Tips Memulai Bisnis dengan Modal Minim Bahkan Tanpa Modal

Bosan menjadi pegawai dan bekerja untuk orang lain? Atau bosan dengan tekanan dari atasan yang setiap hari memberikan kita target? Mungkin membangun bisnis sendiri adalah salah satu solusi dari permasalahan anda tersebut. Kamu akan mendapatkan berbagai tantangan yang akan dihadapi. Salah satunya adalah modal.

Mungkin bagi kamu yang sudah bekerja sebelumnya bisa menyisihkan sebagian gaji sebagai modal awal untuk membangun sebuah bisnis. Namun bagaimana dengan kamu yang tidak memiliki modal sepeserpun? Mungkin sekarang yang ada dibenakmu adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan modal agar bisa segera memulai bisnis. Banyak hal yang harus dilakukan untuk memulai bisnis yang akan segera dijalani. Terlebih dengan modal yang minim yang membuatmu harus memutar otak agar kelak bisnis bisa berjalan dengan baik

team work: pixabay

Bagi kamu yang ingin memulai suatu usaha dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal, berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan demi lancarnya bisnis anda:


1. Siapkan mental

Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan bisnis saat ini sangatlah ketat. Berbagai macam bisnis ada di dunia ini dan salah satunya bisnis yang akan kamu jalani. Kamu akan bertemu dengan berbagai macam pesaing yang mampu membuatmu mungkin mengurungkan niat untuk memulainya. Oleh karena itu, siapkan mental untuk memulai bisnis. 
Jangan mudah menyerah hanya karena banyaknya pesaing. Kuatkan mental anda hingga bisa disebut "bermental baja", dan jangan mudah menyerah dengan keadaan. Bila terpuruk, maka anda harus berani bangkit.

2. Gunakan potensi bakat sebagai modal

Sesungguhnya modal tidak melulu mengenai uang. Bila kamu memiliki potensi bakat, bisa menggunakannya sebagai modal awal membuat suatu bisnis. Misal, kamu mahir dalam melukis. Modalmu di sini hanyalah kuas, cat dan kanvas. Lukislah sebaik mungkin sehingga layak untuk dijual. Bila kamu enggan berpanas-panasan menjajakan lukisan anda, yang perlu anda lakukan adalah menjualnya lewat situs online. Sudah banyak situs yang menawarkan forum jual beli di internet. Anda bisa memanfaatnkannya untuk menjual lukisan anda.

Sebisa mungkin jangan meminjam uang di bank. Bisnis yang baru saja akan dijalankan bisa saja mengalami gulung tikar karena kurangnya pengalaman dalam berbisnis. Agar tidak mendapatkan hutang yang begitu banyak dan pusing memikirkan bagaimana caranya membayar, jadi sebisa mungkin jangan sampai meminjam bank, bila kamu tidak ingin rumahmu disita.


3. Bidang usaha

Tentukan terlebih dahulu bidang usaha yang akan kamu jalani. Pilihlah usaha yang sesuai dengan kemampuan diri kamu. Usaha yang bisa di atasi bila terjadi kesalahan. Jangan paksakan kemampuan yang terbatas untuk menjalani usaha yang kamu sendiri tidak tahu usaha tersebut akan diapakan. Maka juga harus mengetahui seluk beluk usaha yang akan dijalani. Kenali berbagai risiko yang mungkin terjadi ketika ingin mendirikan usaha tersebut.


4. Cari pelanggan

Hal terpenting yang membuat suatu bisnis itu sukses adalah banyaknya pelanggan yang ia milki. Memiliki banyak konsumen tapi tidak memiliki pelanggan sama saja tidak ada artinya. Menandakan bahwa usaha kita membuat orang kapok sehingga mereka tidak mau kembali lagi. Sebagai awal berbisnis, hal terpenting yang kamu butuhkan adalah mencari pelanggan.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah beriklan. Bila tidak memiliki uang lebih untuk mengiklankan usaha, bisa meminta tolong teman untuk menyebarkan berita tentang usaha dari mulut ke mulut. Dari sinilah tantangan yang akan dihadapi. Kamu harus memutar otak agar pelanggan tidak kapok hanya karena kesalahan yang dibuat. 

Seperti halnya tidak memperhatikan kebutuhan konsumen, tidak berpihak kepada konsumen atau sebagainya yang membuat konsumen sendiri merasa tidak nyaman. Maka beberapa langkah agar mereka tetap menjadi pelanggan kamu adalah seringlah mengadakan promo. Bualah pelanggan kamu merasa senang terhadap bisnismu.


5. Pegawai

Ketika memulai bisnis yang baru, jangan merekrut teralu banyak karyawan terlebih dahulu. Kamu harus beradaptasi dengan lingkungan bisnis  sebelum menentukan berapa banyak pegawai yang akan dipekerjakan. Kamu bisa memulainya dengan diri sendiri. Bila kerepotan, bisa meminta tolong saudara untuk membantu. Bila sudah berjalan dengan baik, rekrutlah pegawai sekitar satu atau dua orang untuk awal-awal. 
Yang paling terpenting dalam merekrut pegawai adalah kepercayaan. Jadi harus pintar-pintar mencari pegwai yang bisa dipercaya.

6. Fokus

Ketika kamu sudah menentukan bisnis apa yang akan dijalankan, maka harus yakin dan fokus terhadap bisnis tersebut. Jangan sampai keyakinanmu goyah hanya karena tergiur dengan bisnis lain yang dirimu sendiri tidak yakin apakah bisnis itu mampu dijalani. Bila sudah mematok satu bisnis yang akan dijalani, kerjakan bisnis tersebut sampai ia menjadi sukses dan berkembang dengan baik. 
Fokuslah terhadap bisnis tersebut, jangan ketika sudah memulainya kamu tergoda dengan bisnis lain. Pastikan bahwa kamu hanya menjalani satu bisnis terlebih dahulu sebelum ada pikiran untuk memulai bisnis lain.

7. Pilih alat pemasaran gratisan

Bagi kamu yang tidak memiliki uang ekstra untuk menyewa kolom iklan di koran atau membuat spanduk iklan di jalan-jalan, kamu bisa memanfaatkan sosial media yang saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat dari  berbagai lapisan. Kamu bisa memulainya dengan  mengiklankan bisnis melalui facebook, twitter, path, atau sosial media lainnya sehingga bisnis kamu dapat dikenal oleh semua orang.

Bila sudah mengiklankan bisnismu, jangan lupa untuk intens memberikan informasi kepada masyarakat tentang bisnis yang kamu jalani. Misal, kamu sudah mengiklankan lukisanmu, maka harus mengiklankan beberapa lukisan baru secara berkala agar masyarakat tetap bisa mengetahui perkembangan usahamu.


8. Buat rencana keuangan

bisbis: pixabay


Modal yang minim membuatmu harus memutar otak agar bisa membelanjakan uang dengan baik. Pakailah modalmu untuk membeli barang-barang yang sangat penting dan mendesak. Bisa juga memanfaatkan barang yang ada di rumah untuk menekan biaya pengeluaran. Misal, kamu bisa memanfaatkan perabot rumah tangga sebagai alat produksi, atau bisa memanfaatkan garasi sebagai lokasi bisnis. 

Begitu mudah bukan untuk memulai bisnis besar tanpa modal? Jangan ragu akan kemampuan yang kamu miliki. Bila anda sudah memiliki rencana membangun bisnis, mulailah sekarang. Jangan tunggu rencana menjadi basi dan harus memulai rencana lagi.

Oleh: Devian Putri Ayunita

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni