Miliki Gaya Berpakaianmu Dengan Langkah Ini

Banyak orang yang merasa tidak memiliki karakter sendiri dalam gaya berpakaian. Hal tersebut menyebabkan gaya berpakaiannya sangat dipengaruhi oleh tren mode. Yang lebih parah kalau gaya berpakaian atau berdandanmu sampai dipengaruhi oleh penilaian dari orang lain. Ekspresi diri dalam rangka mewujudkan keinginan untuk selalu menjadi diri sendiri bisa jadi terhambat. Buat kamu yang ingin punya gaya sendiri dalam berpakaian.

fashion: pixabay

Berikut ini 4 langkah yang bisa kamu tempuh untuk mengidentifikasi karakter pribadimu dalam hal fashion.

Langkah Pertama: Mulailah dari apa yang sudah kamu miliki

Tanpa disadari mungkin kamu telah mengembangkan gaya berpakaianmu sendiri. Coba lihat lagi koleksi-koleksi pakaianmu dalam lemari.


1. Lihat sendiri lemari pakaianmu.

Bila perlu buatlah catatan kecil tentang koleksi pakaianmu di dalamnya. Itu akan membantumu mendapatkan pola belanja baju-bajumu tersebut. Kamu bisa mulai dengan pertanyaan-pertanyaan seperti:

Apakah sebagian adalah baju casual?
Adakah warna yang dominan?
Apakah semuanya adalah rok panjang?
Apakah sebagian besar pakaianmu terbuat dari kain sintetis atau bahan alami?
Apakah kamu punya 15 potong celana panjang dan hanya ada satu rok di sana?


2. Keluarkan pakaianmu 

Keluarkan pakaian-pakaianmu dari lemari dan susun berjajar di tempat tidur. Cobalah pilih mana saja baju yang paling sesuai dengan karaktermu hingga kalian seolah-olah sukar dipisahkan.


3. Look

Lihatlah baju-baju yang kamu pilih itu dan mulailah bertanya pada dirimu sendiri
Apakah pakaian-pakaian itu nyaman?
Apakah itu membuatmu merasa ganteng, cantik, seksi atau menawan?


4. Ambil keputusan

Putuskan apakah alasanmu berpakaian adalah untuk mengesankan orang lain atau merasa nyaman memakainya? Apakah kamu bersandar kepada azas "mode di atas kenyamanan" atau "kenyamanan di atas mode?"
Apakah pakaian favoritmu sesuai untuk sebagian besar kegiatan sehari-hari?
Apakah kamu cenderung untuk membeli pakaian yang menarik, bahkan jika sebenarnya baju-baju itu tidaklah benar-benar praktis untuk keseharianmu? Jika demikian bisa dipastikan kalau baju-baju tersebut sebenarnya adalah karakter dari gaya berpakaianmu sendiri.


Langkah kedua: Belajar dari Ahlinya

Kalau kamu merasa lemarimu hanyalah seperti tempat penyimpanan dari baju-baju yang secara acak dibeli tanpa adanya tema tertentu, maka ada baiknya belajar dari ahlinya. Tidak harus bertemu langsung dengan desainer ternama atau pakar fashion. Kamu tetap bisa melakukannya di rumah.


1. Beli Majalah Fashion

Cobalah beli paling tidak 3 majalah fashion yang berbeda untuk melihat model-model pakaian yang sedang trend. Dari situ kamu bisa mendapatkan trik untuk memadu padankan pakaian.


2. Potong gambar

Potong gambar dari artikel-artikel fashion. Pilihlah gambar yang kamu sukai dengan sekali lihat tanpa perlu berlama-lama berfikir. Jika kamu memutuskan menyukai salah satu gaya berpakaian tinggal gunting saja.

Kelompokkan gambar-gambar tersebut menjadi kategori-kategori yang berbeda. Misalnya “kasual”,“kuliah”, “kerja”, “nongkrong”, “kencan” dan sebagainya. Seleksi setiap kategori dan cobalah perhatikan kesamaan. Dari kesamaan-kesamaan yang kamu temukan akan membantumu menentukan gaya berpakaianmu sendiri.


Langkah ketiga: Berbelanja di toko-toko terdekat

Jika kamu sudah memiliki cukup uang untuk kembali berbelanja busana, ini adalah toko-toko yang bisa dijadikan referensi tujuanmu
shopping: pixabay
1. Fashion Shop

Cobalah sesekali berbelanja di toko-toko pakaian vintage atau toko barang bekas. Atau bisa juga toko-toko pakaian lain yang memiliki banyak pilihan gaya serta mewakili berbagai lapisan masyarakat. Bahkan jika tidak menemukan jenis pakaian yang cocok denganmu, kamu masih bisa mempelajari baju mana yang sesuai atau tidak sesuai dengan gayamu. Pergi berbelanja sendirian itu seru loh, kamu juga lebih leluasa memilih apa yang kamu sukai.

Toko pakaian besar di Mall mungkin memiliki lebih banyak pilihan model baju. Jangan ragu-ragu untuk meminta saran dari para penlayannya. Pastikan kamu bisa mempercayai saran tersebut bukan sekedar saran atau pujian palsu yang membuatmu untuk membelinya.


3. Bertanya

Jangan takut untuk bertanya pada orang lain yang kebetulan memiliki selera yang mirip dengan gayamu. Tanyakan dimana toko untuk mendapat jenis pakaian seperti yang sedang atau sering mereka kenakan.


Langkah keempat: Kenali kebutuhan dasar

Tidak peduli seperti apapun gaya berpakaianmu ternyata ada kebutuhan dasar berpakaian yang harus kamu miliki.

1. Gaun Hitam

Milikilah sebuah gaun hitam paling tidak satu. Gaun hitam yang sederhana cocok untuk hampir setiap kesempatan. Kamu bisa menambahkan aksesoris bila dirasa perlu saat memakai gaun tersebut. Hal ini dimaksudkan agar kamu masih memiliki kebebasan berekspresi dengan hal yang mungkin tidak terlalu kamu sukai.


2. Selendang 

Gunakan selendang sebagai aksesoris. Syal panjang bisa dikenakan di sekitar pinggang. Syal pendek yang longgar bisa juga diikat di lehemu untuk memberi aksen pada atasan yang kamu kenakan. Kamu juga dapat menggunakan scarf sebagai ikat kepala/bandana untuk mengikat kembali rambut.


3. Miliki berbagai jenis legwear.

Usahakan pilih yang berjenis ketat dan berwarna gelam, atau jika kamu suka pilihlah yang memiliki pola tegas untuk dikenakan dengan rok pendek. Kaus kaki panjang bermotif mungkin juga bisa menjadi pilihan yang bagus.


4. Perhiasan

Kotak perhiasanmu sebaiknya dipenuhi dengan anting-anting dan kalung. Sepasang anting-anting hoop perak sederhana yang dipadu dengan kemeja dan disesuaikan dengan celana jeans sangat cocok untuk berbagai kesempatan.

T-Shirt: pixabay
5. T-Shirt

T-Shirt juga sangat penting untuk kamu miliki. Selain cocok untuk mendukung penampilan casualmu, T Shirt juga cocok ketika dipadukan dengan jaket, sweater atau blouse.


6. Sweater hitam dan blazer 

Memiliki minimal satu sweater hitam dan satu blazer. Sebuah blazer bisa dikenakan dengan celana panjang, gaun maupun celana jeans.


7. Pakaian warna netral

Miliki juga beberapa potong pakaian yang berwarna netral. Jangan memaksakan diri untuk selalu terlihat ceria dan berwarna-warni. Untuk beberapa kesempatan, kamu tidak mungkin memakai pakaian yang berwarna-warni.


8. Sepatu dan sandal

Siapkan minimal 2 pasang sepatu atau sandal masing-masing dengan model yang berbeda. Kamu tidak akan bisa keliru dengan dua hal tersebut.


Yang berikut ini juga perlu disimak

Jangan takut mencoba style baru

Bahkan untuk sesuatu yang mungkin belum pernah kamu kenakan sekalipun. Sesuatu yang awalnya mungkin sangat kamu benci dan hindari pemakaiannya. Suatu hari bisa jadi favorit sekaligus identitasmu.

Cobalah sesekali bertukar baju dengan teman. Saat sedang berkumpul berdiskusilah tentang fashion bersama teman-temanmu. Saling berbagi model baju favorit hanya sekedar mencoba style lain. Kalian dapat melakukan hal ini karena tidak dipungut biaya. Ibaratkan sama-sama menguntungkan.
Gunakan gantungan empuk untuk pakaian-pakaianmu. Kamu tentunya tidak ingin pakaian-pakaianmu sobek terkena gantungan baju.
Itulah langkah-langkah dan tips untuk membuatmu memperoleh gaya berpakaianmu sendiri. Tentunya akan sangat menyenangkan untuk dilakukan apabila kamu sudah bosan dengan trend mode yang itu-itu saja. Atau hanya sekedar mencari variasi baru dalam berpakaian. Keep it fashionable!

Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni