Cara Bermalas-malasan di Rumah

Seringkali kamu merasa penat dengan tugas-tugasmu, ditambah lagi mungkin seabrek pekerjaan di rumah yang menuntut untuk diselesaikan. Bagi sebagian kamu yang terbiasa rajin mungkin hal tersebut bukan jadi masalah.

Tapi buat kamu yang berfikir akan lebih enak jika punya mantra-mantra khusus yang bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan sekali simsalabim.Berikut ini adalah cara-cara licik yang biasa dilakukan para pemalas ketika menghadapi pekerjaan-pekerjaan rumah.

Mungkin beberapa bisa dicoba jika kamu sudah merasa terlalu penat dengan rutinitas. Daripada kepala pecah, mending santai-santai dirumah. Hati-hati beberapa cara ini mungkin akan sangat mempengaruhi dirimu. Gunakan dengan hati-hati, bila kemalasan berlanjut jangan pernah hubungi kami!


1. Cuci piring cara orang malas
wash: pixabay
Letakkan kursi sedikit menjauh dari wastafelmu di dapur. Silahkan duduk kembali, dengan begitu kamu bisa mencuci piring sambil duduk. Bahkan jika terlalu malas untuk mencuci timbunan piring di wastafel, kamu tinggal letakkan kepalamu di tepi wastafel dan tertidur.

Bagi sebagian penderita penyakit malas yang ekstrim, mereka menggunakan kursi beroda hingga mereka dapat dengan mudah meluncur dari meja ke wastafel bahkan tanpa bangun atau beranjak dari kursi.


2. Tetap bersama kursimu

Bagi orang-orang malas, kursi adalah teman. Kamu bisa membawa kemana-mana kursi favoritmu. Namun kadang akal pemalasmu akan terhadang oleh bagian belakang kursi.

Beberapa pekerjaan rumah mungkin menuntutmu untuk selalu berbalik arah. Kamu harus mulai menyiapkan amunisi baru, kursi tanpa sandaran!


3. Membersihkan toilet

Toilet adalah salah satu tempat nyaman untuk bersantai sambil bermalas-malasan. Bersihkan salah satu singgasanamu di kamar mandi sebersih dan sewangi mungkin. Jangan biarkan bau tak sedap mengganggu ritual kemalasanmu di kamar mandi.


4. Tebar pujian bagi penyelamatmu

Ketika seseorang membuatkanmu makanan atau meskipun hanya membuatkan secangkir teh hangat untukmu, apresiasi mereka dengan sedikit atau sangat berlebihan. Banjiri mereka dengan pujian atas apa yang mereka lakukan untukmu.

Tunjukkan pada mereka betapa hal-hal tersebut membuatmu bahagia. Semakin mereka melihatmu gembira maka ada kemungkinan mereka akan melakukannya lagi atau bahkan mencucikan piring atau gelas yang baru saja kamu pakai.

Kamu bisa mengatakan: “Sumpah tidak ada yang pernah membuat lasagna seenak ini sebelumnya. Benar-benar menunjukkanku apa itu keajaiban, rasanya seperti aku sedang menari bersama bidadari.”
Aturan pertama dari kemalasan adalah gunakan kekuatan lidahmu yang konon lebih tajam daripada pedang itu.
 5. Kemalasan berarti waktu untuk berkumpul yang berkualitas
play: pixabay
Yakinkan teman-teman serumahmu bahwa rumah penuh kemalasan adalah rumah yang harmonis. Jika kamu ditertawakan katakan bahwa tidak perlu jadi orang rajin setiap hari. Yang kamu perlu lakukan adalah menunjukkannya pada mereka.

Kumpulkan teman-temanmu di ruang tamu, penuhi ruangan dengan snack-snack dan minuman ringan untuk menyibukkan tangan dan mulut kalian. Tonton film-film bersama. Nikmati waktu kalian. Lambat laun mereka akan ketagihan. Atau ajak mereka untuk bermain kartu. 


6. Tunjukkan aura pekerja keras dalam dirimu

Jika ada pekerjaan yang membutuhkan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya dan orang-orang disekitarmu menuntutmu untuk menyelesaikannya, buat pekerjaan itu selesai lebih lama. Lakukan dengan hati-hati dan turuti bisikan kemalasanmu.

Daripada terburu-buru menyelesaikannya dan malah berbuat kekacauan. Mungkin kamu akan menghadapi masalah yang lebih kompleks dari kekacauan yang ditimbulkan jika bekerja dengan terburu buru.
Pelan-pelan, hayati pekerjaanmu.

7. Jangan biarkan seseorang mengamati pekerjaanmu

Bilang pada mereka, kamu sedang ingin “memasuki zona nyaman” untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Kamu sedang tidak ingin diganggu oleh siapapun agar lebih fokus menyelesaikannya. Saat mereka berpaling, itulah saat kamu kembali rilek.


8. Dahulukan pekerjaan yang berpotensi akan selesai lebih lama

Kemalasan adalah salah satu bentuk seni, seni untuk melakukan semuanya dengan kecepatan lebih lambat namun dengan hasil yang tidak kalah baik. Manfaatkan ini untuk membuat perencanaan hierarkis dari pekerjaan-pekerjaan rumah.

Dahulukan pekerjaan yang berhubungan dengan merapikan, apalagi merapikan kamar. Bahkan jika setiap hari kamarmu berantakan sekalipun kamu harus siap sedia untuk kembali merapikannya. Kepuasan dari keberhasilanmu menyelesaikan suatu pekerjaan besar akan membuat otak malasmu kembali rilek.


9. Kenali musuhmu, lalu lawan

Bagi seorang pemalas tidak ada yang lebih buruk dari seseorang yang ingin selalu membantu pekerjaan rumah. Mereka hanya para pencari perhatian yang akan membuatmu Nampak lebih buruk karena tidak melakukan apa-apa.

Cobalah memberi mereka pelajaran untuk tidak selalu terlihat suci dengan menyabotase apa yang sudah mereka lakukan. Jatuhkan beberapa remah-remah di lantai atau karpet yang sudah mereka sedot. Sabotase cucian mereka atau kotori kembali piring-piring yang telah mereka bersihkan.
Sangat penting untuk tidak ketahuan saat menjalankan misimu. Lakukan semuanya sehalus mungkin hingga tak seorangpun menyadarinya.

10. Usahakan untuk jangan banyak beranjak dari teritorialmu

Kumpulkan semua remote control perabotan rumah tangga kalau-kalau nanti kamu memerlukannya untuk menyalakan atau mematikan sesuatu. Gunakan tongkat panjang untuk mematikan lampu, dan sebagainya.


11. Rebahan
rest: pixabay
Bersantailah, letakkan kaki, rebahkan badan dan biarkan semua urat-urat malasmu rileks. Nikmati kemalasanmu selagi bisa.


12. Atur kamarmu serapi mungkin

Kamu mungkin perlu sedikit semprotan pengharum ruangan di lemari. Ketika teman-temanmu datang mereka akan merasa semuanya baik-baik saja karena mencium wewangian yang enak. Jangan lupa untuk menggenggam sapu atau pembersih debu sebelum mereka tiba di rumah. Akan terlihat seolah kamu sudah melakukan semuanya.
Jangan repot-repot melipat pakaian. Masukkan kembali ke lemari maka semuanya akan tampak rapi.
Minimalis adalah raja. Semakin sedikit perabotan di ruanganmu maka semakin sedikit pula waktumu akan terbuang untuk membersihkannya.

Itulah cara-cara licik yang mungkin bisa dilakukan untuk memfasilitasi kemalasanmu. Sepertinya memang sedikit memerlukan kerja keras untuk menjadi malas. Tapi begitu kamu mendapatkan teknik yang tepat, kemalasan adalah temanmu. Mungkin yang paling setia.

Oleh karena itu berhati-hatilah dengan kemalasan. Hari ini kemalasanmu mungkin hanya soal pekerjaan rumah, lama-lama sifat buruk itu akan merebak ke pekerjaan atau tugas-tugasmu di sekolah maupun kantor.
 Jangan biarkan kemalasan menghinggapimu terlalu lama.
Cara-cara diatas sebaiknya jangan dicontoh kecuali kamu memang benar-benar terpaksa. Juga penting untuk jangan menjadikan keterpaksaan sebagai pembenaran dari kemalasanmu. Bingung kan? Intinya jangan malas!

Oleh: Satrio Rizki Dharma

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni