Kesalahan Saat Fitnes yang Perlu Dihindari

Bagi kebanyakan orang, fitnes merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membuat tubuh menjadi bugar. Oleh karena itu, tempat fitnes sering dikunjungi oleh orang-orang dengan pola hidup sehat yang tinggi. Namun tidak jarang ada seseorang yang datang untuk memperbaiki bentuk tubuh.

Bagi kebanyakan pria yang datang ke tempat fitnes, rata-rata cenderung ingin tubuh mereka lebih berotot dan perut yang six pack. Sedangkan wanita menginginkan tubuh yang langsing juga kencang dan bugar adalah sebuah bonus.


Bermacam-macam tujuan seseorang yang datang ketempat fitnes, namun ada hal yang patut kamu hindari saat fitnes, yaitu:

Semangat yang berlebihan

Perlu disadari bahwa seseorang yang ingin berubah untuk hidup sehat dan bugar memang harus punya semangat dalam dirinya. Namun semangat yang berlebihan tanpa menyadari realitas yang ada akan membuat seseorang tersebut patah semangat dalam waktu yang singkat.

Contohnya : biasanya di awal tahun seseorang merencanakan hidup sehat dengan datang setiap hari di tempat fitnes. Realitanya, seseorang yang belum terbiasa berolahraga secara teratur akan mengalami pegal-pegal pada tubuhnya.

Pegal-pegal yang dirasakan sebenarnya hanya proses pembiasaan tubuh oleh aktivitas olahraga dengan frekuensi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Namun jika seseorang tidak menyadari hal itu, seseorang tersebut bisa saja trauma, lalu malas dan akhirnya tidak mau berolahraga lagi.

Membangun kebiasaan apapun pasti harus melewati sulit sehingga sangat penting untuk memulai dengan berolahraga ringan di awal. Aktivitas baru yang ingin dijadikan kebiasaan perlu di awali dengan ringan agar membuat seseorang lebih mudah untuk berhasil.
Jagalah semangat yang kamu punya secara berkesinambungan.
Jika mengalami pegal-pegal, maka lanjutkan keesokan hari dengan frekuensi olah raga yang sama dengan sebelumnya. Jika kamu sudah terbiasa tingkatkan dengan perlahan tapi pasti.


Bimbang tentang rencana

Rencana yang tidak pasti atau berubah-ubah dapat menggagalkan tujuanmu.Buatlah tujuan mengapa kamu melakukan fitnes dan susunlah rencana jadwal untuk melakukan fitnes.

Sesuaikan jadwal tersebut dengan kegiatan yang lain, jangan sampai karena tidak mempertimbangkan jadwal yang lain, kamu melanggar jadwal fitnes yang sudah dibuat.

Kamu harus membiasakan diri dari jadwal fitnes yang dibuat sendiri. Dengan disiplin kamu akan dengan mudah menjadikan fitnes sebuah rutinitas, sehingga dapat mencapai tujuan dengan maksimal.


Semangat yang menurun

Akan selalu ada hari dimana merasa sedih, lelah, malas untuk melakukan fitnes. Kamu hanya ingin tidur sepanjang hari.  Ketika alarm berbunyi mengingatkan untuk fitnes, kamu pura-pura tidak mendengar dan melanjutkan bermalas-malasan.
Ingat apa tujuan melakukan fitnes. Hal tersebut dapat membantumu melewati masa-masa sulit tersebut. 
Setelah mengetahui tujuanmu, tanyakan pada diri sendiri, mengapa ingin mencapai tujuan tersebut. Teruslah bertanya sampai kamu menemukan jawaban atas pertanyaan bimbang itu.


Mengabaikan gizi 


Ketika kamu sedang serius menjalankan rencana kamu untuk fitnes, jangan abaikan asupan gizi dari makanan yang dimakan. Pilihlah makanan yang sesuai untuk program hidup sehatmu. Dengan mengabaikan asupan gizi makanan, usaha untuk hidup sehat akan sia-sia, meski tadi telah melakukan fitnes.

Konsumsi makanan yang sesuai dengan program hidup sehatmu. Makanan sehat tidak harus mahal. Makanan yang bersih dan mengandung gizi yang cukup telah tersedia di pasaran. Bila tidak percaya dengan pengolahannya, kamu bisa membawa makanan yang dibuat sendiri.


Tidak disiplin

Jika kamu melanggar jadwal latihan dan kamu sadar jika itu tidak baik untuk tujuanmu, itu tidak masalah karena tidak akan ada orang yang tahu dengan semua itu. Seseorang juga tidak akan bertanggung jawab dengan konsekuensi yang akan kamu terima jika melanggar semuanya.
Hal-hal kecil seperti itu akan menghancurkan suksesnya tujuan fitnesmu.
Carilah teman latihan atau pelatih pribadi untuk beberapa minggu pertama. Jika kamu merasa memiliki janji dengan orang lain maka akan membuat kamu lebih disiplin menjalankan rencana latihan.

Biarkan orang-orang dekatmu tahu apa yang kamu rencanakan, siapa tahu mereka bisa membantu.


Jangan percaya pada segala sesuatu yang kamu dengar 

Jika kamu menyewa instruktur atau konsultan kebugaran, dan mereka memberikan suatu tips kebugaran tertentu, janganlah kamu mempercayai begitu saja. Tanyakan dampak baik atau buruknya secara detail.

Namun jika tidak ingin menyewa instruktur atau konsultan kebugaran carilah informasi tentang tips yang kamu inginkan dengan sumber terpercaya. Mendengarkan informasi atau tips dari instruktur atau konsultan kebugaran memang penting, namun jangan lupa untuk menanyakan bukti hasil kesuksesan tips tersebut.

Jika kamu memperoleh informasi atau tips melalui sumber tertentu, carilah seseorang yang telah sukses melakukannya.


Tidak konsisten 

Setiap instruktur fitnes selalu menawarkan program-program yang membuat kamu lebih baik. Jangan mudah tergiur ketika instruktur menawarkan program dengan iming-iming hasil yang lebih baik.
Jangan bergegas pindah dari satu program ke program lainnya tanpa menimbang baik dan buruknya.
Yang perlu kamu lakukan adalah memilih salah satu program dan mematuhi program tersebut. Ingat bahwa semua program yang ditawarkan oleh instrutur fitnes memiliki kebaikan dan keburukan tertentu


Serakah


Ketika tujuan fitnes kamu adalah ingin menguruskan badan, dan memilih latihan fitnes yang sesuai dan tidak menemukan hasil nihil.

Misalnya untuk mengecilkan perut perlu melakukan sit up 30 menit, kemudian mengencangkan bahu, dengan angkat barbel 30 menit. Setelah itu kamu tidak merasakan hasil yang maksil.

Pastikan di awal fitnes mu hanya menentukan satu fokus. Karena dengan melakukan latihan gabungan kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.


Alasan tidak punya waktu

Alasan kurangnya waktu untuk fitnes sangat tidak tepat. Jika benar-benar termotivasi dengan tujuan kamu melakukan fitnes, alasan waktu seharusnya bukan masalah yang tidak bisa diatasi.
Rubahlah pola pikir yang kamu tanamkan bila kesehatan adalah kekayaanmu yang harus menjadi prioritas utama

Terlalu banyak penelitian 

Terlalu banyak orang yang telah menghabiskan berjam-jam untuk membaca artikel kebugaran. Kemudian mereka tidak akan pernah merasa siap untuk memulai sampai mereka tahu cara yang paling efisien untuk berolahraga

Jadi bukannya mulai berolahraga tetapi mereka terus menunda perubahan gaya hidup sampai mereka "siap". Kamu tidak akan pernah benar-benar siap untuk mengubah buruknya pola hidupmu.

Mulai adalah kunci keberhasilanmu. Berhenti menunggu waktu yang tepat dan mulailah hari ini, karena esok belum tentu ada kesempatan lagi.

Oleh: Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni