Cara Membangun Rasa Percaya Diri

Seringkali kita merasa tidak percaya diri atau kita bisa ibaratkan seperti ini ingin sekali menjadi seorang yang mempunyai percaya diri tinggi  akan tetapi seolah ada tembok yang sangat tinggi disana yang membatasi itu semua. 

Pede aja via pixabay.com 
Pernah merasakan tonjokan tak enak diperut ketika ingin mendekati seseorang? Pernah sakit kepala tiba-tiba karena sulit beradatasi menggunakan logat daerah yang kamu tempati dan merasa minder untuk bergaul? Haha, itu wajar saja kok karena kamu hanya kurang sedikit percaya diri dengan dirimu sendiri. 

Ingat, Tuhan menciptakan hamba-hambanya yakni manusia-manusia untuk mendapatkan rasa hormat dan dicintai oleh sesama makhluk. Oleh karena itu mengapa tidak kamu meyakininya sebagai suatu keharusan? Sebagai suatu takdir dan sebagai suatu kewajiban. Mengakuinya sebagai bagian yang terpenting dari hidup kamu yaitu memilki rasa percaya diri untuk dihargai dan dicintai orang lain. 

Artikel nilni yang kamu baca sekarang ini akan mengajak kamu untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Akan tetapi sebelum ke jurus-jurus jitunya kira-kira apa sih percaya diri itu sendiri?  Simak yah 


Percaya diri itu?

Menurut Lauster (1994) rasa percaya diri yang baru dan sehat dikembangkan dari dalamkepribadian individu itu sendiri. Rasa percaya diri bukan dengan mengkompensasi kelemahan kepada kelebihan, namun bagaimana individu tersebut mampu menerima dirinya apa adanya, mampu mengerti seperti apa dirinya dan pada akhirnya akan percaya bahwa dirinya mampu melakukan berbagai hal dengan baik.

Sedangkan menurut Davies (2004) Rasa percaya diri adalah keyakinan pada kemampuan-kemampuansendiri, keyakinan pada adanya suatu maksud di dalam kehidupan, dankepercayaan bahwa dengan akal budi mereka akan mampu melaksanakanapa yang mereka inginkan, rencanakan dan harapkan. 

Berdasarkan dari beberapa pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa rasa percaya diri itu adalah  sikap yakin atau believepada kemampuan-kemampuan sendiri, keberanianuntuk menghadapi tantangan karena memberi suatu kesadaran bahwa belajar dari pengalaman jauh lebih penting daripada keberhasilan ataukegagalan itu sendiri, suatu layanan terhadap diri sendiri sehingga individu mampu menangani segala situasi dengan tenang, dan kepercayaan bahwa dengan akal budi akan mampu melaksanakan apa yang diinginkan,yangdirencanakan, dan yang diharapkan.

Nah, bagaimana caranya membangun rasa percaya diri itu sendiri? Ikuti step-step berikut ya

Identifikasi bakatmu

Kenali, cari arah bakatmu via pixabay.com 
Semua orang pasti mempunyai sesuatu dimana dalam bidang tertentu dia unggul dari pada yang lain. Nah, tugas kamu adalah menemukan itu! Setelah kamu menemukan kira-kira dimana kamu unggul cobalah untuk fokus dan menekuni hal-hal yang membuat kamu lebih kuat, lebih percaya diri, dan mampu push to the limits potensi yang ada di dirimu. 

Buatlah diri kamu bangga memiliki bakat tersebut. Buanglah sifat rendah diri karena sifat ini justru akan merendahkanmu, akan membunuhmu, akan membunuh potensimu yang lagi-lagi membuat kamu makin tidak percaya diri.

Gak mau dong apa yang sudah dibangun hancur begitu saja karena sikap rendah diri? Katakan tidak untuk itu! Jangan biarkan dirimu menjadi korban atas sikap rendah diri itu sendiri. 

Tantang dirimu untuk berani mengekspresikan siapa diri kamu sebenarnya apakah itu dibidang musik, tulis menulis, olahraga, komedian, atau menari. Semua berhak lho pamer, pamer disini tidak negatif setidaknya dalam arti lain adalah unjuk gigi yakni menunjukan ke orang lain kamu punya sesuatu yang bisa dibanggakan, kalau kata Princess Syahrini sih begini “Something yah, sesuatu banget” Lol. 

Semua orang terlahir dengan kemampuan ajaibnya dan kekuatan kamu bisa mengembangkan potensi sampai limit dari dirimu. Mimin teringat kata-kata motivasi Agnezmo a.k.a Agnez Monica dara cantik yang mempunyai gairah menembus musik internasional “push to the limits ! akan sangat tidak bertanggungjawabnya kita semua jika kita tidak memaksimalkan titipanNya” 

Betul bangetkan apa kata Agnezmo ini. Doi begitu detail atas apa yang dikerjakannya dan nggak setengah-setengah. Berdosa kalau sampai kita jadi diri yang gak percaya diri, kalau dalam pepatah jawa “ora sembada” atau tidak memaksimalkan potensi yang kita punya. Karena hidup didunia kelak akan dipertanggungjawabkan dihadapanNya. 

Mengembangkan diri sendiri secara pelan-pelan akan menunjukan jalan yang menuntun kamu ke arah yang disukai dan membuat hidup akan lebih bahagia. Pelan-pelan kamu akan dipertemukan dengan orang-orang yang penting dalam hidup kamu. 

Teman-teman disekitarmu juga akan sangat memberikan energi positif ketika kamu memutuskan untuk terus menerus increase your potentialskills ! Efek yang lebih besarnya kamu akan tahu tujuan Tuhan menciptakanmu di dunia ini apa,  kamu akan tahu eksistensimu didunia ini apa, dan kamu akan lebih percaya diri tentunya. 

Nah bagaimana kalau kebingungan mencari dibidang apa kamu unggul? Renungkan sejenak, pejamkan mata, dan tarik nafas dalam-dalam pikirkan hal-hal apa yang paling disukai dan paling membuat kamu bahagia dalam hidup. Perasaan seperti “kayaknya kalau aku nggak ngelakuin itu ada yang kurang yah dalam hidup ini, kayanya kalau akau nggak nulis kok kayak sayur tanpa garam yah.... etc.” Something like that!

Atau kamu bisa pergi ke suatu club atau komunitas di kotamu dan mengembangkan bakat bersama teman-teman satu klub. Misalnya klub pecinta alam, komunitas bisnis, klup peneliti muda, dan lain-lain. Ketika kamu mengikuti naluri passion kamu yang menurut kamu its  unnique and you want to be better person and happy with that way and you believe. Percayalah, kepercayaan diri kamu akan meningkat menjadi lebih baik dan positif setiap harinya. 


Proud of your personality 

Bangga dengan pribadimu via pixabay.com
Singkirkan hawa negatif dari diri kamu dan banggalah pada kualitas diri yang sudah ada dalam diri. Selain harus bangga akan bakat atau keahlian tentang suatu hal kamu juga wajib bangga akan hal-hal yang membuatmu menjadi pribadi yang luar biasa seperti rasa humor, open minded, rasa saling mengasihi terhadap sesama, kemampuan mendengarkan curhatan orang lain, kemampuan membuat orang lain nyaman sekali berada disekitarmu, atau kemampuan mengatasi stress.

Mungkin saat ini belum terpikirkan yah, tapi wajib kamu pikirkan! “Wah ternyata aku ini disukai teman-teman karena sense of humourku yang kece, oh ternyata aku ini... bla bla bla....” say it and prove to your self that this is you! 

Mulailah mengagumi hal-hal seperti itu, mungkin simpel ya akan tetapi efeknya akan luar biasa sekali dalam membangun rasa percaya diri kamu. Coba saja menuliskannya kenote atau catatan kecil dan mulailah bersenang-senang dengan hal itu. 

Setiap merasa bersedih dan buruk akan suatu kelemahan kamu, hibur diri dengan membaca note tadi tentang semua kualitas positif diri sendiri maka dengan sadar kamu akan tahu kalau ternyata hal-hal tersebut lebih berharga, lebih penting, dan lebih layak untuk dipikirkan  dari pada hal-hal yang membuat diri tidak tenang dan merasa tidak aman dalam kehidupanmu. 


Kenali penyebabnya

Stress? oh, no! via pixabay.com 
Pernah stress sendiri gak karena ada suara-suara aneh tentang pikiran-pikiran negatif di kepala? Yang membuat kamu seperti terbebani dan gak percaya diri? Bagi yang selalu positif thinking sih sepertinya gak ada. Tapi bagi kamu yang masih merasakannya cobalah untuk ikut berpikiran positif tentang semua hal. Tanyai pada diri kamu sendiri sebenarnya apa yang membuat kamu tidak percaya diri? Sesuatu itu yang membuat kamu sendiri merasa malu, tidak layak, rendah, dan lain-lain.

Ibarat ada asap pasti ada api dan ibarat menuliskan kalimat sebab-akibat. Seperti, karena kamu gak percaya diri makanya kamu sedikit mempunyai teman.. Hal-hal seperti itulah harus diidentifikasi guys ! Tenang, jangan negatif dulu yah ! Mengidentifikasi apa sih sebenarnya sebab yang membuat kamu tidak percaya diri akan memberikan step selanjutnya yakni pemecahan masalah. 

Ketika sudah mengetahui hal-hal yang menggangumu dan membuat kamu tidak percaya diri cobalah untuk menulisnya dalam sebuah kertas dengan urutan nomor 1,2,3 dan seterusnya. Ketika sudah selesai robeklah kertas itu menjadi kecil-kecil hal ini akan membuat kamu lebih positif dan merasakan energi positif.

Latihan ini tidak dimaksudkan untuk membuat down loh ya, atau untuk membuatmu menyadari kalau kamu freak dengan hal-hal itu yang kamu punyai. Akan tetapi latihan ini dimaksudkan untuk membuatmu menyadari masalah yang sedang dihadapi.

Seperti yang saya bilang diawal hal ini akan “menggiring” dan menempatkanmu pada jalan lurus menuju sebuah penyelesaian masalah. Dan ketika kamu mampu melewatinya artinya memberikan solusi kamu akan terbebas dari hal-hal yang membelenggumu tadi, dan percayalah rasa percaya diri kamu akan meningkat. 


Curhat sama orang yang DIPERCAYA 

Curhat sama orang yang dipercaya via pixabay.com
Share atau cerita ke teman dekat atau keluarga akan memberikan hawa positif ke kamu walaupun mungkin orang yang dicurhati tidak memberikan solusi. Kamu membutuhkan cara ini untuk istilahnya membagi masalah kurang percaya diri tadi kedalam porsi-porsi lebih sedikit sehingga beban akan berkurang. 

Bercerita kepada teman atau keluarga akan membuatmu jauh lebih percaya diri. Artinya membuat diri kamu nyaman dan berani terbuka kepada orang lain tentang masalahmu. 

Katakan seorang Irfan Bachdim menggiring bola sendiri di lapangan tanpa teman-temannya? Apa yang terjadi? gak akan jadi pertunjukan menarik ketika sendiri tapi apabila mereka bersama-sama, mereka akan semakin kuat untuk dalam bertanding. Sama halnya ketika memilki teman-teman dekat yangdicintai dan kamu mau berbagi atau sharing masalahmu ke mereka. Respon psoitif akan kamu dapat dan kamu akan makin percaya diri. 


Bangkit dari kegagalan! 

Bangkit dari kegagalan via pixabay.com
Mengingat bahwa didunia ini tidak ada yang sempurna. Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan. Bahkan orang yang mempunyai rasa percaya diri yang tinggi sekalipun pasti pernah mempunyai perasaan tidak nyaman oleh kesalahan yang ia perbuat.

Pada suatu titik kita mungkin merasakan ada yang kurang dalam hidup ya itulah realitas! Yang perlu dilakukan adalah terus belajar dari benjolan-benjolan dijalan menjuju impian kita. Sering kali perasaan tidak nyaman datang dan pergi tergantung oleh beberapa hal seperti dimana kita sekarang, mood kita hari ini serti apa, dengan siapa kita sekarang, dan lain-lain. Dengan kata lain hal-hal tersebut tidak konstan. 

Oleh karena itu, bangkitlah dari kegagalanmu. Jika melakukan kesalahan hal terbaik adalah mengenalinya dan meminta maaf pada diri sendiri terlebih dahulu kemudian membuat rencana untuk menghindari kegagalan itu supaya tidak terulang lagi. 

Jangan sampai satu kesalahan membuat kamu galau dan membuatmu melambat dalam mencapai impian. Misalnya kamu pacaran nih dan gagal dramatis banget bukan berarti kamu akan trauma dan terus terjatuh dalam lubang penyesalan terus menerus. Tetaplah positif thinking  dan tetap menemukan cinta sejati dalam hidupmu.


Pola pikir positif 

be positive thinker! via pixabay.com
Hindari mengasihani diri sendiri, atau ingin mendapat belas kasihan dan simpati  dari orang lain. Jangan pernah membiarkan orang lainuntuk membuat kamumerasa rendah diri. Mereka hanya dapat melakukannya jika kamu membiarkan mereka. 

Jika kamu terus membenci dan meremehkan diri sendiri, orang lainakan melakukan hal yang sama. Sebaliknya, berbicara positif tentang diri kamu, tentang masa depan kamu, dan tentang kemajuan kamu akan menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang berprogres dan visioner hal ini akan secara tidak langsung memberikankan energi positif ke orang lain. 

Jangan takut untuk ngomong ke orang lain tentang kekuatan dan kualitas kamu. Dengan demikian, kamu akan memperkuat ide-ide dalam pikiran dan mendorong pertumbuhanmu ke arah yang positif.

Jika suatu saat berpikiran tentang hal negatif maka pikirkanlah dua atau lebih pikiran positif yang lain hal ini sebagai penghilang pikiran negatif itu sendiri. Misalnya, ingin pergi ke pesta dansa dan mendapati kamu tidak punya gaun yang cocok yang membuatmu kurang sempurna dan kurang percaya diri maka segeralah berpikiran positif seperti “ wah kalau gak dateng gak bisa liat gebetan dong atau wah ini sekali dalam setahun masak gak dateng, kalik dapet jodoh atau relasi bisnis baru kan” seperti itu. 

Biasakan untuk melawan pikiran negatif dengan memikirkan hal-hal positif sampai kamu merasa pikiran negatif merayap keluar sistem pikiranmu.Hal ini bisa diaplikasikan seperti ketika berbicara dengan teman-temanmu, fokuslah untuk membuat banyak komentar positif daripada yang negatif. 

Kamu tidak inginkan mengembangkan reputasi sebagai perengek, seorang yang manja, yang negatif dengan kata-kata kamu sendiri. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika berbicara hal yang lebih positif. 


Berhenti membanding-bandingkan

stop membandingkan diri via pixabay.com 
Jika ingin membangun rasa percaya diri, maka fokuslah pada peningkatan kehidupanmu sendiri untuk menjadi baik dan lebih baik lagi, bukan untuk membuat kehidupan seperti orang lain seperti teman, sahabat, kakak, atau keluarga yang lain, atau bahkan selebriti.  Stop comparing your self ! Jika ingin membangun rasa percaya diri, maka kamu perlu tahu dan sadar bahwa didunia ini akan selalu ada seseorang yang lebih cantik, lebih ganteng, lebih pintar, dan lebih kaya dari kamu, dan sebaliknya akan selalu ada seseorang yang kurang menarik, kurang cerdas, dan kurang kaya dibandingkan kamu. 

Hal-hal tersebut tidak relevan kok, jadi berfokuslah pada upaya memperbaiki diri sendiri, memperbaiki kehidupan sehingga cita-cita dan impian di masa depan dapat terwujud. 

Kamu mungkin kurang percaya diri karena keyakinan negative thinking tentang orang lain memiliki lebih baik daripada yang kamu lakukan. Lupakan tentang itu semua! Hal yang terpenting adalah ketika kamu bisa melakukan pekerjaan itu total dan puas akan hasil kerjamu sendiri. 


Menerima pujian 

Terima pujian dari orang lain via pixabay.com

Terima pujian dengan anggun ya guys. Jangan songong dengan memutar mata dan berkata, "Ya, itu emang benar," atau mengabaikannya, akan tetapi respon secara positif  dan santun dengan hati yang lapang seperti “Terima kasih” kemudian tersenyumlah dengan ikhlas. 

Biarkan orang yang memberikan pujian tahu bahwa kamu benar-benar menghargai itu, dan terlihat bahwa kamu benar-benar menerima pujian di hati. Kamu bahkan dapat menulis pujian itu ke dalam sebuah kertas catatan dan membacanya. Biarkan catatan itu menunjukkan bahwa kamu tidak pemalu, percaya diri, dikagumi oleh orang lain sehingga rasa percaya dirimu meningkat. 


Ngaca 

Berkaca, refleksikan diri via www.lightforcenetwork.com
Lihatlah diri sendiri ke cermin dan tersenyumlah. Hal ini berkaitan dengan ekspresi wajah kamu saat tersenyum yang memnacarkan energi positif. Jadi dengan melihat dicermin dan tersenyum setiap hari, kamu akan merasa lebih bahagia dengan diri sendiri dan lebih percaya diri dalam jangka panjang. Hal ini juga akan membantumu merasa lebih bahagia tentang penampilan. 


Saling tolong-menolong 

saling tolong-menolong via pixabay.com
Dengan membantu orang lain, berperilaku baik kepada orang di sekitar dan membuat perbedaan positif pada kehidupan orang lain, kamu akan tahu bahwa hal ini adalah kekuatan tersendiri untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

Temukan cara untuk dapat membantu orang lain dan buatlah hal ini menjadi sebuah rutinitas hidup. Seperti bergabung di komunitas social entrepreneur, bimbingan belajar sosial, dan lain-lain. 

Tindakan membantu tidak hanya akan menguntungkan orang lain, tetapi akan membangun kepercayaan dirimu karena kamu akan melihat bahwa ternyata kamu memiliki banyak hal yang untuk ditawarkan. Mulailah dari orang-orang terdekat kamu seperti ibu atau sahabat terbaikmu. 


Bersyukur 

Bersyukurlah! via pixabay.com 

Bersyukur adalah hal yang wajib dilakukan ketika kita bangun tidur setiap hari. Dengan bersyukur, berarti telah berserah kepada Tuhan atas setiap hal yang terjadi di luar kehendak dan kemampuanmu. Hal ini akan membantu untuk bisa menghadapi setiap situasi, bahkan yang tidak mengenakkan sekalipun, dengan tetap tersenyum. 

Mungkin sekarang kamu belum melihat sesuatu yang baik tentang hidupmu namun percayalah Tuhan punya rencana manis di akhir, tenang saja dan tetaplah bersyukur. Percaya suatu saat kamu akan mengerti dan melihat kebaikan dari setiap peristiwa atau kejadian yang dialami. Betapa indahnya jika semua orang di dunia ini pandai bersyukur atas apa yang sudah mereka punya.

Oleh: Danang Waskito

Advertisement



    Komentar


About Us | Contact | Kebijakan Privasi
©2014 Nilni