Mengurangi Kecanduan di Depan Komputer

Manusia memang tidak bisa lepas dari yang namannya informasi dan kebutuhan hiburan. Memang sih sekarang jamannya informasi memlalui internet. Banyak juga pekerjaan yang harus menggunakan komputer. Terlalu lama berada didepan komputer tidak bagus bagi kesehatanmu. Terutama kesehatan matamu, ini akan berdampak negatif. Kamu bisa berakhir dengan kaca mata. Atau bagi kamu yang sudah berkaca mata dapat menambah minusmu. 

people and computer: pixabay


1. Ketahui kenapa kamu kecanduan 

Seorang yang kecanduan didepan komputer bisa terjadi karena pekerjaan, ngegame, menggunakan media sossial seperti facebook, skype dan lainnya. jika kamu sudah mengetahuinya mulai sekarang kurangi hal itu. Namun bagi yang bekerja hal itu tidak bisa diindari lagi. 
So, lihat kedirimu sekarang buat apa terlalu lama dengan komputermu. Jika hanya untuk ngegame atau media sosial sebaiknya kurangi jatah mainmu.  

2. Beri jatah berada didepan komputer

Bagi kamu yang memang bekerja dengan komputer sebaiknya setelah selesai jam kerja jangan membuka komputer lagi saat dirumah. Bagi kamu yang masih kuliah beri jatah berapa jam kamu harus berada di depan komputer. Jika harus menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas. Sebaiknya kerjakan dengan cepat agar tidak terlalu lama didepan komputer. 

3. Mencari kegiatan baru 

Kegiatan baru ini bisa kamu lakukan dengan pergi berlibur, nongkrong dan ikut dalam organisasi. Dengan mencari kegiatan baru yang tidak menggunakan komputer dapat mengurangi kecanduanmu. Saat ada waktu luang biasanya kamu akan malas untuk membuka komputer karena lebih baik beristirahat dari segala kegiatan yang membuatmu melelahkan. 

Kegiatan barumu juga akan menambah suasa yang baru dan semangat baru. Bersenang-senang tak harus berada di depan komputer


4. Pergi untuk bersosialisasi

Tahukah kamu terlalu sering didepan komputer dapat mengurangi sosialisasimu dengan teman-temanmu. Ada pengalaman dariku, aku memiliki teman yang kecanduan game online dan media sosial. Dia tidak mau diajak untuk pergi liburan dengan teman-teman dan memilih berada di rumah dengan komputernya. Berkali-kali aku sudah mengajaknya untuk pergi liburan bersama namun dia tetap menolak.

Alhasil dia banyak melewatkan momen bersenang-senang dengan teman-teman. Saat yang lain memiliki foto bersama, dia tidak ada dalam foto tersebut. Tak hanya itu saja dia juga jarang masuk kuliah dan akhirnya nilainya benar-benar berantakan. 

Nah mulai sekarang luangkan waktumu dengan teman-temanmu, bertemu teman dan bercanda lebih menyenangkan. Terlalu lama didepan komputer sama saja mengurung dirimu dari lingkungan sosial. 


5. Atur jadwal

Atur jadwal kapan kamu boleh didepan komputer dan kapan saatnya kamu istirahat dari komputer. Dengan begitu kesehatan mata dan pola hidupmu dapat teratur. Waktu yang tepat berada komputer ketika semua pekerjaanmu selesai dengan baik. lebih baik membuat jadwal harian dengan begitu kamu dapat mengetahui kapan harus memegang komputer.

Taati peraturan yang telah kamu buat sendiri dan jangan sekali-kali untuk melanggarnya 


6. Istirahat disela-sela kegiatan ketika berada di depan komputer

Ada baiknya kamu mengatur jadwal istirahatmu ketika berada didepan komputer. Setiap satu jam kamu wajib istirahat selama 10 menit, gunakan istirahat untuk berjalan atau berdiri. Karena terlalu lama duduk tidak sehat bagi tulangmu dan kefleksibelan otot. Kamu juga bisa melakukan gerakan senam agar tubuhmu tetap bergerak. 


7. Katakan nanti saja lah...

Rasa ingin berada didepan komputer begitu berat, sebaiknya katakan “nanti saja lah, masih ada waktu yang lain”. tananmkan itu dalam pikiranmu dengan begitu kamu akan merasa malah untuk berada didepan komputer. 

reading: pixabay

8. Membaca dan berolah raga

Ada alternatif lain yaitu membaca buku, saat membaca buku cerita atau novel dan lainnya, setelah membaca pada awal cerita kamu akan ketagihan untuk membaca hingga akhir cerita. hitung-hitung kamu refresing dengan matamu. Membaca buku bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.  

Atau cara sehat ini yaitu olahraga, kegiatan ini dapat mengalihkan perhatianmu dari komputer. Setelah olahraga badanmu akan merasa lelah dan akhirnya memilih untuk istirahat dengan tidur. olahraga yang murah dan sehat adalah besepeda dan lari. Usahakan untuk teratur mengatur jadwal olahragamu.  

Dampak lain

1. Lupa waktu

Saat berada didepan komputer kita bisa lupa waktu karena terlalu asik, sehingga kita lupa untuk makan dan mengerjakan pekerjaan lainnya. itulah gunanya mengatur waktu dan membatasi jam. 

2. Meganggu pola tidurmu

karena lupa waktu kamu jadi sering begadang hingga larut malam bahkan menjelang pagi. Akaibatnya waktu tidurmu berkurang, kamu bakalan jadi sering terlambat masuk kuliah dan ngantor. Ketika beraktivitas rasa kantukmu akan datang secara tiba-tiba disaat kamu ingin berkonsentrasi dan fokus. 

3. Mengganggu hubungan berpacaran

Bagi kamu yang memiliki kekasih rasanya hal ini sangat penting yaitu mengurangi kecanduan. Mana ada seoarang pacar yang ingin diduakan oleh sebuah komputer. Pacar akan merasa kurang diperhatikan lagi semenjak kamu kecanduan didepan komputer. Maka pintarlah mengatur antara hubungan dengan pacar dan berada di depan komputer. 

4. Tugas atau kerjaan menjadi berantakan

Aku tahu mengerjakan berada di depan komputer itu lebih mudah daripada mengerjakan tugas. Namun ada baiknya kerjakan tugasmu dahulu, kamu harus belajar memprioritaskan yang paling penting.   

Manfaat mengurangi kecanduan di depan komputer

Tugas, sosialisasi, hubungan dengan pacar dan kesehatanmu kembali teratur. Selain itu momen menikmati kebersamaan dengan teman kembali kamu rasakan. Kegiatan baru dapat menambah pengalaman baru dan menjauhkanmu dari kebosanan. Banyak cara kok untuk membuat hidupmu bahagia, tidak harus berada di depan komputer. 

Jadi ngertikan kenapa kecanduan di depan komputer itu tidak bagus. Tahukan apa efek negatif, positif dan cara mencegahnya. Sekarang kamu pikirkan sendiri jika kamu sayang dengan kehidupanmu maka mulai sekarang berhenti untuk kecanduan di depan komputer. Mencoba untuk kebaikan dirimu sendiri kenapa tidak.    

Oleh: Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni