Wunderlist, Aplikasi Pengatur Agenda Harian Terbaik

Time : Pixabay
Wunderlist Membuat Hidupmu Teratur Karena,

Merasa pola hidupmu standar, monoton atau bahkan amburadul?

“Kayak nama lagu ya, Mas Penulis.”

“Lagu apa?”

“Amburadul... emeseyu... bahrelway... bahrelway...”

“...........”

Kalau kamu merasa kesulitan untuk mengatur jadwal sehari-hari, atau sudah sering menuliskan jadwal sehari-hari tapi capek karena dari dulu nulisnya selalu pakai kertas, tenang. Postingan ini buat kamu. Iya, kamu. 

Karena kali ini Nilni bakal membahas tentang pengelolaan waktu sehari-secara lebih simpel. Yakni cukup memakai software saja, dan agenda kamu baik yang sudah maupun akan terlaksana bisa terangkum dengan baik.

Dengan manajemen waktu teratur, tentu akan ada banyak manfaat menarik yang bisa dipetik dari kebiasaan ini. Maka dari itu selain bahas softwarenya, Nilni juga ngomongin tentang manfaatnya. 

Pertama-tama kita harus kenalan dulu ya. Namanya sama kayak yang tertera pada judul: “Wunderlist.” Jadi ini adalah aplikasi untuk mencatatkan agenda sehari-hari. Sebenarnya udah ada banyak sih aplikasi serupa seperti Any.Do dan Astrid. 
Tapi kalau ada banyak aplikasi sejenis, kenapa hanya Wunderlist yang meraih predikat dari Apple sebagai Aplikasi Terbaik tahun 2013?
Pasti ada sesuatu yang aneh. Bukan. Bukan karena jurinya dipelet waktu mau ngasih penilaian. Tapi hal berbeda yang disajikan oleh Wonderlist itu sendiri. Karena seperti kita tahu bahwa Apple itu bukan perusahaan kemarin sore. 

Apple adalah perusahaan besar dan ternama yang juga menanamkan idealisme dalam produknya. Nggak mungkin lah asal-asalan menyematkan penghargaan pada aplikasi tersebut.

Dan setelah Mas Penulis cari tahu, akhirnya ketemu juga benang merah kenapa Wunderlist diminati bahkan sampai dinobatkan sebagai aplikasi terbaik.



1. Lebih Lengkap

Semua fitur aplikasi pengingat ada di Wunderlist loh. Coba bandingkan dengan yang lain deh. Karena melalui Wunderlist kamu bisa sharing dengan teman, kegiatan yang harus didahului kegiatan lain, pengaturan untuk membuat kegiatan yang berulang bahkan hingga email pengingat yang terkirim secara otomatis. Ada. Pokoknya semua ada.

Sekarang sih yang ada Wunderlist versi 2, dan mereka sedang bekerja keras bikin Wunderlist yang versi 3. Menurut isu yang beredar, Wunderlist malah berencana menjadikan aplikasi pengingat sebagai sebuah gaya hidup mobile. Jadi dengan sistem tersebut, pengguna dapat mengupdate jadwal kapanpun dan dimanapun.


2. Sinkronisasi

Banyak euy! Karena sekarang Wunderlist bisa support di beberapa platform seperti Mac OSX, Windows, Linux, iPad, iPhone, Android, Windows Phone dan Blackberry.


3. Desain Menarik

Kalau kamu sudah pernah nyoba Any.Do pasti bakal merasakan kerumitannya. Udah gitu desainnya standard pula. Berbeda dengan Wunderlist yang selain fiturnya lengkap juga lebih mengedepankan desain menarik dalam penampilannya. Itu terbukti dari semua background yang mereka tawarkan, yakni selalu memberi kesan elegan dan tenang. Kamu bisa mengganti tema background-nya dari beberapa tema yang telah disediakan oleh Wunderlist.


4. Sederhana

Wunderlist nggak punya berbagai pilihan yang neko-neko. Sederhana. Fiturnya pun cukup di sekitaran pencatatan aja. Tapi itu malah baik loh, karena mampu membuat pengguna fokus. Coba bayangkan kalau Wunderlist punya banyak fitur kayak bisa buat chating, upload foto, atau malah bisa buat keramas. Wuih, niscaya seluruh pabrik shampoo bakal tutup.


5. Mudah

Cara menggunakan Wunderlist ini juga cukup memudahkanmu dalam memanajemeni daftar pekerjaan. Cukup nulisin di salah satu task group, lalu set tanggal dan taraaaa... KELAR! Itu juga bisa langsung secara otomatis tersinkronisasi ke server. Dan tentunya bisa diakses di berbagai platform lain, diantaranya seperti platform-platform nomer 2 diatas. Selain itu kamu juga bisa mengaturnya biar bisa diterima ke inbox email. Enak kan?


6. Kolaborasi

Selain gampang, Wunderlist juga menyediakan fitur kolaborasi loh. Jadi ini bisa diberlakukan untuk lebih dari satu task group. Caranya cukup menuliskan e-mail teman-teman kamu, dan secara otomatis mereka juga akan menerima daftar pekerjaan atau to do list yang sama. Ini cocok banget diterapkan untuk komunitas, organisasi dan keluargamu. Eh, keluargamu kan keluarga Mas penulis juga. Ganti aja deh, jadi: ‘keluarga kita’.


7. Sharing

Wunderlist menyediakan fitur sharing file melalui CloudApp (khusus untuk pengguna Mac OSX). Caranya gampang juga nih, cukup masukin kode dari Wunderlist ke dalam akun CloudApp kamu.
Selain itu Wunderlist juga bisa di share ke sosial media seperti facebook dan twitter. 


8. Cetak

Kali aja kamu pengen menggunakan hard copy untuk bahan saat rapat atau presentasi. Coba kalau listrik mati, susah kan? Cara paling enak ya cuma membagi hard copy ke para peserta. Jadi mereka bisa melihat secara langsung agenda harian atau rencana-rencananya sebagai bahan evaluasi. 

Nah, problem di beberapa aplikasi adalah kalau nggak bisa di print. Masak mau nunjukin satu per satu. Apalagi kalau laporannya di smartphone. Nggak efektif bukan? Maka dari itu Wunderlist menyediakan fitur untuk mencetak daftar to do list dengan harapan kalau pengguna pengen nyetak jadi lebih gampang.


9. Gratis

Iya, Mas penulis tahu, kalau kamu baca ini pasti matamu berbinar-binar kan? Hati bahagia tiada tara seolah terbang ke angkasa bersama Lazada.

Jadi sejauh ini Wunderlist masih gratis dan boleh dipakai siapa aja. Mau kamu presiden, mau kamu rakyat, atau bahkan kamu si pembuat aplikasi Wunderlist-nya. Semua boleh pakai. FREE! Seneng kan? Lumayan menghemat pengeluaran lah. Udah hemat, waktu sehari-hari terkontrol dengan baik pula.


Memanajemeni waktu juga memiliki banyak manfaat 

Time : Pixabay

Diantaranya :


1. Mempercepat Urusan Apapun

Coba kalau semua agenda telah kamu rencanakan dengan matang. Lalu semuanya kamu selesaikan satu per satu sesuai prioritas. Pasti urusan kamu bakalan cepat kelar. Karena ketika ada deadline baru menyapa, kamu tinggal menginputkan saja sesuai prioritas. Jadi untuk setiap agenda, kamu punya alokasi tersendiri untuk menyelesaikannya. Sehingga urusan apapun cepat terselesaikan.


2. Disiplin Diri

Mungkin kita sering banget melalaikan waktu dan bahkan nggak produktif dalam menyelesaikan pekerjaan. Tapi dengan adanya aplikasi Wunderlist tadi, otomatis kita jadi tergerak untuk menyelesaikan setiap agenda secepat mungkin. Sehingga ini juga bisa sekaligus mendidik diri agar lebih disiplin. Segala sesuatu itu dilatih, termasuk disiplin. Urutannya kan: DIPAKSA – TERPAKSA – TERBIASA – BISA – LUAR BIASA.

Kalau penggunaan aplikasi dan pelaksanaannya tadi sudah bisa kita patuhi, tanpa terasa disiplin itu akan menempel. Tahu-tahu disiplin aja. Padahal dulu sukanya nelat. Dulu seneeeng banget nunda-nunda. Tapi setelah disiplin diri menempel, jadi sebel deh untuk menghambur-hamburkan waktu.


3. Banyak Waktu Berlibur

Kalau ada yang suka ngaku sibuk sampai nggak ada waktu untuk liburan, coba deh cek waktunya. Bisa jadi ada yang salah di bagian pengelolaan waktu. Orang kaya yang jumlah duitnya kebangeten aja punya waktu liburan kok, masak yang karyawan ngaku-ngaku nggak punya. Cek agenda di Wunderlist ah!

Dengan menggunakan waktu secara bijak, kamu bakal punya peta waktu sendiri. Kapan harus kerja, kapan harus bercengkrama dengan keluarga dan kapan harus berlibur. Kalau gitu kan jadinya hidup seimbang. WORK HARD, PLAY HARD!

Sebagai penutup, Mas penulis mau ngeshare quote keren dari Paul Hawken:
"Good management is the art of making problems so interesting and their solutions so constructive that everyone wants to get to work and deal with them."
Oleh : Ahmad Mufid

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni