Tips Menjadi Perempuan yang Cantik dan Cerdas

Membicarakan tentang perempuan seolah-olah memang tidak ada habisnya. Ya, baik dan buruknya perempuan, selalu menjadi tanda bahwa makhluk ciptaan Tuhan tersebut begitu istimewa. Setiap perempuan tentu ingin diutamakan, ingin menjadi pusat perhatian, ingin menjadi yang terpenting bagi siapapun yang disayanginya. 

Begitu juga dengan kepribadian dirinya, perempuan manapun tentu menginginkan agar ia selalu menjadi perempuan yang menarik, cantik juga cerdas dalam setiap waktu. Menjadi seorang perempuan yang cantik dan cerdas tentu menjadi dambaan bagi setiap perempuan di dunia ini.

Perempuan yang cantik dan cerdas seolah-olah tidak memiliki celah untuk dilihat keburukannya oleh orang lain. Meskipun ada satu atau beberapa keburukan yang dimilikinya, keburukan tersebut seolah telah tertutup oleh kecantikan paras dan kepintarannya. 

Nah, jika kamu tertarik untuk terus mengembangkan diri kamu menjadi perempuan yang selalu cantik dan cerdas di mata siapapun, kamu wajib menyimak ulasan Nilni.com kali ini. Nilni.com akan memberikan kalian beberapa tips dan arahan agar kamu terus berada pada jalan yang lurus dan benar, menjadi wanita cantik dan cerdas seutuhnya. Penasaran? Mari kita simak bersama-sama!

1. Selalu berperilaku baik
help: pixabay
Good manners will always bring you in to a good life. Perilaku baik itu penting banget untuk siapapun, apalagi untuk seorang perempuan. Seorang perempuan itu memang dituntut harus berhati-hati dalam bersikap, sehingga perilakunya bisa pas sesuai porsinya. Berperilaku terlalu berlebihan atau yang biasa disebut ‘lebay’, justru akan membuat image diri kamu menjadi negatif, karena orang lain cenderung menilaimu dalah pribadi yang rumit. 

Perilaku yang berlebihan dan cenderung negatif, malah bisa mencoreng nama sendiri sebagai seorang perempuan. Berperilakulah dengan cermat dan tepat, sikapi kondisi dan situasi yang ada dengan bijak. Karena apabila kamu bersikap terlalu pasif dan nggak peka, itu juga bisa membuat image diri turun, lho.

Perilaku baik bisa kamu lakukan dengan cara – cara sederhana, kok. Contohnya, ya jangan pernah lupa mengucapkan kata ‘Terima kasih’ atau ‘Tolong’, dan juga ‘Maaf’. Banyak – banyak senyum dengan wajah yang sumringah ke setiap orang yang kamu kenal juga salah satu contoh sederhananya. 

Selain itu, mencegah pembicaraan yang bermaksud membicarakan kejelekan orang lain atau bergosip, juga perlu, lho. Semakin kamu menghindari itu, maka akan terlihat semakin cerdas dan berkelas, karena tidak terpengaruh dengan yang ada kebanyakan. Kamu juga harus selalu menjaga hubungan baik dengan siapapun di sekitarmu, khususnya dengan mereka yang sering berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari kamu. 

Orang tua, adik, teman, dosen, guru, dan lain-lain. Dalam menjaga hubungan baik ini mungkin adalah perkara yang cukup sulit, mengingat aka nada permasalahan dalam setiap hubungan. Tapi paling tidak, kamu sudah berusaha untuk menjaganya dengan selalu memberikan semangat positif pada orang disekeliling kamu.


2. Jangan berdebat terlalu banyak

Perempuan selalu memiliki alasan kuat yang berasal dari hatinya. Itu sebabnya mengapa kebanyakan perempuan memiliki kemampuan berdebat yang cukup baik. Namun, apabila kamu terlalu menonjolkan kemampuanmu untuk berdebat dan hasilnya justru berlebihan atau over, justru kecerdasan dan kecantikkan kamu malah makin nggak terpancar.
Jangan seringberdebat, dan selalu berikan komentar, respon, tanggapan yang positif setiap kali diperlukan. Pikiran yang positif sedikit demi sedikit akan membangun citra diri kamu menjadi pribadi yang cantik, sederhana dan cerdas.

3. Jangan minum alkohol dan jangan merokok!

Perempuan yang cerdas dan cantik, tentu adalah perempuan yang peduli akan kesehatannya. Bila temanmu kebanyakan menyentuh dua hal ini, minuman berakohol dan rokok, kamu harus bisa mengontrol diri. 

Buktikan kepada diri kamu sendiri bahwa kamu adalah sosok perempuan yang mampu menginspirasi banyak orang karena tidak mudah terpengaruh. Meminum minuman beralkohol dan merokok, akan membahayakan diri dan kesehatan. 

Perilaku minum dan merokok pun cenderung dinilai sangat negatif jika dikonsumsi oleh perempuan. Mau menghindarinya atau dibicarakan negatif oleh banyak orang?


4. Hindari jadi pusat perhatian karena hal-hal aneh

Menjadi pusat perhatian karena prestasi yang membanggakan, tentu mencerminkan kepribadian kamu yang cerdas dan menarik. Tapi, gimana kalau menjadi pusat perhatian karena teriakan suara yang cempreng, jeritan suara yang mirip suara peluit, atau lari – larian nggak jelas kayak anak kecil?

Kadang, melakukan hal seperti itu memang menyenangkan. Tertawa sekeras kerasnya tanpa ada batasan sedikitpun. Tapi, kita perlu ingat bahwa perempuan harus bisa memposisikan dirinya dimanapun dan kapanpun. 
Kalau di tempat umum, hal-hal aneh kayak gitu wajib dihindarin deh. Tetap jaga sopan santun, supaya kamu dinilai menjadi perempuan yang anggun, baik hati, cantik dan cerdas.

5. Tetap berpikir positif

Namanya juga perempuan. Sering berantem karena masalah kecil, udah jadi hal yang wajar. Nah, apabila nemuin orang yang membencimu nih, itu saatnya nunjukkin bahwa kamu adalah perempuan yang berkelas. Gimana caranya? 
Jangan hiraukan mereka yang membenci, dan tetap sebarkan semangat positif dari dalam diri kamu ke orang-orang yang ada di sekitar kamu. 
Yang terpenting, jangan ganggu kesenangan orang lain. Sisanya, biar orang lain yang menilai. Kamu nggak perlu capek – capek melawan mereka yang membencimu. Ingat, seorang perempuan yang berkelas dan terpelajar, tidak pernah menggubris orang –orang semacam itu. 

Pikirkanlah bahwa ‘’Mereka membenci saya, karena mereka tidak bisa seperti saya”. You are what you did and what you say. Tetap bijaksana dalam menyikapi mereka, dan syukurilah apa yang ada dalam diri kamu saat ini.


6. Mandi dan rawat diri setiap hari
perfume: pixabay
Mandi dan merawat diri adalah salah satu kunci utama dari pancaran kecantikan diri kamu secara fisik. Rawat terus kulit indahmu sebagai seorang perempuan, begitu juga dengan wajah dan bagian-bagian tubuh lainnya. 

Untuk menjadi cantik tidak harus putih dan berambut panjang, kok. Yang penting adalah bersih, wangi dan terawat. 


7. Minum banyak air putih

Mengkonsumsi banyak air putih kedengarannya memang sederhana, tapi efeknya luar biasa. Meminum banyak air putih dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar, serta pikiran kamu pun lebih mudah terbangun secara positif. 

Mengkonsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas perhari juga dapat menjadikan kulit kamu lebih sehat dan terjaga, lho!


8. Organisir pekerjaan kamu serapih mungkin

Apapun yang kamu lakukan, semuanya berawal dari meja kerja atau meja belajar. Paling enggak, kamar, deh. Yap, kamu bisa merapihkan kamar, meja belajar ataupun meja kerja kamu serapih dan seindah mungkin untuk menumbuhkan mood dan semangat setiap harinya.

Kalau pembangkit dasar mood kamu aja udah berantakan dan nggak tertata rapih, jangan heran juga kalau mood dan hasil kerja kamu sering berantakan. Mood dan semangat ini nantinya bisa mengarahkan kita untuk selalu bersikap dan berpikir positif, lho. Sehingga kecantikan dan kecerdasan kita semakin terpancar.


9. Senang menolong

Bersikap baiklah pada siapapun yang ada di sekeliling kamu. Nggak perlu menunggu apapun untuk membantu orang lain, selagi bisa membantu, ya harus dibantu. Tebarkan terus pesonamu sebagai perempuan yang penyayang dan suka menolong, dimanapun, sesederhana di dalam rumahmu sekalipun.
Jangan jadi perempuan yang cenderung tidak peka terhadap keadaan sekitar dan kondisi sosial di sekelilingnya. 

10. Temukan dan asah terus bakatmu

Kecantikan dan kecerdasan akan semakin terpancar ketika kamu bisa unggul dengan bakat yang dimiliki. Untuk itu, gali terus bakat yang dimiliki. Menyanyi, menari, bermain gitar, membuat film atau video, fotografi, dan lain sebagainya, bisa kamu jadikan kelebihan dari diri kamu loh. 
Biasanya, bakat  - bakat seperti itu berawal dari hobby dan minat yang udah lama kamu selami. 
Seriusi bakat kamu dengan mengasahnya terus – menerus. Lebih baik lagi, jika bakat yang dimiliki bisa menjadikanmu sebagai perempuan yang unggul, atau justru bisa dijadikan pekerjaan yang dapat membuat kamu terlihat lebih mandiri.


11. Jangan banyak makan junk food
fast food: pixabay
Junk food memang godaan terbesar untuk perut kaum perempuan. Rasanya yang enak membuat siapapun yang mengkonsumsinya menjadi ketagihan. Selain waspada akan gendut dan berat badan yang bertambah, junkfood juga tidak baik untuk kesehatan kamu dalam jangka panjang.

Jadi, lebih baik menghindarikan, daripada mengobati penyakit yang sewaktu-waktu nanti muncul? Oh iya, junk food juga nggak bagus buat kulit, lho. Jadi ya, dikurang-kurangin aja deh buat yang masih sering makan makanan cepat saji ini.


12. Bersosialisasi dan mudah bergaul

Selalu perbanyak teman, jangan pernah malu untuk memulai sebuah hubungan pertemanan baru. Semakin banyak teman, kamu akan semakin dinilai baik oleh banyak orang. Bersosialisasilah dengan baik dan supel, serta temukan kesamaan yang ada di dirimu dengan orang yang kamu temui.
 Being humble is lovable, right?

13. Jangan pernah tunjukkan kemarahan

Marah di depan umum adalah suatu hal yang haram hukumnya dilakukan oleh seorang perempuan. Etikanya sangat salah. Untuk itu, apabila sewaktu – waktu amarah kamu tersulut karena hal apapun, ada baiknya kamu bersabar atau pergi menyendiri untuk beberapa saat guna meredakan amarah kamu. 

Pergi ke toilet sebentar untuk menenangkan diri, adalah salah satu contoh yang tepat.


14. Buatlah siapapun nyaman di dekatmu

Jadilah pribadi yang hangat, ceria dan bisa menempatkan diri sesuai dengan kebutuhan lawan bicara. Ketika waktunya serius, maka kamu bisa serius. Ketika momennya bersenda gurau, bisa bercanda dengan gaya sendiri. 
Jadilah pribadi yang fleksibel, dan buatlah orang-orang di sekelilingmu merasa nyaman.
Begitu juga dengan laki-laki yang kamu sukai. Buatlah ia selalu merasa nyaman dideketmu, sehingga dia sulit berpaling dengan yang lain. Perbanyak senyum dan jadilah diri sendiri yang apa adanya. 


15. Jaga harga diri

Sebagai seorang perempuan, tentu kamu harus menjaga harga diri kamu. Tidak terlalu tinggi, tetapi tidak juga terlalu rendah. Tidak jual mahal, tetapi juga tidak murahan. 

Kamu harus bisa menempatkan diri kamu sesuai dengan apa yang diharapkan. Tetap berpikir positif dan jangan patah semangat meraih mimpi – mimpi yang telah kamu rancang sebelumnya.

Tidak perlu menjadi wanita yang sempurna agar disukai banyak orang. Karena gak ada wanita yang sempurna di dunia. Karena kesempurnaan hanya milik Sang Pencipta.

Oleh: Intantya Putri

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni