Ingin Mengadakan Surprise Party, Ikuti Langkah Ini

Apakah seseorang yang istimewa dalam hidupmu sebentar lagi akan merayakan sebuah hari besar, ulang tahun, kelulusan atau apapun. Mungkin membuatkannya pesta adalah ide bagus. Memangnya siapa yang tidak suka pesta atau benci merayakan hari besar dengan teman-teman dan kerabat? 

Kadang kamu perlu keseriusan dalam merencanakan semua hal dengan matang. Namun 
supaya lebih berkesan, pesta kejutan atau surprise party mungkin bisa jadi salah satu cara untuk merayakan sesuatu kepada seseorang.

Tentunya akan sangat menyenangkan merencanakan semuanya dengan baik dan hanya melibatkan sedikit orang. Semua rencana ini berlangsung dengan sangat rahasia sebelum tiba hari perayaan. 
party: pixabay
Panduan berikut ini akan membawamu pada perayaan surprise party yang sukses berat. Tiga tahapan meliputi perencanaan, persiapan dan mari berpesta!

Langkah pertama: Perencanaan

1. Pastikan targetmu suka dengan kejutan ini

Ada tiga jenis orang di dunia ini. Mereka yang tidak suka pesta kejutan karena mereka selalu ingin terlibat dalam persiapan, orang-orang yang tidak suka pesta kejutan karena mereka berpikir mereka sedang terlupakan, dan orang-orang yang benar-benar menyukai surprise termasuk pesta kejutan
Pastikan targetmu masuk ke dalam kategori yang ketiga.
Tidak selamanya yang kamu bayangkan sesuai dengan kenyataanya. Masih ada cara yang bisa dilakukan agar pesta tetap berlangsung tanpa ada satu orang pun yang merasa tidak bahagia. Jika targetmu adalah jenis pertama yang ingin selalu terlibat dalam persiapan.Beritahukan pada mereka bahwa akan diadakan pesta kejutan untuknya di hari tertentu, lalu stop.

Biarkan ia menebak-nebak apa yang akan di pakainya dan mengatur suasana hatinya agar tepat dalam menghadiri pesta. Jika mereka pikir mereka terlupakan, beri perhatian lebih pada mereka sebelum hari yang direncanakan tiba.


2. Pilih tanggal yang tepat

Ada baiknya memilih tanggal sebelum hari bahagianya tiba. Yang sedang dipersiapkan adalah sebuah kejutan, tentunya kamu tidak ingin kejutan itu mudah ditebak oleh targetmu bukan? 

Penting juga diperhatikan apakah targetmu sudah memiliki agenda lain di hari tersebut. Kamu mungkin perlu menanyakannya. Untuk itulah kenapa membuat surprise party di tanggal yang tepat sebelum perayaan sebenarnya tiba sangat penting. 

Kamu tidak mungkin bertanya pada temanmu yang berulang tahun tanggal 6 Juli dengan pertanyaan, “eh tanggal 6 Juli besok kamu ada agenda nggak?”. Mereka akan curiga pada apa yang kamu rencanakan. Gagal surprise deh.


3. Memilih tempat pesta
Pilih tempat pesta yang sekiranya “normal” dan biasa kamu dan targetmu kunjungi untuk menghindari kecurigaan. Jika mengundangnya ke restoran yang bahkan kalian sendiri belum pernah mengunjunginya, ia akan curiga. 

Pesta bisa dilakukan di rumah, atau tempat-tempat lain yang sering kalian kunjungi. Jika berniat mengadakan pesta di restoran, ada baiknya melakukan reservasi jauh-jauh hari.


4. Pilih tema pesta
Jika kamu ingin, memilih tema pesta. Cara mudah untuk membuat pesta semakin meriah adalah membuat tema untuknya. Mereka bisa datang dengan pakaian segila mungkin sekaligus mengembangkan kreatifitasmu dengan dekorasi-dekorasi pesta. 

Tema yang dipilih bisa apa saja, kartun, super hero, tema warna atau kewajiban memakai sweater terjelek? Apapun bisa dilakukan. Namun berhati-hatilah agar orang yang datang nantinya tidak menimbulkan kecurigaan pada targetmu yang melihat orang-orang berpakaian aneh di jalanan.


5. Tentukan jumlah tamu undangan

Ada dua hal pertimbangan dalam menentukan jumlah tamu. Sekelompok kecil, kelompok kecil lebih mudah dikelola, diajak tutup mulut, dikoordinasikan dan lain-lain demi kelancaran pesta. Sedikit orang memungkinkan pesta berlangsung dengan lebih intim. Namun bisa saja ada beberapa orang yang marah karena mereka tidak diundang.

Kelompok besar, lebih sukar dikoordinasikan. Kamu juga mungkin akan butuh ruang untuk pestamu. Namun targetmu bisa saja merasa senang karena ada banyak orang hadir di pestanya. Tentunya pestamu juga akan jauh lebih meriah dengan banyak tamu


6. Beritahu para tamu secara individual

Hal mendasar dari surprise party adalah memastikan agar si target jangan sampai tahu atau curiga kemudian mencari tahu. Kamu perlu mengundang tamu-tamumu secara personal. Datangi mereka satu per satu, telepon orang-orang atau kirimi mereka e-mail pribadi.

Katakan bahwa ini adalah pesta rahasia dan tidak seorang pun boleh memberitahukannya pada orang lain kecuali kamu. Apalagi memberi tahu si target. Untuk beberapa orang yang kurang pandai menjaga rahasia mungkin perlu trik khusus agar dia tidak banyak bicara.


Bagian kedua: Mempersiapkan acara tersebut
streamer: pixabay
1. Ajak teman untuk membantu

Pilih satu atau beberapa teman terbaik untuk membantumu. Jika kamu merasa tidak bisa mempersiapkan segala sesuatunya sendiri ajaklah temanmu untuk membantumu. 
Pastikan ia adalah orang yang benar-benar dekat denganmu dan bisa dipercayai untuk tidak merusak pesta.

2. Siapkan kebutuhan pesta
Dapatkan semua perlengkapan, dekorasi dan hidangan untuk pesta. Untuk pesta dirumah kamu mungkin perlu sedikit kerepotan untuk menghias rumah dan menyiapkan hidangan. 

Pastikan hidangan yang disajikan cukup untuk semua tamu yang hadir. Jika pesta kejutan dirayakan di café atau restoran, cukup menghias secara sederhana seperti balon dan lilin.


3. Sembunyikan perlengkapan pesta
Pilih tempat yang aman untuk menyembunyikan perlengkapan. Ini tentunya termasuk hal yang penting. Jika target pestamu melihat lemari es yang penuh dengan makanan, dekorasi-dekorasi atau kue ulang tahun, kejutanmu akan terbongkar dan hal yang sudah disiapkan bisa gagal total.

Sembunyikan semua pasokan untuk pesta di tempat yang tidak akan disadari oleh target. Pastikan juga agar orang lain yang tidak berkepentingan untuk tidak melihatnya.


4. Re-konfirmasi semua tamu

Beritahukan ulang kepada tamu undangan mengenai detil-detil pesta, jam berapa mereka harus tiba dan hal-hal lain yang mungkin jadi bagian dari kejutan. Jangan beritahukan lewat e-mail, katakan langsung, kirim pesan singkat atau teleponlah mereka.


5. Persiapkan lokasi pesta

Pastikan semua dekorasi sudah terpasang. Hidangan-hidangan juga sudah disajikan. Kondisikan tamu apabila ada hal-hal tertentu yang perlu untuk mereka lakukan.


Langkah ketiga: Ayo Berpesta!
ceremony: pixabay
1. On time

Pastikan orang-orang datang tepat waktu. Jika kamu menjadwalkan pesta akan berlangsung pukul 7, beritahukan pada semua orang untuk datang pukul 6. Hal itu untuk mengantisipasi orang-orang yang suka terlambat datang. 
Untuk mengantisipasi orang-orang yang datang tepat waktu, kamu harus punya persediaan makanan dan minuman cukup supaya mereka tidak bosan menunggu.

2. Temani target

Menyuruh salah seorang sahabat kalian untuk menemani si target. Sementara kamu mengondisikan lokasi pestamu, sahabatmu bisa membantumu memantau gerak-gerik si target. Juga memastikannya untuk datang ke pesta sesuai dengan yang diharapkan


3. Pastikan setiap orang memahami untuk ikut memeriahkan dan jadi bagian penting dari kejutan 

Kamu bisa mematikan lampu dan menyuruh mereka serempak berteriak “SURPRISE!”. Atau duduk ngobrol di sofa dan berpura-pura ini pesta biasa sampai si target melihat kue ulang tahun yang bertuliskan namanya. Pastikan semua orang berperan besar dalam hal ini. Tentu saja untuk tidak pulang ditengah-tengah kemeriahan pesta.

Selamat, kamu sekarang sudah tahu caranya menyiapkan pesta kejutan. Pestamu sukses tanpa halangan dan semua orang pulang dengan senang. Apakah selalu ada jaminan sebuah pesta kejutan akan berlangsung tanpa halangan?

Mudah-mudahan saja. Kamu sudah berusaha menyiapkan semuanya dengan matang, sisanya hanya berdoa dan berharap semua berjalan dengan lancar. Misalnya si target tahu toh ia tidak akan marah dan menghargai kerja kerasmu membahagiakan mereka. Ayo, kejutkan orang-orang terkasihmu di hari istimewa mereka. 

Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni