Rahasia Disayang Orangtua

Tetapkan tujuan. Kemampuan apa yang kamu butuhkan untuk menjadi anak yang lebih baik? Kamu hanya perlu fokus. Fokus yang dimaksud disini bukanlah sekedar berkonsentrasi namun kamu harus mengetahui dan meyakini  hal apa saja yang akan kamu fokuskan nanti. Fokuslah pada kebutuhan dan kompetensi kamu yang harus ditingkatkan, untuk mencapai tingkatan kehidupan yang lebih baik bagi kamu dan orang tuamu tercinta. Menetapkan tujuan dan meyakininya.

Dalam mencapai tujuan tersebut kamu benar benar harus fokus. Dan kamu boleh saja untuk sejenak melakukan hal lain diluar tujuanmu tersebut namun, jangan sampai kamu melupakan tujuan utamamu tadi. Hal ini dapat diibaratkan seperti halnya, kamu tinggal di kota Jakarta dan kamu hendak mengunjungi rumah nenekmu di Surabaya.

Karena di tengah perjalanan kamu lelah, akhirnya kamu mampir untuk beristirahat dan berjalan jalan sejenak di Yogyakarta. Kamu boleh saja melakukan itu tapi lekas setelah penatmu hilang, lanjutkan kembali perjalananmu  ke Surabaya. Itu yang dinamakan fokus. Tapi kamu bisa dikatakan tidak fokus jika kamu yang awalnya hanya berniat mampir ke kota Yogyakarta namun kamu justru menginap di sana dan bahkan menetap.


Pixabay
Hal ini jelas sekali sudah melenceng dari tujuan utamamu.  Jangan biarkan dirimu terganggu oleh teman, lingkungan, pacar atau keegoisan mu sendiri. Karena kamu akan mendapatkan kasih sayang yang lebih dari orangtuamu ketika kamu adalah anak yang bisa menetapkan tujuan hidupnya dan dapat mencapai tujuan tersebut dengan kerja kerasmu sendiri.

Menghabiskan waktu dengan orang tuamu. Menghabiskan waktu dengan orang tua mungkin sangat membosankan bagi kaum remaja masa kini. Karena mereka cenderung lebih senang menghabiskan waktu bersama  teman temannya daripada meluangkan sedikit waktu dengan orangtuanya.

Padahal, orangtuamu juga akan merasa sangat senang jika kamu yang bersedia menemani mereka walaupun hanya beberapa jam saja. Karena meluangkan waktu dengan orangtuamu akan memberikan ruang bagi kamu dan orangtuamu untuk saling berbagi cerita dan pengalaman hingga kalian benar benar saling mengerti satu sama lain.

Namun faktanya banyak sekali remaja yang masih enggan untuk meluangkan waktunya bersama dengan orang tuanya. Mereka disibukkan dengan canggihnya Gadget mereka masing masing. Padahal jika kamu telaah kembali, dan coba tanyakan kembali dari mana asalnya kamu bisa membeli gadget tersebut jika bukan dari orang tuamu?

Atau bahkan siapa yang membiayai kuliah dan masa sekolahmu dulu kalau bukan orantuamu? Bagaimana jika mereka tidak meluangkan waktunya sedikitpun kepadamu ? mungkin kita akan merasa sangat kesepian. So! Jangan pernah malu untuk meluangkan waktu bersama orangtuamu. Tegaslah untuk menolak ajakan main dari kawan kawanmu ketika kamu sedang bersama orang tuamu. karna orang tuamu tidak pernah mengabaikanmu saat kamu membutuhkannya.

Korbankan sesuatu untuk mereka tanpa mengaharap imbalan apapun. Orang tua adalah kekuatan kita. Karena tanpa mereka kita bukanlah apa apa. Sehingga  Mengorbankan kepentinganmu untuk membahagiakan mereka adalah hal yang sangat membanggakan. Mengorbankan waktumu, sedikit uangmu, atau tenagamu untuk mereka dapat menjadi cara yang paling efektif untuk membuat orang tuamu terkesan.

Dengan memberikan kepada mereka kebahagiaan, kamu akan selalu diharapkan dan dibanggakan oleh orang tuamu. Cobalah tinggalkan rutinitas sejenak untuk merawat mereka saat mereka sedang sakit. Atau  untuk sekedar memberikan kejutan dari hasil kerja kerasmu sendiri.

Seperti saat anniversary mereka ataupun ulang tahun mereka. Sisihkan sedikit uangmu untuk membelikan mereka kado terindah. Entah itu baju sepatu ataupun hal yang orang tuamu sukai. Jangan hanya berpikir tentang dirimu sendiri. Karena hal kecil yang kamu berikan untuk mereka adalah hal yang paling mereka kenang. Dan kamu akan mendapatkan kasih sayang lebih dari mereka.

Tunjukkan pada mereka bahwa kamu peduli dengannya. kepedulian juga sangatlah penting. Apa gunanya jika kamu memberikan kepada mereka materi namun kamu tidak dapat memberikan perhatian dan kepedulianmu. Berikan perhatian lebih tentang kesehatan mereka atau sekedar mengingatkan mereka untuk jangan memakan makanan yang dapat membuat penyakit mereka kambuh. Karena orang tua kamu mungkin kondisi tubuhnya sudah tidak se prima pada saat mereka masih muda dulu. Sehingga ini saaatnya kamu yang membantu meraka untuk menjaga kesehatannya.

Banyak remaja sekarang yang lebih peduli terhadap kesehatan teman atau pacarnya dibanding kepada orang tua mereka masing masing. Padahal orang tua selalu menjaga kita sejak kecil saat kita tertidur lelap, saat kita sedang sakit, mengantar kita ke sekolah, memberikan masakan terbaik dan tersehat untuk menjaga kita agar dapat selalu tersenyum karena sehat. Menyeyangi sesame teman atau kekasih bukanlah suatu masalah.

Karena oran tua kita juga pasti selalu mengajarkan kepada kita untuk saling menyayangi dan berbuat baik kepada orang lain. Namun orang tua adalah prioritas kamu yang paling utama dan kamu harus lebih peduli kepada mereka disbanding apapun di dunia ini. Tunjukkan kepada orang tuamu bahwa mereka labih penting dari segala kepentinganmu. Mereka akan sangat menyayangimu dan pastinya kamu akan mendapat banyak kebaikan dengan memuliakan orang tuamu.

Belajar sesuatu dari mereka. Pengalaman merupakan hal yang membedakan seorang yang lebih tua dan masih muda. Namun tidak semua yang tua lebih berpengalaman. Orang tua merupakan salah satu orang terdekat kamu yang dapat kamu mintai pendapat, ilmu dan pengalaman. Karena ada pepatah “buah tak jatuh jauh dari pohonnya” yang berarti kamu adalah replica dari orang tuamu. Hal yang diwariskan kepadamu bukan hanya hal hal baik saja, namun terkadang sifat buruk mereka juga kamu miliki. Oleh karena itu orang tua kita selalu berepesan ini dan itu .

kita sering kali mengabaikan petuah atau nasihat dari mereka dan menganggap mereka cerewet. Hal ini wajar saja karena mereka khawatir kamu melakukan kesalahan yang sama seperti yang orang tuamu lakukan saat mereka seusiamu. Jangan pernah menutup telingamu atas nasihat orang tuamu mereka adalah guru seumur hidupmu yang tidak pernah mengharapkan imbalah apapun dari kamu.

Mereka akan selalu berusaha untuk memberikan nasihat kepada kamu agar kelak kamu dapat mencapai kesuksesan. Orang tua selalu berharap anaknya dapat lebih baik dalam hal karir, nasib, atau bahkan jodoh. Karena jika orang tuamu hanya sekedar lulusan SMA, maka dia berharap kamu bergelar sarjana atau doctor . hal ini sangat manusiawi mengingat orang tua kita yang bekerja keras dari pagi hingga malam hari untuk menyekolahkan kita setinggi tingginya.

Dan kamu hanya perlu mendengarkan nasihat mereka dengan baik dan mempelajari hal hal baik dari mereka. Karena mereka akan sangat senang dalam berbagi pengalaman dengan kamu. Meskipun terkadang mereka memarahimu karena kesalahan yang kamu buat, namun mereka hanya ingin yang terbaik untuk kamu. Dan jangan pernah membantah nasihat dari orang tuamu selagi mereka masih selalu ada di sampingmu dan memberikanmu dukungan untuk kesuksesanmu.

Bertingkah laku yang baik di sekolah. Sekolah merupakan lingkungan kamu dimana kamu jauh dari pantauan orang tua. Apalagi jika kamu bersekolah jauh dari rumah dan harus tinggal disebuah kos kosan. Jelas sekali kamu akan jauh dari oang tuamu. Meskipun kamu jauh dari orang tua, namun kamu harus tetap menjaga sikapmu di sekolah. Mulai dari datang tepat waktu, berpakaian rapi, bertutur kata sopan, dan juga berprestasi dalam bidang akademis ataupun ekstrakulikuler.

Jauh dari orang tua sering kali diartikan sebagai kebebasan untuk melakukan hal hal yang tidak bisa kamu lakukan ketika kamu berada dekat dengan orang tuamu. Jika kamu masih berpikiran seperti itu, maka kamu salah besar. Karna menjaga nama baik orang tua merupakan suatu keharusan.

Mungkin orang tua tidak banyak mengetahui tentang apapun yang kamu lakukan di sekolahmu, namun jika kamu melakukan hal hal yang tidak baik di lingkungan tersebut, secara tidak langsung kamu sudah mencemarkan nama baik orang tuamu. Karena orang tuamu menaruh harapan lebih kepdamu saat mengizinkan kamu untuk bersekolah jauh darinya. Hal ini bukan lagi perkara baik atau buruk.

Namun sudah menyinggung masalah kepercayaan. Buatlah suatu prestasi yang membanggakan untuk orang tuamu. Karena dengan menghasilkan prestasi, maka orang tuamu akan menyadari bahwa kamu telah menjaga nama baiknya dan menjaga kepercayaan yang telah mereka berikan kepada kamu.

Jadilah anak yang patuh. Mematuhi instruksi orang tua terkadang memang tidak semuanya sesuai dengan apa yang kamu inginkan, namun hal ini harus kamu lakukan. Karena orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Saat kamu diperintahkan untuk membersihkan kamarmu padahal kamu sedang asik bermain dengan hewan peliharaan mu atau kammu sedang tertidur pulas, maka sempatkalah waktumu sejenak untuk melakukan apa yang mereka perintahkan.

Janganlah membantahnya dengan alasan apapun. Jalani apa yang mereka dan jadilah anak yang baik. Karena melawan nasihat orang tua dapat membawa keburukan bagi dirimu. Dan tentu saja dapat membuat orang tua kamu sedih bahkan marah.

Membuat mereka bangga.  Cita cita merupakan suatu impian atau bisa diartikan sebagai suatu target yang  harus kamu capai Setiap orang tua akan merasa bangga ketika kamu telah mencapai cita cita dalam hidupmu. Untuk itu banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat orang tuamu bangga. Seperti halnya mendapatkan pekerjaan, beasiswa, juara dalam sebuah kompetisi, atau pun hal hal membahagiakan lainnya.

Dan kamu jangan sampai lupa untuk selalu memberi mereka kabar tentang apapun perkembangan tentang dirimu. Karena orang tua akan selalu menunggu kabar dari kamu baik itu merupakan kabar yang buruk ataupun kabar yang baik. Ketika mendengar kabar buruk tentang kamu maka orang tuamu akan mereasa khawaatir dan mencari cara untuk membantu kamu.

Tapi jika kabar tersebut menggembirakan, maka mereka akan memelukmu dengan bangga. Orang tuamu akan sangat senang jika mereka melihat kamu bahagia san sukses. Jadi cobalah menjadi pribadi yang teratur, fokus, dan bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. Berpikirlah bukan melulu tentang materi, namun tentang bagaimana kamu dapat mengukir senyumbangga di wajah mereka.

Memenuhi harapan mereka. Di mana pun kamu berada, siapa pun kamu, atau apapun jabatanmu. Kamu pastilah memikul amanat dan harapan dari orang tuamu masing masing. Mulai dari harus berkeribadian yang seperti apa, bertutur kata seperti apa, atau bahkan berpikir seperti apa. Namun janganlah pernah menganggap hal hal tersebut adalah beban untukmu.

Anggaplah nasihat nasihat tersebut merupakan suatu suplemen atau motivasi untuk kehidupanmu.  Mereka akan selalu menanamkan nilai nilai keluarga kepada kamu. Dan jangan sekali kali kamu mengabaikan hal tersebut. Karena dapat membuat hati orang tuamu terluka dan memupuskan segala haapan mereka terhadap kamu. Mereka selalu berharap agar kamu tidak terjerumus dalam hal hal yang buruk adat keluar dari norma.

Dapatkan kepercayaan mereka dengan memenuhi harapan mereka atas dirimu dan jangan pernah kamu lupakan harapan besar mereka terhadap kesuksesan kamu. Mungkin tidaklah mudah untukdapat memenuhi harapan mereka. Namun dengan berbekal motivasi tersebut diharapkan dapat membuat suatu perubahan besar dalam karirmu. Karena orang tuamu akan selalu mendoakan untuk kesuksesanmu.

Cobalah untuk mengerti. Orang tua tantu saja memiliki pandangan pandangan tersendiri terhadap suatu hal. Dan tidak dapat dipungkiri pula suatu saat nanti pandangan tersebut tidak sesua dengan apa yang kamu yakini. Namun dengan berbekal pengalaman hidup yang pastinya sudah jauh dari pada kamu, mereka menginginkan hal hal terbaik buat kamu. Cobalah mengerti tentang mereka dan lihatlah masalah tersebut dari sudut pandang orang tuamu ketika kalian sedang berdiskusi tentang sesuatu.

Terkadang kamu enggan untuk menerima pendapat dari orang tua. Hal ini disebabkan karena pastinya kamu lebih menilai sesuatu dari sudut pandangmu pribadi. Kamu tidak mau memulai untuk melihat suatu masalah dari sudut pandang yang lain. Bukan hanya kepada orang tua, namun jika kamu terus terusan menilai sesuatu dari sudut pandangmu atau kamu selalu memiliki sandart tersendiri dari atas suatu masalah, maka kamu tidak akan oernah bergerak maju.

Karena menjadi skses bukanlah perkara memiliki suatu kemampuan  atau ideology semata, tapi kamu pun harus menjadi seorang pendengar yang baik. Terutama dari orang tuamu. Berikan mereka kesempatan untuk mengutarakan pandangan mereka trerhadap suatu hal. Dan kamu berekewajiban untuk mendengarkan mereka. Dengan kamu menjadi seorang pendengar yang baik, maka kamu telah membuat orang tuamu mereasa dihargai dan mereka akan lebih menyayangimu.

Selalu meminta pendapat kepada orang tua. Mungkin kamu adalah seorang pemimpin dari perusahaan besar yang cukup disegani oleh para bawahanmu. Namun sebereapapun hebatnya kamu, nanti pasti dating suatu momen dimana kamu akan dihadapkan dalam suatu pilihan yang cukup sulit dan kamu harus mengorbankan salah satu dari pilihan tersebut.

Pada saat saat seperti itulah dimana kamu harus mencari orang tuam,u dan cobalah untuk meminta pendapat  kepada mereka terhadap masalah berat yang telah kamu hadapi. Mungkin mereka tidak sepenuhnya paham atas rincian masalah yang kamu dapatkan. Karena mungkin hal tersebut bukan bidang mereka. Namun dengan kamu mengadu kepada mereka, hal tersebut dapat membuat hubungan kalian menjadi semakin erat.

Seperti halnya kamu adalah seorang ketua dalam band yang sudah mulai akan terkenal. Dan kamu dihadapkan dengan pilihan untuk menjadi pengisi acara dalam sebuah konser besar diluar kota dengan tawaran untuk menjadi bintang tamu dalam acara di sebuah pertemuan besar disebuah hotel. Mungkin kamu akan berat untuk memilih yang mana. Dan mungkin setelah kamu mengadu pada orang tuamu mereka mungkin tidak terlalu faham tentang masalahmu karena mungkin itu bukan bidang mereka.

Namun orang tua akan memberimu nasihat terbaik dan terhangat dari kasih sayang mereka untuk membantumu dalam memutuskan sesuatu. Banyak orang yang mereasa sudah sukses dalam pencapaian hidup mereka dan melupakan peran orang tua mereka. Mereka merasa dapat menyelesaikan masalah sendiri tanpa melibatkan sedikitpun peran orang tua mereka.

Bukan hal mustahil memang jika kamu dapat menyelesaikan masalah tersebut sendiri tanpa bantuan dari orang tuamu, namun mereka selalu menantimu untuk bicara kepada mereka tentang apapun yang kamu hadapai. Jangan pernah kamu menutup nutupi dirimu dari mereka. Karena orang tua akan mereasa sangat dihargai dengan kamu yang senantiasa meminta pendapat kepadanya. Hal ini tentu saja memberikan kalian banyak waktu untuk berdiskusi tentang banyak hal. Karena mereka tentu punya banyak pandangan terhadap berbagai macam cara untuk menyelesaikan masala masalah.

Jadilah penuh kasih. Kasih sayang yang kamu dapatkan dari orang tuamu, tidak akan pernah dapat terbalas. Kerena mereka senantiasa menyayangi kamu sedari kecil. Mereka memberikan cionta yang tulus yang tak akan pernah ternilai harganya. Oleh karena itu, berusahalah memberikan kepada mereka kebahagiaan kebahagian yang mungkin masih belum cukup untuk membalas segala jasa mereka terhadap kamu. Sayangilah mereka dengan tulus.

Bukan hanya sekedar kata kata, namun cobalah melakukan tindakan langsung untuk menunjukan rasa sayangmu kepada mereka. Kamu dapat memeluk mereka atau merangkul mereka ketika kalian bersama. Atau beri mereka kejutan kejutan berupa kado sederhana. Meskipun tidak terlalu mahal nilainya, namun mereka akan sangat senang dengan apapun yang kamu berikan.

Selalu membuat orang tua bahagia. Orang tua adalah hal yang paling berhaarga disbanding apapun yang ada didunia ini. Cobalah untuk selalu menjaga suasana hati mereka agar tetap bahagia. Namun kebanyakan orang lebih sering untuk membahagiakan pasangan mereka masing masing. Padahal orang tua juga membutuhkan kasih sayang dari kamu.

Bahagiakanlah mereka, habiskan waktu bersama mereka dengan sekedar rekreasi bersama ke sebuah tempat  wisata atau kjesebuah tempat yang menyenangkan. Karena dengan memberikan kebahagiaan kepada mereka, niscaya orang tuamu akan lebih terjaga kesehatannya. Karena tiada obat yang labih mujarab daripada suatu kebahagiaan.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni