Ingin Ubah Identitas Barumu Selamanya, Ikuti Langkah ini

Sangat jarang ditemukan orang yang ingin mengubah total identitasnya. Sebagian besar orang sudah merasa terlalu nyaman dengan kehidupan dan identitas mereka. Dan tentunya juga bukan perkara mudah menjalani kehidupan baru sebagai seseorang yang baru.

Berbeda halnya bagi beberapa orang di luar sana yang menghadapi perlakuan berbahaya dari orang-orang di sekitarnya yang mungkin juga mengancam nyawanya. Atau menjadi saksi penting dari sebuah peristiwa criminal yang mengerikan. Rasa takut yang besar mungkin mendorong mereka untuk mengganti identitas mereka dan menjalani hidup baru sebagai orang yang berbeda. Hal ini dilakukan demi alasan keamanan tentunya.

Saat ini kehidupanmu mungkin terasa nyaman, tapi kamu tidak akan pernah tahu kapan bahaya akan mengancammu. Bukannya berharap, namun tidak ada salahnya berjaga-jaga untuk kemungkinan terburuk. Berikut ini ada beberapa langkah untuk mengubah total identitasmu. Percayalah hal ini mungkin bisa berbahaya jika digunakan sembarangan. Pergunakanlah cara ini ketika dalam keadaan darurat, gunakan dengan bijak.
change: pixabay
1. Ubah namamu

Jadi kamu telah memutuskan untuk mengubah identitasmu. Hal pertama yang kamu butuhkan adalah sebuah nama baru. Itu akan menjadi faktor yang paling penting dalam hal ini. Nama adalah salah satu cara bagaimana seseorang bisa dikenal.

Tentukan nama barumu, juga nama tengah dan nama belakang. Pastikan bagaimana orang lain bisa memanggilmu. Usahakan pilih nama yang benar-benar berbeda. Ada baiknya kamu mengetahui arti atau alasan kenapa menggunakan nama tersebut. Hal ini akan membuat orang lain mempercayai bahwa itu memang nama “asli” mu.


2. Buang kehidupan lamamu

Bersihkan dirimu dari segala sesuatu dari kehidupan sebelumnya yang bisa membuatmu dikenali. Kubur atau musnahkan semua perangkat elektronik termasuk nomor telponmu. Bakar semua catatan-catatan harianmu.

Pokoknya lakukan apapun yang menurutmu mungkin untuk menjauhkan diri dari identitas lamamu.


3. Rubah penampilanmu

Hal berikutnya tentu saja mengubah penampilanmu. Mulailah dengan membeli baju baru. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat penampilan fisikmu berbeda adalah mengganti model rambut.

Jika kamu seorang cewek, pastikan untuk mendapat gaya rambut yang benar-benar berbeda. Kamu bisa memotongnya sependek mungkin atau membuatnya panjang dengan ekstensi. Ubah warna rambutmu dan lihat betapa hal tersebut bisa mengubah penampilanmu secara drastis.


4. Ubah style berpakaianmu
style: pixabay
Tapi kamu juga akan memerlukan gaya berpakaian baru. Pilih gaya yang benar-benar berbeda dari apa yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Mungkin harus mengubah secar adrastis selera berpakaianmu, tidak peduli sebenci apapun kamu dengan gaya tersebut.

Misalnya sebelumnya kamu adalah seorang yang pemalu dan gemar memakai baju kasual berwarna gelap, cobalah untuk terlihat lebih ngjreng dan mewah dengan warna-warna cerah serta berbagai aksesoris di badanmu.
Tapi jangan terlalu berlebihan alias lebay. Setidaknya style barumu membuatmu semakin nyaman dengan kehidupanmu yang baru.

5. Tulis sifat-sifat yang sebelumnya kamu miliki 

Kamu bisa pilih untuk berubah drastis dengan menghilangkan seluruh sifat lamamu dan menggantinya dengan kepribadianmu yang baru atau menghilangkannya sebagian dan menambahnya dengan sesuatu yang baru. Kamu juga bisa menambahkan beberapa keahlian khusus.

Usahakan itu adalah sebuah keahlian baru yang kamu bahkan tidak pernah berpikir untuk mempelajarinya di kehidupanmu sebelumnya. Kamu bisa belajar merajut atau menguasai bahasa asing yang sama sekali tidak pernah terbersit akan mempelajarinya.


6. Putuskan apakah kamu akan menjadi orang yang berbeda sepenuhnya 

Jika terpikir untuk melakukannya, kamu harus memiliki tingkah laku dan pola hidup yang berbeda sesuai dengan identitas dan karakter barumu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jika sebelumnya kamu adalah seorang introvert yang pendiam, cobalah untuk menjadi seseorang yang lebih periang dan terbuka. Begitu pun sebaliknya. Mungkin pada awalnya akan mengalami kesulitan di, tapi bisa jadi hal ini sangat membantu.


7. Datang dengan latar belakang yang berbeda

Pikirkan latar belakang kehidupanmu. Ingat bahwa kamu sekarang orang yang benar-benar baru. Kamu harus bisa menjelaskan darimana kamu berasal, pengalaman-pengalamanmu dan sebagainya. Mungkin perlu sedikit mengarang cerita, boleh-boleh saja asalkan tidak jadi terlalu berlebihan.


8. Cari cara untuk menghilangkan data-data lamamu
delete: pixabay
Dalam kasus yang ekstrim, mungkin kamu bisa memalsukan kematianmu sendiri atau menghilang secara misterius. Kamu bisa juga berpura-pura menderita amnesia, hati-hati karena kamu harus pandai bersandiwara.


9. Bergaul dengan orang-orang yang baik

Tampil dengan identitas barumu dan kembali menjadi bagian dari masyarakat. Kamu sudah mendapatkan nama, penampilan dan karakter baru. Sekarang saatnya kembali ke pergaulan dengan hal yang benar-benar baru.
Temukan teman-teman baru atau siapapun yang kamu rasa bisa membawamu berbaur dengan kehidupan sosial yang berbeda.

10. Pura-pura amnesia

Untuk kasus amnesia palsu, Mungkin kamu perlu berada pada kondisi yang meyakinkan saat ditemukan. Kamu bisa merangkak keluar dari mobil yang terguling atau merangkak keluar dari pantai. Setelah itu berpura-puralah tidak mengingat semuanya, siapa namamu dan bagaimana kamu bisa sampai di tempat seperti itu.


11. Welcome to new life 

Setelah kamu menyelesaikan semua urusan penggantian identitas, kini nikmatilah hidup baru sebagai seseorang yang baru. Buat juga email baru dan media-media sosial yang baru. Hindari kebiasaan-kebiasaan lama dalam berjejaring sosial.
Dengan kehidupan yang baru bearti kamu harus berani mencoba hal-hal yang baru.

Tips tambahan bagi kamu yang benar-benar serius:

  • Pastikan bahwa kamu tetap bisa dikenali. Maksudnya kamu tidak harus melakukan operasi plastic untuk mengubah wajahmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah perubahan kecil
  • Pastikan untuk tidak meninggalkan jejak. Musnahkan semua barang-barang lamamu atau yang bisa menuntun orang lain ke kehidupan lamamu.

  • Kumpulkan semua hal yang kamu butuhkan secara diam-diam. Ini bisa memakan waktu.
  • Batasi semua aktivitas dengan situs jaringan sosialmu. Hal ini bisa sangat jelas mengungkapkan apa yang sedang kamu lakukan. Dan menuntunmu untuk terlacak. Jangan posting apapun di Facebook atau twitter tepat setelah kamu memulai kehidupan baru. Biarkan berjalan beberapa saat hingga semuanya pulih.

  • Tetap waspada pada orang-orang disekitarmu. Beberapa orang dari kehidupanmu sebelumnya mungkin masih bisa mengenalimu.

  • Kenali dengan baik bahwa aktivitas seperti ini bisa membawamu pada kesulitan dan bahaya tidak selamanya bisa teratasi.

  • Jika kamu menganggap hal ini tidak pantas untuk dilakukan maka jangan lakukan!

Itulah tadi cara-cara untuk mengubah total identitasmu. Hal ini bukanlah sesuatu yang benar-benar baik atau benar-benar buruk untuk dilakukan. Semuanya tergantung alasan dan kondisi kenapa kamu sampai melakukannya. Jika kamu menganggapnya sebagai pengetahuan, silahkan saja. Namun sekali lagi pertimbangkanlah matang-matang sebelum kamu memutuskan untuk mengubah identitasmu.

Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni