23 Khasiat Teh Hijau yang Harus Kamu Ketahui

Segarnya teh hijau memberikan kesegaran sendiri kepada orang yang meminumnya karena warnanya yang hijau segar. Teh hijau ini dapat tumbuh subur di Indonesia khususnya daerah yang sejuk. 

Green tea via pixabay.com

Teh hijau sekarang banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek jadi kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dan langsung bis diseduh. Minum teh hijau ternyata memberikan manfaat yang banyak. Kali ini saya akan mengulas 23 kasiat teh hijau yang harus kamu ketahui: 


Mengapa teh hijau?

Teh hijau telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Teh hijau ini berasal dari China,  dibawa ke Indonesia oleh para pedagang. Teh hijau ini juga telah banyak digunakan di Asia. Minuman ini memiliki segudang kegunaan dari menurunkan tekanan darah hingga mencegah kanker. 

Alasan bahwa teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang lebih melekat padanya daripada teh hitam adalah cara pengolahan. Teh hitam diproses dengan cara yang memungkinkan untuk fermentasi sedangkan pengolahan teh hijau menghindari proses fermentasi. 

Akibatnya, teh hijau mempertahankan jumlah maksimum antioksidan dan poli fenol zat yang memberikan teh hijau banyak manfaatnya. 

Berikut adalah daftar dari beberapa manfaat yang luar biasa dari teh hijau yang mungkin tidak kamu sadari: 


Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan via www.collegetimes.tv

Masalah berat badan adalah masalah umum yang sering di hadapi oleh para remaja baik laki-laki maupun perempuan. Gaya hidup praktis yang dikombinasikan dengan kebiasaan makan junk food dan beberapa minuman bergula dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang berhubungan dengan obesitas, seperti penyakit jantung, sleep apnea, diabetes, hipertensi, dan lain-lain. 

Untuk mencegah masalah obesitas ini terjadi pada kamu, alangkah baiknya memasukkan teh hijau dalam konsumsi sehari-hari untuk menyeimbangkan menu makanan yang dimakan. Karena teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempercepat keluarnya racun dari dalam tubuh. 

Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau bekerja untuk mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan tingkat di mana tubuh merubah makanan menjadi kalori. Seperti disebutkan sebelumnya, teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dikenal dengan Polifenol Katekin. 

Bahkan, teh hijau mengandung sepuluh kali jumlah Antioksidan yang bisa kita dapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Para ilmuwan telah mengidentifikasi enam jenis katekin dalam teh hijau salah satunya adalah Epigallocatechin Gallate (EGCG). 

EGCG dalam teh hijau ini akan meningkatkan metabolisme tubuh manusia, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan. 

Teh hijau juga akan mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga bisa mencegah keinginan makan berlebih.


Diabetes

Diabetes via www.huffingtonpost.com

Diabetes sering menjangkit orang yang sudah mulai lanjut usia, namun karena faktor keturunan bisa juga menjangkit orang yang masih muda. Jika gula darah atau glukosa ini dibiarkan terlalu tinggi maka dapat membahayakan tubuh. Salah satu kasiat teh hijau ternyata dapat membantu mengatur kadar glukosa dan memperlambat kenaikan gula darah setelah makan. 

Hal ini dapat mencegah lonjakan insulin yang tinggi dan mengakibatkan penyimpanan lemak. Teh hijau juga membantu memanajemen diabetes tipe II, karena mengandung antioksidan alami yang menghambat sekresi enzim yang dikenal dengan Alpha Glucosidase, yang pada akhirnya akan memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. 

Demikian hanya sedikit insulin yang diperlukan untuk mengelola glukosa dalam darah. Teh hijau juga dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa pada orang sehat.


Penyakit Jantung

Sakit jantung via obatjellygamatgoldg.net

Penyakit yang paling mematikan untuk manusia salah satunya adalah penyakit jantung. Penyakit jantung dapat menyerang manusia secara mendadak tanpa dirasakan gejalanya terlebih dahulu. 

Para ilmuwan berpikir, teh hijau bekerja pada lapisan pembuluh darah, membantu menjaga mereka tetap santai dan lebih mampu menahan perubahan tekanan darah. Hal ini juga dapat melindungi terhadap pembentukan bekuan, yang merupakan penyebab utama serangan jantung. 

Antioksidan Flavonoid dalam teh hijau telah dikenal bisa mencegah agregasi platelet yang merupakan faktor pemicu penyakit kardiovaskuler. Dengan demikian, asupan teh hijau mungkin bermanfaat bagi pasien yang terkena penyakit jantung koroner. 

Bahkan, penelitian menjelaskan bahwa teh hijau bisa mengurangi angka kematian akibat penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita.


Kanker Esofagus

Kanker esofagus via nurulfajrymaulida.blogspot.com 

Manfaat Teh hijau pada penderita kanker esofagus yaitu dapat membunuh sel kanker secara umum tanpa merusak jaringan sehat di sekitar mereka. Teh hijau juga dapat mengurangi resiko mengidap kanker yang lainnya.

Untuk itu memasukan teh hijau pada minuman sehat kamu maka akan sangat bagus untuk kesehatan jangka panjang. Lebih baik mencegah datangnya penyakit daripada mengobati bukan?


Menurunkan Kolesterol

Menurunkan kolesterol va obatherbalacemaxs.biz

Untuk kolestrol teh hijau dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan rasio kolesterol baik. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menimbulkan risiko kesehatan kamu, terutama penyakit jantung dan stroke. 

Teh hijau mengandung tanin yang telah dikenal menurunkan kolesterol secara alami dalam tubuh. Tanin membantu mengurangi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dalam tubuh. LDL juga dikenal dengan “kolesterol jahat”, karena dapat menyebabkan plak di arteri, sehingga menyebabkan penyumbatan. 

Studi ilmiah juga telah menunjukkan bahwa katekin akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga membantu mengurangi masalah kolesterol tinggi. Selain itu kamu juga harus menghindari makanan yang berkolesterol tinggi selain minum teh hijau secara teratur.


Alzheimer dan Parkinson

via www.examiner.com

Sejauh artikel kesehatan yang saya baca penyebab dari alzheimer sampai sekarang belum diketahui secara pasti dan obatnya pun belum ditemukan. Teh hijau disini berguna untuk menunda kerusakan yang disebabkan oleh Alzheimer dan Parkinson. 

Study yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa teh hijau melindungi sel-sel otak dari kematian dan mengembalikan sel-sel otak yang rusak. Teh hijau juga bisa untuk pencegahan dan pengobatan penyakit neurologis. 

Polifenol yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu menjaga bagian otak yang bertugas mengatur belajar dan memori. Hal ini akan memperlambat proses pengurangan acetylcholine dalam otak, dan juga mencegah kerusakan sel di otak. 

Konsumsi rutin teh hijau juga membantu pencegahan penyakit degeneratif dan neurologis seperti Alzheimer dan Parkinson. 


Tooth Decay 

Masalah gigi via www.wired.co.uk

Kamu mempunyai maslah gigi dan mulut? Teh hijau solusinya. Studi menunjukkan bahwa Antioksidan kimia "Catechin" dalam teh dapat menghancurkan bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi tenggorokan, karies gigi dan kondisi gigi lainnya. 

Teh hijau juga dapat untuk menyegarkan nafas. Hal ini karena teh hijau akan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit gigi. Bakteri juga merupakan penyebab utama bau mulut. 

Yang perlu kamu lakukan adalah mencuci mulut kamu dengan konsentrasi tinggi teh hijau, dan itu akan menyegarkan mulut kamu secara langsung. 

Teh hijau juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan gusi. Kamu juga dapat membuat pasta gigi dari cairan daun teh hijau dan dicampur dengan satu sendok teh baking soda. Hal ini tidak hanya akan membantu mengurangi peradangan gusi, tetapi juga akan mencegah pertumbuhan plak pada gigi.


Tekanan Darah

Engontrol tekanan darah via health.kompas.com

Tekanan darah juga menjadi masalah serius bagi kesehatan jika tidak diperhatikan. Konsumsi rutin teh hijau dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Teh hijau mengandung kafein, dimana diketahui tidak baik bagi penderita hipertensi. 

Tetapi karena persentase kafein teh hijau yang sangat rendah, maka efek positif secara keseluruhan akan aman buat  jantung. Hal ini membantu mengelola diabetes dan kolesterol, sehingga tekanan darah tinggi ikut terkendalikan.


Depresi

Mengatasi depresi via terapiemosi.com

Hubungan depresi dengan teh hijau mungkin dirasa agak aneh tetapi teh hijau juga mengandung Theanine. Theanine adalah asam amino alami yang ditemukan dalam daun teh. Ini adalah zat ini yang diperkirakan memberikan efek relaksasi dan menenangkan dan menjadi manfaat besar bagi peminum teh. 

Karena stress dan depresi adalah dua masalah lain yang mengancam kedamaian pikiran kamu. Teh hijau benar-benar dapat membantu melawan depresi. Penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang tua yang minum teh hijau setiap hari, kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi.

Teh hijau sebenarnya juga bagus untuk otak, karena Polifenol dalam teh hijau membantu otak  dengan jalan menjaga pasokan kebutuhan utamanya yaitu glukosa. Jika kamu stres segeralah minum teh hijau dengan es batu dijamin kesegarannya dapat membuat pikiranmu kambali segar.


Anti Virus dan Anti Bakteri 



Katekin teh adalah agen antibakteri dan antivirus yang kuat yang membuat mereka efektif untuk mengobati segala sesuatu dari flu hingga kanker. Dalam beberapa penelitian teh hijau telah terbukti dapat menghambat penyebaran berbagai penyakit. 


Skin Care

Menyehatkan kulit via pixabay.com

Nah, untuk kecantikan, teh hijau ternyata bisa juga membantu mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan. Hal ini karena teh hijau mengandung Antioksidan dan kegiatan anti inflamasi. Hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. 

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan mengambil kesimpulan positif yang berkaitan dengan manfaat teh hijau untuk kulit. Antioksidan juga bermanfaat bagi kulit, dan itu banyak terdapat dalam teh hijau. Teh hijau juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu kulit menjadi bercahaya, dan manfaat ini bisa diperoleh dari meminumnya atau penggunaan topikal. 

Formulasi kosmetik yang mengandung teh hijau adalah pilihan yang baik,  karena hal ini akan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Polifenol dalam teh hijau dikenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan .

Tips kecil cara menggunakan teh hijau untuk menyegarkan kulit. Pertama campur 100 gram teh hijau dan setengah liter air, dan diamkan selama 30 hingga 40 menit pada suhu kamar. Setelah itu saring cairan dan simpan di dalam lemari es. 

Kamu dapat menggunakan campuran ini untuk menyegarkan wajah setelah melewati hari yang panjang, mengobati ruam ringan, dan mengobati luka bekas panas matahari. Ini juga akan membantu kamu untuk membersihkan jerawat dan mencegah datang kembali. 

Kalau tahu dari dulu pakai teh hijau deh. Biar wajah nambah cakep gitu...

Daun teh hijau juga dapat digunakan sebagai Exfoliator. Campur 3 sendok teh yogurt dengan 1 sendok air daun teh hijau dan perlahan untuk memijat wajah, setelah itu biarkan selama 5 menit. Selesai, kemudian cuci dengan air hangat. 

Proanthocyanidins Oligomer adalah salah satu Antioksidan yang banyak ditemukan dalam teh hijau, yang membantu memperlambat proses penuaan dini. 


Mengurangi reaksi alergi

Alergi via inspirasi-cantikalami.blogspot.com

Jika kamu orang yang gampang alergi, meminum teh hijau adalah solusi yang tepat karena dapat mengurangi reaksi alergi. EGCG yang ditemukan dalam teh hijau menghasilkan Histamin dan Imunoglobulin, yang merupakan senyawa yang termasuk menghasilkan respon terhadap alergi. 

Dengan demikian hal ini akan membantu menghentikan reaksi dari alergin tertentu.


Teh Hijau Menyehatkan Rambut

Menyehatkan rambut via pixabay.com

Rambut yang sehat dan berkilau adalah dambaan setiap orang baik pria atau wanita. Teh hijau diketahui menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone), yang dikenal menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok. 

Senyawa teh hijau bereaksi terhadap Testosteron, sehingga jumlah dalam darah tetap seimbang sehingga tidak bereaksi dengan 5 Alpha Reductase dan berubah ke DHT. Juga membantu mencegah dan mengatasi masalah rambut yang umum seperti ketombe dan Psoriasis dengan mengurangi peradangan karena sifat antiseptik.

Teh hijau juga dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut. Ini karena mengandung Polifenol, vitamin E dan vitamin C, yang dikenal untuk meningkatkan kilau rambut. 

Kamu bisa membuat bilasan rambut dengan menggunakan 3 sampai 4 kantong teh hijau yang diseduh ke dalam setengah liter air, dan gunakan ini untuk bilasan terakhir setelah keramas menggunakan sampo dan kondisioner.


Khusus untuk wanita hamil

Wanita hamil via pixabay.com

Untuk yang kasus ini perlu didiskusikan dengan dokter karena teh hijau dapat menyerap zat besi dan asam folat dan juga mengandung kafein walau dalam jumlah yang kecil . Tetapi selain itu teh hijau memiliki Antioksidan yang tinggi akan membantu tubuh untuk memulihkan kerusakan sel, mengatur gula darah dan  kadar insulin, dan membantu mengendalikan hipertensi .

Hipertensi dan diabetes gestasional merupakan masalah umum terjadi pada akhir kehamilan. Tingkat Oksidan yang tinggi teh hijau membantu mengurangi kemungkinan terkena masalah ini,  karena akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari wanita hamil.


Mencegah Arthritis 

Mencegah artritis via enfermedades.saludisima.com

Teh hijau dapat melindungi tulang dari reumatik. Teh hijau bisa membantu mencegah dan mengurangi risiko rematik atau Rheumatoid Arthritis. Ini karena akan melindungi tulang rawan dengan cara menghalangi produksi enzim kemokin. 

Kemokin adalah protein yang mempromosikan peradangan dalam tubuh, yang dikatakan menghancurkan fleksibilitas tulang rawan di mana ini merupakan gejala umum arthritis.


Mencegah Kanker Kulit 

Mencegah kanker kulit via sehatituherbal.wordpress.com

Untuk daerah tropis yang terdapat limpahan sinar matahari perlu untuk menguonsumsi teh hijau. Polifenol yang terdapat dalam teh hijau akan menghambat pertumbuhan dua Protein vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) dan Hepatocyte Growth Factor (HGF), yang dikenal mempromosikan pertumbuhan sel tumor. 

Teh hijau akan membantu menghambat kanker akibat karsinogen dan sinar ultraviolet.


Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan imunitas via m.klikdokter.com 

Ingin sehat setiap hari? Minum teh hijau. Kenapa? Karena Antioksidan Polifenol dan Flavonoid pada teh hijau akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga akan membuat kamu lebih sehat dengan membantu mencegah dan melawan infeksi. 

Sejumlah besar vitamin C dalam teh hijau juga membantu kamu secara efektif dengan cara yang sama. Sehingga di cuaca yang tidak menentu yang kadang panas terus tiba-tiba mendung dapat melindungi kamu dari serangan beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.


Meringankan Gejala Asma

Mengatasi asma via obatalamiasma.com

Penyakit asma dalah penyakit yang cukup merepotkan bukan? Bagi orang yang memiliki masalah asma yang berat, teh hijau ini sangat berguna karena mengandung Teofilin, yang diklaim dapat mengendurkan otot-otot saluran bronkial, sehingga mengurangi keparahan asma. 

Sebagaimana disebutkan di atas, teh hijau juga mengurangi kepekaan terhadap alergi, sehingga menjaga reaksi asma terhadap setiap alergi.


Liver Menjadi yang Sehat

Menyehatkan liver via www.rebootwithjoe.com

Liver adalah organ penting di dalam tubuh kita karena dapat menyerap racun yang masuk di dalam tubuh. Teh hijau baik untuk kesehatn liver karena Antioksidan yang ada di dalamnya, di mana yang akan menghilangkan radikal bebas sehingga akan membantu menjaga hati tetap sehat. 

Kalau hatinya sehat bakalan anti galau nih. Kan di dalam hati yang sehat terdapat pikiran yang kuat.

Hal ini juga mengurangi risiko hati berlemak. Seperti dikatakan jika teh hijau juga membantu menjaga berat badan dan obesitas dengan meningkatkan tingkat metabolisme, dan mencegah gerakan glukosa dalam sel-sel lemak. Dengan demikian membantu mengurangi tekanan pada liver .


Mencegah Osteoporosis

Mencegah osteoporosis via medimoon.com 

Tulang sehat sampai tua. Kepadatan tulang yang rendah adalah masalah umum wanita, terutama setelah menopause. Osteoporosis menyebabkan tulang-tulang menjadi lemah dan rapuh, dan menyebabkan peningkatan risiko fraktur. 

Kandungan Fluoride yang tinggi dalam teh hijau akan membantu menjaga tulang yang kuat dan memperlambat kerusakannya, sehingga mengurangi kemungkinan terkena masalah seperti osteoporosis.


Menyembuhkan Penyakit Perut

Mengatasi sakit perut via greenpalapa.com

Masalah perut tuntas dengan teh hijau. Kemampuan teh hijau menghancurkan bakteri tidak hanya membuatnya menjadi antiseptik, tetapi juga membantu mencegah penyakit perut yang umum seperti infeksi keracunan makanan Dan lain-lain. 

Namun, tidak dianjurkan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena Tanin dalam teh hijau dikenal bisa meningkatkan sekresi asam di lambung.

Tabir Surya Alami

Tabir surya via inspirasi-cantikalami.blogspot.com

Bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan teh hijau dapat kamu jadikan tabir surya yang alami. Teh hijau membantu mencegah radikal bebas yang menetap di sel-sel kulit, di mana yang akan melemahkan sistem perlindungan kulit, sehingga menyebabkan pembentukan kerutan pada kulit .

Untuk membuat tabir surya, rebus setengah cangkir daun teh hijau dengan air dua cangkir selama 5 hingga 10 menit dengan api sedang. Saring dan biarkan larutan dingin sampai suhu kamar. Untuk menggunakannya, ambil sejumlah kecil bola kapas bersih untuk membantu mengoleskan pada wajah yang bersih. kamu dapat menyimpan sisanya dalam wadah kedap udara .


Kuku Menjadi Lebih kuat dan Mengkilat 

Menyehatkan kuku via pixabay.com

Teh hijau juga merupakan zat yang bisa membuat kuku kuat dan sehat. Untuk menghilangkan kekuningan pada kuku, rendam kuku hanya sekali seminggu. Dengan demikian kamu akan mendapatkan kuku menjadi kuat dan mengkilap setelah penggunaan beberapa minggu. 

Kamu juga dapat menggunakan minyak esensial teh hijau sebagai minyak kutikula, caranya cukup berikan setetes untuk setiap kuku sekali atau dua kali dalam seminggu. Hal ini akan mengatasi masalah kuku rapuh.

Kalau kayak gini nggak perlu perawatan ke salon. Kan lumayan uangnya bisa buat makan. Hihihi... perut aja dikasih makan, kulit dan kuku juga dong... 


Berapa Banyak Kamu Harus Mengkonsumsi Teh Hijau?

Dalam sehari kamu diharuskan cukup meminum air, jadi teh hijau ini dapt menjadi selingan minum air putih. Kamu bisa mengkonsumsi teh hijau di pagi hari agar dapat menyegarkan harimu, dan di sore hari sebagai penyembuh rasa lelah setelah beraktifitas seharian. 

Teh hijau hanya sehat dan bermanfaat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Mengkonsumsi secara berlebihan akan memperoleh efek samping . Hanya 2 atau 3 cangkir teh hijau dalam sehari sudah cukup untuk menjalani hidup sehat.

Semoga artikel 23 kasiat teh hijau yang harus kamu ketahui ini dapat bermanfaat buat kamu semua yang ingin hidup sehat dengan mengkonsumsi teh hijau. Selain sehat juga membuat kamu cantik alami.


Oleh: Wiwid Widyatun

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni