Cara Mengenali dan Mengatasi Kebohongan Wanita

Semua orang pasti pernah berbohong. Entah itu demi alasan kebaikan atau keburukan. Berbohong sudah pernah dilakukan pada zaman nenek moyang untuk bertahan hidup. Berbohong juga biasa ketika lakukan ketika tidak tertarik terhadap sesuatu, misalnya ajakan dari teman atau anjuran yang lebih terkesan sebagai paksaan.

Mengapa perempuan berbohong? via datingfortodaysman.com

Wanita adalah mahluk yang sering melakukan kebohongan kepada seseorang. Entah itu berbohong untuk menyembunyikan perasaannya dari orang lain, atau berbohong untuk kejahatan seperti menyembunyikan perselingkuhan dan pemerasan terhadap seseorang. Umumnya orang-orang yang selamat dari suatu hal kadang merupakan seorang pembohong yang baik.

Bohong dalam istilah biologi dapat dideteksi dari ekspresi atau bahasa tubuh. Memang belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran dari pengertian tersebut. Namun, ada beberapa ciri khas yang disebut micro ekspresi dalam tubuh yang sering dilakukan oleh seorang pembohong. 

Ekspresi atau bahasa tubuh ini sering terjadi dalam waktu yang singkat dan cepat, hanya mata terlatih dan kepekaan perasaan yang dapat menganalisis ekspresi ini.


Mengapa wanita berbohong?

The University of Massachusetts melakukan penelitian tentang siapa yang sering melakukan kebohongan, apakah laki-laki atau wanita. Peneliti Robert Feldman menemukan hasil yang mencengangkan. Dia mengungkapkan bahwa wanita lebih sering berbohong dari pada laki-laki. Banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut.  

Wanita berbohong dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada orang lain, sedangkan laki-laki yang berbohong adalah untuk mencitrakan kebaikan pada dirinya sendiri.

Wanita berbohong dengan mengatakan-hal-hal yang sekiranya ingin laki-laki dengar. Secara historis, wanita sangat bergantung kepada seorang laki-laki. Karena mereka memang diciptakan dari tulang rusuk, artinya mereka tidak lebih kuat dari pada laki-laki. Wanita biasa bergantung kepada suami atau ayahnya. 

Suami dan ayah umumnya adalah dua orang yang paling dicintai oleh seorang wanita dalam seumur hidupnya. Untuk itu ketika wanita berbohong, ia hanya ingin menyenangkan seorang laki-laki tersebut, karena jika ia jujur kemungkinan seorang laki-laki akan merasa lemah dan tidak mampu melindungi seorang wanita.

Tapi, apakah kamu dapat mengetahui apakah pacar atau teman wanitamu sedang berbohong? Ataukah mereka sedang menyembunyikan sesuatu darimu. Ada beberapa ciri ilmiah yang dapat mengungkap sebuah kebohongan, terutama kebohongan yang dilakukan oleh wanita.

Beberapa bahasa tubuh perempuan ketika berbohong via www.telegraph.co.uk

Wajah dan tubuh menjadi kaku

Coba lihat secara seksama, wajahnya yang kaku bisa dilihat dengan ketegangannya. Badannya kaku seperti patung, meski itu tidak berlangsung lama tapi sangat terlihat sekali. 


Mulut, telinga dan hidung memerah

Seperti sedang sensitif terhadap suatu hal. Ketika seorang wanita terkejut akan terungkapnya kebohongan yang ia tutupi, maka beberapa bagian tubuh yang telah di sebutkan di atas akan memerah. Bagian tubuh yang memerah adalah area sensitif yang dipunyai seorang wanita pada umumnya.


Wajah pucat

Wajah pucat biasanya di alami oleh seorang pembohong yang amatiran. Dia menjadi pucat ketika dia merasa ketakutan akibat desakan atau takut berbicara yang salah kepada orang yang sedang ia bohongi.


Lubang hidung membesar

Saat dia berkata bohong lubang hidungnya akan kembang-kempis. Itu adalah alam bawah sadarnya, karena hati kecilnya bertolak belakang dengan apa yang dia katakan. Ingat ya serapat-rapatnya orang mencium bangkai pasti baunya akan tercium.


Pernafasan tidak teratur

Seseorang yang berbohong biasanya akan mengalami peningkatan kecepatan denyut jantung dan diikuti dengan pernafasan yang tidak teratur, atau sering kita sebut dengan deg-degan.


Bibir kelu atau kaku

Sebelum menyampaikan argumen sebagai sanggahan atas kebohongan yang wanita ciptakan, biasanya ia akan diam beberapa saat. Hal tersebut seperti sudah otomatis. Seseorang yang berbohong dan sudah ketahuan, dia akan menyampaikan kebohongan lainnya untuk dapat tetap aman. 

Meskipun pada keadaan terdesak seorang wanita akan berkata jujur dengan alasan yang benar.

Tubuh seperti memakan banyak ruang

Seperti ketika bahu ditarik ke atas atau siku yang di tarik melebar. Hal itu terjadi karena ketika seorang wanita sedang berbohong, dan sedang didesak sebuah pertanyaan yang menjebak, dia merasa ada sesuatu yang sedang menekannya. 

Untuk itu dia akan berusaha melebarkan bagian bagian tubuhnya seperti bahu, siku dan kaki untuk memperoleh ruang yang lebih bebas, berharap tekanan yang ia rasakan semakin berkurang. Itu adalah sebuah reflek yang alami.


Alis tegang

Bagian tubuh lain yang melakukan reflek alami ketika seorang wanita berbohong adalah alis. Alis akan menegang ketika wanita menyampaikan argumen kebohongannya. Dia berusaha meyakinkan seseorang atas kebohongan tersebut.


Mengepalkan tangan

Seorang wanita yang berbohong biasanya akan mengepalkan tanggannya dengan kencang untuk mengatasi deg-deg an yang dia alami. Atau bisa juga dia melakukan hal tersebut untuk memikirkan jawaban ketika dia terdesak dari seorang penuduh.


Bahu terangkat dua duanya

Ketika seorang wanita berbohong biasanya dia akan mengatakan “aku tidak tahu apa-apa” sembari mengangkat kedua bahunya. Gerakan bahu tersebut menandakan bahwa dia itu ada masalah.


Sering menelan ludah

Saat wanita dalam kondisi terdesak dan harus berbohong, ia biasanya akan menelan ludah terlalu sering untuk menenangkan perasaannya, dan menjaga sikapnya dari kepanikan yang dapat terlihat orang lain.


Peningkatan aktivitas berkedip

Berkedip akan membuat seorang wanita yang berbohong membuatnya menjadi lebih berfikir secara cepat untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya. Perhatikan jumlah kedipan mata dan kecepatannya. Jika itu melampau batas normal itu tandanya dia sedang berbohong.


Perubahan mendadak posisi tubuh

Perubahan mendadak posisi tubuh biasanya dilakukan oleh seorang wanita yang berbohong untuk menutupi bagian-bagian tubuh yang berubah drastis ketika ia sedang melakukan kebohongan kepada seseorang (lihat tanda-tanda sebelumnya). 

Dia berusaha mengalihkan perhatianmu dengan mengubah posisi badannya.

Menjauhkan tubuh dari penuduh

via www.collegetimes.tv

Wanita yang berbohong terkadang berpura-pura pergi untuk menjauhkan dirinya terhadap seorang yang berusaha mengusik kebohongannya. Mungkin dia akan pura-pura mengangkat telepon di luar ruangan atau tiba-tiba ingat sebuah janji yang itu semua adalah sikap yang mengada-ada saja.


Mengubah topik pembicaraan dengan cepat

via www.askmequestions.net

Mengalihkan topik pembicaraan paling sering dilakukan seorang wanita yang berbohong ketika dalam situasi terdesak oleh pertanyaan si penuduh.Namun kebanyakan wanita pembohong yang amatir, melakukan perpindahan topik pembicaraan sangat mencolok, dan itu malah menimbulkan suatu kecurigaan bagi penuduh.


Memalingkan tubuh dari penuduh

via www.collegetimes.tv

Memalingkan tubuh dari penuduh adalah reflek yang biasanya wanita lakukan ketika kebohongannya mulai tercium oleh si penuduh. Karena dengan berhadapan atau bertatapan langsung dengan penduduh akan membuat seorang wanita menjadi lebih panik dan gugup dari sebelumnya. 

Biasanya dalam kondisi seperti ini wanita akan mengalami keringat dingin yang berlebihan sehingga mau tidak mau dia harus memalingkan tubuhnya untuk mengurangi kecurigaan penuduh.


Tanggapan yang singkat

Biasanya ketika wanita berbohong, dia akan memberikan argumen singkat ketika sedang dalam posisi tertuduh. Hal itu terjadi karena ia tidak tahu lagi harus berbohong apa lagi untuk dapat menyelamatkan diri dari kebohongan yang sebelumnya


Berkata “umms”

Berkata "ummm.." via pixabay.com

Saat sedang dituduh oleh seseorang, dia biasanya akan diam untuk memikirkan jawaban yang tepat sebagai argumen yang akan disampaikan. Namun, jika dirasa diam akan membuat si penuduh curiga dia akan mengucapkan “umms” atau “eeee”, yang seolah menerangkan dia lupa akan suatu hal.


Gagap

Dia akan berbicara terbata-bata, atau bisa disebut dengan gagap. Hal itu terjadi karena apa yang ia ingin sampaikan sesuai fikirannya berbeda dengan apa yang ia rasakan. Otak dan hati ketika tidak singkron akan menghasilkan ucapan yang bahkan bisa sangat berantakan. 


Berbelit-belit

Ketika seorang wanita berbohong, dia akan memberikan argumen yang sangat berbelit-belit. Hal ini membuat penuduh kebingungan, lalu capek untuk bertanya lagi. Hanya seorang pembohong profesional yang dapat mengakali kebohongannya dengan sebuah argumen yang cerdas. Kadang seorang yang dekat dengannya pun sulit untuk membedakan mana yang benar dan mana yang hanya tipuan.

Saat mengetahui seorang wanita yang berbohong berdasarkan ciri-ciri di atas, mungkin kamu harus menghadapinya dengan cara yang tepat. Menghadapi seorang wanita yang berbohong dengan sangat lihai mungkin sedikit sulit dan membutuhkan waktu yang lama, namun semua itu bukan berarti tidak bisa kamu lakukan. 

Karena sepandai-pandainya tupai melompat akan jatuh juga, begitupun dengan selihai-lihanya seseorang menyimpan kebohongannya, suatu ketika pasti akan terbongkar juga.


Selain ciri-ciri wanita yang berbohong, berikut ini akan disampaikan beberapa tips untuk menghadapi kebohongan seorang wanita: 


Kumpulkan bukti

Untuk mengungkapkan sebuah kebohongan yang dilakukan seorang wanita, kamu harus mengumpulkan bukti-bukti yang kuat dan relevan. Kamu dapat memperoleh bukti tersebut dari pengakuannya langsung atau dari orang lain. Jikaingin mendapatkan bukti dari dia secara langsung, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan setiap kata yang ia ucapkan. 

Catat setiap argumen atau jawaban dari pertanyaan yang kamu berikan, karena bisa jadi satu atau dua hari kemudian ia akan berbicara yang berbeda. Bila perlu, berikan pertanyaan yang sama namun dalam waktu yang berbeda, ketika menemukan keganjilan atau ketidak samaan jawaban, itu akan menjadi bukti yang kuat untuk mengungkapkan kebohongannya.

Jika ingin mencari bukti dari orang lain, maka carilah bukti yang bertentangan dengan hal yang ia sampaikan kepadamu. Dengan mengumpulkan banyak bukti, kamu tidak hanya akan berangan-angan atau menerka-nerka kebenaran lagi.


Pembicaraan personal
Setelah mengumpulkan bukti yang kuat dan cukup relevan, maka mulailah untuk berbicara kepada wanita itu secara personal. Mengapa? Karena pembicaraan yang bersifat pribadi akan mencapai hasil yang maksimal ketika dilakukan secara personal. Ajak kesebuah tempat yang tenang. Berbasa-basilah dengan menawarkan untuk minum teh, hal ini agar wanita tersebut merasa rileks dan tenang. 

Awali dengan obrolan santai, sebelum meruncingkan pembicaraan terhadap hal yang menyangkut kebohongannya. Setelah itu kemukakan bukti yang kamu punya, dia akan menunjukan perubahan reaksi yang terlihat sangat signifikan seperti yang di sebutkan ciri-ciri di atas.

Mengapa mengawali dengan pembicaraan ringan, karena ketika kamu menjejali wanita tersebut dengan pertanyaan yang menjurus, maka kamu tidak akan melihat perubahan sikap yang signifikan darinya.


Dengarkan argumen

Setelah berbicara padanya tentang semua bukti yang kamu punya, biarkan wanita tersebut menjelaskan kebohongannya dengan argumen-argumen yang ia miliki. Saat memberikan kesempatan ia untuk bicara, maka tugasmu adalah diam, memperhatikan, dan menganalisa kelogisan argumen yang ia sampaikan. 

Perhatikan apakah ia sedang menjelaskan dengan kebohongan yang baru, atau dia sungguh-sungguh menyampaikan kebenarannya.

Kamu dapat mengetahui itu semua dengan menganalogikan dengan bukti, dan penjelasannya tersebut. Apakah itu berhubungan atau tidak, jika sepertinya penjelasannya tidak masuk akal dengan bukti yang kamu punya artinya dia sedang menutupi kebohongannya dengan kebohongan yang lain.


Jelaskan bahwa kamu sudah tahu kebohongannya

via slickmen.com

Setelah wanita tersebut tidak mau mengakui kebohongannya dengan segera, dan masih berbelit-belit tentang arah pembicaraannya. Apalagi jika sudah mulai mengubah topik pembicaraan, maka kamu perlu mempertegas bahwa sebenarnya kamu sudah mengetahui bahwa dia sudah berbohong cukup jauh. 

Dengan penegasan seperti itu, dia akan semakin salah tingkah dan mempertunjukkan ciri-ciri seperti yang di sebutkan di atas dengan jelas. Setiap kali dia mencoba membohongi kamu lagi dengan argumen yang baru, jangan lelah untuk terus mengatakan dengan tegas bahwa kamu telah mengetahui kebohonganya. Lakukan itu hingga dia lelah dan sudah tidak punya ide lagi untuk berbohong kepadamu.


Sampaikan kamu telah kehilangan kepercayaan

via hownottomarry.wordpress.com
Jika kamu di bohongi oleh seorang wanita, kamu layak mengatakan bahwa kamu sudah kehilangan kepercayaan untuknya. Wanita adalah mahluk yang peka, yang dapat merasakan kekecewaan yang ditujukan untuknya. Namun ada wanita yang peka kemudian bisa meminta maaf dan merubah sikapnya, tapi ada juga wanita yang peka, namun ketika berbohong sudah menjadi watak dan tabiatnya, dia akan tetap melakukannya dan mengabaikan suara hatinya.


Rekomendasi terapi

via www.karunakumar.com

Ketika berbohong sudah menjadi kebiasaan atau habit yang dilakukan oleh seorang wanita, kamu perlu menyrankannya untuk menemui seorang terapis. Dimana disana dia bisa menceritakan awal mula kebiasaannya membohongi orang lain, dan mengapa itu bisa menjadi kebiasaan. 

Mungkin dengan laki-laki, apalagi kamu seorang yang menjalani hubungan dengan wanita itu, baik pertemanan, pacaran atau suami dia tidak nyaman menceritakan problem yang dia alami. 

Mungkin juga wanita tersebut ingin berubah, namun ketika berbohong sudah menjadi kebiasaan, dia sangat kesulitan untuk melakukan keinginannya tersebut. di sinilah kamu sebagai laki-laki yang mungkin dekat dengannya bisa peduli dengannya.

Kepedulian tidak hanya kamu berikan ketika seorang wanita kesusahan untuk memiliki sesuatu, namun juga ketia ia sulit untuk melakukan perubahan baik untuk kehidupannya.

Bersabarlah dan mulai memberikan pemahaman yang ia butuhkan. Menghadapi seorang pembohong yang sudah terbiasa berbohong membutuhkan kesabaran ekstra. Kamu perlu merangkulnya untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut. mintalah dia untuk belajar dari hal-hal kecil yang dimulai dari dirinya sendiri.

Mintalah dia untuk membuat jadwal yang ia tulis. Jadwal yang paling umum di buat adalah jadwal kegiatannya sehari-hari, yang ia lakukan seminggu full. Kemudian instruksi selanjutnya adalah, mintalah ia untuk menepati janji yang ia buat sendiri dalam bentuk jadwal tersebut. 

Dengan membuat sebuah jadwal seperti itu, dia telah belajar untuk membuat komitmen dengan dirinya sendiri. Dan saat dia melanggar jadwal yang ia buat sendiri, dia sudah membohongi dirinya sendiri.

Setelah berhasil menepati janji dari komitmen yang ia buat sendiri, selanjutnya adalah buatlah ia untuk mau membuat komitmen denganmu. entah itu perjanjian kerja, atau perjanjian hubungan yang lebih serius. Terapkan sistem hadiah dan hukuman. Bila ia menepati janji, kamu perlu memberikan apresiasi terhadapnya, namun jika ia tidak menepati janji berikan hukuman yang telah di sepakati sebelumnya.


Lindungi diri ketika kamu tidak bisa mengubahnya

Jika kamu tidak bisa melindungi diri dari seorang wanita yang terus menerus memohongimu, mungkin kamu akan mengalami kelelahan secara emosional. Daripada kamu terus menerus merasakan hal itu, sebaiknya kamu mulai menghindar dan melindugi dirimu dari seroang wanita yang lihai berbohong.

Seseorang memang berhak mendapatkan kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik, namun jangan berlakukan kesempatan itu untuk beberapa kali dengan wanita yang sama. Bisa jadi ketika kamu memberikan kesempatan lebih dari sekali, kamu akan disepelekan. Dia akan bertindak semaunya sendiri karena ia berfikir kamu dapat memaafkan dan memberinya kesempatan lagi dengan mudah.

Mungkin kamu adalah seorang dengan bakat konseling yang bagus, dan memilih membantu seorang wanita yang mengalami problem dengan kebiasaan berbohongnya. Namun, ketika kamu melakukannya dengan beberapa wanita sekaligus, artinya kamu telah berdekatan dengan pembohong dengan jumlah yang banyak. Jika kamu tidak pandai mengelola dirimu sendiri, kemungkinan kamu akan terbawa arus dengan seorang pembohong akan semakin besar.


Tips 

Jika kamu adalh seorang bos yang mempunyai karyawan wanita yang mempunyai sifat pembohong, dan itu sudah menjadi sebuah kebiasaan sejak lama, jangan segan untuk memberinya kesempatan untuk berubah. Berikan hukuman seperti potong gaji, atau surat peringatan kepadanya agar memberikan evek jera kepadanya. Namun, jika kebohongan tersebut terus berulang, maka jangan ragu untuk memberhentikan orang seperti ini.

Mengapa? Karena satu orang yang melakukan kebiasaan buruk, akan berpotensi menularkan kebiasaan itu terhadap orang lainnya. Ketika itu terjadi dalam sebuah perusahaan yang kamu kelola, maka kebangkrutan cepat atau lambat akan segera menghampiri kamu nantinya.

Fokuslah ketika menghadapi seorang pembohong, karena sebenarnya saat itu kamu sedang berkompetisi. Siapa yang lebih lihai dan siapa yang tidak mudah terperdaya, saat kamu berhasil kuat dengan pendirian kamu dan tidak mudah terprofokasi dengan seorang pembohong artinya kamu telah memenangkan kompetisi tersebut. tidak tertipu adalah suatu kebanggaan karena kamu lebih cerdas dari seorang pembohong.

Berbicaralah apapun asal itu adalah sebuah kebenaran. Agar membedakan antara kamu dan si pembohong. Jika kamu menghadapi kebohongan dengan kebohongan juga, status kamu tidak lebih dari seorang pembohong tersebut. Berikanlah contoh yang baik dengan selalu jujur di setiap kesempatan dan kepada siapapun, termasuk dengan pembohong.

Memperhatikan kebohongan seseorang, akan memudahkan kamu untuk mengetahui celah dari kebohongannya tersebut. dengan mengetahui celahnya, kamu akan mendapatkan sebuah titik terang ketika kamu ingin mengungkapkan sebuah kebenaran tersebut.

Jangan memperburuk keadaan dengan terlibat perkelahian dengan seorang pembohong. Dalam keadaan emosi kamu tidak akan bisa berpikir jernih untuk dapat mengungkap kebenaran dari kebohongan tersebut.

Mungkin seorang pembohong akan memancing emosimu untuk mengkaburkan masalah, dan membuat kamu lupa bahwa sebenarnya kamu sedang di bohongi. Dengan demikian, tetap tenang dan fokus sangat penting untuk membuat kamu dapat mengatasi seorang pembohong dengan baik.

Tinggalah jauh dari seorang pembohong untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. bila kamu sedang menjalin hubungan dengan seorang pembohong, lebih baik kamu meninggalkannya dan mencari pengganti yang lebih baik. bagaimanapun juga kamu perlu memikirkan hal yang lebih jauh jika kamu sampai menikah dengan seorang yang memiliki kebiasaan berbohong, yaitu keturunan.

Tentu kamu masih ingat dengan peribahasa, buah yang jatuh tidak jauh dari pohonnya. Bukankah kamu mengharapkan keturunan yang baik dari seorang yang baik. dan kamu tidak akan mendapatkan itu ketika kamu menjalin hubungan dengan seorang pembohong.

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni