1000 Rupiah di Jakarta? Mau beli apa?

Pada zaman orang tua kita masih muda dan mungkin masih sekolah, nilai uang seribu hampir sama dengan uang seratus ribu, bahkan mungkin bisa sama dengan satu juta. Ayah tim Nilni berkata, upah untuk pegawai kasar harian aja masih Rp 250,00 per hari di tahun 1970-an. Bagi kalian yang mengenal dunia persekolahan sebelum tahun 2005, mungkin masih sering mendapati uang Rp 50,00 bisa buat beli permen dapet 2 buah atau satu buah es lilin.

Uang seribu, beli apa? via vemale.com

Seiring perubahan-perubahan yang terjadi, saat ini uang 50 perak atau 100 perak udah jarang banget kita temui.  Para pedagang saat ini ketika ngasih kembalian kalau hanya 100 atau 200 perak mending dikasih permen, iya nggak? Itu mungkin bisa ya, kalau permennya dikumpulin bisa jadi satu plastik, terus dikembaliin lagi ke pedagangnya minta ditukar pakai uang? Udah kayak jaman dulu aja barter, permen jadi pengganti receh.

Makin kesini, harga barang-barang makin melonjak dan nggak terkontrol lagi. Saking mahalnya harga barang-barang saat ini, untuk uang seribu bisa dapat apa ya? Uang jajan adik saya aja yang sekolahnya cuman 5 menit dari rumah, per hari Rp 5.000,00. Itu adik saya yang masih SD, terus sekolahnya aja di kampung, masih di kawasan D.I Yogyakarta. Kamu tahu kan kalau Jogja itu katanya terkenal murah meriah. Nah, kalau yang sekolahnya di kota besar apa lagi sekelas Jakarta, masih adakah nilai dari nominal Rp 1.000,00?

Kalau di Jogja, dengan uang seribu kamu masih bisa beli 2 buah gorengan, satu buah roti, es tung-tung, 2 buah kacang pilus, masih banyak banget deh. Itu di Jogja lho, kemudian saya mencoba berpikir bagaimana kalau Jakarta? Kemarin saya mencoba memposting satu pertanyaan di Facebook Group Jakarta Low End Living, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan yang berputar-putar di dalam kepala saya. Jakarta Low End Living itu intinya adalah komunitas yang mengajarkan berbagai pola pikir hidup hemat di kalangan masyarakat Jakarta.

Berikut pendapat mereka: 

"Hal paling asyik apa yang bisa temen-temen dapetin dengan uang 1000 perak di Jakarta?"


Bayar kencing di toilet umum

Buat bayar toilet umum via lebahmadu-honeybees.blogspot.com
Hidup di zaman sekarang susah banget ya, buat kencing aja harus bayar. Masih untung bernafas sama kentut nggak bayar, gimana kalo harus bayar? Bayar kencing udah berlaku dimana aja, di SPBU-SPBU juga udah biasa bayar, pokoknya di toilet umum, sama di tempat-tempat wisata. Ada yang masih menerapkan Rp 500,00 buat sekali kencing, jadi kaau Rp 1.000,00 bisa kencing dua kali. Tapi kebanyakan memang Rp 1.000,00 untuk seklai kencing.


Disimpen aja di saku, udah bikin seneng

Simpan di saku via  www.108csr.com

Orang-orang zaman dulu bilang, kalau bisa dompet atau saku jangan sampai kosong. Harus ada uang walaupun cuman Rp 500,00 atau Rp 1.000,00. Itu katanya buat pancingan, biar rejeki cepet datangnya. Ya, walaupun cuman seribu rupiah itu juga uang, daripada nggak ada duit sama sekali, iya nggak?


Buat beli daun salam/ sereh/ seledri/ daun bawang seiket di pasar. Bumbu wajib makanan rumah

Buat beli bumbu dapur via pixabay.com 

Buat para ibu-ibu rumah tangga atau siapapun yang doyan ke pasar terus belanja keperluan sehari-hari, pasti uang seribu ini masih berguna banget. Dengan uang segitu, kalian masih bisa beli bumbu pokok makanan rumah.


Kasih ke pengamen kan asik bisa dapet hiburan

Kasih ke pengamen via www.kaskus.co.id

Atau mungkin saking bingungnya uang seribu mau kamu buat apa?  Bisa deh dikasih ke pengamen yang nggak sengaja lewat di depanmu. Selain sedekah, kamu juga bakalan dapet hiburan yang bisa membuat hatimu senang.


Beli krupuk micin

Beli kerupuk micin? via yiskandar.wordpress.com

Kamu laper? Di rumah cuman ada nasi putih? Uang tinggal 1000? Beli aja krupuk micin, buat nambah gurih-gurih dikit daripada cuman makan nasi putih.


Kasih ke pengemis bisa dapet pahala

Kasih sama pengemis via www.jdih.net

Daripada uang seribu nganggur aja di kantong apa dompetmu, kasih aja ke pengemis, mereka lebih membutuhkan. Selain kamu bikin uang seribu itu berguna, kamu juga bakalan dapat pahala yang tak ternilai harganya.


Masukin aja ke celengan

Nabung di celengan via cr7sins.blogspot.com

Daripada kamu menelantarkan uang seribu rupiah, mending kamu masukin aja ke celengan pribadimu. Ya siapa tahu itu bakalan berguna suatu saat nanti. Kamu pasti ingat kan pepatah yang mengatakan ‘Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit’. Pertama memang seribu rupiah, kalau tiap hari seribu, dalam satu tahun bisa terkumpul 365 ribu, banyak juga kan? Bisa dapet berapa gorengan itu?


Beli air mineral gelas, soalnya saya nggak begitu suka soft drink

Beli air mineral via http://www.freelists.org

Rasa haus yang menyiksamu bisa kamu atasi dengan uang seribu rupiah. Masih nggak percaya? Coba aja ke warung terus beli air mineral gelasan. Biasanya malah ada yang ngasih kembalian karena harganya kurang dari seribu rupiah.


Buat bayar 'Pak Ogah'

Kasih ke pak Ogah via foto.liputan6.com

Dengan membayar seribu rupiah kepada Pak Ogah ketika hendak putar balik di jalanan Jakarta, maka perjalananmu akan lancar. Daripada nunggu lama dan nggak ada yang mau ngalah, mending kasih aja seribu rupiah ke Pak Ogah, perjalananmu akan terasa sedikit lebih lancar.


Beli gorengan 2 yang kecil-kecil

Beli gorengan via www.sunpride.co.id

Emang masih ada ya gorengan yang harganya gopek? Ya, daripada nggak dapet apa-apa, kamu bisa kantongin dua buah gorengan kecil dengan seribu rupiah.


Beli tauge

Beli tauge viakiosanekaherbal.blogspot.com

Jangan salah, seribu rupiah ini masih berharga banget lho buat kamu pecinta vegetarian. Di Jakarta dengan seribu rupiah kamu masih bisa menikmati tauge/ kecambah yang bisa membuatmu lebih sehat. Buat cowok-cowok nih recommended sekali, tauge bagus buat kesuburan.


Beli koran pagi pada sore hari di terminal blok M (yang di jalur bus/ metromini)

Beli koran lama via paperbeks.indonetwork.co.id

Kalau kamu beli koran pagi hari emang harganya masih mahal. Buat bisa baca koran, minimal kamu harus ngluarin uang sekitar Rp 3000,00. Nah, kalau masih ngebet pengen baca koran tapi uang cuman seribu perak, mending belinya sore hari. Koran yang dijual sore, biasanya itu udah yang nggak laku, dan bakalan dijual murah/ banting harga. Cocok deh buat kamu yang nggak ada duit, bagaimanapun juga budayakanlah membaca.


Beli sereh/ jahe buat dibikin wedang sereh/ jahe hangat

Beli jahe buat dibikin wedeng jahe via tipskesehatanlengkap.com

Seribu rupiah itu masih bisa banget lho buat bikin badan kamu terasa hangat. Beli aja sereh atau jahe, seribu masih dapet kok walaupun secuil ajah, lumayan bisa dibikin wedang sereh/ jahe, seger deh pokoknya.


Buat beli mainan blowing balloon



Beli mainan ini masih dapat gopek satu tube, terus main deh. Memang sih katanya beracun, tapi belum pernah aku denger ada anak mainan ginian terus mati. Berbahaya dikit, tapi cukup fun kok, uang seribu masih ada kembaliannya gopek.


Beli seledri buat di jus

Beli daun seledri via tipskesehatanlengkap.com

Seledri itu jenis sayuran yang harganya terhitung paling murah, soalnya dengan uang seribu rupiah di pasar kamu masih bisa dapet satu ikat. Dengan satu ikat seledri kamu bisa bikin beberapa gelas jus seledri. Lumayanlah, uang seribu masih ada manfaatnya buat jaga kesehatan.


Buat kerokan kalau lagi masuk angin

Koin seribu buat kerokan masuk angin via lintasanpelangi.blogspot.com

Sekarang ini udah ada uang koin seribuan. Buat kamu yang hobi masuk angin ini berguna banget buat kerokan. Dari bentuknya aja udah bermanfaat, apalagi nilainya?


Masih dapat es mambo di warung sebelah, lumayan buat ngadem siang-siang

Beli es mambo biar seger via firasty-ekanjani.blogspot.com

Sekarang kan lagi musim panas, nggak malam nggak siang keringetan terus. Bobo aja harus pake kipas angin 24 jam. Biar adem, beli aja es mambo, masih tetep bermanfaat kok uang seribunya.


Buat beli kerupuk udang

Kerupuk udang via kaskus.co.id

Ya walaupun cuman dapet satu lembar aja, udah cukup bikin kamu bahagia. Paling nggak nasinya ada temennya, ada aroma seafoodnya.


Buat bayar naik mobil odong-odong

Main mobil odong-odong via kaskus.co.id

Odong-odong kayaknya sekarang lagi naik daun ya? Kamu bisa keliling kampung tiap sore atau minggu pagi pake nih odong-odong. Bayarnya mungkin bisa lebih dari seribu, tapi kalau emang punyanya segitu, bisa deh naik walaupun cuma setengah jalan.


Air Es

Beli air es via medisian.blogspot.com

Dari pada kehausan terus ludah juga udah nggak ada lagi buat ditelan, mending jajain aja itu uang seribu di saku kamu buat beli air es walaupun nggak manis. Lumayan lah buat bikin kerongkongan basah.


5 amplop ukuran sedang, beli di warung/tukang fotokopi. Paling nggak bisa di pakai untuk datang ke acara resepsi

Buat beli amplop putih via sobekan-majalahdinding.blogspot.com

Berawal dari seribu rupiah dan berubah wujud jadi amplop. Ini bisa buat modal makan dan minum gratis di acara resepsi tetangga. Nggak perlu diisi juga nggak papa, toh nggak bakalan ada yang tahu.


Buat beli permen

Beli permen via bloggkaskus.blogspot.com

Buat ngilangin bosen, uang seribumu bisa dibeliin permen aja. Itung-itung buat peregangan otot-otot mulut daripada bengong.


Bayar parkir 

Buat bayar parkir via danangsetiaji.blogspot.com

Hal yang paling mungkin dilakukan dengan yang seribu ya buat bayar parkir, tapi juga udah banyak sih tarif parkir yang dua ribu. Kalau dimintain tambah, bilang aja nggak ada uang kecil.


Di mall-mall elit bisa di buat beli 1 barang di bawah harga seribu contohnya beli peniti di Gramedia

Beli peniti via ip2bandung.com

Kalau kamu belum yakin, mending dating aja ke Gramedia sambil bawa uang seribu rupiah. Cari aja peniti atau jarum, tanya sama pegawainya, kalau udah beli deh.


Bayar fotokopi 5 lembar

Bayar fotokopi via klik77.blogspot.com

Kalau kamu fotokopi cuman lima lembar nggak usah bayar pakai uang seratusan ribu, kasihan cari kembaliannya. Mending gunain aja uang seribu kamu yang hampir lecek tuh di dompet.


Buat  naik KRL bisa dapet 6 stasiun

Naik KRL via id.wikipedia.org

Ini yang paling gokil, kamu bisa naik KRL nglewatin 6 stasiun cuman pakai uang seribu rupiah. Tapi syaratnya, kamu naiknya tahun 2000 waktu KRL masih belum ada aturan kayak sekarang.


Buat beli sampo sasetan

Beli sampo sasetan via denydwilestari2.blogspot.com

Rambutnya udah gimbal tuh, satu bulan ya nggak keramas? Beli aja sampo sasetan, seribu bisa dapet dua, kalau yang merek tertentu bisa dapat empat malah. Lumayan kan, rambutnya bisa tetep wangi.


Rokok kretek eceran satu batang

Rokok sebatang via feedfriends.blogspot.com

Buat para pecandu rokok, uang seribu itu masih berguna juga buat ngilangin rasa asem di mulut. Masih bisa dapet satu batang rokok kretek yang bisa menghilangkan dahagamu, atau mungkin menghilangkan nyawamu?


Beli cireng dapet satu biji

Beli cireng via d-frozen.blogspot.com

Buat ngeganjel perut yang kosong, bisa juga seribu rupiah dapet cireng, ya walaupun cuman satu biji aja. Cocol sambel dulu.


Bayar internet di warnet 5 menit

Ke warnet via feedfriends.blogspot.com

Ternyata masih ada harganya walaupun lima menit aja. Ke warnet aja, terus buka aja facebook dan bikin status. Kamu tetep bisa eksis di dunia maya dengan uang seribu rupiah.

Setelah mencermati 30 jawaban di atas, ternyata uang seribu masih sangat berguna dimanapun dan kapanpun. Pesan saya ‘jangan sia-siakan hal yang kecil, karena di balik itu tersimpan hal yang besar’. Bagaimana dengamu? Apakah uang seribu masih berarti?

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni