Langkah Mendapatkan Rasa Hormat dari Keluarga, Teman atau Rekan Kerja

Mendapatkan rasa hormat dari orang lain adalah dambaan setiap individu. Dihormati orang lain bukan berarti di takuti. Jika orang lain menghormatimu itu artinya mereka segan dengan setiap perkataan dan perbuatanmu, dan tentunya mereka akan mempertimbangkan untuk mematuhi apa yang kamu perintahkan selama itu rasional dan tidak merugikan mereka.

Tidak mudah mendapatkan rasa hormat. Rasa hormat tidak harus diberikan pada orang yang lebih tua, lebih pandai atau lebih berkuasa. Setiap orang bisa mendapatkan rasa hormat dari orang lain. 

Bacalah artikel berikut ini untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain seperti yang kamu inginkan. Hal ini tentunya akan bermanfaat dalam kehidupan berkeluarga, pertemanan dan karirmu.

Pertama dan yang terpenting

Menjadi seperti apa yang kamu katakan. Jika mengatakan akan menonton film dengan teman-teman, pergilah melakukannya, tidak mengusir mereka pergi!

Sering kali apa yang kamu ucapkan tidak sesuai dengan apa yang kamu katakana kepada orang lain. Oke, mungkin punya alasan tersendiri untuk melakukannya. Namun ketika apa yang kita katakan tidak sesuai dengan perilaku sehari-hari, kamu tidak akan mendapat rasa hormat dari orang lain.

Orang lain tidak ingin tahu alasanmu melakukannya, mereka hanya percaya pada apa yang mereka lihat. Yang lebih parah lagi kamu mungkin akan dianggap seorang pembohong atau orang yang munafik,  mencla-mencle kata orang jawa alias plin-plan.

Untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain kamu harus tegas menepati semua yang kamu katakan apapun itu. Misalnya malam ini kamu janjian dengan kawan-kawanmu untuk mengerjakan tugas bersama, usahakanlah untuk menepatinya. Jika memang kamu tidak  bisa hadir karena memang sedang memiliki urusan lain yang tidak bisa ditinggalkan, berilah kabar pada mereka.


Jujur

Tak seorang pun suka teman tidak jujur. Hal ini masih terkait dengan poin pertama yaitu menjadi apa yang kamu katakan. Jujur adalah soal kebiasaan. Kamu mungkin terbiasa memalsukan alasan kepada keluarga, teman atau rekanmu jika apa yang kamu lakukan tidak sesuai dengan apa  yang sudah kalian sepakati.
Jangan biarkan dirimu terbiasa berbohong.Kejujuran erat kaitannya dengan kepercayaan, seseorang baru bisa menghormatimu setelah mempercayaimu. 

Berani pasang badan untuk membela kebenaran

Terdengar heroik memang, tapi bukan berarti kamu harus selalu melawan kejahatan dengan aksi seperti jagoan favoritmu di film. Membela kebenaran tidak harus dengan kekerasan. Kelembutan juga bisa membawamu untuk membela kebenaran. 

Poin pentingnya adalah kamu harus selalu siap jika ada pengganggu yang coba mengusik kedamaian yang sedang kamu dan orang-orang disekitarmu rasakan.
Bela hakmu dan hak orang lain. Setiap orang bebas dan berhak untuk hidup tanpa tekanan dan rasa takut.

Memiliki batas yang jelas 

Memang tidak dipungkiri bahwa setiap orang memiliki privasi. Kadang kita terlalu berlebihan dalam memberikan batasan kepada orang lain tetang zona pribadi kita. Begitu juga orang lain kadang pun terlalu sembrono untuk coba menerobos batas-batas privasi kita

Kamu perlu memberi batas-batas jelas dari privasimu. Jangan terlalu membatasi dirimu, itu hanya akan menghalangi orang lain yang ingin peduli pada kita. Orang lain akan merasa sungkan padamu, atau mungkin takut meski ia berniat baik. Takut jelas bukan bagian dari rasa hormat.


Jadilah pemaaf

Ini mungkin merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang, memaafkan. Tidak ada orang yang luput dari kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Hal itulah yang perlu ditekankan di kepalamu, bahkan mungkin tanpa disadari dirimu juga sering berbuat salah kepada orang lain.

Belajarlah untuk mulai memaafkan kesalahan orang lain. Sebagian besar orang terlalu menuruti ego bahwa memaafkan adalah hal yang berat untuk dilakukan. Ketika seseorang berbuat satu kesalahan maka ego akan mendorong kita untuk menganggap kesalahan tersebut adalah hal yang besar dan melabeli orang lain dengan label yang buruk.

Kadang kamu perlu mengesampingkan ego dan berlapang dada untuk memaafkan kesalahan orang lain. Lupakanlah sakit hatimu, ikhlaskan yang belum jadi milikmu. Hanya dengan memaafkan maka hubungan baik dengan orang lain akan terjalin kembali. Mereka akan memandangmu sebagai seseorang yang berjiwa besar.

Dengan begitu, rasa hormat akan datang dengan sendirinya. Meskipun begitu kadang memang ada beberapa kesalahan orang yang mungkin sukar untuk dimaafkan seperti, pembunuhan, pemerkosaan dll. Untuk hal-hal tersebut jangan terlalu memaksakan dirimu. Keadilan harus ditegakkan!


Mengakui kebaikan orang lain

Sangat perlu untuk memberi pengakuan terhadap segala hal baik yang mereka lakukan. Semua orang senang diberi apresiasi. Jika ada teman atau rekanmu yang berhasil membawa kinerja kelompokmu untuk jadi lebih baik, jangan ragu-ragu untuk mengakui kemampuannya dan memberinya selamat. Seperti yang sudah dikatakan tadi, semua orang pada dasarnya senang dipuji dan diapresiasi.

Dalam hal ini masih diperlukan kebesaran hati untuk mengakui kebaikan orang lain. Lagi-lagi jangan biarkan ego memaksamu untuk jadi iri hati atau menaruh curiga pada niat baik orang lain.
Itu tadi hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain. 

Yang terpenting dari semuanya adalah menjadi dirimu sendiri. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk jadi yang bukan dirimu agar dihormati oleh orang lain. Hal-hal yang sudah dijelaskan diatas tidak semuanya serta-merta bisa kamu lakukan tanpa niat yang kuat.

Mendapatkan rasa hormat dari orang lain juga bukan berarti kamu lantas bisa berlaku seenaknya pada mereka. Sama sepertimu orang lain juga memiliki perasaan dan egonya masing-masing. Kamu tidak bisa memaksakan kehendakmu pada mereka. 

Adalah menjadi tugasmu untuk menghormati mereka juga, terutama kedua orang tuamu. Jauhi juga perbuatan-perbuatan tercela yang merugikan atau menyakiti hati orang lain. Dengan begitu rasa hormat dari orang lain padamu akan tetap terjaga.

Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni