Sarapan Pagi yang Menyehatkan Otakmu

Sarapan. Banyak sekali orang melewatkan aktivitas satu ini. Banyak alasan yang mereka ungkapkan hanya untuk melewatkan sarapan pagi. Entah itu takut terlambat, entah sudah kesiangan, entah tidak sempat membuat, atau apapunlah.

Padahal perlu kamu tahu, sarapan sangat penting bagimu. Sarapan pagi tentunya mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi yang diperlukan. Melakukan penundaan bahkan meninggalkan sarapan pagi tentunya kamu menunda asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika hal ini terjadi tentunya rasa lelah dan cepat capek bahkan tidak semangat akan kamu temukan dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Sarapan pagi juga dapat menjaga berat badan tetap ideal, biasanya jika seseorang tidak melakukan sarapan pagi pada jam-jam tertentu (sebelum jam makan siang) sudah merasa lapar kondisi lapar tentunya memicu kita untuk mencari cemilan.

Kebiasaan ngemil inilah malah membuat berat badan kamu semakin bertambah. Lain halnya jika kita melakukan sarapan pagi, tentunya rasa lapar akan datang tepat pada saat waktunya makan siang. Dengan demikian kebiasaan ngemil akan hilang dan tentunya dengan hilangnya kebiasaan ngemil inilah akan menjaga berat badan kamu tetap ideal atau tidak bertambah berat badan.

Via Pixabay
Manfaat Sarapan pagi lainnya yaitu dapat memiliki fungsi sebagai langkah awal menghindari serangan jantung. Dengan sarapan pagi yang sehat tentunya kita dapat mengontrol kadar kolesterol yang dapat memicu penyakit seperti darah tinggi.

Terkontrolnya kolesterol dalam darah tentunya mencegah kita dari ancaman bahaya serangan penyakit jantung yang membahayakan.

Manfaat Sarapan pagi juga mampu meningkatkan kemampuan otak, berdasarkan hasil riset bahwa sarapan mampu meningkatkan kinerja otak ini telah terbukti pada anak-anak yang melakukan sarapan pagi memiliki kemampuan berpikir lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melaksanakan aktifitas sarapan pagi setiap harinya.

Dengan sarapan pagi tentunya membuat otak menjadi lebih fokus lagi dalam berpikir, karena asupan yang diperlukan bagi otak tentunya sudah tercukupi melalui sarapan pagi tersebut.

Sarapan sudah dilakukan setiap hari. Tetapi, apakah menu makan pagi kamu sudah sehat? Banyaknya kalori yang sebaiknya masuk dalam tubuh kita waktu sarapan adalah sebanyak 300-400 kalori. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya, menu yang sesuai dengan “Empat Sehat Lima Sempurna”, yang 3 diantaranya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, susu, sereal.

Pilihan lain adalah dengan minum jus buah, 2 porsi buah besar, susu atau susu rendah lemak.
Karena waktu yang hanya sedikit, para karyawan sering sarapan setelah sampai di kantor. Sisi negatif dari membeli makanan adalah kita tidak tahu sampai sejauh mana kebersihan makanan tersebut.

Untuk menghindari penyakit akibat makanan yang kotor, upayakan untuk memilih mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung kandungan gizi yang cukup. Pilih makanan dalam kemasan yang tertutup agar dapat dipastikan makanan tersebut tidak dihinggapi lalat atau nyamuk yang membawa bibit penyakit.

Upayakan juga untuk menghindari makanan yang kurang sehat atau yang berminyak di menu sarapan yang dibeli. Misalnya kamu dapat menghindari mengkonsumsi jeroan saat bersantap bubur. Hindari santan saat menikmati bubur kacang hijau, hindari kerupuk saat bersantap nasi atau saat makan ketoprak.

Tetapi, jangan lupa untuk tidak membiasakan diri dengan bersantap gorengan sebagai menu sarapan pagi karena kalori yang tinggi dan penggunaan minyak goreng yang kurang baik.
Kini, tidak ada alasan lagi untuk memulai hari tanpa sarapan karena ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat bila kita sarapan sehat secara rutin.

Hal ini juga dapat dilatih pada anak-anak agar mereka terbiasa untuk sarapan yang akan memberikan energi bagi mereka untuk mengikuti kegiatan sekolah yang padat, membantunya berkonsentrasi dan memahami pelajaran yang diberikan. Maka, upayakan untuk menyediakan menu sarapan yang sehat dan lezat yang akan dinikmati seluruh anggota keluarga.

Ada berbagai macam makanan yang bisa membantumu untuk meningkatkan kinerja otakmu. Menu-menu berikut dapat kamu jadikan sarapan untuk membantumu:

Salmon 

Ikan berlemak ini adalah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banya diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan.

Menurut para ahli, kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon.


Telur 

Telur telah lama dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni suatu zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.


Selai kacang

Kacang tanah dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin, vitamin E akan membantu sel saraf dan ota untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.


Gandum murni

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk menduku kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.


Sereal

Oat atau oatmeal adalah sejenis sereal yang populer di kalangan anak-anak. Oatmeal merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak dalam mengawali kegiatan di pagi hari.

Selain itu, serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Adapun kandungan lainnya seperti seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E yang ada pada oat dapat membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi prima.


Buah berry

Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan lain sebagainya banyak mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Antioksidan yang tinggi pada buah berry, terutama vitamin C, memiliki peran untuk mencegah kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak stroberi dan blueberry mengalami perbaikan fungsi daya ingat. Biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3.


Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang spesial karena menawarkan segudang energi yang berasal dari karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, kacang juga merupakan sumber serat, mineral, dan vitamin.

Kacang dikatakan baik untuk otak karena makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, kacang pinto dan kacang merah mengandung asam lemak omega-3 (khususnya ALA) lebih banyak dibandingkan dengan kacang jenis lainnya.


Sayuran berwarna

Wortel, bayam, labu, ubi jalar, dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.


Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral esensial yang dapat membantu anak-anak berkonsentrasi dan tetap berenergi ketika di sekolah. Daging sapi juga memiliki kandungan mineral lain seperti seng yang dapat membantu menjaga daya ingat.


Susu dan Yogurt 

Makanan-makanan dari produk susu cenderung mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua jenis nutrisi penting ini dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yogurt juga bisa membantu perut kenyang karena kandungan karbohidrat dan proteinnya sekaligus menjadi sumber energi untuk otak.

Dengan mengetahui manfaat sarapan pagi bagi kesehatan melalui artikel kali ini tentunya diharapkan bagi kita agar tidak meremehkan kegiatan yang satu ini. Dan juga mulailah menyempatkan waktu kamu untuk selalu melakukan sarapan pagi setiap hari, jika kamu termasuk kedalam orang yang sibuk dan segala sesuatunya dibatasi oleh waktu maka siasatilah sarapan pagi ini secara cermat.

Oleh : Devita Putri Mardyanti

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni