Jadilah Anak Sekolah yang Sukses, Yuk Ikuti Langkahnya

Setiap orang menginginkan sebuah kesuksesan dalam hidupnya bukan? Tak terkecuali bagi kamu sebagai seorang pelajar yang menginginkan kesuksesan di berbagai bidang dalam kegiatan sekolah ataupun di luar sekolah. Ketika melihat temanmu memenangkan suatu perlombaan, kamu juga ingin menang kan? Atau ketika melihat temanmu memenangkan liga pertandingan sepak bola, kamu juga ingin melakukannya. 

Tapi tahu tidak, itu membuktikan bahwa kamu telah menjadi pengikut orang lain. Mengapa kamu tidak membuat kesuksesanmu sendiri? Mungkin bingung bagaimana caranya menjadi seorang pelajar yang sukses. Beberapa tips di bawah ini dapat membantumu untuk mendapatkannya.
success: pixabay
1. Pikirkan kamu paling ahli dalam bidang apa?

Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Setiap orang juga memiliki keahliannya masing-masing. Jika dipikir kembali, mungkin kamu memiliki keahlian yang dirimu sendiri tidak menyadarinya. Coba dipikir baik-baik keahlian apa yang paling menonjol. Mungkin saja kamu ahli dalam olahraga, musik, atau sains.

2. Mulai kerjakan hal-hal yang kamu kuasai 

Katakanlah kamu pandai menghitung, kamu bisa mengikuti berbagai perlombaan-perlombaan matematika yang sekolahmu adakan atau lomba-lomba di luar sekolah. Atau kamu ahli dalam memainkan bola basket, kamu bisa mengikuti komunitas bola basket di sekolahmu dan mengikuti latihan-latihan yang biasanya diadakan untuk mengasah kemampuanmu.

3. Tunjukan bahwa kamu mampu 

Setelah kamu mendapatkan persetujuan atau ada seseorang yang mengatakan bahwa kamu jago dalam sebuah hal, maka kamu harus mempertimbangkan bahwa hal tersebut akan menjadi bagian dari hidupmu.

Katakanlah jago dalam hal memainkan bola basket, maka kamu akan menemui berbagai hal yang berbau bola basket. Seperti turnamen antar sekolah, atau liga pertandingan antar kelompok akan memenuhi hari-harimu dan menjadi bagian dari gaya hidupmu.


4. Temukan bidang yang dikuasai 

Setelah kamu menemukan hal yang baik dalam diri kamu, atau kamu telah menemukan bidang yang kamu kuasai, tidak ada salahnya kamu melakukan hal yang berbeda. Katakanlah kamu tertarik dengan balet, tetapi tidak pernah mencobanya. Kamu bisa mengambil les balet atau melihat-lihat video di youtube dan mencobanya di rumah.
ballet: pixabay
Dari sana kamu bisa mendapatkan dua kehalian sekaligus. Kamu bisa mengembangkan berbagai hal yang ada pada diri kamu.
Mencoba sesuatu hal yang baru tidak ada salahnya kok. Selama itu bisa membuatmu merasa sukses dan bangga akan hal tersebut.

5. Mintalah pendapat orang lain tentang anda

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap orang juga memiliki sisi baik dan buruk pada dirinya. Namun terkadang kita tidak menyadari apa yang ada di dalam diri kita. Tanyakanlah kepada temanmu mengenai diri kamu yang sesungguhnya. Meskipun terkadang teman malah melebih-lebihkan kelebihanmu dan malah tidak jujur tentang sisi burukmu.

Penilai yang paling jujur adalah musuh kita. Dengarkan apa kata musuh, dan dari sana kita akan mengetahui apa kelemahan dan keburukan. Dari sana pula kita dapat mengasah kemampuan kita untuk menjadi lebih baik.


6. Rencanakan hal apa yang ada di pikiranmu

Pikirkan sesuatu hal yang selalu kamu benci. Katakanlah kamu benci dengan bentuk tubuhmu. Solusinya bisa melakukan latihan-latihan fisik untuk memperbaiki bentuk badanmu menjadi lebih bagus. Bisa mengikuti kelas aerobic atau mengikuti gym yang saat ini sudah menjamur di berbagai daerah. Sehingga kamu bisa memamerkan bentuk tubuhmu yang bagus tersebut.


7. Pikirkan tentang nilaimu

Bagaimana nilaimu apakah baik atau buruk? Ketika kamu memiliki nilai yang bagus, kamu patut untuk menjadikannya lebih baik lagi. Tapi ketika kamu memiliki nilai yang buruk, maka kamu wajib membuatnya menjadi baik. Nilai burukmu secara tidak langsung menghambat kesuksesanmu. 

Banyak cara untuk merubah nilai burukmu menjadi baik. Seperti belajar dari pengalaman orang lain atau meminta saran kepada teman-temanmu dan segera kerjakan.


8. Belajar kelompok

Mulailah berpikir tentang mata pelajaran yang belum kamu kuasai atau kamu lemah dalam mata pelajaran tersebut. Sebagai contoh, kamu lemah dalam pelajaran matematika. Kamu bisa mengadakan belajar bersama atau mengikuti les untuk memperbaiki nilai matematikamu. 

Atau lemah dalam olah raga, kamu bisa meminta temanmu untuk mengajarimu beberapa trik-trik olah raga yang sering diujikan dalam sekolah.

study: pixabay
9. Rajin belajar

Jika kamu tidak pernah belajar setiap hari, pertimbangkan hal tersebut! Untuk menjadi manusia yang lebih baik, kita membutuhkan sebuah pembelajaran yang berharga. Bila sudah mendapatkan momen yang sangat berarti tapi kita tidak mengambil makna dari pembelajaran tersebut, maka kita akan dijauhkan dari kesuksesan.

Belajarlah dari setiap kesalahan yang kamu perbuat. Tidak baik bukan membiarkan hal yang buruk menjadi bagian dari diri kita. Jangan pula meninggalkan hal-hal yang baik sampai menit terakhir. Karena hal yang baik itulah yang akan membawa kita pada gerbang kesuksesan.


10. Perioritaskan yang palin penting

Bila hidupmu berantakan total, kamu tidak akan mendapatkan kesuksesan yang diidam-idamkan. Bila ulang tahun dan ujianmu tepat berada pada minggu ini, maka kamu harus belajar mulai dari sekarang untuk mempersiapkan tes yang akan dijalani. Bila meninggalkan ujianmu demi mempersiapkan pesta ulang tahunmu, kamu akan ketinggalan langkah awal menuju kesuksesan.
Kamu harus pandai dalam memilih mana yang kamu butuhkan, bukan mana yang kamu inginkan. Jangan terlalu egois untuk mengikuti kesenangan sesaat saja, tapi pikirkan juga tentang masa depan yang sudah menantimu. Apa yang kamu lakukan hari ini, akan menentukan keberhasilanmu di masa mendatang.

11. Tulis daftar kegiatanmu

Pertimbangkan agenda atau rencana kegiatan yang kamu tulis pada buku agenda. Ketika kamu memiliki rencana kegiatan, tulislah dalam sebuah buku agenda. Pertimbangkan bahwa kegiatan tersebut dapat mempengaruhi kesuksesanmu. 

Bila kamu ada rencana untuk berpesta, pikirkan baik-baik. Kamu bisa melakukan hal-hal yang berguna dari pada menghadiri pesta yang hanya membuang waktumu dan menjauhkanmu dari kesuksesan.


12. Tepat waktu  

Melakukan segala sesuatu dengan tepat waktu. Waktu adalah uang. Menyianyiakan waktu maka menyinyiakan uang juga. Kehidupan kita sangat berarti di setiap detiknya. Bila sering menunda melakukan hal-hal yang baik, maka kamu juga menunda kesuksesan yang sesungguhnya sudah menantimu untuk menjemputnya.

Bermalas-malasan bukanlah kegiatan yang bisa membuatmu lebih baik. Malahan, banyak penyakit yang akan mendatangimu karenanya. Mulailah dengan sesuatu hal yang kecil. seperti mengumpulkan tugas dengan tepat waktu, atau beribadah dengan tepat waktu. Dari sana, kamu akan diajarkan tentang kedisiplinan. Kamu juga bisa mengikuti kegiatan sekolah yang mengajarkan tentang arti disiplin. 
Seperti baris berbaris, atau marching band yang memberimu pengertian apa makna waktu adalah uang. Sesungguhnya disiplin datang dari diri kita. Bila kamu memang benar-benar ingin menjadi seorang yang sukses, maka kamu harus menerima konsekuensi untuk meraih kesuksesan tersebut. Kamu akan kehilangan banyak waktu demi mencapai sebuah kata sukses.
Setiap manusia tidak mungkin sempurna. Sekeras apapun kamu berlatih, kau tetap saja tak sempurna. Tapi apa salahnya bila kita mencoba menjadi lebih baik. Untuk menjadi seorang yang sukses tak perlu menjadi sempurna. Yang terpenting mau dan mampu untuk mewujudkannya. Dan jangan lupa untuk jangan mudah menyerah.

Oleh: Devita Putri Mardyanti

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni