Keuntungan dari Kuliah Kerja Nyata

Bila pada ulasan sebelumnya, Nilni.com sudah menjelaskan tentang apa itu Kuliah Kerja Nyata atau yang disingkat dengan KKN, kali ini Nilni.com mau jelasin tentang hal  apa aja yang bisa dibilang jadi keuntungan dari kegiatan KKN. Yup, ditempatin di desa orang, bahkan yang tadinya kita nggak tahu sama sekali, dengan teman baru dan tanggung jawab program kerja yang harus terselesaikan dalam jangka waktu kurang lebih dua bulan, pasti menantang banget, kan.

Belum lagi, masalah beradaptasi dengan semua elemen yang ada di desa itu. Mulai dari adaptasi dengan lingkungan, adaptasi dengan warganya, dengan perangkat desanya, dengan kegiatan sehari-harinya, dan lain sebagainya. Tentu tantangan tersebut nggak hanya meninggalkan kesan menarik buat diri kita sendiri aja, melainkan ada juga yang menguntungkan buat diri kita.

Kali ini, Nilni.com akan menjelaskan hal apa aja sih yang bisa kamu dapetin dari KKN dan hal tersebut pastinya akan menguntungkan diri kamu ke depannya. Yuk, kita simak bersama-sama!

Bisa hidup mandiri seutuhnya


Menjadi mandiri, adalah keuntungan yang paling utama ketika kamu KKN. Tapi, seberapa mandirinya sih sebenarnya tergantung sama situasi dan kondisi dari lokasi KKN. Pada dasarnya, lewat KKN kamu memang bisa terlatih jadi mandiri, kok. Iya, mandiri yang benar-benar mandiri, bukan sekedar mandi sendiri.

Kamu akan ngerasain gimana ngerjain semua kegiatan sehari-hari sendiri, dengan beban tanggung jawab sosial yang harus dijalanin secara bersamaan. Yup, disamping kamu harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti masak, nyuci, nyapu, ngepel dan lainnya yang sangat amat dituntut harus selalu rapih.
Karena kamu disana dianggap numpang atau tamu, gak enak dong kalau berantakan, kamu juga punya kewajiban untuk beradaptasi dan menjaga komunikasi sebaik mungkin dengan warga yang ada di sekeliling kamu.
Belum lagi, pressure yang kamu dapetin dari deadline kampus, seperti program kerja yang harus terlaksana di waktu tertentu, dan juga laporan yang tebelnya ngalahin kaca matanya Nobita. Berbagai macam tekanan itu, justru bisa jadiin kamu selaku mahasiswa KKN jadi mandiri.
Dijamin, akan menjadi lebih mandiri dan dewasa setelah KKN selesai. Kamu juga akan jadi lebih bijaksana dalam mengambil tindakan. 

Punya kemampuan beradaptasi di masyarakat

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, inti dari KKN adalah terjun langsung ke masyarakat. Yup, supaya semua hal yang kamu rencanakan berjalan dengan lancar, kita harus punya hubungan komunikasi yang baik dengan masyarakat di desa tempat KKN kamu. Nah, dengan menetap di lokasi KKN selama beberapa bulan, kamu akan punya kemampuan untuk beradaptasi di tengah masyarakat.

Berada di tengah lingkungan baru, dengan kultur budaya dan nilai-nilai sosial yang terkadang nggak semuanya sama dengan kita, pasti sulit. Kamu harus punya cara khusus untuk beradaptasi dan menjadi dekat dengan masyarakat.
Secara tidak langsung , kamu pun akan punya kemampuan untuk bisa membaur dengan berbagai macam karakter orang, yang akan mejadikan diri kamu lebih fleksibel dalam bergaul.

Bertemu dengan teman baru


Kalo yang ini sih, udah jelas pasti. KKN akan menjadikan kamu tinggal satu atap dengan teman baru yang sebelumnya belum tentu dikenal. Kalau temen sekelompok KKNmu beda jurusan ataupun beda fakultas dan memang belum dikenal, rasanya seperti baru masuk TK lagi, loh.

Wajib hukumnya mengenal dan memahami  karakternya tiap orang dari awal berkenalan, sampai akhirnya nanti kamu akan nemuin siapa yang paling deket dan nyambung denganmu, mana yang biasa aja, mana yang nyebelin, apa kekurangan dan kelebihannya, dan lainnya. Tapi rata-rata sih, dalam satu kelompok KKN, dengan tinggal bersama membuatmu dan temen kelompok seperti keluarga sendiri, meskipun kenalnya juga belum lama.

Selain dapet temen baru dari kampus, kamu juga bisa dapet temen baru yaitu pemuda dan pemudi desa tempat kamu KKN. Mungkin latar belakangnya bisa aja berbeda, tapi paling enggak, semakin banyak teman, semakin banyak pengalaman yang bisa didapatkan. Kamu bisa ajak pemuda dan pemudi desa bertukar pikiran, main bareng, futsal bareng, dan lain sebagainya. Seru, kan?


Dapat mengaplikasikan ilmu yang dipelajari secara nyata bukan hanya teori saja

Segitu banyaknya teori dan ilmu yang dipelajarin di kelas, kalau nggak diterapkan dalam kehidupan nyata, tentu akan sia-sia. Untuk itu, salah satu keuntungan dari keterlibatan kamu di KKN adalah, bisa mengaplikasikan  ilmu-ilmu yang sudah diselamin selama ini secara nyata dan tepat sasaran.
Kamu bisa memberikan kontribusi dimasyarakat dengan penerapan ilmu yang kamu punya. Bisa membangun masyarakat dengan kemampuan dan kelebihan kita itu bahagianya luar biasa. Selain bisa memperluas jaringan, dapet banyak pengalaman, kita juga bisa dapat banyak pahala, kan?

Dapat keluarga baru


Keluarga baru yang dimaksud adalah induk semang dari rumah yang kamu tinggalin selama KKN. Biasanya sih, kelompok KKN ditempatkan satu rumah di rumah kepala dusun. Nah, bapak kepala dusun dan istrinya ini yang dimaksud jadi orang tua kamu selama KKN.

Selama kamu dan kelompok KKN kamu menjalankan kewajiban di dusunnya, kepala dusun bertanggung jawab penuh dong untuk menjaga kalian. Kepala dusun biasanya mengawasi, mengontrol, membimbing serta mengarahkan kerja dan kegiatanmu secara kekeluargaan. Dari kedekatan secara kekeluargaan inilah, kamu dan kelompok KKNmu akan merasa bahwa keluarga kepala dusun akan menjadi keluarga barumu.


Bisa bekerjasama dengan tim dan melatih kekompakkan

Namanya juga KKN. Meski ada saatnya kita punya bagian kerjaan yang dilakukan secara individu, tapi inti dari kegiatan KKN adalah kerja tim. Iya, gimana kamu bisa membawa tim untuk selalu kompak, solid, dan bisa bekerja sama untuk bisa mencapai tujuan yang udah ditetapkan dari awal, membangun masyarakat agar lebih sejahtera.

Bayangin saja kalo tim KKNnya saja nggak kompak, gimana mau mensejahterakan masyarakat di sekelilingnya? Maka dari itu, pentingnya menjaga hubungan dalam kelompok KKN itu penting banget.

Perselisihan, salah paham, beda pendapat dalam sebuah kerja kelompok, itu lumrah banget ditemuin. Nah, disinilah kedewasaanmu diuji. Kamu harus tetap jaga kekompakkan supaya tetap baik imagenya di mata masyarakat, dan di sisi lain juga masih punya tanggung jawab untuk membangun tempat KKNmu supaya lebih maju.

Masalah-masalah seperti ini memang rumit, tapi justru hal seperti ini yang bisa menjadikanmu terlatih untuk tangguh dalam kerja tim, serta belajar saling menghargai dalam kelompok sehingga kekompakkan dapat senantiasa terjaga.

Oleh: Intantya Putri

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni