Kamu Tetap Bisa Tampil Gaya Walaupun Memakai Seragam Sekolah

Beberapa sekolah, termasuk sekolahmu mungkin menerapkan peraturan penggunaan seragam dalam berpakaian. Pihak pembuat peraturan di sekolah mengklaim langkah-langkah ini mendorong kesetaraan dan tingkah laku yang tepat bagi siswa, mencegah timbulnya perilaku ngegeng di sekolah dan mencegah siswanya berpakaian seronok.

Mungkin banyak dari siswa termasuk kalian yang merasa bahwa aturan berpakaian seperti membatasi kemampuan untuk mengekspresikan diri. Jika sekolah atau kampusmu memiliki aturan ketat dalam hal berpakaian dan khawatiranmu muncul  akan terlihat seperti "kutu buku" atau seperti "orang lain" yang bukan dirimu. Berikut ini adalah cara berpakaian dan menjadi dirimu sendiri ketika mengenakan seragam sekolah. Mungkin akan membantumu tampil menonjol diantara siswa yang lain.
student: pixabay
1. Pahami peraturan sekolah

Berusahalah mendapatkan salinan dari aturan-aturan dan tata cara berpakaian di sekolahmu. Bacalan aturan itu dengan cermat dan temukan celah yang memungkinkanmu tetap bisa berekspresi. Tanyakan pada bagian tata usaha jika ada yang belum kamu mengerti. Jangan sampai barang yang sudah kamu beli kemudian dipakai bersekolah dan ternyata peraturan sekolah tidak mengizinkannya. 

Kenali dengan baik apa yang boleh dan tidak boleh untuk dipakai ke sekolah. Hal ini akan membantumu mengatur lemari pakaian agar lebih tertata. Pisahkan jenis pakaian apa yang boleh dan tidak boleh untuk dikenakan di sekolah. Dengan cara ini, ketika bangun di pagi hari kamu tidak perlu lagi membongkar-bongkar semua pakaian untuk menemukan apa yang dibutuhkan untuk sekolah hari itu.


2. Taati peraturan sekolah

Perhatikan hal-hal kecil dalam aturan berpakaian yang tidak dibatasi. Sebagai contoh, aturan yang mengharuskanmu memakai pakaian yang berkerah. Sementara tidak ada aturan jelas yang membatasi jenis pakaiannya. Buat kamu yang tidak merasa nyaman memakai kemeja cari alternatif berpakaian dimana kamu akan merasa nyaman. Contohnya anda bisa memakai polo shirt (t-shirt berkerah) dan mengombinasikannya dengan sweater kesayangan.

Kebanyakan aturan tentang seragam masih memberi kebebasan dalam hal lapisan pakaian. Itu berarti, kalian masih bisa memakai t-shirt kesayangan dibalik baju seragam kalian. Jika nantinya kamu menemui bahwa hal tersebut ternyata dilarang, cukup lepas lapisan baju tersebut dalam toilet dan semuanya akan kembali terkendali.

Jika ada peraturan yang tidak kamu mengerti. Cobalah sesekali memakai apa yang kamu suka dan lihat apa reaksi guru di sekolah. Jika hal buruk terjadi atau ternyata hal tersebut dilarang kamu tinggal melepasnya dan memasukkannya dalam tas.


3. Ekspresikan dirimu

Jangan ragu untuk tetap memakai brand fashion favoritmu. Hanya karena ada aturan berpakaian yang konservatif bukan berarti juga ada aturan yang mengharuskanmu memakai brand tertentu di sekolah. Saat ini banyak desainer yang membuat pakaian khusus untuk memenuhi permintaan pasar tentang aturan seragam sekolah. Kamu masih bisa bersenang-senang membeli kemeja, celana atau rok polos di toko-toko pakaian favoritmu. Namun tidak perlu membeli pakaian mahal jika kalian tidak benar-benar membutuhkannya.

nike: pixabay
Pakailah jenis sepatu yang kamu sukai. Ada beberapa sekolah yang juga memiliki aturan ketat penggunaan sepatu, misalnya sepatu harus berwarna hitam. Pilihlah jenis sepatu yang mencerminkan dirimu seperti sneaker untuk kesan enerjik dan cuek. Sepatu olahraga seperti running shoes atau skate-shoes yang fashionable juga banyak ditemui.


4. Pakailah aksesoris

Pakailah aksesoris untuk melengkapi dirimu dari ketentuan dan aturan berpakaian yang diterapkan di sekolah, siapa tau hal tersebut diperbolehkan dan kamu masih bisa mengekspreksikan diri. Berikut beberapa aksesoris yang mungkin bisa kamu kustomisasi.


Sabuk

Seringkali warna sabuk dibatasi sesuai aturan. Akan tapi mungkin tidak ada pedoman khusus untuk bahan dan kelengkapan lainnya. Jika kamu bosan dengan sabuk berbahan kulit pakailah bahan lain. Pakailah button/kepala sabuk berbentuk unik jika mau. Atau mungkin kamu juga bisa memakai sabuk model vintage saja.


Perhiasan

Jika tidak ada pembatasan perhiasan, kamu bisa tetap memakai gelang, kalung, anting-anting, atau cincin yang membuatmu merasa istimewa. Jika ada larangan memakai perhiasan berharga seperti emas ke sekolah untuk alasan keamanan cukup kenakan perhiasan imitasi. Atau kamu bisa memakai jam tangan kesukaanmu ke sekolah. Jangan memakai banyak gelang karena suara gemerincingnya bisa jadi sangat mengganggu bagi sebagian orang.


Rambut

Kamu tidak bisa mewarnai atau memotong rambutmu dengan model yang gila-gilaan. Tambahkan aksesoris rambut seperti kuncir, jepit rambut atau bandana. Buat para cowok, cari referensi gaya rambut di internet atau tutorial penataan rambut yang mungkin bisa kamu terapkan pada rambutmu agar tetap bisa pergi bersekolah tanpa harus berhadapan dengan guru yang akan mengomentari rambutmu.


Tas

Eksplorasi untuk variasi penggunaan tas. Biasanya tidak ada batasan dalam hal penggunaan tas. Kamu bisa memakai tas yang biasa dipakai nongkrong atau tas sekolah yang ditempeli pin-pin bergambar logo band favoritmu.

students writing: pixabay
Jaket


Ketika cuaca dingin kamu bisa memakai syal, jaket atau sweater. Mantel panjang atau parka juga bisa jadi pilihanmu untuk tampil modis ke sekolah tanpa takut kedinginan.


Berikut ini tips untuk berdandan ke sekolah terutama buat kalian para cewek

  • Usahakan untuk selalu nampak percaya diri dengan apa yang kalian kenakan. Pergi ke toilet dan bercerminlah, sadari bahwa kamu adalah pribadi yang unik.
  • Mengecat kuku dengan warna cantik. Dapatkan referensi dari internet tentang warna-warna dan motif yang mungkin bisa kamu pakai untuk mempercantik kukumu di sekolah. Jangan jadi terlalu liar dan mencolok, usahakan untuk memilih warna pastel dan teduh.
  • Jika kamu masih diperbolehkan untuk memakai make-up. Pakailah make up yang tidak terlalu mencolok, sapukan di beberapa tempat untuk menimbulkan kesan bercahaya. Hindari memakai eyeliner dengan warna yang provokatif

    Kenakan warna feminim. Jika sekolahmu memungkinkan pemakaian warna seperti biru muda, putih, dan pink. Dengan memakai warna tersebut akan membuatmu nampak anggun dan feminim.
Itulah sebagian hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap bebas berekspresi di tengah aturan pemakaian seragam di sekolah.

Kamu tetap bisa mengekspresikan dirimu meski berada dalam peraturan sekolah yang ketat. Ingat untuk jangan menjadi terlalu berlebihan dalam berdandan ke sekolah karena tujuanmu pergi ke sekolah adalah untuk belajar dan bukan sedang mengikuti festival fashion.

Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni