Sudahkan Minum Kopi Hari Ini? 7 Alasan Kenapa Kamu Wajib Minum Kopi

Apakah dari semua pembaca nilni.com ini pecinta kopi? Minuman hitam yang diolah dari biji kopi dengan cita rasa khas dan unik. Kopi sendiri bisa menyebabkan kecanduan loh! Karena zat kafein yang terkandung didalamnya. Kafein merupakan senyawa alkaloid xantina dengan nama trimetisantin  berbentuk kristal dan mempunyai rasa pahit untuk obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.

Awal mula kopi di Indonesia sebenarnya dulu dibawa oleh bangsa Belanda dengan nama koffie namun lambat laun diadaptasi dengan lidah orang Indonesia sehingga bernama kopi. Cuaca dan Iklim negara kita yang tropis sangat membantu dalam mengembangkan kopi. Indonesia menjadi pengekspor kopi jenis arabika dan robusta untuk Jerman tahun 2009  sehingga sangat membantu memulihkan kondisi perekonomian Indonesia pada saat itu.

Secara garis besar terdapat empat jenis kopi yakni kopi arabika, kopi leberika, kopi robusta, dan kopi excelsa. Dalam hal aroma dan rasa kopi dengan jenis leberika adalah yang terbaik. Kopi jenis ini memiliki ukuran terbesar dibandingkan kopi lain namun kuantitasnya sedikit atau langka. Kopi ini tumbuh di pedalaman hutan Kalimatan dan merupakan bahan minuman tradisional Suku Dayak. 

Banyak orang tak ingin melewatkan meminum kopi di pagi hari sebelum melakaukan aktivitas seperti bekerja. Hal ini dikarenakan banyak alasan yang dimiliki oleh masing-masing penikmat kopi mulai dari alasan rasa hingga alasan kesehatan. Nah mungkin hal-hal ini akan menjadi alasan kamu juga untuk tidak melewatkan meminum kopi simak yah 

coffee: pixabay


1. Original Taste 

Jika kamu memilki stok kopi yang sudah ada campuran cream,susu, sugar dan lain-lain. Yang intinya sudah terkontaminasi oleh bahan-bahan lain, coba untuk mencicipi rasa original dari kopi itu sendiri. Hal ini akan memberikan pengertian mengenai perbedaan rasa kopi yang sudah dicampur dengan bahan lain dan rasa khas dari kopi itu sendiri yakni pahit dan beraroma khas.

Dengan menikmati kopi original akan memberikan kehormatan tersendiri akan rasa asli dari kopi. Jika kamu sudah tahu bagaimana cara menikmati kopi sebenarnya mulailah melakukan petualangan pencarian kopi di coffe shop disekitarmu. 


2. Menambah Stamina

Kafein diyakini dapat membantu para atlet olahraga  untuk mengurangi penggunaan glikogen  dalam otot sehingga energi yang tersimpan tidak banyak digunakan ketika latihan. Glikogen yang dibuat sebagai energi  hanya sedikit setiap harinya sehingga apabila tidak meminum kopi energi tersebut akan cepat habis. Yang mengakibatkan kelelahan otot sehingga kopi yang mengandung kafein dapat menunda timbulnya kelelahan otot.

Dengan membantu tubuh mengubah energi dari lemak sebagai pengganti. Semakin lama kamu mengkonsumsi kopi maka otot-ototmu dapat bekerja keras dengan glikogen yang ada secara efisien. Kafein yang dikonsumsi selama maraton juga telah ditemukan untuk menjadi bantuan yang efektif, membantu melepaskan endorfin yang mengurangi rasa sakit dan mengurangi kelelahan mental. 


3. Meningkatkan Kinerja

Kafein yang ada didalam kopi menyebabkan zat erdorfin dalam tubuh kita keluar sehingga menciptakan suasana tubuh yang senang, bahagia dan  tenang. Orang-orang yang meminum kopi sebelum bekerja akan merasakan manfaatnya. Kandungan kafein dapat memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk dan muncul perasaan segar, mata terbuka lebar, detak jantung lebih kencang, naiknya tekanan darah. 

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Hal ini dapat merangsang indera kita dan meningkatkan laju metabolisme. 

Sehingga meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati bahkan depresi sehingga kinerja akan lebih optimal. Bagi kamu yang niat ngerjain tugas kuliah atau pekerjaan dari bos yang banyak sehingga harus lembur kopi membantu kamu untuk meredam depresi sehingga kamu akan terus merasa happy. 


4. Mengurangi Sakit

Banyak penelitian menunjukan bahwa meminum kopi dapat mengurangi rasa sakit. Ketika berolahraga rasa nyeri pada otot sepeti otat betis, paha, tangan, dan leher dapat dikurangi dengan meminum secangkir kopi. Meminum kopi oleh para pemain sepak bola akan mengurangi sakit ketika cidera otat dibandingkan mengoleskan saleb atau obat luar lainnya. 

Biasanya mereka meminum pil dengan 5 mg kafein didalamnya. Hal ini menunjukan bahwa kopi benar-benar efektif, terutama ketika diminum sebelum latihan. Selain itu kopi juga bisa mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat.

Jadi bagi kamu yang migrain atau sakit kepala jangan langsung minum obat ya coba aja menikmati secangkir kopi pahit ini. 


5. Meningkatkan daya ingat Otak 

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein meningkatkan memori hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Para peneliti mebagi sampel yakni orang-orang dengan konsumsi kopi dengan kadar kafein sebesar 200 mg kafein dan kelompok satunya orang-orang yang tidak diberi kopi.

 Para peneliti kemudian memberikan chalenge atau tantangan kepada orang-orang tersebut untuk mengingat gambar tertentu. Dihari berikutnya kelompok dengan pemberian kopi mampu mengingat gambar tersebut dengan baik bahkan mengingat aktivitas mereka diwaktu lampau dengan lebih baik.


6. Menurunkan Berat Badan

Kopi mampun menurunkan berat badan kamu lho. Mengkonsumsi kopi tiap hari secara tidak berlebihan akan secara perlahan menurunkan berat bdan. Kopi mengandung antioksidan yang terbukti mampu membakar lemak. 
Minum kopinya jangan ditambahin gula dan cream ya cukup kopi bubuk ditambah air panas lalu minum selagi panas setiap pagi. 

7. Menajamkan Penglihatan Mata

Ada sebuah penelitian yang diterbitkan melalui Journal of Agricultural and Food Chemistry yang menjelaskan bahwa  dalam kopi mengandung kafein dimana kafein mengandung asam chlorogenic yang merupakan zat antioksidan kuat yang dapat mencegah degenerasi retina. Bahkan di setiap 1% kafein mengandung 7%-9% asam chlorogenic. Zat inilah yang mampu mempertajam penglihatan mata kamu 

Kuncinya jangan konsumsi kopi secara berlebihan ya karena akan banyak efek negatif bila mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Oke, itu tadi hal-hal yang membuat kamu wajib meminum secangkir kopi pada pagi hari. Semoga bermanfaat

oleh: Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni