Sleep Hack : Atur Mimpimu Saat Tidur dengan Cara Ini

Siapa yang tidak suka mimpi, terutama mimpi indah dan mimpi yang sangat indah. Setiap orang pasti berharap dan menikmati mimpi indah dalam tidurnya, kecuali orang yang terbiasa hidup dengan mimpi-mimpi. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya mimpi itu bisa diatur? Tahukah kamu bahwa posisi tidurmu dapat berpengaruh pada mimpi yang akan kamu alami?
Sebagian dari kita biasanya tidak terlalu memperhatikan hal tersebut, “Pokonya kalo ngantuk ya tidur, nggak perduli mau menghadap kemana”
Mimpi indah dan mimpi buruk terkadang datang begitu saja, dan kita menganggapnya itu hanyalah bunga tidur. Namun tidak jarang kita lebih menginginkan mimpi yang spesifik, sebuah mimpi yang diharapkan tapi tidak juga cepat didapat dan kadang saat mimpi yang diharapkan itu terjadi, terjadi begitu saja tanpa direncanakan. Padahal jika bisa mungkin mimpi tersebut diharapkan untuk hadir setiap malam.

Image : Pixabay

Jika kamu sering mengalami mimpi yang buruk dan mengaibatkan kamu terbangun pada tengah malam, mungkin kamu perlu mengubah posisi tidurmu.sebuah riset menunjukkan orang yang tidur dengan posisi menghadap ke kiri akan lebih banyak mengalami mimpi buruk dibandingkan mereka yang tidur dengan posisi menghadap kanan. 
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Mehmet Yucel Agargun yang meneliti posisi tidur dan pola mimpi 60 orang dewasa yang sehat menemukan bahwa mereka yang berbaring di sisi kiri mengalami mimpi buruk yang cenderung lebih besar.
Tidur dengan posisi menghadap ke sisi manapun akan menimbulkan ketidakseimbangan dari beberapa organ dalam tubuh yang berdampak pada mimpi yang dialami. Dan untuk posisi tidur menghadap sisi kiri menyebabkan emosi dan perasaan yang tidak nyaman dan sebaliknya untuk posisi tidur menghadap kanan. Dan tentu mimpi indahlah yang diharapkan hadir dalam tidur malam kita.

Berikut ini Nilni kasih cara untuk mengatur mimpi melalui posisi tidur :


1.Tidur telungkup

Image : Pixabay

Menurut hasil dari pernilitian yang dilakukan oleh Dr Calvin Kai-Ching Yu dari Shue Yan Hong Kong Universitas , penelitian ini mengamati posisi tidur dan pola mimpi yang dialami  670 orang dewasa, orang yang tidur telungkup mengalami mimpi yang lebih menarik dan positif secara keseluruhan.
Tidur dengan posisi ini menyediakan berbagai macam fantasi mimpi yang sifatnya positif, misal mimpi menjadi superhero dan yang paling umum adalah mimpi tentang urusan cinta, tentang kencan, tentang sesuatu yang lebih erotis dan signifikan. 
Tidak ada penjelasan yang pasti tentang mengenai kenapa mimpi-mimpi tersebut bermunculan saat tidur dengan posisi telungkup, namun sebagian besar para peneliti berpendapat tidur dengan posisi telungkup menyebabkan wajah tertekan ke bantal sehingga hal tersebut mengarahkan otak untuk berfikir tentang seks, dan hasil mimpi yang didapat tidak jauh seputar cinta.

Jika dikaji lebih dalam lagi mengenai dampak lain dari posisi telungkup tersebut, tidur dengan posisi ini kurang begitu nyaman karena posisi demikian membatasi udara yang dihirup hingga pernafasan terasa sangat terganggu.


2. Tidur dengan posisi menghadap kanan

Image: Pixabay

Tidur dengan posisi ini cenderung mengalami mimpi yang indah, namun tidak seperti tidur telungkup. Mimpi yang dialami pada posisi ini cukup baik namun tidak begitu membekas. 

Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa tidur dengan posisi ini lebih banyak mengalami mimpi yang indah daripada orang yang tidur dengan posisi menghadap kiri.

Selain dari mimpi, tidur dengan posisi ini juga berdampak positif bagi kesehatan, karena dengan posisi yang demikian tidak mengganggu sistem kerja pencernaan dan juga jantung, memungkinkan darah terdistribusi merata dan terkonsentrasi ke sebelah kanan. 

Dengan begitu aliran darah yang masuk dan keluar janung menjadi lebih lambat dan tekanan darah juga akan menurun, dan sebagian peneliti menggunakan alasan tersebut untuk menyimpulkan tidur dengan posisi ini akan cenderung mengalami mimpi indah karena sistem percernaan berjalan dengan lancer sehingga memberikan sinyal positif pada otak lalu kemudian berdampak pada mimpi.


3. Tidur dengan posisi menghadap kiri

Pasti diantara kita semua pernah mengalami yang namanya mimpi buruk, mimpi dikejar kejar setan atau mimpi yang aneh tapi sangat menyeramkan.

Ya terkadang secara tidak sengaja mimpi aneh yang menyeramkan tersebut datang karena posisi tidur menghadap ke kiri. Karena itu jika kamu tidak ingin mengalami mimpi yang buruk saat tidur usahakan untuk menghindari tidur dengan posisi menghadap kiri.

Mimpi buruk yang dialami oleh seseorang saat tidur menghadap sisi kiri ini disebabkan karena terganggunya fungsi organ dalam tubuh terutama jantung. Posisi ini menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium banyak yang disebabkan karena paru paru kanan berada diatas, kemudian jantung terhimpit, pasokan darah ke otak berkurang. Dan inilah penyebab mimpi buruk bagi siapa saja yang tidur dengan menghadap kiri.


4. Tidur telantang

Image : Pixabay
Buat kamu yang bukan penikmat mimpi,, mungkin ini adalah posisi yang cocok buat kamu. Karena banyak sumber mengatakan orang yang tidur dengan posisi telentang kebanyakan tidur tanpa mengalami mimpi.
Kebanyakan mereka yang tidur dengan posisi telentang tidak mengalami mimpi atau hanya mengalami mimpi yang samar dan tidak jelas. Saluran pernafasan yang terhalang oleh lidah dan menjadikan tubuh kekurangan oksigen menyebabkan mimpi hanya alakadarnya, tidak indah namun juga tidak buruk.
Posisi ini juga menyebabkan tidur yang mengekuarkan suara atau mendengkur yang dalam bahasa jawa pada umumnya adalah “ngorok”. Mungkin mendengkur adalah salah satu sensasi yang didapat saat tidur jika kamu bukan pecinta mimpi.

Tips-tips tersebut merupakan beberapa cara untuk mengatur mimipi, namaun terkadang hasil yang didapat tidak seperti yang diinginkan karena mungkin pada saat tidur kamu merubah posisi tidurmu. 

Oleh : Era Dwiyanto

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni