Jadilah Orang Baik dan Sayangi Orang Lain

Adalah keinginan setiap orang untuk menjadi orang baik. Dunia ini mungkin sudah penuh dengan orang bertabiat buruk. Jalan satu-satunya untuk mulai mengubah dunia atau lingkunganmu menjadi lebih nyaman untuk ditinggali adalah dari diri sendiri.

Bersiaplah mengubah pribadimu menjadi lebih baik. Apakah kamu ingin menjadi lebih baik dan penuh kasih sayang?. sebenarnya orang yang egois dan kejam sekalipun jauh dalam lubuk hatinya memiliki kebaikan hati. Pastinya semua orang juga menyukai orang baik dan peduli terhadap sesama. Kamu bisa membaca artikel di bawah ini untuk menjadi orang baik dan penuh kasih.

hello: pixabay
1. Menyapa orang-orang di sekitarmu

Memberi sapaan ringan seperti “halo” atau “selamat pagi” meski sederhana akan membuat orang lain merasa dihargai. Kamu juga bisa sedikit berbasa-basi untuk melemparkan bahan obrolan pada mereka, hal ini dapat membuat merasa nyaman denganmu.


2. Bantu orang lain yang sedang kesulitan

Jangan segan-segan menawarkan diri untuk membantu orang lain yang sedang berada dalam kesulitan. Ketika kamu berada di suatu tempat dan menemukan orang lain yang memerlukan bantuan, tawarkan saja bantuan.

Hal paling menyenangkan ketika membantu orang lain adalah melihat senyum mereka. Perasaan bahagia itu datang karena kamu telah melakukan perbuatan baik untuk mereka.


3. Ubah caramu dalam memperlakukan orang lain

Kebaikan hati juga berarti peduli terhadap sekitar, terutama dalam memperlakukan orang lain. Memanusiakan manusia. Misalnya kamu melihat orang tua yang kesulitan menyeberang atau ibu yang kerepotan membawa barang belanjaan, bantulah mereka.

Ucapkanlah kalimat sederhana seperti “semoga harimu menyenangkan” sambil tersenyum pada mereka.


4. Lebih baik memberi daripada menerima

Mendapat hadiah dari teman mungkin terasa begitu menyenangkan buatmu. Namun sudahkah kamu menyenangkan mereka? Atau paling tidak mengucapkan terima kasih atas pemberian mereka. Jika mengucapkan terima kasih atau berterima kasih lewat sms terasa biasa saja, cobalah mengirimkan kartu ucapan terimakasihmu.

Sertakan bingkisan kecil berupa bunga atau aksesoris seperti gelang, kalung dan lainnya. Kamu sudah nampak sangat manis dimata mereka.
love: pixabay
5. Berbagi cinta pada semua orang

Berikan perlakuan sama dan penuh kasih sayang kepada semua orang. Mungkin mereka tidak akan mengatakan secara langsung bahwa mereka mencintaimu. Dengan membagi cintamu pada orang-orang disekitarmu akan membuatmu merasa dikelilingi oleh cinta yang sama. Akan ada beberapa orang yang iri padamu, namun jangan khawatir.

Beri mereka cinta yang sama dan percayalah suatu hari mereka akan berubah. Jika beberapa orang egois memilih untuk tidak berubah, cukup abaikan saja.
Orang yang mencintaimu tentunya lebih banyak dari pada mereka yang membencimu.
6. Hormati dan bantulah orang tuamu

Hal ini sangat penting mengingat orang tua adalah mereka yang merawat dan membesarkan kita. Hormati dan patuhi segala perintah mereka. Jangan segan untuk membantu pekerjaan rumah yang biasanya tidak pernah kamu kerjakan.


7. Memberi bantuan tak harus berupa dukungan fisik

Dukungan moral juga penting untuk orang lain. Tawarkan diri untuk mendengar keluh kesah dari orang lain yang sedang tertimpa masalah. Namun jangan terlalu memaksa mereka untuk menceritakan semuanya. Kamu harus tetap berada di zona nyaman setiap orang. Tawarkan solusi jika kamu merasa bisa melakukannya.


8. Hindari sikap pamrih ketika memberikan bantuan

Penting untuk menjauhi hal ini. Jangan berbuat baik jika kamu hanya mengharapkan imbalan dari perbuatanmu itu. Belajarlah untuk ikhlas dan niatkan dalam diri kalau segala perbuatanmu pada orang lain hanyalah untuk kebahagiaan mereka.

Bayangkan bahwa tujuan hidup ini adalah hamparan padang bunga yang sangat indah dimana tidak ada kesedihan di dalamnya. Untuk mencapainya ada banyak rintangan seperti binatang buas, orang jahat dan lain-lain. Lakukanlah hal menyenangkan untuk mengatasi setiap rintangan yang kamu temui. Tidak hanya itu di dalamnya juga ada lorong dan terowongan mengerikan menuju padang bunga yang indah.

 Anggap perjalanan mengerikanmu ini adalah hal buruk yang pernah kamu lakukan seperti berbohong, mengumpat, memfitnah dan lain-lain. Kamu butuh cahaya untuk keluar dan cahaya ini adalah perbuatan baik yang kamu lakukan untuk membayar setiap perbuatan buruk yang pernah dilakukan.Tentunya hal ini akan berulang setiap saat, jangan pernah berputus asa.

Kamu tidak akan pernah tahu seberapa besar kebaikanmu akan bermanfaat bagi orang lain. Meski kecil, setiap kebaikan yang pernah kamu lakukan akan bermakna bagi setiap orang. Mungkin manfaatnya tidak bisa dirasakan secara langsung. Tetaplah bersikap baik pada setiap orang. Cobalah untuk melakukan 3 macam hal kecil berikut ini setiap harinya.


Jangan berbohong 

Jangan pernah berbohong. Berbohong hanya akan menghilangkan hal baik yang pernah kamu lakukan. Kamu akan dikenal sebagai pembual.

smile: pixabay
Tersenyum

Cobalah tersenyum kepada semua orang. Tersenyum adalah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Setelah tersenyum, kamu akan benar-benar merasa bahagia. Segala yang kamu lakukan pun pastinya akan terasa menyenangkan.


Ucapkan terimakasih

Cobalah mengucapkan terimakasih kepada setiap orang yang telah berbuat baik padamu. Kamu bisa memulainya dengan ibumu. Ucapkanlah terimakasih ketika beliau menyiapkan sarapan untukmu. kebiasaan ini bisa dimulai dari orang terdekatmu yaitu keluarga dan teman.


Contoh hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Biasanya hal ini luput dari pemikiran kalian.

  • Ketika teman-temanmu datang kerumah untuk bersantai dan menghabiskan waktu mengobrol sambil menikmati makanan kecil, mungkin adikmu yang sedang sendirian ingin bergabung dengan mereka. Tanyakan saja pada teman-temanmu apakah mereka tidak masalah jika adikmu ikut bergabung. Percayalah tidak ada seorangpun yang suka ditinggal sendiri.
  • Jangan sekali-kali menggunjing, bergosip atau membicarakan kejelekan orang lain. Meskipun orang yang sedang kamu gosipkan itu tidak tahu, suatu hari ia akan menyadari ada yang tidak beres dari pandanganmu tentang dirinya dan itu akan melukai hatinya.
  • Jangan lupakan pilihan gaya hidup yang kamu jalani. Kamu tidak bisa menyelesaikan satu hal dan menganggapnya sebagai sebuah keberhasilan yang mutlak. Jalan hidup masih panjang dan kamu harus terus berbuat baik kepada setiap orang setiap harinya.
  • Bersaing dalam kelompok sangat diperbolehkan selama persaingan tersebut masih sehat serta tujuannya pun dapat dipertanggungjawabkan. Tidak ada saling menjatuhkan dengan cara-cara negatif. Yang ada adalah sebuah kompetisi adil di mana setiap pihak menuruti aturan. Jangan sampai menjauhi temanmu hanya karena kamu dengannya sedang menjalani sebuah proses persaingan. Ada baiknya kalian saling membantu agar semua pihak merasa menang.
Kebaikan akan berbuah manis. semua orang yang menuju pada perubahan membutuhkan proses.

Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni