang dan mendalami tentang kehidupannya dan tentang pandangan mereka terhadap kehidupan. Semakin sering kamu bepergian, kamu akan dapat lebih memahami arti kehidupan. Kerena tentu saja dengan orang yang baru maka kamu akan menemukan pola piker yang berbeda. Mereka akan banyak memberikan kamu pelajaran tentang memahami kehidupan ini dan tentunya mereka akan belajar juga dari cara pandangmu pribadi.


Kamu jatuh cinta

Jatuh cinta dengan hal hal baru bukanlah suatu yang mustahil. Dengan membuka pikiranmu lebih luas, kamu akan dapat menerima banyak hal baru dan mencintainya. Kamu mungkin tidak tahu mengapa orang orang yang kamu temui di perjalanan adalah orang orang yang sangat luar biasa. Dalam perjalanan kamu, mungkin kamu dapat bertemu dengan seseorang yang sangat kasar dan tidak ramah sama sekali.

Tapi kamu akan bertemu dengan lebih banyak orang yang menyenangkan dari semua perjalananmu. Kamu akan menemukan beberapa orang yang menarik dan mungkin kamu akan jatuh cinta dengannya. kamu akan mencintai orang tersebut dan negaranya, sehingga itu semua akan membawamu kembali berkunjung ketempat tersebut suatu saat nanti.


Kamu akan belajar berubah dengan cepat

Ketika kamu melakukan perjalanan, apa pun bisa terjadi dan kamu mungkin berakhir dalam situasi yang cukup aneh. Seorang  wisatawan akan sangat lihai belajar untuk berubah dengan cepat. Kamu akan belajar untuk berpikir dengan kakimu dan memecahkan masalah secara efisien. Seperti ketika kamu berada dalam suatu Negara tertentu dan kamu mengamati budaya yang berkembang, kamu akan dengan cepat untuk beradaptasi dan membaur dengan kebudayaan yang ada di tempat tersebut. Kamu akan dapat menguasai dengan cepat tentang bagaimana pola pikir mereka, bahasa mereka, cara berpakaian mereka, dan kamu akan  menerapkannya pada dirimu sendiri


Kamu akan belajar bahasa lain

Mempelajari bahasa suatu Negara yang sedang kamu singgahi dalam perjalanan kamu sangatlah mengasikkan. Kamuy tidak perlu kursus bahasa tertentu terlebih dahulu sebelum kamu bepergian. Karena kursus bahsa asing hanya akan membuang buang waktumu dan hanya menunda nunda keberangkatanmu. Jangan terlalu takut untuk  bepergian dengan alas an tidak menguasai bahasa dari Negara tersebut. Karena

Bahkan jika kamu pergi ke berbagai tempat, kamu tidak akan terlalu repot repot untuk mempelajari bahasa orang-orang yang negaranya kamu kunjungi, kamu hanya perlu melihat tkamu-tkamu jalan dan menu restoran, terkadang kamu akan belajar bahasa dari hal hal kecil tersebut. Mendengar percakapan yang terjadi di sekitar kamu akan memberikanmu wawasan mengenai istilah istilah tertentu dalam bahasa lokal di Negara tersebut.


Kamu mulai memahami budaya yang berbeda

Awalnya mungkin kamu tidak memahami mengapa mereka melakukan kegiatan yang unik tersebut. Hal ini karena kamu berada pada lingkungan yang berbeda budaya dari tempat asalmu. Kamu akan tercengan dengan perbedaan budaya tersebut. Memang benar Agama agama lain datang dari latar belakang budaya yang berkembang di daerah tersebut. Begitu pula ide,  seni, dan kode moral suatu daerah. Yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari dan menikmatinya.


Kamu belajar bagaimana perjalanan yang sebenarnya.

Perjalanan itu sendiri adalah suatu keterampilan. Setelah mengangkut sebuah koper raksasa dan mencoba hal-hal baru melalui pintu kereta kecil pada perjalananmu menuju suatu negara, Kamu belajar bahwa ada beberapa hal yang dapat Kamu lakukan tanpa Kamu mempelajarinya terlebih daulu. Kamu belajar apa yang harus dilakukan ketika Kamu menaiki bus yang salah dan akhirnya kakimu yang membawamu ketempat yang kamu tuju. Semua keterampilan ini membuat kehidupan normalmu di rumah menjadi jauh lebih mudah.


Kamu akan mengembangkan kepercayaan diri.

Setelah bepergian dan belajar semua hal-hal baru, Kamu akan mulai menyadari seberapa pintarnya Kamu saat ini. Setelah semua perjalanan yang kamu lewati, Kamu telah berhasil mencapai tujuan Kamu, melakukan penerbangan kamu, memesan makanan dan entah bagaimana berhasil melewati pengalaman baru. Dari semua pengalaman tersebut akan membuat kamu berwawasan luas dan lebih percaya diri tentunya



Kamu akan mengetahui tentang kesamaanmu dengan mereka

Tidak ada yang lebih menakjubkan dari pada bepergian, untuk membuat Kamu menyadari bahwa ketika kalian berbicara tentang perang antar negara, orang-orang tersebut akan berpendapat sama dengan kamu bahwa banyak yang dirugikan dengan terjadinya peperangan adalah orang orang tua yang sedang menikmati teh hangat mereka, anak-anak yang Kamu lihat dalam perjalanan mereka ke sekolah, dan keluarga Kamu lihat berjalan di malam hari dan semua yang tengah menikmati hidup mereka.

Tiba-tibakamu tidak akan tega untuk melihat mereka terluka atau terbunuh. Dari semua manfaat perjalanan, kamu akan berpikir bahwa Orang-orang di sekitarmu adalah hadiah yang paling berharga. Pergilah dan temui mereka.

Kembangkan kasih sayang dan  cinta untuk budaya lain, agama dan gaya hidup. Biarkan mereka melihat bahwa kita semua adalah satu kesatuan yang sama. Percayalah bahwa jika kamu melakukan hal ini kamu dapat mengubah dunia, pembuat perdamaian lewat Suatu perjalanan pada suatu waktu.

Oleh : Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni