Bagaimana Cara Meninggalkan Seseorang yang Masih Menyayangimu

Terkadang memang sangat sulit untuk meninggalkan seseorang yang sangat kita cintai, apalagi jika seseorang tersebut juga masih sangat mencintai kita. Hal itu biasanya terjadi saat pasangan terjebak dalam suatu  yang tak kunjung menemukan penyelesaian. 

Seperti masalah tidak di restui orang tua atau keluarga, masalah perbedaan keyakinan, atau masalah kebiasaan buruk yang terus berulang sampai di akhir hubungan. Terkadang melepaskan sesuatu yang telah kita perjuangkan begitu lama memang terasa berat, tidak lain karenaa waktu telah menciptakan berbagai kenangan yang bermacam-macam rupa. Manis, pahit, asam yang pastinya memberikan pengalaman dan pelajaran berharga dalam hidup.

Melepaskan bukanlah hal yang buruk. Ingatlah tingkatan cinta tertinggi adalah melepaskan dan membiarkan pasangan bahagia. Jika melanjutkan hubungan itu membuat keadaan semakin tidak sehat, maka akhiri hubungan itu secara baik.


Simak tahapan Berikut ini tentang bagaimana cara meninggalkan seseorang yang kamu sayang dan yang masih menyayangimu :

Hapus Kontak

Tahap pertama meninggalkan seseorang yang disayang memang sangat sulit dan berat. Tapi latihlah dirimu dengan hal di atas kemampuanmu, ini akan membuat kamu terbiasa. 

Hapuslah kontak do’i agar kamu tidak menghubunginya lewat telefon atau sms. Minimal kalau tidak ingat nomornya hal ini cukup efektif untuk memulai meninggalkan do’i yang masih cinta berat sama kamu.Dengan menghapus kontaknya,  kamu harus mengetik ulang nomornya saat mau telfon atau sms, dan itu sangat memalaskan sekali.

Ingat, kamu tidak akan bisa benar-benar meninggalkan dia yang masih mencintaimu, kalau masih menghubunginya. 
Kamu berpisah tentu dengan alasan yang kuat, apalagi jika hubunganmu sudah lama berlangsung, pertimbangkan ketika masih ingin menghubunginya. Bukan hanya menyakiti dirimu sendiri tapi juga memberikan harapan palsu bagi do’i yang masih mencintaimu.

Dengan memutuskan hubungan, kamu sudah dianggap jahat sama do’i, apalagi kalau sampai memberikan harapan palsu sama dia. Bagi seseorang yang masih menyimpan perasaan cinta, ketika ia ditinggalkan, sebaris pesan singkat atau miss call sangat berarti baginya. Itu seperti angin surga yang di tunggu-tunggu. 
Dia akan berfikir kamu masih ingin dikejar. Hal itu tidak baik untuk tahap awal meninggalkan pasangan yang masih mencintaimu.

Bahkan sekedar pertanyaan “apa kabar”, atau “jangan lupa makan” itu adalah hal menyenangkan yang paling menyakitkan. Jangan pernah menghubunginya untuk menanyakan atau mengingatkan hal apapun, hanya karna  ingin membiasakan meninggalkan dia perlahan. Itu seperti sedang menggorok leher dengan pisau tumpul.


Stop kepo..!!!

Kepo? Tahu kan? sikap seseorang yang menunjukkan perhatiannya dengan menjadi penguntit akun jejaring sosial do’i yang masih dia sayang. Saat anget-angetnya putus, pasti kamu sulit untuk berhenti memperhatikan atau mencari tahu hal-hal yang dia lakukan.

Apalagi jika do’i adalah orang yang aktif di situs jejaring sosial. Yang dikit-dikit update status, dikit-dikit upload foto, ganti foto. Makanan empuk bagi kamu yang setelah putus dari seorang yang disayang masih ingin tahu hal-hal yang dia lakukan.

Dia akan baik-baik saja jika tidak di kepoin sama kamu. Jangan khawatirkan hal-hal yang terlalu berlebihan. Memang mungkin do’i bakal ngadain sesi curhat di jejaring sosialnya, atau pasang foto pose galau atau sharing artikel galau, tujuannya memang untuk menarik perhatianmu lagi. Dan kalau kamu kepo maka tujuannya berhasil.
Tujuan do’i masang begituan juga untuk membuat kamu merasa iba, lantas mengharapkan untuk tidak terjadi perpisahan. Tutup akunya dari akunmu, agar kamu berhenti untuk ngepoin do’i. Jangan pernah juga menguntit akun do’i dari akun temenmu. 
Biasanya seseorang yang daya keponya tinggi, setelah dia memblokir akun si do’i akan berpura-pura meminjam hp temanya yang masih berteman dengan si do’i lalu berlangsunglah kebiasaanya untuk kepo. 

Cara lain yang di gunakan biasanya membuat akun baru dengan nama dan info yang baru. Hal itu tidak akan membuatmu benar-benar pergi dari kehidupannya. Kepo juga bisa di artikan tanda masih sayang atau peduli. Itu memang bagus, tapi jangan lakukan beberapa saat setelah memutuskan untuk meninggalkan dia yang masih kamu sayang, dan juga yang masih menyayangimu.

Sebagian orang berpendapat bahwa kepo adalah jalan untuk mempermudah sakit hati. So...jangan lakukan itu jika tidak mau menambah beban pikiranmu. Ketika suatu hari kamu iseng membuka situs jejaring sosial si do’i dan melihat pemberitahuan bahwa dia sudah punya yang lain, pasti akan tambah sakit hati.

Belum lama putus dan sudah dapat yang baru, padahal dia masih sering bilang sayang ke kamu, bukankah itu sangat menyakitkan. Lebih baik menghindari hal-hal yang memicu kamu untuk cepat emosi, karena saat meninggalkan orang yang disayang, kamu membutuhkan suasana  yang lebih tenang.


Jaga jarak saat dikepoin..!!


Berkebalikan dengan point di atas, sebaiknya kamu menjaga jarak dengan si do’i sesaat setelah memutuskan untuk meninggalkan dia yang masih mencintaimu. Dia hanya menggodamu untuk merubah keputusanmu.

Namun berfikirlah jika hubunganmu dilanjutkan dan masih dalam keadaan yang tidak sehat, kamu hanya akan mengulang luka lama yang telah beberapa saat diobati. Memutuskan hubungan dengan sesorang memang tidak dibenarkan dalam hukum bersosial manapun, namun ketika itu dilakukan demi sebuah kebaikan dan kebahagiaan bersama, meski jalannya sangat rumit, bertekatlah untuk melakukannya.

Tidak ada jalan yang mudah untuk menemukan dan merasakan kebahagiaan sejati. Apalagi godaan do’i yang maut sangat berpotensi mengingatkan kamu pada kejadian-kejadian membahagiakan yang makin menyesakkan perasaanmu.

Bayangkan ketika dia mengobral kata-kata manis untukmu, dan secara realita jelas-jelas hanya keajaiban yang mampu menyatukan hubungan itu, apakah kamu tidak semakin hancur.

Kamu perlu memblokir segala akses yang berhubungan dengan si do’i. baik telefon,sms, fb, twitter atau akun jejaring sosial apapun, bahkan bila perlu janganlah dulu muncul pada media sosial, untuk menghindari ada seseorang yang ngepoin kamu, juga membatasi dirimu untuk tidak kepo sama si do’i.

Berilah jarak satu sama lain untuk memikirkan dan mengingat kembali keburukan saat hubungan di lanjutkan dan pikirkan alasan terkuat saat memutuskan sebuah perpisahan. 
Mengingat rasa sakit membuatmu akan jera mengulanginya. Jangan sampai kamu terbiasa dengan rasa sakit yang akhirnya akan membelenggu dirimu sendiri.

Biarkan si do’i jera untuk menghubungimu karena kecuekanmu terhadap kepoannya. Atau gantilah nomormu untuk sementara sampai kamu benar-benar siap untuk menerima interaksi darinya dalam keadaan biasa. 
Karena ketika punya sebuah kenangan, kamu tidak bisa melupakannya dengan cara apapun, yang bisa kamu lakukan hanya membiasakan diri ketika kenangan itu datang menghampiri dan mencoba mengusikmu lagi. Yang kuat ya...

Positif Thinking


Seseorang yang pernah berjanji untuk tidak meninggalkamu, pada akhirnya akan pergi juga. Cepat atau lambat, bersama atau tidak, meninggalkan atau ditinggalkan adalah perkara waktu. Terjadi sekarang atau besok tidak akan ada bedanya, kecuali kenangan yang menumpuk dan semakin berbekas. 
Renungkan hal itu untuk kamu agar selalu berfikir positif tentang keputusan yang diambil. Pikiran positif akan mensugesti melakukan hal-hal yang lebih baik. 

Saat berfikir kamu baik-baik saja, semua akan terkondisi dengan sebagaimana mestinya. Masih banyak pekerjaan yang lain yang harus kamu fikirkan selain menyesali sebuah keputusan. 


Berhenti Mengenang Masa Lalu

Setiap pasangan pasti pernah punya kenangan. Bisa lagu kenagan, baju kenangan, film kenangan atau tempat kenangan. Semua yang pernah dilalui berdua, dipakai berdua atau dirasakan berdua itulah yang dinamakan kenangan. Tidak semua kenangan itu manis, ada pula kenangan pahit yang mungkin masih mengganggu fikiranmu.
Ketika kamu telah bertekad meninggalkan seorang yang kamu sayang, jangan pancing dengan sesuatu yang memicu untuk kamu mengingat kenangan-kenangan masa lalu bersama si do’i.
Kamu perlu memiliki sebuah kadrus besar untuk menyisihkan kenangan-kenangan itu dari ruangan kamarmu. Taruh semua barang yang sekiranya dapat memancing ingatan kenangan masalalumu bersama do’i. Simpan rapi dan letakkan di gudang. Atau kamu dapat memberikannya pada orang yang membutuhkan. Itu akan jauh lebih bermanfaat dari pada hanya  ditaruh digudang dan tidak kamu rawat.

Setelah semua barang di packing dalam kardus. Kini tinggal bagaimana cara kamu untuk tidak mengingat kenangan masa lalu berupa kisah, lagu, atau kata-kata dari do’i yang ditujukan olehmu. Dengan mengingat kenangan masa lalu hanya akan membuatmu semakin sulit untuk melupakan dan meninggalkanya.
Satu hal yang paling penting jangan pernah mengembalikan barang-barang yang dia berikan untukmu. Toh dia memberikannya dengan hati yang ikhlas. Mengembalikan sama saja menyakitinya.  Kasihan dia jika tidak bisa move on gara-gara barang yang pernah diberikan hadir di depan mata.

Menyayangi Orang Lain


Cara cepat untuk meninggalkan seseorang yang kamu sayang adalah dengan jatuh cinta lagi kepada orang lain. Memang terasa sulit ketika kamu belum sepernuhnya melupakan kenangan masa lalumu bersama kekasihmu yang dulu, dan mencoba untuk jatuh cinta pada orang lain.
Mungkin orang lain akan berfikir kamu hanya melakukan pelarian terhadap masalahmu. Tapi itulah kebenaranya, ketika membuka diri untuk orang lain yang pas, kamu akan melupakan kenangan masa lalumu.
Jangan terburu-buru membuat komitmen dengan seseorang yang baru. Biarlah perasaanmu mengalir dengan sendirinya. Kamu bisa melakukan pendekatan ringan padanya. Jangan sungkan untuk menjelaskan keadaanmu kini. Biarlah pasangan barumu mencoba beradaptasi dengan keadaanmu. 

Buatlah hubungan yang enjoy dan have fun. Semua akan terasa ringan tanpa ikatan dan komitmen. Kamu juga tidak melakukan hal yang salah ketika kamu melakukan itu dengan lebih dari satu orang.

Ketika do’i yang kamu tinggalkan mengetahui kamu sedang dekat dengan seorang yang lain, dia akan berfikir untuk benar-benar ikhlas di lepaskan olehmu. Do’i akan berhenti mengejar-ngejar kamu untuk kembali padanya. Ini juga akan membuatmu berjalan ringan meninggalkan seseorang dimasa lalumu.


Tips Biar Cepat Melupakannya 

Lupakan Masalalumu


Biarkan semua masalalu pergi dari hidupmu, jika kamu masih menyanyanginya, berdoalah tentang hal yang baik untuk mu dan dia. Jangan meminta untuk di persatukan kembali. Mintalah jalan yang baik untuk kebahagiaan dia dan kebahagiaanmu. Jika takdir memutuskan suatu saat akan kembali, maka pasti kembali. 

Bisa jadi saat kamu memutuskan hubungan karena restu orang tua, kemudian esok hari orang tua merestuimu dengan mudah, atau saat kamu memutuskan hubungan karena perbedaan keyakinan, bisa saja suatu hari akan terjadi keajaiban yang tidak akan kamu sangka-sangka. 

Tidak ada yang pasti dalam kehidupan ini kecuali ketidak pastian itu sendiri. Mungkin keputusan kamu saat ini adalah benar, tapi mungkin bisa jadi salah pada masa  yang akan datang.


Bersikap Biasa Bila Bertemu

Jika suatu ketika kamu tidak sengaja bertemu dia dalam suatu acara atau dijalan saat kamu sedang berjalan pergi kesuatu tempat, bersikaplah biasa. Jangan menujukan reaksi yang berlebihan. Berfkirlah jika hubungan kalian memang benar-benar sudah berakhir. Dan dia sekarang adalah temanmu. 

Mungkin perasaan mu masih merasa janggal dan kikuk, tapi memperlakukan dia seperti teman yang lain adalah cara yang tepat untuk membiasakan diri dengan orang yang pernah memberikan kenangan padamu.

Mulailah dengan menyapanya. Sapa menggunakan nama aslinya, dan bukan panggilan kesayangan yang dulu sempat kamu miliki. Tersenyumlah seolah semua akan baik. Senyum juga akan mencairkan suasana yang beku. 

Bila ia menjawab denga respon yang tidak menyenangkan, cobalah untuk tenang dan berfikir dingin, sikapnya adalah wajar bagi seseorang yang masih menyimpan perasaan padamu. Maka sebagai seorang yang memahami itu, kamu tidak boleh membalasnya dengan ketus. Tetaplah ramah padanya. Jawab dengan sesantai mungkin.

Ingat Kamu tidak akan pernah bisa melupakan kenangan, kamu hanya bisa membiasakan diri ketika bertemu dengan kenangan itu lagi. Kehidupan adalah proses belajar sampai seumur hidup, jangan menyerah untuk belajar hal yang memang akan memberikanmu kebaikan. Sulit memang, tapi hasilnya akan sebanding dengan kerja kerasmu. 


Memotivasi Diri Sendiri


Sangat penting bagi kamu untuk tetap memotivasi diri agar tetap kuat. Banyak sekali godaan yang akan kamu terima ketika memutuskan hal yang terbaik dalam hidupmu. Siapapun atau hal apapun yang menggodamu hanyalah cobaan untuk menentukan seberapa kuat dengan pendirian dan keputusan kamu.

Memotivasi diri untuk lebih kuat dari kamu yang sebekumnya adalah proses yang penting. Ketika kamu menginginkan hal yang lebih dari diri kamu saat ini, artinya kamu ingin tumbuh untuk lebih baik. 

Kamu bisa memulai menata kembali kehidupan kamu yang sempat berantakan karena sebuah keputusan yang sulit dan penting, yaitu meninggalkan dia yang masih menyanyangimu, dan juga yang masih kamu sayang. 

Rencanakan sebuah kesuksesan, jadwalkan kapan akan mulai dan menerapkan proses untuk menuju kesuksesanmu. Catat progres apa yang kamu dapatkan setiap bulannya. Saat mengetahui “rapot” setiap bulan kamu akan tahu bagaimana cara memotivasi diri kamu untuk tumbuh mencapai hasil yang lebih baik lagi.

Saat “rapot”mu menurun, maka perlu untuk meningkatkan motivasi dirimu, kamu bisa mengikuti kegiatan lain yang positif, bertemu dengan teman-teman baru, atau mengikuti seminar pembentuk kepribadian. Kamu dapat mengambil pelajaran berharga dari sana. 

Percintaanmu mungkin hancur ketika memutuskan untuk meninggalkannya, namun bagaimanapun juga hidup harus terus berlanjut. Kamu pantas mendapatkan yang terbaik. 

Oleh: Puri Candraditya

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni