Cara Mendinginkan Tubuh Secara Natural

Sepulang kerja, sekolah, kuliah atau melakukan aktivitas sehari-hari, pastinya bakal gerah banget pengennya sih ngadem ada AC. Iya kalau punya AC, xoxo. 

Cuaca di negara tropis seperti Indonesia sekarang ini agak kurang menentu. Kadang buat pusing, karena panas banget di siang harinya dan dingin banget di malam harinya. Bisa dibilang si mr. Cuaca sekarang ini memang sedang sangat labil. 

Rasa jengkel dan lelah akan menyelimuti banyak orang karena cuaca terik dan panas, membuat banyak orang memilih “ngadem” ditempat yang ber-AC. 
Banyak penelitian menyimpulkan bahwa cuaca panas dan terik menyebabkan orang mudah marah, emosional, dan tidak mudah konsentrasi. 
Sebaliknya, suasana yang jsejuk dan dingin akan mengakibatkan kita dapat berfikir tenang dan jernih. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakan AC sebagai shortcut mengatasi panas di dalam tubuhnya. 

Namun, kamu pastinya juga tahu kan kalau berlama-lama menggunakan AC itu tidak baik bagi kesehatan. Seperti membuat kulit kering, penyakit paru-paru, dan pemanasan global. Gak mau kan anak-anak kita gak bisa menikmati keindahan bumi karena ulah kita sendiri menggunakan AC? 

Image : Pixabay


Nah, pada kesempatan ini, Nilni akan membahas gimana sih caranya agar cepat menurunkan suhu tubuh, gerah, dan panas karena cuaca yang ekstrim tanpa menggunkan AC alias secara natural. Simak yah :


1. Angin Sepoi 

Tidurlah dengan nyaman dengan menggunakan kipas angin yang sudah kamu atur kecepatan putar kipasnya dalam mode “low”. Hal ini akan membuat angin yang sepoi-sepoi dan menyejukan di dalam kamarmu. Jika kamu tidak nyaman dengan kipas angin ini, kamu bisa membuat kipas angin manual menggunakan botol air minum seperti aqua yang dibentuk menyerupai kipas, kemudian buka jendelamu dan pasang kipas tersebutv di jendela. 


2. Kasur Air 

Pernah melihat kasur angin kan? Kasur yang berisi angin. Kalau kasur air ya kasur yang berisi air. Tidur menggunakn kasur air ini sangat efektif dalam mengurangi panas tubuh karena air sangat cepat menyerap panas dari pada udara sehingga akan sangat terasa sejuk disegal cuaca. 


3. Dinginkan Bantal 

Mungkin ini agak jarang ya yang melakukan, tapi percaya deh, membuat bantal kamu dingin dengan menaruhnya di lemari es selama 2-3 jam sangat efektif untuk menghilangkan panas tubuh. Jangan lupa tutup atau bungkus bantal kamu dengan tas plastik ya, supaya tidak terjadi penggumpalan es pada kain bantal. Memakai bantal dingin bisa membuat tidur kamu jauh lebih nyenyak. 


4. Gunakan Sutra dan Satin

Kebayakan dari kalian pasti sudah yau kan kain sutra?  Nah, kalau Satin apa hayo? Bukan jebolan X factor Indonseia ya (Fatin)! 

Kain Satin adalah jenis kain yang ditenun dengan dengan menggunakan teknik serat filamen dengan bahan poliester sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin. Nah bedanya dengan kain sutera adalah bahannya kalau kain sutra menggunakan serat alami yakni ulat sutra. 

Kedua kain ini sangat nyaman dipakai karena memberikan efek dingin dan lembut. Gunakan kain ini sebagai sarung bantal dan seprai kasur kamu. Dijamin ngiler-ngiler karena nyenyak tidur dan tentunya dingin. 


5. Minum Air 

Image : Pixabay

Minumlah air sesering mungkin, yakni rutin setiap jamnya. Hal ini akan membantu tubuhmu mengurangi panas di tubuh. Air di sini akan membantu menyerap panas tubuh, sehingga panas tubuh berkurang dan kembali normal. Agar tidak bosan, tambahkan irisan daun mint, jeruk, lemon, atau mentimun agar air lebih segar. 


6. Gunakan Botol Semprot 

Kamu bisa membelinya di toko atau kamu bisa menggunakan botol bekas parfum atau botol habis pakai semprotan pengahrum ruangan yang diisi oleh air. Semprotkan air di ruangan kamu atau langsung ke kulit kamu. Efek dingin akan langsung terasa di kulit. 


7. Tutupi Leher

Tau ga kalau sebenarnya bagian leher belakang  sangat sensitif oleh panas dan mengakibatkan perasaan uring-uringan sendiri, emosional, dan tidak tenang. Oleh karena itu tutupi bagian leher belakang kamu dengan kain atau pakailah topi dengan bagian depan topi kamu putar ke belakang untuk menutupi leher kamu saat beraktivitas. Hal ini mengurangi rasa panas dalam tubuh dan membuat perasaan dingin dalam otak kamu. 


8. Taruh Es di Belakang Kepala 

Buatlah kumpulan es batu menjadi satu dalam suatu plastik tempatkan kumpulan es tersebut dibelakang kepala kamu. Tiap harinya kepala kan berada paling atas pastinya paling sering terkena panas matahari. Nah, dengan membuat  bantalan es di belakang kepala, hal ini akan menetralisir panas yang berlebih di kepala. 


9. Basahi rambutmu

Basahi rambut kamu dengan air dingin disepanjang garis rambut. Hal ini dapat membantu kamu mengurangi panas di kepala. Jangan lupa memakai bkamuna yang sudah dietesi air dingin di kepala. Seger banget dijamin. 


10. Kipas Angin Portable

Pernah dengar kan kipas angin portabel yang ukuran kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Sensasi kesegaran apabila memakainya akan sangat membantu dalam menurunkan panas. 


11. Pakai T-Shirt Basah 

Basahilah T-Shirt kamu dengan air panas, kenapa air panas? Itu agar kamu tidak terlalu shock dengan dingin yang mencekam. Kemudian duduk-duduklah di taman atau di depan kipas angin sehingga suhu tubuhpun menurun. Ulangi hal ini saat baju atau t-shirt mulai mengering.  


12. Berendam atau berenang 

Swimming : Pixabay
Setelah hal-hal kecil tadi bermain-main dengan air untuk beberapa anggota badan, maka berendam atau berenang di air yang dingin adalah cara efektif menurunkan tubuh. Berendamlah di air dingin selama satu jam. 


13. Berpakaian yang tepat 

Agar tetap stay “cool” untuk menurunkan suhu badan dari aktivitas kamu yang padat maka berpakaian yang tepat merupakan cara yang efektif dalam menurunkan panas. Misalnya tidak memakai pakaian apa-apa setelah pulang kerja (naked). Namun ingat ya, tidak berpakaian sama sekali hanya dalam ruangan yang tidak bisa diakses orang lain, artinya hanya kamu sendirian. 

Hal ini menjadi cara paling nyaman untuk tetap adem. Selanjutnya adalah memakai pakaian longgar sehingga sirkulasi udara dapat terjaga dengan baik. 
Cara berpakaian lainnya adalah gunakan warna-warna terang dalam berpakaian karena warna-warna terang cenderung tidak menyerap panas. 
Nah, hal-hal diatas adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih nyaman karena dingin, tanpa harus memakai AC. Masih ada beberapa tips lagi yang harus kamu praktikan sendiri, penasaran kan? Tunggu postingan berikutnya ya.

Oleh : Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni