Tips Jadi Istri yang Baik, Biar Jadi Dambaan Suami

Hai gilrs, menjadi istri dan seorang ibu memang hal yang wajib harus kamu jalanin. Setelah memasuki kehidupan berkeluarga, kamu tidak lagi memikirkan kehidupan pribadimu saja. Namun ada suami dan anak yang sangat membutuhkan perhatianmu. Ingat loh dibalik suami yang sukses ada sosok wanita hebat dibelakangnya. 

friendship: pixabay


Sudahkah kamu mengikuti langkah seperti tips berikut ini:


1. Jadikan suamimu seorang teman 

Dia adalah pendamping hidup dalam waktu yang lama, anggaplah dia temanmu. Mengapa seorang teman, dengannya kamu akan leluasa becerita, mengeluarkan keluh kesah, saling toleransi, saling mengerti dan tidak pernah menggurui jika ada masalah. Seperti kamu bersikap dengan teman dekatmu ketika masih lajang. Teman itu tempat berbagi suka dan duka. 


2. Tetap berpenampilan menarik meski berada di rumah

Meski kamu barada dirumah bukan bearti kamu bebas memakai pakaian yang lusuh, seadanya dan rambut yang tidak tertata rapi. Justru karena kamu berada dirumah tetaplah berpakaian rapi. Ketika dia pulang dari kantor yang penuh dengan penat, sesampai tiba dirumah suasana hatinya berubah karena melihat istrinya sangat cantik. Hal ini dapat menjadi obat penat yang melelahkan. 

Kamu tahu dong wanita itu layaknya perhiasan dunia. Kalau perhiasan itu dirawat dengan baik maka kilauannya akan memancar. Tapi jika dibiarkan begitu saja kilauannya akan tertutupi. Rumah adalah kesempatan bertemu dengan suamimu, karena kamu memiliki waktu yang banyak untuk bercengkerama. 

Untuk berpenampilan menarik kamu tidak perlu berdandan menor, cukup rapi dan trendi. Yang penting sesuaikan dengan umur. Bila perlu rajinlah melakukan perawatan tubuh agar kulitmu terjaga dengan baik. Jangan abaikan hal yang satu ini jika kamu ingin terlihat lebih muda dari usiamu yang sebenarnya.


3. Ahli di dapur

Menuangkan rasa kasih sayang bisa dalam bentuk apapun, contohnya melalui masakan. Seenak-enaknya makanan di restoran, masakan istri jauh lebih enak dan ngangenin. Namun sepertinya jaman sekarang banyak wanita yang  kurang pandai memasak. 

Tapi itu gak jadi masalah bagi kamu yang belum bisa memasak. Belajar memasak sebelum menikah sangat bagus, belajar setelah menikah juga gak masalah. Belajar secara otodidak dengan melihat resep lewat internet bisa dicoba.


romantic couple: pixabay

4. Beri jatah waktu untuk berdua alias waktunya romantis

Untuk mempererat hubungan kalian kamu bisa pergi keluar rumah dan hanya liburan berdua. Bisa pergi menonton bioskop, liburan ke daerah wisata hanya berdua, tempat-tempat yang romantis dan ke tempat yang menjadi kenangan. Hal ini akan mengingatkan kembali masa-masa ketika masih pacaran. 

Dengan ini dapat memberikan kalian kesempatan untuk jatuh cinta lagi. Kebayang dong rasanya jatuh cinta waktu dulu. Sebenarnya untuk romantis bisa dilakukan dengan apa saja, namun akan lebih terasa bila hanya kalian berdua yang menikmati moment romantis itu.


5. Pintar mengolah waktu antara pekerjaan dan jadi istri

Dimana-mana kewajiban istri adalah melayani suami. Meski kamu wanita karir bukan bearti bebas tugas rumah. Kalau saatnya dirumah gak ada yang namanya kerjaan di bawa kerumah dan sebaliknya gak ada masalah rumah yang dibawa ke kantor. 

Meskipun ada bibi yang membantumu pekerjaan rumah, kamu tetap wajib mengerjakannya. Gak perlu menyuruh orang lain selama kamu masih bisa mengerjakannya.


6. Menghormati suami 

Suamimu adalah pemimpin dalam keluarga, dia pantas kamu hormati. Bila menghormati suamimu maka dia akan menghargaimu sebagai istrinya. Perlakukan dia dengan hormat dan ikuti perintahnya selama itu masih baik. 


7. Menjadi pendengar yang baik

Gak susah kok jadi pendengar yang baik, cukup mendengarkannya hingga selesai. Karena seseorang yang sedang berkeluh kesah hanya ingin didengar. Namun sebaiknya memberi solusi akan lebih baik, ini sama saja kamu dapat saling bertukar pikiran dan berdiskusi. 


8. Lancarkan komunikasimu

Kebanyakan dari masalah yang datang itu karena adanya miss komunikasi. Meski kamu sibuk dengan urusan kantormu bukan bearti tidak dapat memberi kabar. Jika salah satu ada yang ngambek sebaiknya ada yang mengalah. Jika semua tetap pada egonya masalah tidak akan cepat selesai, yang ada justru semakin runyam. Itu juga karena adanya miss komunikasi. 
Demi kelancaran komunikasi jangan lupa untuk saling memberi kabar meski sedang sibuk ngantor ya.... 
Saat kamu ingin mencoba untuk memberi kritikan carilah waktu yag tepat dan pas. Komunikasi bukan hanya itu saja loh, jika ingin meminta sesuatu bilang saja pada suami terus terang. Ungkapkan saja yang kamu inginkan. Terutama ungkapkan apapun perasaanmu kepadanya, entah itu rasa sayang, kesal atau cemburu.  


9. Pandai mengatur keuangan 

Tugas istri memang mengatur kondisi rumah tangga. Keuangan yang baik dalam keluargamu ada ditanganmu. Jika pandai mengaturnya bisa disebut kamu wanita yang hebat. Istri itu ibarakatkan bendahara rumah tangga. Saat kamu boros maka itu semua akan berimbas pada perekonomian keluargamu juga.


10. Ucapkan terimakasih dan maaf

Sepertinya sepele namun sangat bermanfaat, ucapan terimakasih dapat membuat orang merasa dihargai, dapat memotivasi karena dianggap sangat bermanfaat dan meyenangkan hati. Ucapan terimakasih itu bila didengar sangat merdu dan nyaring di hati. Gak hanya itu saja manfaatnya, terimakasih dapat mengatasi masalah. Karena dapat menenangkan hati dan pikiran.

Jangan gengsi untuk maaf meski kamu bersalah atau tidak. maaf dapat meredam amarah dan masalah. Maaf bukan bearti kamu kalah, maaf bearti kamu memang mengerti.

11. Percaya pada suami

Suatu hubungan jika tidak percaya itu sudah termasuk hubungan yang gak sehat. Karena hanya memunculkan rasa curiga pada setiap tingkah laku suami. Beri dia keyakinan bahwa kamu benar-benar percaya padanya. Kamu percaya dia dapat melindungimu, membahagiakanmu, membimbingmu dan menyayangimu. Banyak orang yang bercerai karena tidak saling percaya satu sama lain. 


12. Temani dia saat makan

Jangan pernah biarkan suamimu makan sendirian di rumah. Meski kamu sudah makan sebaiknya kamu menemaninya. Rasa kekeluargaan sangat terasa ketika berada di atas meja makan dan menikamati bersama. 

Gak susahkan mencoba menjadi istri yang baik. Kamu tidak perlu terburu-buru untuk menjadi istri yang baik karena semua itu proses dan waktu. 

Oleh: Rusli Asmiyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni