Aktivitas Kreatif Saat Pacaran

Menjalani hubungan berpacaran kadang membuat kita merasa jenuh, apalagi saat hubungan itu di jalani dalam jangka waktu yang cukup lama. Perlu adanya inovasi dalam aktifitas berpacaran utnuk mengurangi atau menghapus rasa jenuh tersebut. 



Kadang hal-hal kecil tidak terfikirkan, kamu dan pasangan sibuk memelihara perasaan bosan yang akhirnya berujung pada sebuah pelarian yang merugikan.Selingkuh, minum-minuman keras, menggantungkan hubungan, bahkan tidak memperdulikan pasangan, hal itu tidak akan menyegarkan hubungan kalian yang sedang dalam masa kejenuhan. 

Kalian tidak perlu menjauhi satu sama lain untuk menghilangkan rasa jenuh, justru perbanyak waktu untuk melakukan hal-hal kreatif yang bahkan jarang atau tidak pernah kamu lakukan.

Di bawah ini ada 15 aktivitas kreatif yang dapat dicoba dengan pasangan. Ketika mencobanya, kamu akan menemukan kesegaran dalam hubunganmu, dan meminimalis perasaan jenuh yang mungkin sedang melanda kalian.


Membuat lagu

Membuat lagu bareng via pixabay.com

Membuat lagu adalah aktifitas kreatif dalam berpacaran. Kamu tidak hanya menghabiskan waktu berdua saja, melainkan menghasilkan sesuatu yang bisa kamu kenang nantinya. 

Jika kamu dan pasanganmu menyukai musik, tentu membuat lagu bukanlah hal yang sulitkan? Nikmati setiap prosesnya, sampaikan idemu dan ide pasanganmu dalam lirik dan melodi yang indah.

Mungkin di tengah jalan akan menemukan sebuah perbedaan pendapat atau ide, hal itu bukan menjadi masalah untuk menggabungkan ide tersebut. Hal itu bisa mencirikan lagu yang dibuat. 

Jangan pikirkan standar membuat lagu yang baik dan benar, tuangkan saja semua ide yang dipunya dengan bebas. Membatasi ide hanya akan mematikan kreatifitas yang kalian miliki. 

Jika sudah selesai mungkin kamu dapat mengabadikannya melalui recording. Buatlah menjadi karya spektakuler, berikan totalitas dalam setiap prosesnya.


Berkebun

Berkebun via pixabay.com

Aktifitas kreatif berikutnya adalah berkebun. Berkebun tidaklah sesusah yang dibayangkan. Mungkin kamu berfikir berkebun adalah aktifitas panas-panasan, aktifitas yang melelahkan, menimbulkan keringat yang berlebihan, dan kotor. 

Tapi semua perjuangan yang dilakukan akan terbayar ketika sudah menghasilkan sesuatu. Apalagi jika hasil berkebun berhasil. Hal itu akan menjadi kisah yang manis untuk terus diingat, sekalipun kamu dalam masa jenuh yang tak berkesudahan.

Sebagai alternatif pilihan, kamu bisa menanam sayur, atau buah. Sayur dan buah akan bermanfaat saat sudah memasuki masa panen. Kamu dan pasangan kamu bisa menjual atau memanfaatkannya menjadi sebuah masakan yang lezat. 

Biasanya cewek akan menolak saat awal mengajaknya berkebun, karena pasti dia membayangkan terlebih dahulu perjuangan beratnya. Untuk mengatasi hal itu, cobalah menanam sesuatu yang mudah perawatannya. Seperti menanam bayam, kangkung, pepaya, atau pisang. Tanaman tersebut tidak memerlukan perawatan yang rumit. Jika pasangan menyukai sayuran atau buah tertentu, kamu bisa menjadikannya sebagai pilihan untuk di tanam di kebun.

Jika tidak memiliki lahan yang cukup luas bias kok menanam bunga dalam sebuah pot atau polibek beberapa buah. Menanam bunga terasa lebih mudah dibandingkan menanam sayur atau buah. Kamu hanya tinggal menyirami dan memberikan pupuk sehari sekali saja. Cukup kreatif bukan?

Berkemah

Camping via pixabay.com

Masih ingat saat kamu berkemah waktu masih sekolah dulu?. Banyak aktifitas menarik di yang dapat dilakukan saat berkemah. Hal itu bisa diterapkan dalam hubungan berpacaranmu. Ajaklah sesekali pasangan untuk berkemah di alam terbuka. 

Dalam berpacaran kita tidak hanya harus mengagumui satu sama lain, namun alangkah lebih indah jika kamu dan pasangan bisa mengagumi alam Tuhan, lewat berkemah.Kamu akan merasa bosan ketika kalian hanya memikirkan satu sama lain tanpa perduli dengan sekitar. 

Untuk berkemah, ada hal yang perlu dipersiapkan dengan matang, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi diluar sana. Perhatikan dan persiapkan hal-hal di bawah ini :


Pilih waktu yang tepat

Pilih waktu yang tepat via pixabay.com

Diskusikan dengan pasangan, dalam memilih waktu yang tepat untuk berkemah. Kalian perlu menyesuaikan jadwal agar kemah yang dilakukan benar-benar dalam waktu yang nyaman, artinya tidak sedang dikejar deadline atau membolos kerja.


Pilih tempat yang menarik

Pilih tempat menarik via pixabay.com

Diskusikan ke mana akan berkemah. Akan lebih menarik jika berkemah di alam terbuka, atau di tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tempat baru akan membuat kamu lebih fresh saat sudah pulang nanti. 

Kamu juga bisa mengabadikan moment berkemahmu di tempat yang baru. Sebuah ide kreatif jika dapat mengajak pasangan lainnya mengunjungi tempat itu, dan spesialnya, kamu pasangan pertama yang mencoba.

Persiapkan untuk menginap

Packing untuk menginap via pixabay.com

Persiapkan keperluan kamu dan pasangan jika merencanakan menginap lebih dari sehari saat berkemah. Keperluan tenda, perlengkapan makan, mandi, tidur dan sebagainya. Cobalah untuk berfikir sekreatif mungkin. 

Cobalah untuk bertahan hidup dengan pengeluaran yang minim. Mungkin kamu bisa tidur di tenda, makan mie instan dengan api unggun, mandi di pemandian umum, atau jika berkemah di dekat pantai bisa mandi dipantai itu secara gratis.


Obat-obatan

Siapkan obat-obatan dan P3K via pixabay.com

Yang tidak kalah penting untuk dibawa saat berkemah dengan pasangan adalah obat-obatan. Jika pasangan memiliki riwayat sakit tertentu, bawalah obat yang cocok untuk menghindari kemungkinan terburuk saat penyakit itu kambuh saat berkemah. 

Kamu juga bisa mencegah dengan tidak melanggar pantangan yang dapat membuat kambuh penyakit tersebut. Bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jika penyakit itu kambuh hal yang terjadi adalah membuang waktumu untuk bersantai menikmati alam.

Siapkan perjalanan

Siapkan peta dan perlengkapan perjalanan lain via picabay.com

Siapkan pula bagaimana akan menuju lokasi perkemahan tersebut. Pertimbangkan medan yang akan di tempuh. Kamu bisa browsing untuk mengetahui medan perkemahan jika belum pernah ke tempat tersebut. Pilih perjalanan praktis atau rumit itu tergantung pilihan. Sesuai waktu yang dimiliki bersama pasangan. 

Jangan ragu untuk menuju tempat berkemah dengan backpakeran. Kamu tidak hanya mendapatkan pengalaman berkemah, tapi juga akan menemukan pengalaman dalam perjalanan menuju tempat berkemahmu.

Berkemah mengajarkan kesederhanaan dan cara bertahan hidup dengan melakukan hal-hal sekreatif mungkin. Untuk itu kamu perlu mencoba dengan pasangan.


Menyelam

Serunya menyelam via pixabay.com
Menyelam di laut merupakan aktivitas kreatif dalam berpacaran yang lumayan jarang dilakukan. Karena tidak semua orang bisa berenang atau menyelam. Sebelum menyelam memang harus menguasai langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Salah-salah kamu atau pasangan bisa tenggelam, dan acaramu akan menjadi berantakan.

Jika ingin melakukan aktifitas kreatif yang satu ini, kamu harus mempersiapkan beberapa bulan sebelum melakukan penyelaman. Belajarlah kepada instruktur penyelam, atau ketika pasangan bisa menyelam, mintalah untuk dia berbagi ilmu mengenai melaman.


Memasak

Memasak via pixabay.com

Jika biasanya kamu dikirimi makanan oleh kekasihmu, maka untuk melakukan aktifitas kreatif dalam berpacaran, cobalah untuk memasak bersama sama. Untuk lebih menantang, pilihlah menu masakan yang belum pernah kalian buat sebelumnya. 

Melakukan aktifitas bersama di dapur membuat kamu dapat merasakan waktu yang benar-benar berkualitas dengan pasangan. Hal-hal sepele seperti mencolekan tepung ke wajah pasangan, atau mencicipi masakan secara bergantian, mungkin selama ini kamu hanya melihatnya di FTV. Maka sekarang cobalah hal itu dengan pasangan.

Pilihlah menu yang berbeda-beda setiap minggunya. Manfaatkan panduan buku memasak jika merasa ragu dan blank terhadap cara membuat menu yang kalian pilih. Semakin bervariasi menu yang kamu buat akan menambah banyak pengalaman unik yang bisa diingat dan ceritakan dengan orang lain.


Berbisnis

Berbisnis via pixabay.com

Apa salahnya jika kamu dan pasangan membangun bisnis bersama? Bisnis tidak melulu tentang sebuah perusahaan yang besar dan langsung sukses. Kamu bisa merintis dari bawah bisnis yang kamu dan pasangan kamu minati. Belajarlah bagaimana cara mengelola bisnis yang baik dengan seorang ahli. Samakan persepsi dan tujuan agar tidak terlalu banyak perselisihan.

Berbisnis saat berpacaran adalah hal kreatif yang produktif, jika kamu bisa mengelolanya dengan profesional. Pilih bisnis yang tidak teralu sulit seperti bisnis online, pulsa, atau jual beli barang-barang hand made yang kamu buat dengan pasangan kamu. 

Bisnis-bisnis di atas tidak terlalu sulit untuk di jalankan bagi kamu yang mungkin baru pemula dalam dunia bisnis.

Jika kesulitan untuk menemukan profesional bisnis yang bisa membantu dalam mengelola bisnismu, sekarang sudah banyak buku-buku tentang itu di pasaran. Dapatkan buku itu, kamu bisa belajar bersama dengan pasangan, memahami dan menjalankan bersama. 

Bagi tugas agar semua tidak terbebankan kepada satu pihak saja. Namun semua itu sebenarnya bisa fleksibel jika partner kamu adalah pasangan sendiri.


Melakukan aktivitas sosial

Ikut aktivitas sosial via id.openrice.com

Melakukan aktifitas sosial juga merupakan hal kreatif dalam sebuah hubungan berpacaran. Kamu tidak hanya membagi perhatian dengan pasangan kamu, tapi juga dengan orang lain. Melakukan aktifitas sosial juga membuatmu berlatih untuk peka dengan keadaan. Semua pelajaran yang didapatkan saat itu bisa direfleksikan dalm hubunganmu.

Dengan memperhatikan lingkungan sosial, kamu dan pasangan akan lebih banyak bersyukur dan mulai memperbaiki kesalahan-kesalahan dimasa lalu.Contoh-contoh aktifitas sosial yang dapat kamu lakukan dengan pasangan kamu antara lain 


Berbagi makanan

Berbagi makanan via pixabay.com

Saat memiliki materi lebih, kamu dan pasangan bisa patungan untuk membeli akanan, kemudian turun kejalan untuk membagikan makanan tersebut kepada orang yang membutuhkan. 

Berbuat baik tidak perlu ramai-ramai, jika kamu dan pasangan sama-sama mempunyai niat yang tulus melakukan aktifitas sosial tersebut, maka lakukanlah tanpa menunggu orang lain berbondong-bondong ikut melakukan.

Kadang-kadang menyenangkan orang lain akan membuat kalian lebih berguna sebagai pasangan.Karena pacaran sudah terlalu mainstreem ketika dilakukan dengan menghamburkan uang untuk hal yang tidak berguna.


Mengunjungi panti asuhan

Kunjungi panti asuhan via pixabay.com

Jarang sekali ada pasangan melakukan kunjungan di panti asuhan. Mereka mungkin lebih banyak menghabiskan waktu berdua untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Tapi ketika kamu mengunjungi panti asuhan bersama dengan pasangan, lalu membagi ilmu dan pengalammu sesuai prestasi dan bidang yang digeluti, dengan berbuat seperti ini kalian telah memberikan motivasi tersendiri bagi anak-anak dalam panti tersebut. 

Kamu hanya perlu datang, lalu meminta ijin dengan kepala panti untuk mengadakan sharing bersama dengan akan-anak yang ada di tempat tersebut


Terlibat satu organisasi




Terlibat dalam satu organisasi dengan pasangan merupakan cara kreatif dalam berpacaran. Kamu akan mengetahui seberapa aktif dan cerdas pasangan ketika mengikuti organisasi yang sama. 

Kalian bisa saling berkompetisi didalamnya. Berkompetisi dengan pasangan akan menimbulkan semangat tersendiri. Namun demikian kalian harus bersaing secara sehat, bahkan saling menasehati satu sama lain demi kemajuan bersama itu perlu. 

Terlibat satu organisasi dengan pasangan, juga akan menjadikan hubungan berpacarak yang kamu jalani semakin positif dan sehat.


Hunting foto

Hunting foto! via pixabay.com

Ketika kamu mempunyai hobi fotografi, dan sering mengambil objek menarik di luar, kenapa tidak memanfaatkan objek paling indah dalam hatimu. Yup, hunting bersama kekasih juga merupakan aktifitas kreatif yang bisa dilakukan.

Kamu bisa mengambil gambarnya saat sedang melakukan hal yang natural. Kamu akan semakin mengaguminya, ketika menemukan ekspresi terindah pasangan dalam moment yang  natural tersebut.

Cetak semua gambar tentang kalian. Susun yang rapi dan buatlah sekreatif mungkin. Hadiahkan kepada pasangan. Mungkin dia juga tidak akan sadar jika dia memiliki ekspresi seindah itu, dan kamu adalah orang yang menemukan pertama kali.


Kuliner

Jelajahi kuliner bareng via pixabay.com

Mencoba wisata kuliner bersama pasangan juga merupakan sebuah ide kreatif dalam mengisi kegiatan berpacaran. Setiap daerah pasti mempunyai kuliner yang khas dan unik. Saat itulah kalian perlu mencobanya. 

Temukan pengalaman-pengalaman menarik saat mencoba berwisata kuliner dengan pasangan kamu.

Mungkin kalian benar-benar belum pernah mencoba sebuah masakan dari suatu daerah tertentu. dan apa yang terjadi ?...ekspresi-ekspresiyang mungkin kamu tidak akan menemukannya dalam keseharian ketika pacaran, seperti kepedesan, atau keasamaan, atau ekspresi tidak doyan, bahkan saat harus merasakan sakit perut ketika salah makan. 

Berwisata kuliner selalu membuahkan cerita-cerita unik yang baru. Kamu bisa saling bertukar informasi tentang apa saja kuliner khas daerahmu dan pasanganmu. Setelah itu bergantian untuk datang dan mencicipinya. 

Ketika kehabisan ide, dan semua kuliner daerahmu dan pasangan kamu sudah dicoba. Maka pergilah ketempat baru dan berburulah kuliner khas daerah tersebut.


Mendaki gunung

Mendaki gunung via pixabay.com

Mendaki gunung dengan pasangan adalah hal kreatif yang menyenangkan sekaligus memacu adrenalin. Saat mendaki gunung dengan pasangan, saat itulah skala prioritas kalian akan diuji. 

Ketika ego, emosi, rasa takut, dan rasa lelah melanda, disitulah kesetiaan dan rasa peduli akan diuji. Apakah dia lebih memperhatikan dirinya sendiri atau memperhatikan kamu. 

Namun ada baiknya jika satu sama lain saling memberikan semangat dan motivasi untuk dapat sampai puncak dengan selamat dan sehat. Saling menguatkan akan lebih berarti daripada menuntut untuk dikuatkan. 

Mendaki gunung dengan pasangan mungkin akan sedikit ribet, apalagi jika salah satu dari kamu dan pasangan adalah pendaki pemula. Ada beberapa hal  yang harus di perhatikan antara lain :


Pilih medan yang mudah

Jika tahu pasangan adalah seorang pendaki gunung pemula, maka pilihlah gunung yang medannya tidak terlalu sulit dan tidak terlalu tinggi. Atau kamu mungkin bisa mengawali dengan naik bukit bersama sebagai latihan.


Persiapan mental dan fisik

Persiapan fisik dan mental via pixabay.com

Persiapan fisik bisa kamu lakukan dengan lari, atau jalan cepat jarak jauh,lakukan secara rutin. Minimal sebulan sebelum melakukan pendakian. Mental juga perlu untuk di bangun, karena mental yang kuat akan mensugesti kamu untuk bertahan dalam kondisi pendakian yang sulit. Mintalah pasangan yang sudah berpengalaman mendaki gunung untuk memberikan semangat dan motivasi terhadapmu.



Mengenali kemampuan fisik

Kamu perlu mengenali sebarapa kuat fisikmu untuk melakukan sebuah pendakian. Jangan karena ingin mencoba hal baru kamu mengabaikan kondisi tubuhmu yang lemah. Meskipun akan mendaki dengan pasangan, tapi dia hanya bisa menjagamu dalam batas kemampuannya. Tidak semuanya bisa digantungkan kepadanya.

Kamu dan pasangan juga perlu mengetahui peraturan yang dibuat di sekitar pendakian. Jangan mencoba hal-hal yang dilarang. Karena larangan dibuat demi menjaga keselamatan selama pendakian.


Main game

Main game via pixabay.com
Selama ini mungkin cewekmu sering ngomel-ngomel saat kamu sedang bermain games di depan komputer. Hal ini karena biasanya cewek jarang ada yang bisa bermain game online, dan mereka ragu serta malas untuk mulai mempelajarinya.

Ketika cowok kamu asik bermain games berarti dia menemukan hal yang membuatnya nyaman dan happy. Mengapa kamu tidak mencoba belajar dan ikutan jadi gamers seperti dia.Jika dia sayang, pasti dia akan sabar dan telaten mengajarimu sampai bisa. 

Rasanya tidak adil jika pihak cowok selalu mengikuti kegiatan yang ceweknya mau. Seperti ikut kesalon, atau spa bareng, atau nonton film romantis bareng. Hal itu dilakukan cowok secara bahagia demi membuatnya senang. 

Lantas mengapa kamu ragu untuk menyelami dunia cowok. Mengisi kegiatan positif dengan ngegame bareng pacar bisa kamu lakukan disela-sela kesibukanmu dan pasangan sebagai obat jenuh atau sekedar refreshing.



Olahraga

Olahraga bareng via pixabay.com

Olahraga bareng pasangan biasanya juga jarang dilakukan bagi mereka pasangan yang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Maka kamu bisa melakukannya dihari minggu atau hari libur lainnya. Pilihlah pagi hari karena suasana masih segar dan udara masih sejuk. Bangunkan dia dengan sebuah kejutan ajakan joging dipagi hari. 

Olahraga lain yang bisa dicoba mungkin adalah berenang, gym, atau bersepeda bersama. Dengan melakukan olahraga bersama, kamu sudah mendukung satu samalain untuk tetap menjaga kesehatan. Bahkan selain unik, olahraga bersama pasangan adalah bentuk paling nyata kepedulian pasangan terhadap kesehatanmu.

Meskipun dilakukan pada hari libur, tapi jika hal itu dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka itu akan menjadi sebuah quality time bagi kamu dan pasangan.


Oleh: Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni