Lakukan Hal Ini Jika Ingin Selamat dari Kepanikan

Mungkinkah kamu pernah merasakan kejadian seperti ini merasa kebingungan ketika akan menunjukan sesuatu kepada orang lain, merasa kebingungan ketika akan tampil dihadapan orang lain, merasa bingung sekaligus gugup ketika berbicara dengan orang yang kamu suka. Hal-hal seperti itu tadi merupakan bagian dari tanda PANIK!

Bisa disimpulkan bahwa panic attack atau serangan panik adalah identifikasi dari stress yang ditimbulkan karena kondisi yang tidak dapat kita hadapi sehingga menjadikan kamu susah mengontrol diri kamu sendiri untuk waktu tertentu.

Serangan panik itu sendiri ditandai dengan rasa takut berlebihan, rasa bergoyang, kaki menjadi lemas bergetar, keluar keringat dingin, mual, perut merasa tidak enak, kesemutan yang mengiringi perasaan yang sebenarnya irasional, nafas menjadi cepat dan pendek.
Serangan panik dapat mengganggu kehidupan sosial kamu loh. Jika kamu tidak bisa mengatasinya Apa jadinya coba ketika kamu sedang di situasi penting seperti akan sidang skripsi, akan ujian nasional atau bahkan akan ijab qobul!
panic attack: flickr
 Nah, berikut tips-tips yang akan diberikan oleh nilni tanpa membuang banyak uang tentunya. Simak ya


1. Bernafas panjang dan Rileks

Ambil nafas panjang dan keluarkan secara perlahan hal ini akan membantu kamu untuk rileks. Teknik pernafasan yang biasa mimin pakai ketika panik menyerang adalah pernafasan perut. Simplenya kamu bernafas menggunakan perut. Coba atur tangan kanan kamu di dada dan letakkan tangan kiri di perut. 

Bukti kamu sudah melakukan pernafasan perut adalah tangan kiri kamu akan naik turun karena gerakan dari otot perut. Hal yang lain adalah rileksasi otot. Kendurkan semua otot dengan hanya menegangkan ke salah satu otot saja misal otot wajah. Fokuslah untuk sejenak menegangkan otot wajah kamu lalu kendurkan untuk beberapa saat hal ini akan membuat otot wajah berileksasi. 

Lakukan hal yang sama kesemua otot dalam tubuh kamu ya misalnya mengepalkan tangan, otot kaki dan lain-lain.


2. Ubah suasana

Ketika kamu sudah merasakan serangan panik lakukanlah hal-hal yang dapat mengubah suasana hati, seperti mengalihkan pikiran ke hal-hal lain yang lebih menarik. Cobalah meminum segelas air dingin kemudian katakan sebuah lelucon pada diri sendiri dan bernyanyilah lagu favoritmu. Hal-hal seperti ini akan menghindarkan kamu untuk berfikir negatif sehingga menghalangi timbulnya serangan panik.


3. Hindari pemicu

Banyak orang-orang terserang panik karena mereka tidak belajar untuk menganalisis apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya. Cobalah menganalisis penyebabnya seperti menghindari situasi tertentu dan tempat tertentu yang mampu memicu serangan panik. Misalnya kamu akan terserang panic ketika akan melihat mata ayah melotot karena marah oleh karena itu hindari itu ya dengan jangan buat ayah kamu marah misalnya. 

Tempat juga bisa menjadi pemicu kepanikan misalnya kamu akan sangat panik berada di tempat yang gelap maka sebab itu hindarilah tempat yang gelap atau bila memungkinkan bawalah senter untuk antisipasi setiap akan ke tempat-tempat yang gelap seperti pergi ke goa atau ke ruang bawah tanah.


4. Jalan-jalan

Tidak dapat dipungkuri bahwa berjalan-jalan di alam akan sangat membantu mengatasi kepanikan. Cobalah jalan-jalan ke alam sekitar untuk melihat pemandangan alam ciptaan Tuhan yang luar biasa hal ini akan menciptakan rasa tenang pada diri kamu.


5. Buatlah Catatan Antisipasi

Setelah sekian kali mengalami serangan panik karena pemicu tertentu kamu harusnya tahu dong apa yang harus kamu lakukan. Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang kamu alami. Buatlah solusi atau antisipasi yang ditulis di buku atau notebook atau gadget kamu. 

Jadi apabila sesekali kamu mengalami serangan panik kamu bisa membuka kembali catatan dan menemukan solusi apa yang seharusnya dilakukan. Setakan pula nomor telepon kerabat atau sahabat pada catatan ya.


6. Manajemen Stress

Di awal paragraf mimin sudah kasih tau ya kalau penyebab serangan panik adalah ledakan stress yang tidak dapat dikontrol karena situasi tertentu. Lakukan manajemen stress dengan baik misalnya ketika sudah buntu mengerjakan pekerjaan tertentu bersantailah sejenak kemudian lanjutkan lagi pekerjaan kamu.


7. Olahraga

Lakukanlah olahraga setiap hari cukup lari-lari kecil saja di dalam rumah saja, bila malas keluar rumah. Hal ini akan membantu tubuh untuk rileks dan bugar sehingga dapat mengeluarkan kelebihan energi dalam tubuh.


8. Tidur dan Istirahatlah

Coba untuk mendapatkan porsi tidur yang lebih baik. Cobalah tidur 8 jam sehari. Tambahan tidur dapat membantu untuk memilah-milah banyak hal yang mengkhawatirkan kamu dan mengurangi pemicu panik. Obat terbaik untuk ketegangan adalah istirahat.

sleeping: pixabay
Luangkan waktu untuk beristirahat dan buatlah diri kamu untuk meenjauh dari hal-hal yang membuat kamu stres, selama satu jam, satu hari atau bahkan mengambil beberapa minggu berlibur. 

Istirahat secara teratur memungkinkan tubuh kamu untuk meremajakan sel-sel tubuh. Biasanya istirahat akan memulihkan pikiran kamu dan cukup untuk memungkinkan untuk mengatasi hal-hal yang sulit dengan lebih efektif.


9. Mengatur pola makan

Cobalah untuk mengatur ulang pola makan kamu ya. Kurangi asupan kafein, gula dan makanan yang tinggi lemak. Makanan dan stimulan tersebut ibarat angin yang dapat memicu panik, tidak sehat, dan tidak memiliki energi yang diperlukan untuk rutinitas sehari-hari.

Pertimbangkan untuk menggunakan obat herbal. Jika obat herbal adalah sesuatu yang sudah kamu percaya bekerja untuk tubuhmu, mungkin ini akan menjadi  solusi untuk serangan panik. konsultasikan dengan dokter ahli herbal lainnya untuk menemukan apa pilihan obat herbal yang ada. Efektivitas pendekatan ini akan tergantung pada ramuan yang digunakan.

Akan sangat menyenangkan apabila kita bisa melakukan pekerjaan atau aktivitas tertentu tanpa harus memikirkan hal-hal negatif dan menjadi panik. So Be Positive! Nah, itulah tadi hal-hal yang harusnya kamu lakukan ketika serangan panik melanda. Semoga bermanfaat yah! Good Luck

Oleh: Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni