Introvert Tips : Cara Seorang Pendiam Mencari Teman

Orang sering berpikir jika introvert adalah orang yang sangat pemalu, tapi itu salah. Rasa malu bisa melekat pada seorang yang memiliki kecenderungan sifat introvert. Seorang introvert akan lebih mudah untuk menemukan jati dirinya dan juga mood untuk melakukan segala sesuatu hal ketika dia seorang diri.

Berbeda dengan seseorang yang memiliki kecenderungan sifat ekstrovert. Mereka justru bisa menjadi diri sendiri dan akan mendapatkan energi positif ketika bersosialisasi dengan orang lain. sementara disisi lain kegiatan sosial seperti itu akan membuat seseorang yang memiliki kecenderungan sifat introvert dapat terkuras energinya.

Introvert adalah salah satu sifat seseorang yang cenderung berorientasi pada diri sendiri. Seorang introvert lebih suka memikirkan dan memandang segala sesuatu dengan pikirannya sendiri. Menjadi seseorang yang introvert kadang kamu pasti mendapat sedikit tantangan ketika kamu harus berinteraksi dengan orang lain.

Kamu ingin berkomunikasi, bergaul, dan berinteraksi dengan orang tersebut, tapi kamu tidak tahu bagaimana caranya. Introvert berbeda dengan seseorang yang pendiam. Seorang yang pendiam mungkin masih mempunyai satu atau dua orang teman.

Tapi untuk seseorang yang cenderung bersifat introvert hal itu tidak terjadi. Seorang yang introvert cenderung memberikan kesan pada orang lain bahwa mereka tidak ingin bersosialisasi, atau mungkin mereka menganggap kamu tidak ingin punya teman. Oleh sebab itu seseorang enggan untuk berusaha bergaul dan menjadi teman kamu. kamu tidak perlu takut, introvert bukan berarti tidak ramah, jahat, atau seorang psykopat.

Sebelum kamu memasuki langkah pertama, ada baiknya kamu mengenali dirimu sendiri. Kamu juga perlu menanamkan bahwa menjadi seorang introvert bukanlah suatu kesalahan. Mengapa ?, karena tidak ada cara untuk menjalani hidup dengan tidak baik. setiap orang pasti mempunyai tujuan agar kehidupanya lebih baik, dan pasti mereka akan menggunakan cara yang baik versi mereka untuk menjalankan kehidupan mereka.

Dan baik menurut standart seorang introvert adalah dia yang menjalani hidup dengan lebih berorientasi dengan dirinya sendiri.

Baru-baru ini, beberapa ilmuwan menemukan bahwa ada hubungan antara introversi dan area otak kamu yang disebut amigdala , dan mereka mengemukakan bahwa semakin kamu lebih peduli dengan dirimu sendiri, dan melakukan semua kegiatan dengan perfect untuk dirimu sendiri, semakin besar kemungkinan bahwa kamu akan berperilaku dengan cara introvert.

Pixabay
 
Contohnya : ketika kamu tiba-tiba melihat banyak barang di kamarmu, apa yang kamu pikirkan, apakah kamu ingin tahu apa saja barang-barang itu, atau dari mana barang-barang itu datang, atau justru kamu sangat risih dan marah ketika ada barang-barang dengan jumlah banyak berada dalam kamarmu ?

Jika kamu merasakan kemarahan, risih, dan tidak nyaman saat terlihat barang-barang yang begitu banyak ada di kamarmu, kemungkinan kamu adalah seseoorang yang mempunyai kecenderungan sifat introvert.

 Fakta kedua, tentang penelitian  yang telah dijelaskan di atas, menyatakan bahwa otak kamu bereaksi terlalu berlebihan dengan situasi baru. Emosi kamu menjadi liar seolah-olah kamu akan mendapatkan serangan oleh sekelompok orang, dan itulah bagian dari diri kamu yang harus diperbaiki.

Bila kamu adalah seorang yang memiliki kecenderungan mempunyai sifat introvert, cobalah langkah-langkah dibawah ini agar kamu bisa menjalin sebuah pertemanan yang menyenangkan.


Langkah yang pertama : menawarkan bantuan
Bagi kamu yang merupakan seorang introvert, untuk memulai menjalin interaksi dengan seseorang adalah sebuah tantangan yang berat. Mungkin kamu merasa kebingungan untuk menentukan tpik pembicaraan.

Kamu merasa segan untuk sekedar melakukan basa-basi dengan seseorang, apa lagi seseorang yang baru kamu kenal.  Langkah pertama agar mudah bagi kamu yang seorang introvert untuk berinteraksi dengan orang lain adalah dengan menawarkan bantuan.

Misalnya saat seorang teman kerjamu tidak sengaja alat tulisnya jatuh ke lantai, jangan sungkan untuk datang dan melakukan bantuan dengan mengambilkan alat tulisnya. Teman mu akan mengucapkan terima kasih, dan saat itulah kesempatan bagi kamu untuk bisa berinteraksi dengan temanmu. teman kamu yang mengira bahwa introvert itu acuh dan sombong akan terpatahkan dengan sikap kamu yang ternyata peduli dan sangat perhatian. Teman kamu akan mencoba lebih terbuka denganmu dan mulai ingin mengenal kamu lebih dalam.


Langkah ke dua : merebut kesempatan
Ada dua jenis kesempatan yang suatu saat akan datang kepadamu. Yang pertama adalah kesempatan yang datang, dan yang kedua adalah kesempatan yang diusahakan. Bagi kamu yang mempunyai kecenderungan bersifat introvert mungkin menggunakan sebagian hidupmu untuk menunggu kesempatan yang datang. Ubahlah pandangan itu mulai sekarang. Cobalah untuk menciptakan kesempatan itu sendiri.

Contohnya, saat dalam pekerjaan kamu membutuhkan kerja sama tim yang solid, cobalah untuk berbicara dengan mereka. Kamu bisa memilih topik pembicaraan tentang proyek yang sedang kamu kerjakan bersama mereka. Setelah suasana mulai mencair mungkin kamu bis membagikan pengalaman-pengalaman kamu, atau bahkan cerita-cerita lucu untuk mencairkan suasana.

Dengan begitu kamu akan mulai memperoleh teman baru. Secara tidak langsung sikap kamu yang seperti itu akan memberitahukan kepada mereka bahwa seorang yang introvert bukanlah seorang alien yang menyeramkan dan patut untuk di jauhi. Kamu membuka pandangan mereka bahwa introvert juga manusia yang meskipun cenderung berorientasi pada diri sendiri, seorang yang introvert adalah pada dasarnya mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.



Langkah ketiga : tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
Tertawa merupakan obat yang terbaik bagi kamu yang sedang sedih, galau, dan murung. Jika kamu adalah seorang yang mempunyai kecenderungan sifat introvert, jangan ragu untuk memulai membuat lelucon saat berkumpul dengan orang banyak. Seseorang akan selalu menghargai tawamu. Tertawa biasanya dapat membuka obrolan yang asik dan menyenangkan asal kamu tahu waktu yang tepat untuk mengatakan cerita lucumu dan tahu saat ingin mengatakan komentar mu atas candaan yang orang lain buat.

Yang harus kamu tanamkan pada dirimu yang merupakan seorang introvert, jangan tertawa dengan maksud dan nada mengejek. Orang lain akan berfikir bahwa kamu adalah seseorang yang sok, dan hanya ingin menonjol sendiri saat sedang ngobrol dengan kelompok pembicaraanmu.


Langkah yang keempat : jangan terlalu cuek !!
Jangan terlalu cuek saat berkumpul dengan orang-orang di sekitar lingkungan kamu. karena cuek membuat mereka enggan mendekatimu untuk berteman. Berinteraksi tidak harus dengan ngobrol panjang dengan obrolan yang serius. Cara kamu menjaga interaksi cukup dengan melakukan senyum, sapa, dan salam pada mereka.

Dengan begitu kamu terlihat ramah dan jauh dari kesan sombong. Jika kamu memerlukan waktu untuk sendiri, dan tidak ada orang lain yang mengganggumu, cobalah untuk mencari hari lain untuk bergabung dengan mereka. Atau kamu bisa menyapa mereka dari kejauhan via sms, bbm, atau menulis pada dinding kronologi facebook mereka. Artinya kamu tidak harus meyapa dengan bertemu secara langsung, karena zaman sekarang teknologi sudah sangat memanjakan kamu dalam hal berkomunikasi.


Langkah kelima  : jangan berbohong
Walaupun anda seorang yang introvert jangan lah sekali-sekali untuk berbohong tentang keadaan kamu kepada orang-oang yang berada disekitar lingkungan kamu. segala bentuk kebohongan akan terlihat dan membuat mereka curiga kepadamu. Orang yang telah berbohong kepada orang lain akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan-kebohongan sebelumnya. Cepat atau lambat pasti mereka akan mengetahui kebenarannya. Ketika kamu ketahuan berbohong, hal itu akan memberikan keadaan yang buruk bagi kamu. sekali kamu berbohong kamu tidak akan mendapatkan kepercayaan lagi dari orang lain.

Cobalah untuk jujur kepada mereka tentang keadaan kamu yang sebenarnya. Percayalah jujur akan membuat kamu menemukan teman sejati. Katakan apa-apa yang kamu suka dan tidak, apa-apa yang kamu ingin lakukan dan tidak, apa-apa saja yang tidak ingin bicarakan dan tidak, kepada mereka. Teman sejati akan memberikan pengertian kepada kamu. jujur akan membuat keadaan menjadi baik, dan juga membuat kamu nyaman berteman dengan siapapun. Tergantung cara menyampaikan kejujuranmu, cari waktu dan kesempatan yang tepat untuk mengungkapkanya.


Langkah keenam : jujur kepada diri sendiri
Jujurlah pada diri sendiri sebelum kamu menyampaikan kejujuran pada orang lain. penting sekali untuk mengenali kemauan diri sendiri, jangan hanya karena tidak enak hati dengan mereka, kamu menjadi memaksakan kemauan diri sendiri. Meskipun kamu adalah seseorang dengan kecenderungan sifat introvert, kamu jtidak perlu menjaga image terlalu berlebihan jika kamu ingin mencari teman sejati. Percaya dirilah untuk mengungkapkan kepribadian kamu yang sebenarnya. Maka kamu benar-benar akan menemukan teman sejati kamu.

Langkah ketujuh : rencanakan waktu untuk bergaul mencari teman
Seorang introvert sebaiknya tidak menunggu kenyamanan bergaul datang, tapi dia harus menemukannya. Seperti yang telah disinggung di langkah sebelumnya, merencanakan waktu untuk bergaul mencari teman bagi seorang yang memiliki kecenderungan sifat introvert adalah hal yang sangat penting.

Kamu perlu keluar dari zona nyamanmu ketika sendirian jika kamu ingin punya teman dan bisa bergaul serta berinteraksi dengan orang lain secara baik. Kamu tidak harus melakukan hal itu setiap hari. Cukup meluangkan beberapa hari dari waktu nyamanmu ketika sendiri. Gunakanlah saat waktu itu datang dengan baik dan maksimal, karena yang perlu kamu ingat menyisihkan sebagian waktu untuk mereka bagi kamu itu sangat sulit dan tidak dilakukan setiap hari.

Jika terpaksa kamu tidak bisa merasa nyaman dengan waktu bergaul yang terlalu lama, cobalah untuk berbicara kepada mereka tentang kondisi seperti itu. Katakan kamu adalah seorang yang memiliki kecenderungan sifat inttovert, dan membutuhkan ketenangan sejenak dengan cara sendirian.
Langkah kedelapan : Pelajari Seni Small Talk

Bagi kamu yang memiliki kecenderungan sifat introvert kadang-kadang ketika kamu terlibat dalam pembicaraan ringan akan merasa sangat jenuh dan melelahkan. Pikiran, emosi dan perasaan kamu sangat bertentangan dengan hal itu, dan kamu lebih menyukai pembicaraan yang berbobot yang mampu menunjukan kepada semua orang tentan beberapa konsep dan ide cemerlang, sebenarnya itu tidak apa-apa.
Tapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba mempelajari cara ngobrol dengan topik yang ringan. Hal tersebut akan memudahkan kamu mendapatkan teman yang banyak dalam waktu yang singkat. 

Mungkin kamu bisa memulai obrolan dengan membahas topik-topik terkini yang kamu senangi dan kuasai. Untuk menyamankan kamu berkomunikasi lebih lama dengan mereka, kamu bisa mengarahkan apa yang kamu bicarakan secara lebih mendalam. Dengan begitu obrolan berat akan mengalir dengan sendirinya. Bukankah kamu menikmati obrolan yang seperti itu ?. sesekali sisipi obrolan berat kamu denga cerita lucu yang berkaitan dengan topik yang kamu angkat.

Pixabay


Langkah kesembilan : kualitas vs kuantitas

Sebenarnya jika kamu adah seorang yang introvert mempunyai teman yang tidak terlalu banyakpun tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu mempunyai teman yang sedikit dan kamu tidak bisa bersenang-senang dengan mereka. Kamu akan terus menikmati duniamu sediri. Hal tersebut tidak bagus untuk perkembangan mental kamu. bagaimanapun juga meskipunkamu adalah seorang yang cenderung memiliki sifat introvert, kamu adalah manusia biasa yang pada hakekatnya adalah mahluk sosial.

Kamu tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain, sekalipun kamu bisa mengerjakan sesuatu seorang diri. Sekarang atau lusa pasti kamu membutuhkan pertolongan orang lain, dan mau atau tidak mau kamu akan berinteraksi dengan orang tersebut. Dengan mecoba untuk bersosialisasi kamu akan punya banyak pengalaman yang baru dan juga teman baru yang mungkin mempunyai kesamaan denganmu.

Ketika kamu berkumpul dengan seseorang yang punya banyak kesamaan dengan kamu, hal itu kan menjadi sebuah kesenangan sendiri. Kamu bisa bercerita banyak hal dengan pemahaman dan pemikiran yang sama denganmu. Jadi, teman-teman yang kamu miliki mungkin kwantitasnya lebih sedikit dari pada orang lain, tapi teman yang kamu miliki karena mempunyai kesamaan dalam segalahal denganmu itu adalah pertemanan yang berkualitas. Cobalah untuk mencari teman dengan mempertimbangkan kualitas, bukan kuantitas.





Langkah ke sepuluh : umpan balik

tidak dipungkiri bahwa jika ada teman yang berani mendekati seorang yang mempunyai kecenderungan sifat introvert seperti kamu adalah orang-orang yang sebenarnya punya misi dan maksud tertentu. mungkin sebenarnya mereka malas berinteraksi denganmu, namun karena suatu hal yang mereka ingin dapatkan, dan hanya kamu yang dapat memberikan, mereka terkadang berbicara dengan sedikit basa-basi.

Jadikan hal itu menjadi peluang yang baik bagi kamu untuk berinteraksi dan mendapatkan teman. Jangan sakit hati dulu menghadapi seseorang yang tiba-tiba berbasa basi mendekatimu hanya karna “ada maunya”. Ketika seseorang tersebut memberikan kamu umpan pembicaraan yang basa-basi, tanggapilah dengan tenang, namun terlihat antusias dan serius. Mungkin mereka bisa berubah pikiran ketika melihat tanggapan kamu seperti itu. Mereka bisa menjadi segan dan tidak menganggap kamu menyebalkan karena menjadi seorang introvert.

Sebenarnya kamu sadar jika menjadi seorang yang introvert adalah menyebalkan dan banyak tidak di sukai orang lain. jadi jangan sia-siakan kesempatan ketika seseorang menegurmu lebih dahulu, meskipun hal itu hanyalah basa-basi karena ingin mendapatkan sesuatu darimu. Mencoba bersikap ramah pada seseorang yang seperti itu mungkin akan merubah citramu.



Langkah kesebelas : manfaatkan dunia maya

Bersosialisasi kini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Teknologi kini telah benar-benar memanjakanmu. Kamu bisa mengakses apapun dengan cepat, mudah, dan murah. Bagi kamu yang memiliki kecenderungan bersifat introvert, bisa memanfaatkan peluang tersebut. Dengan kamu berdiam diri dirumah, menikmati segala kesenanganmu seorang diri, kamu tetap bisa berteman dan bersosialisasi dengan orang lain. bahkan kamu bisa menemukan teman dengan lokasi tempat tinggal yang jauh sekalipun dan kamu tidak pernah menduganya sebelumnya. Situs jejaring sosial hadir untuk memudahkanmu mencari teman.

Mungkin kamu adalah seorang introvert yang pemalu, untuk itu kamu bisa berteman dan bersosialisasi di jejaring sosial. Kamu dapat melakukan hal itu tanpa kamu merasa canggung ngobrol berhadapan. Ada kalanya kamu lebih bebas berkespresi di dunia maya. Kamu juga bisa menentukan kapan waktu yang kamu inginkan untuk masuk ke situs jejaring sosial tersebut.

Banyak yang bisa kamu lakukan untuk mengawali pertemanan kamu di situs jejaring sosial. Kamu bisa mengawali dengan membuat akun, kemudian mencari siapapun teman yang ada disana. Mungkin kamu menemukan teman yang sebenarnya sudah kamu kenal. Tidak ada salahnya untuk menambahkannya. Hal itu menguntungkan kamu saat nanti bertemu, suasana tidak akan secanggung yang kamu bayangkan sebelumnya.

Setelah kamu menambahkan teman, kamu bisa mulai peduli dengan mereka. Cukup kamu meng klik “suka” pada postingan temanmu, kamu sudah menunjukan rasa simpati kepada mereka. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan komentar pada postingan temanmu yang lain. berusahalah untuk membuat komentar dengan ramah.

Jika kamu masih tetap canggung untuk bersimpati dengan orang lain dengan cara seperti itu, tariklah rasa simpati orang lain untukmu. Ada cara yang begitu mudah untuk melakukan hal itu. Kamu bisa mencoba membagikan apa yang kamu pikirkan di situs jejaring sosial.

Buatlah postingan status yang lagi buming di bicarakan banyak orang, hal itu membuat orang lain lebih mudah untuk memberikan simpati kepadamu. Postingan status yang baik akan menarik simpati yang baik untukmu.

Atau jika kamu kesulitan untuk merangkai kata-kata, kamu bisa hanya memposting sebuah gambar yang unik. Gambar tersebut bisa kamu ambil saat kamu menemui kejadian yang lucu di sekitarmu. Atau bahkan kamu bisa memposting foto terbaik yang kamu miliki. Itu mungkin lebih mudah lagi menarik seseorang untuk dapat berinteraksi denganmu melalui komentar tentang postingan gambarmu.

Jika sudah seperti itu, tugas kamu untuk menaggapi dengan ramah. Hal ini membuktikan bahwa bergaul di jejaring sosial juga bisa menyembunyikan sifat introvert kamu yang sebenarnya loh...:) selamat mencoba.

Oleh : Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni