5 Game Fun yang Dapat Menjadi Media Pembelajaran Anak

Jika kamu tidak mengizinkan anak-anak untuk bermain video game hari ini dan di usia mereka, bisa dibilang kamu sedang menjauhkan mereka dari salah satu alat pendidikan yang sangat efektif. Memang, bermain dengan teman-teman usia sebayanya di luar rumah bisa sangat bermanfaat ketimbang bermain game. 

Namun, jika segala sesuatunya dilakukan secara berimbang, kami pikir tidak akan ada masalah dalam perkembangan anak. Mereka tetap mendapatkan kesenangan dan pengalaman bersosialisasi dengan bermain bersama temannya, ditambah kebutuhannya sebagai anak yang tumbuh di era modern juga terpenuhi dengan bermain game.

Tahukah kamu bahwa bermain game tidak hanya menyenangkan namun juga bisa bermanfaat sebagai media belajar anak. Kami tidak berbicara tentang mereka yang bermain permainan sepele di smartphone mereka seperti menghancurkan permen-permen atau menembakkan burung-burung ke bangunan dan membuat para babi babak belur. 

Sudah saatnya anak-anak mengalami sesuatu yang nyata. Real deal! Kita juga tidak akan membicarakan game edukasi yang tidak pernah dikembangkan secara serius dan hanya menjadi sesuatu yang membosankan untuk dimainkan. 

Baiklah, jika kamu belum pernah memberikan video game yang cocok pada anak-anak dan merasa pusing dalam memilih judul game yang tepat untuk mereka, berikut adalah 5 daftar game yang kami pikir kamu dan anak-anak di sekitarmu bisa menghargainya sebagai salah satu titik awal pembelajaran. 

Sebagai seseorang yang dibesarkan dengan video game, kamu akan menemukanbahwa judul-judul game yang kami sarankan ini bisa membuat perbedaan besar bagi perkembangan anak.


Star Wars: Knights of the Old Republic
Game ini dirilis untuk konsol Xbox pada tahun 2003 dan menjadi salah satu game berkarakter yang terkenal. Sekarang lebih mudah untuk mendapatkan game ini karena sudah dapat dibeli dengan harga murah atau bisa mendownloadnya lewat perangkat PC bahkan smartphone dan tablet (tapi kami tidak menyarankanmu untuk melakukannya).

Saat memainkan game ini, player akan masuk ke dunia fiksi ilmiah Star Wars yang penuh keajaiban. Kamu bisa menjelajah kota-kota menakjubkan dan berinteraksi dengan para NPC (Non-Player Character) bahkan berkomunikasi dan membalas setiap perkataan mereka dengan pilihan dialog yang disediakan.

Pemain game ini tidak hanya akan mengalami pengalaman mengeksplorasi dunia Star Wars yang luar biasa dan menjadi bagian dari kisahnya, mereka juga bisa mempelajari kosakata rumit dan konsep komunikasi dalam game dengan cara yang menyenangkan. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk memperkaya kemampuan berbahasa anak.

Game ini akan menanamkan sifat keberanian pada anak dan memperkaya kemampuan verbal. Percayalah suatu hari nanti ia akan berterimakasih pada game ini. Terimakasih game.....


Game ini juga membuat beberapa orang menjadi pecinta fiksi ilmiah. Seperti yang kita semua tahu bahwa fiski ilmiah tidak pernah menjadi sebuah hal yang buruk. Ingat bahwa sebagian teknologi yang kita nikmati sekarang, terinspirasi dari kisah fiksi ilmiah jaman dulu?

Sudah sejak lama genre fiksi ilmiah dikenal dapat meningkatkan imajinasi dan memacu seseorang untuk bekerja lebih keras guna memperbaiki kehidupan masyarakat yang ada saat ini.


Pokémon X

Game via www.nintendojo.com

Bagi mereka yang sudah dewasa, sepertinya mereka tumbuh besar dengan memainkan versi lama dari game ini. Namun sekarang sangat sulit menemukan anak yang mau memainkan Gameboy setelah mengenal iPhone dan sejenisnya. Oleh karena itu versi terbaru game Pokemon (X dan Y) harus diperkenalkan. 

Game Pokemon bisa menumbuhkan rasa petualangan yang benar-benar tidak dapat dicapai saat bermain game lain.

Setidaknya ketika seseorang benar-benar berada di usia muda (seperti sekitar 5 atau 6 tahun) mereka bisa begitu pandai memainkan game ini. Kita juga tidak bisa memungkiri bahkan sebagian orang dewasa kembali memainkan game ini untuk mencoba dan merebut kembali apa yang mereka rasakan sebagai anak-anak. 

Apa yang membuat game ini hebat dan layak untuk anak-anak adalah bahwa Pokemon adalah tipe permainan berbasis teks (dalam hal dialog), yang berarti kamu harus membaca dan memahami alur cerita jika ingin melanjutkan permainan. 

Hal ini akan mendorong anak-anak untuk mengembangkan keterampilan penting yaitu membaca ketika mereka merasa kesulitan dalam menangkap Pokemon dan menjelajahi dunia permainan. Tentu saja ketika mereka merasa pelajaran membaca di kelas begitu membosankan.


Mass Effect 3

Game via masseffect.wikia.com

Game ini dirilis pada tahun 2007. Mass Effect adalahsebuah contoh karya fiksi ilmiah yang sesungguhnya. Tidak hanya itu, game ini menyuguhkan salah satu cerita paling sensasional yang pernah diangkat ke dalam video game. Siapapun yang pernah memainkan seri game inibisa saja berpendapat mengenai alur ceritanya yang bahkan melampaui rata-rata film blockbuster Hollywood.

Memang game ini adalah jenis permainan yang disuguhkan untuk orang dewasa. Tetapi hal itu tidak berarti kamu harus menyembunyikannya dari anak-anak. Ngomong-ngomong anak bisasaja melihat lebih buruk di berbagai macamacara TV yang mereka tonton saat ini.

Mungkin cukup layak untuk memberi sedikit kelonggaran danmengenalkan mereka ke jenis cerita yang akan mendorong anak untuk berpikir lebih luas dan terbuka serta menggali informasi tentang sesuatu yang mereka pikir tidak akan pernah tertarik sebelumnya.

Sebagai contoh, setelah bermain Mass Effect beberapa orang mengaku begitu terpengaruh oleh ilmu pengetahuan. Hal itu membuat mereka pergi ke luar dan mulai membeli buku-buku yang relevan dengan permainan tersebut. 

Setelah membaca buku-buku yang terkait dengan game tersebut, orang-orang akan cenderungmenginginkan untuk membaca lebih banyak cerita yang sejenis dan tentu saja pilihan mereka akan jatuh kepada novel-novel fiksi ilmiah. Kamu mungkin tidak pernah tahu apa yang akan memicu keinginan seorang anak untuk membaca dan belajar hal baru sendiri sendiri. 

Namun, begitu mereka menemukan minat mereka, mereka mulai menggali sendiri banyak keterampilan yang kamu harapkan bisa dipelajari dengan baik di sekolah. Kemampuan tersebut terutama berkaitan dalam hal penguasaan dan kekayaan kosakata serta meningkatkan kemampuan membaca. Mass Effect terbukti berhasil memicu banyak orang dalam hal ini. Mengapa tidak mencobanyauntuk anak-anak?



Sim City 4
Ini adalah jenis game simulator tata kota yang sangat hebat.Tidak ada yang mampu menandingi kehebatan Sim City 4 selama 10 tahun terakhir. Ini adalah game lama yang dirilis puluhan tahun yang lalu jadi kamu mungkin bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah.

Jangan ragu untuk memburunya di toko CD game terdekat atau mendownloadnya di internet dan biarkan anak-anak menikmati game ini. Sungguh game ini adalah cara terbaik untuk bersenang-senang dan belajar sesuatu yang berharga sekaligus. Baik dari segi gameplay dan tujuanpermainan ini adalah untuk merancang, membangun, dan mengelola sebuah kota mandiri. 

Percayalah, tingkat kesulitan dan segala hal yang ada di game ini serupa dengan yang bisa kita temui di kehidupan nyata. 

Jika seorang anak memainkannya dengan baik mereka tidak hanya hebat, namun mereka akan jadi tahu lebih banyak tentang pendistribusian air dan listrik ke seluruh kota, berurusan dengan serikat pekerja, dan mengelola kejahatan dan polusi bahkan lebih baik daripada rata-rata politisi sekalipun. 

Tapi tunggu dulu, masih ada bagian yang terbaiknya: Sim City 4 memungkinkan pemainnya untuk menghancurkan segala sesuatu yang sudah membangun dengan cara yang super kreatif dan menyenangkan! 

Lelah mengelola kota yang sudah kamu bangun? Kirim robot dinosaurus untuk menghancurkan kota dengan kekuatan yang ia miliki. Kamu juga bisa membuat sebuah gunung berapi meletus atau mengirimkan pasukan alien pembawa kehancuran. Dunia ada dalam genggamanmu.

World of Warcraft

Game via  www.gamespot.com

Sebuah game online untuk anak, benarkah? Ya benar World of Warcraft disingkat WoW adalah salah satu game online tersukses di dunia. Tapi bukankah banyak kisah buruk yang terjadi seoutar permainan online? Kamu dan banyak orang tentunya tidak menginginkan hal buruk menimpa seorang anak yang memainkan game online. 

Nah, justru inilah saatnya bagi kamu orang yang lebih dewasa mendampingi anak-anak bermain. Percayalah dengan bentuk pendampingan yang tepat, seorang anak akan terhindar dari bahaya dan tetap menikmati saat-saat bermain game.

Aspek utama yang jadi keunggulan game online tentu saja, adalah aspek sosial. Beberapa anak yang mengalami kecanggungan dalam bersosialisasi dengan orang lain merasa terbantu dengan adanya game online di mana mereka juga bisa berinteraksi dengan orang lain dalam game. 

Game online juga menawarkan mereka cara untuk berhubungan dengan anak-anak lain di sekolah yang juga bermain game tersebut. Ngobrolin hobi ngegame di sekolah, tentunya hal yang menyenangkan bukan? Di luar aspek-aspek sosial, game ini seperti layaknya Pokemon yang penuh dengan eksplorasi berbasis teks. 

Game ini juga banyak konsep pengetahuan terapanyang setiap anak imajinatif bisa mempelajarinya dengan sangat cepat. Sekali lagi, anak-anak mungkin merasa bosan belajar tentang pelajaran mereka di baik di kelas, jangan buru-buru untuk memaksakan sesuatu yang tidak pernah mereka sukai. 

Lewat WoW mereka mungkin saja akan lebih menikmati menuangkan ide-ide cerita atau karangan tentang penyihir yang kuat, atau bahkan mendesain karakter eksentrik bahkan robot sekalipun.

Yang perlu diingat, sebagai orang dewasa kamu harus memantau seberapa jauh keterlibatan anak dalam game dan apa yang sudah ia dapatkan dalam hal aspek sosial dari permainan. Sebenarnya sebagianpemain WoW adalah orang dewasa, sehingga tidak dipungkiri akan banyak ditemui perilaku atau kata-kata yang tidak pantas bagi anak selama permainan. Tapi tenang sajakamu masih dapat mencegahnyadengan mematikan opsi obrolan dalam permainan. 

Untuk mengakhiri artikel ini, tema umum yang mengikat semua permainan yang terdapat dalam artikel inimenjadi satu kesatuan adalah bahwa permainan tersebut akan membuka pikiran anak-anak dan mendorong mereka untuk mulai berpikir menggunakan otak mereka dalam memecahkan masalah. 

Namun yang keren adalah, dengan media game bagaimanapun mereka tidak akan merasa seperti sedang bekerja untuk mempelajari sesuatu. Merkaakan melakukannya sembari bersenang-senang, namun tetap ada hal yangmereka pelajari selama melakukannya. Mungkin saja hal tersebut bisa berlangsung lebih dalam melalui video game daripada yang mereka lakukan di sekolah sepanjang hari.

Dunia anak adalah dunia bermain dan penuh hal menyenangkan. Suatu hari nanti, hal tersebut mutlak menjadi keputusanmu sebagai orangtua apakah kamu akan membiarkan anak-anak untuk mengakses harta karun yang merangsang penggalian pengetahuan sekaligus bahan untuk meningkatkan imajinasi. 

Namun jangan lupakan aspek bahwa anak juga harus bermain di luar rumah dan belajar hal-hal nyata ya. Pokoknya orang tua yang baik tahu apa yang terbaik untuk anak-anak mereka.

Oleh: Satro Dharma Rizki

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni