Khasiat Buah Lemon

Lemon, si buah yang rasanya asam ini memang memiliki banyak manfaat. Untuk mendapatkannya juga tidak sulit. Mengandung banyak vitamin C yang dapat memperkebal sistim imunmu. Masih banyak lainnya yang bisa kamu temukan dari buah satu ini.


Obat untuk jerawat

Sebagai seorang remaja tentunya kamu selalu ingin tampil percaya diri dengan wajah bersih. Untuk mendapatkan wajah yang bersih bersinar bagaikan artis, tentunya kamu perlu untuk merawat wajahmu dengan baik. Karena wajah merupakan salah satu anggota tubuh yang pastinya pertama kali akan diamati seseorang jika melihatmu.

Bukan hanya untuk kamu yang berprofesi sebagai model saja, namun siapapun kamu apapun pekerjaanmu dan pria ataupun wanita. Mulai sekarang kamu perlu memulai untuk merawat kebersihan wajahmu.

Pada zaman yang sudah serba modern ini, sudah cukup banyak merk kosmetik yang menawarkan produk perawatan wajah, yang mana kebanyakan dari merk tersebut menjanjikan hasil yang memuaskan dalam waktu yang singkat jika memakai produk tersebut, namun tidak semua dari merk yang beredar dipasaran aman untuk digunakan.

Terkadang kosmetik tersebut mengandung unsur yang dilarang oleh BPOM. Tentu saja justru dapat merusak kulitmu. Lantas apakah ada kosmetik yang dapat membersihkan wajah dari jerawat tanpa merusak kulit wajah? Tentu saja ada. Buah lemon adalah buah yang dapat membersihkan wajah dari jerawat tanpa efek samping.

Lemon mengandung sifat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri P. acne yang dapat menimbulkan jerawat di wajahmu serta mampu melawan infeksi, peradangan di wajah, juga mampu membersihkan pori-porimu dari minyak dan debu jalanan setelah seharian beraktifitas.
Cukup potong tipis saja lemon dan tempelkan diwajahmu selama beberapa menit. Tentunya sebelum kamu melakukan itu, cucilah dulu wajahmu dan keringkan dengan handuk bersih.

Memutihkan gigi 

Senyum di wajah merupakan daya tarik. Semakin indah senyummu, maka semakin banyak pula orang yang tertarik denganmu. Untuk mendapatkan senyum yang indah, kamu harus memiliki gigi yang putih dan bersih. Cek lagi apakah gigimu sudah terawat dnegan baik.

Padahal jika kurang memperhatikan kesehatan gigi, maka gigi akan dipenuhi kuman yang bisa menyebabkan gigi berlubang, nafas tidak sedap dan gigi menjadi kuning. Kamu harus rutin untuk datang ke dokter gigi.

Namun, jika kamu adalah orang yang cukup sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi dokter gigi, maka kamu dapat merawat sendiri kesehatan dan kebersihan gigimu. Tidak perlu mahal dan repot. Lemon dapat memutihkan gigimu.

Caranya adalah dengan mencampur jus lemon dan baking soda. Lalu kumurlah dengan lemon dan baking soda yang telah dicampur selama 60 detik. Asam dan natrium bikarbonat yang terkandung dalam lemon dan baking soda, mampu memecah lapisan warna yang mengerak pada gigi kamu. sehingga warna gigi akan lebih cerah dari sebelumnya.
Dan kamu akan mendapatkan senyum yang indah dan tentunya membuat kamu lebih percaya diri. 

Membersihkan kulit kepala dari ketombe 

Kulit kepala sehat dan bebas ketombe merupakan impian setiap orang. Karena jika kulit kepala berketombe, maka dapat mengganggu harimu. Kamu tidak akan dapat mengerjakan suatu pekerjaan dengan fokus jika kulit kepalamu merasakan gatal akibat ketombe.

Terkadang ketombe disebabkan bakteri yang mengendap karena kulit kepala yang berminyak. Saat ini sungguh banyak merk sampo yang menawarkan banyak kelebihan yaitu dapat menghilangkan ketombe, menghitamkan dan merawat rambut, atau mengurangi rambut rontok.

Namun dengan banyaknya jenis sampo tersebut juga dapat menjadi suatu penyebab timbulnya ketombe. Selain pengaruh sampo, terlalu sering memakai helm juga dapat membuat kulit kepalamu berketombe. Tidak perlu khawatir, karena buah lemon juga terbukti dapat membersihkan kulit kepalamu dari ketombe.

Dengan mencampurkan jus lemon dengan minyak zaitun. Lalu balurkan di kepalamu. Kandungan yang ada pada buah lemon dapat membunuh bakteri, penyebab ketombe dengan kulit kepala yang sehat. Kamu siap menjalani hari mu dengan lebih fokus dan percaya diri.


Menyeimbangkan pH

Untuk menjaga sistem tubuh agar tetap dapat bekerja dengan lancar, kamu harus menjaga kadar pH tubuh agar tetap seimbang. Dalam keadaan tubuh yang sehat, kamu akan berada pada kondisi pH yang seimbang atau disebut homeostatis. Dalam tubuh kamu terdapat zat yang mengandung unsur asam dan juga basa.

Kadar asam yang tinggi dapat membahayakan tubuh. Kebanyakan orang mengalami ketidakseimbangan pH yang bersifat asam. Dengan kondisi tersebut, tubuh akan memaksa untuk mengambil mineral yang terkandung pada organ tubuh lain. Seperti magnesium, kalium, kalsium dan natrium.

Dengan itu maka tubuh akan berada pada kondisi yang sangat buruk. Mungkin hal ini tidak akan terdeteksi selama beberapa tahun. Namun setelah tubuh tidak dapat menahan lagi kondisi asam yang berlebihan tersebut, maka sistem tubuh akan mengalami kerusakan yang berkepanjangan.

Hal yang dapat membuat kondisi pH mu tidak seimbang antara lain adalah toxin atau racun yang terkandung dalam makanan atau minuman. Seperti alkohol, maupun junk food. Kondisi tersebut juga dapat berasal dari kebiasaan kurang baik, seperti tidur tidak pada waktunya dan polusi.

Namun untuk menjaga kondisi pH mu agar tetap seimbang tidaklah susah. Cukup dengan mengonsumsi buah lemon secara teratur. Lemon memiliki manfaat yang sangat mengejutkan, mengandung alkalinic yang mampu membantu menyeimbangkan pH tubuh.

Dengan memiliki pH internal yang seimbang akan mampu menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan dapat menjaga sistem tubuh agar dapat bekerja dengan baik.


Membersihkan ususmu 


Kesehatan sistem pencernaan merupakan hal yang sangat vital bagi kesehatan kamu. Anak kecil kerap kali mengalami gangguan pencernaan. Hal ini biasanya disebabkan oleh makanan yang tidak higienis dan mengandung banyak bakteri.

Kamu dapat membantu keluarga dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan mereka agar tetap sehat. Menjaganya dapat dimulai dari memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Dari mulai tempat pembuatan sampai kebersihan penjual. Karena makanan yang kotor akan mengandung bakteri yang dapat membuat kamu sakit perut.

Memang kita tidak benar dapat menyeleksi seberapa higienis makanan yang kita konsumsi, namun kita bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan banyak mengonsumsi lemon. Hanya dengan satu gelas jus lemon dipagi hari, kamu dapat membersihkan ususmu dari bakteri yang terkandung pada makanan yang tidak sehat.

Karena lemon dapat meningkatkan kontraksi otot di ususmu, dan membuat gerakan ususmu menjadi teratur sehingga dapat membersihkan dari racun yang ada.


Menyediakan nutrisi penting

Jika kamu adalah seorang yang bekerja dari pagi hingga malam hari, maka kamu harus senantiasa menjaga kesehatan tubuhmu. Karena tubuh yang  kurang sehat akan menghambat banyak aktifitasmu. Oleh karena itu, tubuh kamu  membutuhkan banyak nutrisi untuk dapat beraktivitas dengan maksimal.

Lemon merupakan buah yang sangat kaya nutrisi. Manfaat lemon sangatlah dibutuhkan tubuhmu.
Kamu dapat menemukan kalium, kalsium, fosfor, asam sitrat, dan magnesium dalam satu buah lemon saja. Mineral penting yang terkandung pada lemon dapat membuat tubuh kamu lebih sehat.
Karena tanpa mineral tersebut tubuhmu akan mudah terserang penyakit dan kurang bersemangat dalam beraktifitas.

Mengatasi sakit pada sendi 

Persendian merupakan organ tubuh kamu yang cukup vital. Mengingat perannya yang sangat penting bagi kemampuan gerak. Ibarat motor yang harus rutin untuk mengganti oli agar tetap bisa berjalan dengan lancar, sama halnya dengan persendianmu.

Kamu harus menjaga kesehatan agar tetap terjaga sehingga tidak mengganggu dalam  aktifitasmu yang mungkin membutuhkan banyak gerak. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang bagus untuk persendian. Seperti halnya buah lemon.

Apakah kamu tahu bahwa mengonsumsi lemon setiap hari dapat membantu mengatasi rasa sakit pada persendianmu? Lemon dapat mengobati asam urat. Kandungan yang ada pada buah lemon dapat mengurangi pengkristalan yang terjadi pada sendi.


Membersihkan organ tubuhmu

Bersihkan organ tubuhmu sejak dini. Jika tidak dijaga mulai sekarang, akan terjadi banyak pengendapan pada organ tubuh mu. Lemon mengandung asam sitrat, yang dapat melarutkan endapan kalsium, batu ginjal, dan bahkan batu empedu.

Dengan mengonsumsi lemon, kemungkinan untuk terkena penyakit ginjal semakin menurun dan kamu dapat merasakan nikmatnya sehat lebih lama.


Mendetoksifikasi hati kamu

Detoksifikasi adalah proses dimana tubuhmu melakukan pembersihan terhadap racun yang telah mengendap di tubuhmu selama berhari hari. Proses detoksifikasi terjadi pada hati. Ibarat komputer yang harus rutin di scan dari virus. Tubuh kita juga melakukan hal serupa secara otomatis.

Setelah proses detoksifikasi maka tubuhmu akan merasakan dampak besar. Karena metabolisme setiap orang berbeda maka tidak semua orang merasakan efek detoksifikasi secara sama. Perbedaan proses detoksifikasi ini bergantung pula pada banyak sedikitnya racun yang mengendap di dalam tubuhmu.

Tanda proses detoksifikasi antara lain dapat berupa pusing, flu, sembelit, hingga gatal gatal. Namun tidak perlu khawatir karena kamu hanya akan berada dalam kondisi tersebut selama 1-3 hari.
Proses detoksifikasi sangat diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit, membersihkan bagian dalam tubuh, menghambat penuaan, meningkatkan fleksibilitas tubuh. Setelah itu kamu juga akan merasakan tubuhmu lebih bersemangat dan lebih nyaman.
Untuk membantu tubuhmu agar dapat melakukan proses detoksifikasi kamu dapat mengonsumsi lemon. Meminum air lemon hangat adalah cara baik untuk membantu hati untuk melakukan proses detoksifikasi.
Karna kandungan yang ada pada buah lemon dapat merangsang memproduksi empedu, melarutkan asam urat, dan menyingkirkan racun dalam tubuhmu. Sayangi kesehatan hatimu dengan rajin mengonsumsi lemon.


Melindungi jantungmu

Secara umum fungsi jantung memompa darah keseluruh tubuh dan menampungnya lagi setelah dibersihkan oleh paru-paru. Sehingga jantung juga mengedarkan darah yang mengandung oksigen dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme yang berupa karbondioksida.

Jantung bekerja melalui mekanisme yang berulang ulang kali. Sehingga jika kamu perhatikan jantungmu akan berdetak terus menerus. Jantung berperan layaknya power suplay unit pada seperangkat komputer. Karena fungsinya sebagai penghantar listrik keseluruh komponen komputer.

Tanpa power suplay yang baik maka computer mu akan mudah sekali rusak atau bahkan tidak dapat digunakan lagi. Hal tersebut tidaklah jauh berbeda dengan tubuh kita. Jika jantungmu kurang sehat, maka tubuhmu akan merasakan dampak yang sangat menyakitkan bahkan berakibat kematian.
Sungguh mengerikan bukan?
Mengingat fungsinya yang teramat sangat penting maka kamu harus menjaga kesehatan jantungmu. Keajaiban buah lemon juga terdapat pada fungsinya yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.
Lemon kaya akan vitamin C, nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung, karena vitamin C dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengurangi resiko aterosklerosis, menurunkan tekanan darah, meningkatkan produksi HDL (kolesterol baik), melawan radikal bebas, dan kadar lipoprotein darah. Semua dari hal tersebut sangatlah membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Memperkuat kuku


Bagi beberapa orang, memiliki kuku yang bersih dan tidak mudah patah merupakan suatu kesenangan tersendiri. Beberapa pemain gitar juga memelihara kuku mereka. Karena mereka membutuhkan kuku yang sedikit panjang dan kuat. Namun tidak semua orang memiliki  kuku yang kuat.

Beberapa ada yang memiliki kuku yang mudah sekali patah jika sedikit saja panjang. Hal ini tentu menyulitkan bagi kamu yang ingin memelihara kuku. Maka cobalah menggunakan lemon. Jika kukumu mudah patah, dan berwarna kuning, cobalah untuk mencampurkan jus lemon dan sedikit minyak zaitun.

Balurkan pada kukumu secukupnya. Karena campuran munyak dan asam akan membuat kuku kamu menjadi lebih keras. Hal ini dapat memperkuat kuku hingga ke dasarnya dan bahkan akan memutihkanya ketika telah berubah menjadi kuning.

Meningkatkan kesehatan otak

Jika jantung merupakan power suplay tubuhmu, maka otak merupakan prosesor. Fungsi otak adalah sebagai alat tubuh kita yang dapat merekam, memproses, menciptakan suatu informasi.

Otak dapat berkembang dengan baik jika mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Karena akan sangat berbahaya jika otakmu teserang penyakit. Hal tersebut tentu dapat berdampak pada kemunduran hidupmu.

Sebagai pelajar, tentunya kamu harus memperhatikan asupan nutrisi yang dapat merusak otakmu dan dapat menyehatkan otak. Kulit lemon dapat membantu menjaga kesehatan otakmu. Kulit lemon mengandung phynutrient khusus yang disebut tangeretin.

Nutrisi sudah terbukti berguna untuk mengobati kondisi otak yang terserang penyakit seperti hal penyakit Parkinson, karena nutrisi tersebut dapat melindungi sel otak dari kebusukan.


Meningkatkan system kekebalan tubuh

Akibat dari pemanasan global perubahan cuaca yang tidak menentu, tubuhmu jadi mudah terserang penyakit, dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang kurang kuat.Sistem kekebalan tubuh ibaratnya anti virus pada komputermu. Jika anti virusmu lemah, maka akan banyak virus yang menjangkiti komputer yang dapat berpangaruh terjadinya kerusakan.Begitu pula tubuhmu.
Maka perkuatlah sistem kekebalan tubuhmu dengan banyak mengonsumsi lemon. 
Lemon mengandung vitamin C yang akan membantu untuk melawan bakteri, parasite, jamur, dan virus. Lemon dapat menghancurkan cacing yang dapat mengganggu sistem pencernaanmu dan juga dapat melawan kanker karena lemon  mengandung 22 nutrisi anti kanker.


Mengatasi bibir pecah-pecah

Cuaca yang berubah juga berpengaruh pada bibirmu. Perubahan cuaca yang ekstrim ditambah dengan kekurangan vitamin C akan menyebabkan bibir pecah. Tentunya akan sangat tidak nyaman berbicara dalam kondisi bibir yang pecah seperti ini.

Selain dapat mengurangi keindahan senyum kita, hal ini juga dapat menyebabkan bau mulut yang tak sedap. Tapi tidak perlu khawatir, karena manfaat yang terkandung dalam buah lemon juga dapat mencegah bibir pecah.
Yaitu dengan mengoleskan sedikit air lemon pada bibir kamu. Dengan melakukannya secara teratur pada perubahan cuaca yang ekstrim kini akan membantu mencegah bibir pecah dan dapat mengangkat sel kulit mati .
Jika bibirmu sudah terlanjur pecah, gosokkan lemon pada bibirmu setiap malam hari sebelum tidur dan cuci pada esok harinya. Hal ini dapat membantu proses penyembuhan bibir yang sedang sakit. Mungkin akan terasa sedikit perih, namun proses penyembuhannya akan berlangsung secara maksimal.


Mencerahkan warna kulit

Bagi kaum remaja tentunya kulit yang memiliki noda hitam merupakan suatu hal yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Banyak sekali perawatan di salon yang menjanjikan dapat membersihkanmu dari noda hitam. Namun kamu tidak perlu merogoh kocek dalam.
Jika kamu khawatir dengan bintik hitam yang ada pada kulit kamu, maka cobalah untuk menggosokkan sedikit jus lemon pada bagian kulitmu yang terdapat noda hitam tersebut, lalu setelah beberapa menit bilaslah dengan menggunakan air hangat. 
Cobalah lakukan hal ini secara rutin. Maka kamu akan mendapatkan kulit yang cerah bebas noda hitam. Tanpa harus menuju ke salon mahal. Buatlah salon mu sendiri dirumah dengan ramuan jus lemon tersebut.

Dari uraian diatas dapat kamu ketahui betapa menakjubkannya beberapa manfaat yang terkandung dalam buah lemon. Sehingga mungkin kamu berpikir buah lemon merupakan buah yang paling bermanfaat dimuka bumi.

Oleh: 

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni